Properti Rumah di Jakarta Barat

Jakarta Barat, DKI Jakarta

Loading ...

Jakarta Barat

Jakarta Barat merupakan salah satu dari 5 kota administrasi yang berada di DKI Jakarta, Indonesia. Wilayah ini terdiri dari 8 kecamatan dan 56 kelurahan. Pusat pemerintahannya berada di kecamatan Kembangan. Sampai tahun 2020 ini, Jakarta Barat memiliki jumlah penduduk yang tercatat sebanyak 2.569.462 jiwa. Oleh karena itu, Jakarta Barat memiliki jumlah permintaan properti yang semakin tinggi.

Jakarta Barat merupakan wilayah yang memiliki keistimewaan, yakni banyaknya peninggalan masa kolonial Belanda-nya. Beberapa peninggalan tersebut berupa Gedung Balai Kota (kini menjadi Museum Sejarah Jakarta), kawasan Pecinan (Glodok) dan juga sejumlah masjid tua serta benteng-benteng pertahanan masa awal pendudukan Belanda di Batavia.

Informasi Umum Properti dan Jual Rumah Jakarta Barat

Jakarta Barat merupakan kota administrasi yang juga dirancang sebagai pusat bisnis bagi kawasan Jakarta dan sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh Jakarta Selatan, pusat bisnis di Jakarta, yang perkembangannya sudah matang serta minimnya lahan yang dapat digunakan untuk pembangunan.

Wilayah seluas 129,54 km2 ditetapkan menjadi pusat bisnis selanjutnya dikarenakan wilayahnya yang luas, serta lokasinya yang strategis. Di sebelah utara, Jakarta Barat berbatasan langsung dengan wilayah Jakarta Utara. Sementara di sebelah timur, berbatasan dengan Jakarta Pusat. Untuk di sebelah selatan, Jakarta Barat berbatasan langsung dengan Provinsi Banten. Untuk sebelah barat, Jakarta Barat berbatasan langsung dengan Kota Tangerang, salah satu kota satelit yang perkembangannya juga pesat.

Sebagai pusat bisnis, dapat dikatakan Jakarta Barat memiliki perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan berbagai fasilitas, infrastruktur serta hunian yang ada di Jakarta beberapa tahun ini. Selain itu, tersedia juga berbagai cluster, perumahan dan apartemen yang siap untuk memenuhi semakin tingginya permintaan properti di Jakarta Barat.

Semakin tingginya permintaan akan properti dan hunian di Jakarta Barat menjadikan semakin banyaknya cluster baru dibangun. Hal ini menyebabkan harga tanah dan rumah di Jakarta Barat menjadi semakin tinggi, walaupun tidak setinggi harga rumah dan tanah di Jakarta Selatan yang perkembangannya sudah matang. Beberapa cluster yang telah dibangun di Jakarta Barat yaitu Green Lake City, Puri Botanical, Angel Residence, Citra Garden Puri, Citra Garden City, dan masih banyak lagi.

Selain itu, tingginya permintaan hunian juga membuat para developer membangun apartemen di Jakarta Barat. Banyak apartemen dibangun dikarenakan jumlah lahan yang semakin sedikit serta untuk memanfaatkan lahan yang sedikit itu dengan sebaik mungkin. Beberapa apartemen yang cukup terkenal di Jakarta Barat, yaitu Puri Park View, Belmont Residence, Westmark Apartment, Seasons City Apartment, Metro Park Residence, Centro City Apartment dan masih banyak lagi.

Keunggulan Properti di Jakarta Barat

Jakarta Barat, sebagai pusat bisnis, tentunya memiliki banyak keunggulan untuk dijadikan sebagai hunian atau tempat tinggal. Salah satunya keunggulannya yaitu lokasinya yang strategis dan mudah diakses. Jakarta Barat itu sendiri memiliki lokasi yang berbatasan langsung dengan kota administrasi lain dan kota satelit, seperti Tanggerang. Selain itu, warga Jakarta Barat juga memiliki akses mudah untuk mobilitas sehari-hari. Salah satunya yaitu melalui tol lingkar luar Jakarta (JORR West 1) Kebon Jeruk–Penjaringan yang terhubung langsung dengan Jakarta Selatan sampai Bandara Internasional Soekarno Hatta. 

Selain lokasi strategis dan akses mudah, Jakarta Barat sebagai pusat bisnis tentunya dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta infrastruktur yang lengkap. Fasilitas-fasilitas seperti pusat perbelanjaan, fasilitas kesehatan, institusi pendidikan, tempat wisata, pusat bisnis telah dibangun dan tersedia di Jakarta Barat. Dengan demikian, warga Jakarta Barat dapat memiliki kehidupan yang lebih mudah dan nyaman dibantu dengan fasilitas-fasilitas tersebut. 

Fasilitas yang tersedia di Jakarta Barat bukan hanya fasilitas umum kota seperti rumah sakit dan pusat perbelanjaan, namun juga fasilitas internal yang berada di cluster, perumahan dan apartemen. Fasilitas ini dibangun guna menunjang gaya hidup penghuninya. Beberapa fasilitas internal yang umumnya tersedia, yaitu gym, fitness center, taman atau community park, kolam renang, dan sebagainya. Selain itu, tersedia juga fasilitas keamanan yang tidak kalah pentingnya.

Dengan banyaknya tersedia fasilitas dan infrastruktur di atas menjadikan properti di Jakarta Barat memiliki nilai investasi yang cukup tinggi, terutama karena Jakarta Barat merupakan pusat bisnis untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, karena menjadi pusat ekonomi, harga hunian dan tanah di Jakarta Barat semakin meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, properti di Jakarta Barat merupakan produk investasi yang potensial.

Fasillitas

Fasilitas Internal

Jakarta Barat menyediakan berbagai fasilitas internal untuk menunjang gaya hidup penghuni cluster atau apartemen tersebut. Setiap cluster dan apartemen menyediakan beberapa fasilitas yang sama, namun juga dengan keunikannya tersendiri. 

Biasanya tersedia fasilitas seperti gym, swimming pool, taman, jogging track dan masih banyak lagi. Bagi cluster yang lebih eksklusif, biasanya tersedia juga clubhouse yang mengintegrasikan berbagai fasilitas seperti swimming pool, gym, taman, yoga, sauna, lounge dan masih banyak lagi. 

Selain fasilitas tersebut, fasilitas keamanan tentunya juga tidak kalah penting. Biasanya tersedia minimal fasilitas seperti CCTV selama 24 jam. Untuk hunian yang lebih eksklusif, biasanya tersedia card access, automatic system gate untuk cluster, patrol keamanan dan masih banyak lagi untuk menjamin keamanan penghuninya.

Fasilitas Eksternal

Selain fasilitas internal, Jakarta Barat juga menyediakan fasilitas eksternal yang lengkap pula. Fasilitas tersebut meliputi fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan, institusi pendidikan, sarana hiburan, sarana transportasi, dan masih banyak lagi.

Fasilitas kesehatan di Jakarta Barat meliputi klinik, puskesmas, hingga rumah sakit besar. Beberapa contoh fasilitas kesehatan yang dapat Anda kunjungi, yaitu Klinik Ciputra (Kalideres), Klinik Yakrija (Kemanggisan), RS Hermina (Daan Mogot), RS Pondok Indah Puri Indah (Kembangan), dan masih banyak lagi.

Selain fasilitas kesehatan, tersedia juga pusat perbelanjaan modern agar Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda. Beberapa pusat perbelanjaan tersebut adalah Mall Taman Anggrek, Central Park Jakarta, NEO SOHO Podomoro City, Mal Ciputra Jakarta, Seasons City, Lokasari Plaza, Pasar Slipi, Pasar Palmerah, Pasar Tomang Barat (Kopro), Pasar Pagi Lama (ASEMKA), Pasar Jembatan Lima dan masih banyak lagi.

Jakarta Barat juga menyediakan institusi pendidikan ternama dengan pendidikan yang berkualitas, mulai dari rentang sekolah hingga universitas. Beberapa institusi pendidikan tersebut yaitu SD Negeri 01, SD Negeri 03, SMP NEgeri 22, SMP Negeri 32, SMA Negeri 2, SMA Negeri 23, Universitas Bina Nusantara, Universitas Mercu Buana, Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara dan masih banyak lagi.

Infrastruktur (Akses Transportasi dll)

Jakarta Barat memiliki lokasi yang strategis, dilihat dari lokasinya yang berbatasan langsung dengan kota administrasi lainnya serta kota satelit sekitar Jakarta. Selain itu, infrastruktur yang tersedia juga lengkap. Oleh karena itu, warga Jakarta Barat dapat bermobilitas dengan mudah, baik itu pengguna kendaraan pribadi maupun transportasi umum. 

Untuk pengguna kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan akses tol, seperti tol lingkar luar Jakarta (JORR West 1) Kebon Jeruk–Penjaringan. Melalui akses tol ini, Anda dapat pergi langsung menuju Jakarta Selatan hingga Bandara Internasional Soekarno Hatta. 

Sementara itu, Jakarta Barat juga menyediakan transportasi umum untuk warga pengguna transportasi umum. Tersedia terminal bus yang melayani penumpang antar kota maupun dalam kota. Selain itu, tersedia juga kereta api dengan tujuan antar kota, KRL Commuter Line, dan Transjakarta dengan berbagai rute di wilayah Jakarta.

Wisata/Hiburan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Jakarta Barat merupakan wilayah yang memiliki keunikan. Keunikan ini yaitu banyaknya bangunan peninggalan pada masa kolonial Belanda. Sekarang ini, bangunan-bangunan tersebut sudah dialihfungsikan menjadi museum yang menampilkan barang bersejarah. 

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Jakarta Barat adalah Kota Tua. Kota Tua merupakan tempat wisata yang memiliki banyak bangunan peninggalan masa kolonial Belanda. Tempat wisata ini tidak hanya digemari oleh wisatawan dalam negeri, namun juga wisatawan luar negeri. Anda akan dapat menjumpai banyak wisatawan yang ketika berkunjung ke Kota Tua.

Di Kota Tua, Anda dapat berkeliling melihat bangunan-bangunan bersejarah dengan menyewa sepeda onthel yang tersedia di sana. Selain itu, karena banyaknya bangunan peninggalan Belanda yang masih authentic dan terjaga dengan baik, Kota Tua menjadi lokasi favorit para penggemar fotografi. 

Ketika Anda mengunjungi Kota Tua, tentunya jangan lupa berkunjung ke museum-museum yang berada tidak jauh dari Kota Tua. Salah satunya yaitu Museum Wayang. Sesuai dengan namanya, museum ini menampilkan berbagai koleksi wayang dari Indonesia maupun mancanegara. Beberapa koleksi wayang yang ditampilkan di museum ini yaitu wayang kulit, wayang mainan, wayang topeng, wayang golek, dan wayang klitik.

Selain menampilkan koleksi wayang di Indonesia, museum ini juga menampilkan koleksi wayang dan boneka dari luar Indonesia, seperti Thailand, India, dan sebagainya. Terdapat juga tanda batu nisan Jan Pieterszoon Coen dan teater wayang yang diadakan secara berkala.