8 Cara Membuat Rumah Estetik yang Modern dan Minimalis

Admin Cariproperti03 Sep 2021

Rumah estetik saat ini sudah menjadi tren, khususnya bagi para kaum millenial. Selain memberikan kesan nyaman, rumah dengan interior yang estetik juga dianggap lebih enak dipandang daripada model rumah lainnya. Karena alasan inilah, banyak anak muda yang mencari cara membuat rumah estetik.

Kesan estetik pada rumah sebenarnya kembali lagi pada selera masing-masing. Namun, kebanyakan generasi millenial mencari rumah dengan model modern minimalis agar rumah memberikan kesan nyaman dan enak dipandang.

Jika Anda berencana untuk membangun dan mendesain rumah Anda, berikut beberapa langkah cara membuat rumah estetik yang bisa Anda lakukan.

Cara Membuat Rumah Estetik

1. Cari Referensi Model Rumah

Sebelum membangun rumah estetik, tentunya Anda perlu mencari tahu model rumah seperti apa yang Anda inginkan. Anda bisa mencari model rumah di berbagai referensi, seperti Pinterest, Instagram, dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya juga mencari referensi model rumah dari berbagai website yang menyediakan informasi berbagai properti. Salah satunya website CariProperti.com yang menyediakan berbagai pilihan rumah dengan desain menarik.

Selain mencari referensi model rumah di berbagai platform, Anda juga bisa mencoba aplikasi desain rumah untuk smartphone untuk membayangkan rumah seperti apa yang Anda inginkan. Beberapa aplikasi desain rumah tersedia gratis di playstore, seperti Design Home, Houzz Interior Design Ideas, Homestyler, dan masih banyak lagi. Pada aplikasi-aplikasi tersebut, Anda bisa mencoba menaruh berbagai furniture dan mendekor berbagai sudut ruangan, sehingga Anda memiliki gambaran kasar mengenai rumah impian Anda.

2. Pasang Jendela Berukuran Besar

Salah satu faktor yang bisa membuat hunian terkesan nyaman dan enak dipandang pencahayaan ruangan. Jika Anda ingin memiliki rumah yang estetik, sebaiknya pasang jendela yang cukup besar untuk memberikan banyak cahaya dan udara ke dalam ruangan. Dalam memilih model jendela, Anda bisa memilih jendela dengan model simpel agar memberikan kesan minimalis. Jendela dengan warna transparan juga dapat menjadi pilihan untuk mempercantik ruangan Anda.

3. Perhatikan Pemilihan Warna Cat Rumah

Warna cat rumah merupakan hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat rumah estetik. Pada umumnya, dalam desain rumah modern, pilihan palet warna yang digunakan akan terbatas. Hal ini bertujuan agar warna interior rumah lebih selaras.

Untuk memilih warna cat, Anda bisa mencoba dengan sistem kombinasi 2:1, dimana 2 adalah warna monokromatis, dan 1 adalah warna aksen. Secara singkat, warna monokromatis adalah warna primer (warna asli) yang dicampur dengan warna putih atau hitam. Seperti merah muda (percampuran merah dan putih), kuning gelap (percampuran kuning dan hitam), dan lain sebagainya. 

Jika Anda ingin lebih aman dalam pemilihan warna, Anda bisa memilih warna-warna terang, seperti putih, krem, dan coklat muda. Warna terang dapat memberikan kesan luas dan lapang pada ruangan Anda. Siasat lain dalam pemilihan cat warna adalah dengan memadukan warna kontras dengan warna-warna netral, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Perpaduan warna tersebut akan menghadirkan warna ruangan yang dinamis, namun tidak menghilangkan keselarasan antar warna.

4. Coba Berkreasi Pada Pola dan Tekstur

Selain memperhatikan cat warna, Anda juga bisa mewujudkan rumah estetik dengan berkreasi pada pola dan tekstur. Misalnya dengan memberi pola pada desain interior rumah, memasang wallpaper tembok, dan lain sebagainya. Akan tetapi, usahakan untuk memilih pola atau tekstur yang tidak terlalu ramai agar komposisi ruangannya tetap sinkron.

Bila jika Anda memutuskan untuk mewarnai dinding ruangan dengan warna polos, Anda bisa mendekorasi ruangan dengan berbagai barang yang berpola, seperti gorden, karpet, sofa, dan lain sebagainya.

5. Pilih Furniture yang Tepat

Dalam mewujudkan rumah yang estetik, Anda harus memilih furniture yang tepat. Pilihlah furniture dengan model minimalis agar selaras dengan berbagai desain ruangan. Biasanya, furniture model bentuk geometri dasar akan memberikan kesan estetik dan menarik, namun sesuaikan dengan kembali dengan selera Anda.

Perhatikan juga warna dari setiap furnitur yang Anda beli. Jangan sampai furniture Anda malah tidak sesuai dengan warna tembok ruangan. Bila Anda ingin menghias ruangan dengan furniture yang unik, Anda tetap harus mempertimbangkan keselarasan furniture tersebut dengan interior rumah.

6. Beri Kesan Natural Pada Ruangan

Cara membuat rumah estetik selanjutnya adalah dengan memberikan kesan natural pada ruangan Anda. Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan dekorasi berupa tanaman hias yang unik. Tanaman hias akan sangat bermanfaat dalam memberikan kesan nyaman dan hangat pada rumah Anda. Kalau Anda tidak terlalu suka merawat tanaman, Anda juga bisa menyiasatinya dengan membeli tanaman artifisial sesuai dengan selera.

7. Memaksimalkan Pemanfaatan Dinding

Memaksimalkan pemanfaatan dinding rumah juga dapat menjadi cara untuk memberi kesan estetik pada hunian. Anda bisa mendesain rak untuk menyimpan buku, pajangan, dan koleksi lainnya agar rumah terlihat estetik. Desainlah rak tersebut agar cocok menjadi bagian dari desain interior rumah Anda.

8. Tambahkan Aksesoris Rumah yang Sesuai

Cara lain untuk membuat rumah estetik adalah dengan meletakan aksesoris yang sesuai dengan desain interior rumah Anda. Anda bisa menambahkan hiasan seperti lukisan, hiasan lampu, hiasan dinding, atau apapun di ruangan Anda. Namun jangan terlalu banyak dalam meletakan aksesoris. Letakan aksesoris seperlunya untuk menghindari kesan sempit dan tidak rapih. 

Beberapa Daftar Rumah Estetik 

Karena minat rumah estetik yang tinggi, banyak sekali cluster perumahan, khususnya di area BSD City dan Gading Serpong, yang mulai membangun perumahan dengan model yang minimalis dan estetik. Kalau Anda tidak mau repot membangun rumah sendiri, berikut beberapa daftar rumah estetik untuk Anda.

1. ImpresaHaus at Tabebuya

ImpresaHaus at Tabebuya merupakan salah satu rumah estetik yang berlokasi di BSD City. Rumah ini dibangun dengan konsep rumah compact, dimana setiap space rumah dimanfaatkan dengan maksimal. Desain rumah ImpresaHaus memadukan warna-warna netral, sehingga hunian memiliki kesan luas dan nyaman untuk dihuni.

Lokasi ImpresaHaus sangatlah strategis, tepatnya berada di kawasan Tabebuya yang hanya berjarak 1 KM dari QBIG BSD dan 2 KM dari AEON Mall. Rumah ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai rumah dengan konsep modern yang estetik.

2. Mozart at Symphonia

Rekomendasi rumah estetik selanjutnya adalah Mozart at Symphonia. Cluster ini berlokasi di kawasan Gading Serpong yang memiliki View ke arah Danau Symphonia. Unit Mozart dibangun dengan menerapkan grand layout dan skylight. Hal tersebut membuat pencahayaan alami di dalam rumah lebih optimal. 

Menariknya lagi, setiap unit Mozart juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti private lift, sistem smart home, serta space yang bisa dimanfaatkan sebagai kolam renang. Konsep bangunan Mozart juga eksklusif dan tidak pasaran, sehingga sangat cocok untuk Anda yang menyukai hunian estetik dan unik.

---

Itulah 8 cara membuat rumah estetik yang bisa Anda lakukan serta rekomendasi perumahan estetik. Jika Anda tertarik untuk membeli rumah estetik yang dibangun oleh developer berkualitas, Anda bisa beli melalui CariProperti.com. Pada website tersebut, tersedia berbagai pilihan rumah dengan developer yang telah diverifikasi. Tak hanya itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan Property Advisor untuk memilih hunian yang sesuai dengan keinginan Anda.

Artikel Lainnya

19 Aug 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

20 Aug 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

20 Aug 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...