Properti Rumah di Bandung

Bandung, Jawa Barat

Loading ...

Bandung

Kota Bandung merupakan ibukota dari provinsi Jawa Barat dan kota metropolitan terbesar di kawasan tersebut. Sebagai kota metropolitan terbesar di Jawa Barat, kota Bandung bukan lagi hanya sebagai pusat pemerintahan di provinsi tersebut.

Namun, juga sebagai pusat perdagangan lokal dan regional, pusat pendidikan, kota pariwisata dan kebudayaan, serta pusat industri. Kota ini berada sejauh 140 km sebelah tenggara Jakarta. Selain itu, kota ini juga berbatasan dengan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat di Barat dan Utara, serta Kabupaten Bandung di Timur dan Selatan.

Informasi Umum Properti dan Jual Rumah di Bandung

Kota Bandung memiliki luas daerah sekitar 167,31 km2. Sampai tahun 2021, kota ini diperkirakan memiliki penduduk sebanyak 2,5 juta jiwa. Mayoritas penduduk tersebut beragama islam, dengan agama-agama lainnya sebagai minoritasnya. 

Sebagai kota metropolis terbesar di Jawa Barat, hunian di kota ini tentunya diminati banyak orang. Hal ini dikarenakan majunya sektor ekonomi, wisata, pendidikan, serta infrastruktur yang dimiliki kota Bandung. Kemajuan inilah yang membuat banyak orang bekerja dan tinggal di Bandung. Dengan demikian, bisa dikatakan properti dan hunian di kota ini memiliki nilai investasi yang tinggi.

Keunggulan Properti di Bandung

Kota Bandung tentunya memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menjadi destinasi tempat tinggal orang. Keunggulan yang pertama adalah kemajuan sektor ekonomi dan pendidikan kota ini. Dengan majunya kedua sektor ini, maka banyak orang akan bekerja atau mengenyam pendidikan di kota Bandung. Dengan demikian, tentunya permintaan akan hunian akan meningkat. 

Keunggulan selanjutnya dari properti di kota Bandung adalah akses akan fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki kota ini. Sebagai kota metropolis terbesar di Jawa Barat, tentunya Bandung menyediakan fasilitas dan infrastruktur lengkap untuk menunjang gaya hidup warganya. Tersedia berbagai fasilitas, seperti pusat perbelanjaan, fasilitas kesehatan, institusi pendidikan, tempat wisata, pusat bisnis dan masih banyak lagi. Fasilitas tersebut akan membuat kehidupan warga kota Bandung menjadi lebih mudah dan menjadi daya tarik orang ingin tinggal di Bandung. 

Ketersediaan hunian yang berkualitas dengan fasilitas lengkap juga menjadi salah satu keunggulan properti di kota Bandung. Tersedia berbagai properti yang dapat dimiliki, mulai dari cluster, apartemen, perumahan dan masih banyak lagi. Setiap properti tersebut juga didesain dengan fitur dan keunikannya masing-masing, menjadikannya sebagai hunian yang nyaman untuk penghuninya. Properti tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas internal yang dapat menunjang gaya hidup penghuninya, seperti kolam renang, gym, taman, dan masih banyak lagi.

Fasilitas Internal

Berbagai fasilitas tentunya akan disediakan demi meningkatkan dan menunjang gaya hidup warga Bandung. Fasilitas tersebut dapat terbagi menjadi fasilitas internal (fasilitas yang ada di cluster, apartemen, perumahan, ruko dan sebagainya) serta fasilitas eksternal (fasilitas umum yang ada di luar cluster ataupun apartemen, seperti rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, dan sebagainya).

Untuk fasilitas internal, biasanya apartemen ataupun cluster menyediakan berbagai fasilitas, seperti gym, swimming pool dan masih banyak lagi. Biasanya pada cluster, terdapat clubhouse yang menyediakan sarana seperti swimming pool, gym, dan masih banyak lagi. Selain itu, terkadang tersedia juga jogging track, taman dan taman bermain anak. 

Bukan hanya fasilitas yang dapat menunjang gaya hidup penghuninya, fasilitas keamanan juga tentunya tidak luput dimiliki oleh properti-properti di Bandung. Biasanya akan tersedia CCTV selama 24 jam, card access, automatic gate dan lain-lain yang akan menjamin keamanan penghuninya.

Fasilitas Eksternal

Sebagai ibukota dari provinsi Jawa Barat, kota Bandung tentunya juga menyediakan berbagai macam fasilitas eksternal untuk warganya. Hal ini dilakukan agar warga kota Bandung dapat menjalani hidup lebih nyaman dan mudah dengan fasilitas-fasilitas tersebut. Fasilitas yang tersedia di kota Bandung, berupa fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan, institusi pendidikan, sarana hiburan, sarana transportasi, dan masih banyak lagi. 

Kota Bandung menyediakan banyak fasilitas kesehatan untuk memenuhi kebutuhan warganya. Fasilitas dengan skala seperti klinik, puskesmas, hingga skala besar seperti rumah sakit besar tersedia di kota Bandung. Fasilitas kesehatan ini bukan hanya menangani masalah kesehatan yang umum, seperti demam, flu dan sebagainya. Namun, juga dimiliki rumah sakit spesialis untuk menangani permasalahan kesehatan yang lebih serius.

Selain fasilitas kesehatan, kota Bandung juga memiliki fasilitas pendidikan yang tidak kalah lengkapnya. Instansi pendidikan dari rentang SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi dapat Anda temukan di kota Bandung. Fasilitas-fasilitas ini memiliki kualitas baik, sehingga tidak mengherankan jika Bandung dapat disebut sebagai kota pendidikan. Beberapa fasilitas pendidikan ternama yang dimiliki Bandung adalah Universitas padjajaran dan ITB. 

Infrastruktur (Akses Transportasi dll)

Kota Bandung memiliki lokasi yang strategis dan memiliki infrastruktur yang lengkap. Penghuninya akan dapat bermobilitas sehari-hari dengan mudah, baik pengguna kendaraan pribadi maupun transportasi umum. 

Kota Bandung memiliki jarak sekitar 180 km dari Jakarta, melalui akses. Cianjur, Puncak dan Bogor. Anda dapat menggunakan jalan Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang) yang hanya berjarak sekitar 150 km dengan waktu tempuh antara 1.5 jam sampai dengan 2 jam. Jalan tol lainnya adalah jalan Tol Padaleunyi (Padalarang-Cileunyi).

Sementara itu, Kota Bandung juga menyediakan berbagai jasa transportasi umum untuk melayani warganya. Masyarakat Bandung biasanya menggunakan angkutan kota atau yang lebih akrab disebut angkot untuk bermobilitas sehari-hari. Bus kota dan taxi juga merupakan alat transportasi lainnya yang sering digunakan oleh warga kota ini. Terminal bus antar kota dan provinsi yang dimiliki kota ini adalah terminal Leuwipanjang untuk rute barat dan terminal Cicaheum untuk rute timur.

Bukan hanya angkutan kota, bus dan taxi, kota Bandung juga memiliki kereta api sebagai sarana transportasi. Kota Bandung memiliki stasiun kereta api utama, yaitu Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong. Sedangkan 5 stasiun KA lainnya adalah Gedebage (khusus peti kemas), Cimindi, Andir, Ciroyom dan Cikudapateuh.

Wisata/Hiburan

Sebagai kota metropolis terbesar dan ibukota provinsi Jawa Barat, sarana wisata dan hiburan tentunya tidak luput dimiliki oleh kota Bandung. Kota Bandung itu sendiri memiliki julukan sebagai kota wisata belanja dengan puluhan pusat perbelanjaan besar di Bandung yang dapat Anda kunjungi. Beberapa diantaranya adalah Istana Plaza Bandung, Bandung Indah Plaza, Paris Van Java Mall, Cihampelas Walk, Trans Studio Mall, Bandung Trade Center, Plaza Parahya, Metro Trade Center dan lain-lain. 

Kota Bandung juga memiliki banyak museum seni, gedung pertunjukan dan galeri unik yang dapat Anda kunjungi ketika berada di kota ini. Beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi seperti Gedung Merdeka, tempat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika pada tahun 1955; Museum Sri Baduga yang didirikan pada tahun 1974 dengan menggunakan bangunan lama bekas Kawedanan Tegallega; Museum Geologi Bandung, Museum Wangsit Mandala Siliwangi, Museum Barli, Museum Kota Bandung, Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat dan masih banyak lagi.