Properti Rumah di Surabaya

Surabaya, Jawa Timur

Loading ...

Surabaya

Surabaya adalah kota paling strategis di Jawa Timur. Kota ini juga menjadi kota terbesar kedua di Indonesia. Sebagai ibu kota provinsi, Surabaya menjadi kota metropolitan terbesar di Jawa Timur yang menjadi pusat bisnis dan pembangunan. Maka tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk tinggal di Surabaya.

Tak hanya itu, Surabaya juga dikenal sebagai salah satu kota pusat pertumbuhan utama di Indonesia. Terdapat banyak sekali faktor ekonomi yang mendukung kemajuan kota ini. Sebagai kota dengan pertumbuhan yang cukup cepat, Surabaya sangat potensial untuk dijadikan tempat tinggal maupun hunian jangka panjang.

Informasi Umum Properti dan Jual Rumah Surabaya

Secara administratif, Kota Surabaya memiliki 31 kecamatan dan 154 kelurahan dengan jumlah penduduk sekitar  3.094.732 jiwa. Sebagai salah satu kota yang kemajuan ekonominya sangat pesat, Surabaya menjadi pusat kegiatan ekonomi, keuangan, hingga kegiatan bisnis di kawasan Jawa Timur dan sekitarnya. 

Kota ini juga dikenal sebagai pusat perdagangan, dimana banyak sekali industri yang berkembang di Surabaya, diantaranya adalah industri galangan kapal, alat berat, elektronik, kerajinan tangan, peralatan rumah tangga, hingga pengolahan makanan serta agrikultur.

Tak hanya sebagai pusat perdagangan, Surabaya juga mengalami kemajuan pesat dalam berbagai bidang lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan profesi para penduduknya di bidang jasa dan juga industri. Sektor wisata juga cukup berkembang pesat di Surabaya. Hal inilah yang menjadikan kota ini selangkah lebih maju dibanding kota-kota lainnya.

Seiring dengan kemajuan Kota Surabaya, kebutuhan akan properti juga sangat tinggi. Maka tak heran jika banyak sekali properti yang berdiri di kota ini, mulai dari perumahan, kondominium, apartemen, gedung perkantoran, pusat komersial, dan lain sebagainya.

Beberapa perumahan unggul yang diminati di Surabaya adalah Grand Palais Wisata Bukit Mas,  Cluster Alexandria, Cluster Street of London, Cluster Paddington, dan masih banyak lagi.

Selain itu, banyak juga apartemen serta kondominium yang ada di Surabaya. Diantaranya adalah Puncak Dharmahusada, Puncak Kertajaya, Educity Residence, Bale Hinggil Apartemen, Gunawangsa Manyar, Ascott Waterplace Residence, dan lainnya. Jika Anda ingin investasi jangka panjang, apartemen Surabaya juga bisa menjadi rekomendasi investasi untuk Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut seputar properti dan rumah di Surabaya, Anda bisa simak artikel ini.

Keunggulan Properti di Surabaya

Sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, Surabaya tentunya memiliki banyak keunggulan dibandingkan kota-kota lainnya. Hal ini dapat dilihat dari tingginya peminat properti di Kota Surabaya.

Dari segi fasilitas, Surabaya tentunya dilengkapi dengan berbagai fasilitas unggulan, mulai dari rumah sakit, pusat perbelanjaan, institusi pendidikan, hingga tempat wisata. Fasilitas administrasi kota ini juga sangat lengkap, sehingga Anda bisa memenuhi berbagai kebutuhan dengan mudah.

Jika bicara soal pusat bisnis, Surabaya tentunya memiliki pusat bisnis dan industri yang sangat lengkap. Tak heran jika berbagai perkantoran juga berada di kota ini. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan banyaknya properti yang berdiri di kawasan Surabaya.

Setiap properti di Surabaya dibangun dengan berbagai keunggulan serta fasilitas yang sangat lengkap. Banyak juga perumahan berkualitas dengan harga terjangkau yang berdiri di kota ini. Jika Anda ingin tinggal di hunian yang eksklusif, Surabaya juga memiliki daftar properti dan perumahan elit yang bisa Anda jadikan tempat tinggal.

Keunggulan lain dari properti di Surabaya adalah lokasi kota ini yang sangat strategis. Surabaya memiliki berbagai akses transportasi seperti pelabuhan, stasiun, terminal, hingga bandara internasional yang dapat mempermudah mobilitas Anda. 

Fasilitas (Internal dan Eksternal)

Fasilitas Internal

Berbagai properti dan perumahan Surabaya menyediakan fasilitas internal yang sangat lengkap. Pada beberapa cluster perumahan, tersedia fasilitas golf, fasilitas olahraga, area komersial, rumah ibadah, area perkantoran, dan masih banyak lagi. Tersedia juga fasilitas keamanan selama 24 jam di kawasan cluster perumahan, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan penjagaannya.

Apartemen di Surabaya juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap, seperti kolam renang anak dan dewasa, area barbeque, fasilitas olahraga, supermarket, taman bermain anak, hingga keamanan selama 24 jam dilengkapi dengan CCTV.

Fasilitas Eksternal

Kota Surabaya juga dilengkapi dengan fasilitas eksternal. Untuk pusat perbelanjaan yang ada di Surabaya diantaranya adalah Pakuwon Mall, Tunjungan Plaza, Galaxy Mall, Ciputra World Surabaya, Grand City Surabaya, Surabaya Town Square, hingga Royal Plaza. Tersedia juga pasar di kota ini, seperti Pasar Turi, Pusat Grosir Surabaya, Pasar Atom, Pasar Genteng, dan pusat perbelanjaan lainnya.

Beberapa rumah sakit terbaik yang ada di Surabaya adalah RS Adi Husada, RS Bhayangkara, RS Darmo, RS Dr. Soetomo, RS Siloam Surabaya, RS Islam Surabaya, RS Ibu dan Anak Graha Amerta, dan masih banyak lagi. Keberadaan rumah sakit di Kota Surabaya tentunya akan mempermudah masyarakat dalam menjangkau fasilitas kesehatan.

Tak hanya memiliki pusat perbelanjaan dan rumah sakit, Surabaya juga terkenal memiliki institusi pendidikan unggulan. Beberapa sekolah yang ada di Surabaya diantaranya adalah SMP-SMA Ciputra Surabaya, SMP Internasional Surabaya, SMP-SMA Muhammadiyah, SMK Kristen Petra, serta berbagai sekolah negeri unggulan. 

Untuk universitas ternama yang berada di Surabaya adalah Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, UIN Sunan Ampel,  UPN Veteran, Politeknik Negeri Surabaya, Universitas Pelita Harapan, Universitas Muhammadiyah, dan masih banyak lagi.

Infrastruktur (Akses Transportasi dll)

Kawasan Surabaya memiliki akses transportasi yang sangat lengkap. Banyak sekali akses jalan utama yang dijadikan jalur untuk menghubungkan Surabaya dengan kota-kota besar. Tersedia akses jalan tol, seperti tol Surabaya-Gresik, Surabaya-Mojokerto, Surabaya-Gempol yang menghubungkan Surabaya dengan berbagai wilayah di Jawa Timur. Tersedia juga akses tol Waru-Bandara Juanda yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Bandara Internasional Juanda, sehingga masyarakat Surabaya dapat dengan mudah menjangkau berbagai kota bahkan negara.

Kota Surabaya juga memiliki stasiun kereta antar kota, seperti Stasiun Wonokromo, Surabaya Gubeng, Surabaya Kota, dan Surabaya Pasar Turi. Selain itu, terdapat juga stasiun kereta yang menghubungkan berbagai wilayah, seperti  Stasiun Tandes, Stasiun Kandangan, Stasiun Benowo, dan Stasiun Mesigit.

Selain jalan tol, bandara dan stasiun, Surabaya juga memiliki terminal bus yang bisa menjangkau perjalanan antar kota, diantaranya adalah Terminal Purabaya dan Terminal Tambak Osowilangon. Tersedia juga Bus Kota serta Suroboyo Bus yang menjangkau terminal dalam kota serta halte-halte kecil di Kota Surabaya.

Wisata/Hiburan

Bila Anda ingin berwisata ke Kota Surabaya, kota ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa menjadi destinasi wisata Anda. Untuk destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi diantaranya adalah Pantai Kenjeran, Ciputra Waterpark, Kebun Binatang Surabaya, Pasar Buah Peneleh, hingga Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Sebagai kota yang memiliki nilai sejarah tinggi, Surabaya juga memiliki berbagai tempat sejarah yang bisa menjadi destinasi wisata, seperti Gedung De Javasche Bank, Jembatan Merah, Kawasan Kota Tua Surabaya, Monumen Bambu Runcing, Monumen Jendral Soedirman, Museum Kedokteran, Museum Negeri Mpu Tantular, Museum W. R. Soepratman, hingga Tugu Pahlawan.

Selain memiliki segudang destinasi wisata, Surabaya juga memiliki kuliner khas yang sangat bervariasi. Anda bisa melakukan wisata kuliner di Kota Surabaya. Beberapa kuliner khas Surabaya yang bisa Anda temukan diantaranya Lontong Balap, Rawon, Sop Buntut, Nasi Goreng Jawa, Roti Perut Ayam, Getas, Kue Lapis Surabaya, Bikang, Onde-onde Surabaya, Ronde, hingga Tahwa.