8 Cara Bisnis Properti Untuk Pemula, Dijamin Untung!

Nadia05 Apr 2024

Apakah Anda tertarik untuk bisnis properti? Simak ulasan berikut!

Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Melalui bisnis properti, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan bahkan passive income setiap bulannya. Properti yang berkualitas juga dapat menjadi aset yang menjanjikan di masa depan, sehingga jenis investasi ini sangat menguntungkan.

Bila Anda tertarik dengan bisnis properti, artikel ini akan mengulas lengkap cara bisnis properti untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Simak ya!

cara bisnis properti

1. Kumpulkan Modal yang Cukup

Modal merupakan salah satu kunci utama dalam bisnis properti. Anda dapat memulai bisnis properti dengan modal tabungan pribadi. Opsi lain untuk mendapatkan modal adalah dengan mengajukan kredit bank, kemitraan, atau sumber pendanaan lainnya, namun pastikan Anda memahami resiko dari masing-masing cara tersebut.

2. Lakukan Riset Mendalam

Setelah memiliki modal yang cukup, langkah selanjutnya adalah melakukan riset terlebih dahulu. Perhatikan jenis properti apa yang sedang dibutuhkan oleh kawasan di sekitar Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset terkait lokasi mana yang diminati untuk dijadikan tempat tinggal maupun investasi.

Ketika melakukan riset, jangan lupa juga untuk melakukan riset harga pasaran agar Anda bisa mendapatkan gambaran terkait harga jual beli properti. Usahakan untuk mendapat properti dengan harga yang masuk akal agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

3. Cari Lokasi yang Strategis

Lokasi merupakan salah satu nilai jual yang menjanjikan dalam bisnis properti. Carilah properti dengan lokasi strategis, misalnya dekat dari universitas dan perkantoran agar dapat disewakan. Properti dekat jalan utama atau jalan raya juga sangat menjanjikan untuk dijadikan tempat bisnis, mulai dari cafe, restoran, maupun jenis bisnis lainnya. 

Pertimbangkan juga akses jalan di sekitar properti, terutama akses menuju jalan utama dan jalan tol yang terhubung ke berbagai kawasan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan fasilitas di sekitar properti, seperti keberadaan stasiun, pasar, dan fasilitas umum lainnya. 

Beberapa area strategis untuk investasi jangka panjang diantaranya adalah kawasan BSD, Bintaro, atau Tangerang Selatan.

4. Tentukan Jenis Bisnis Properti

Setelah menemukan lokasi yang tepat, cara bisnis properti selanjutnya adalah menentukan jenis properti yang akan dibisniskan. Jika Anda berencana membangun atau membeli properti dekat dari universitas, perkantoran atau pabrik, Anda bisa membuat kos kosan atau kontrakan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh karyawan maupun mahasiswa. Bila lokasi yang Anda incar di daerah perkotaan, Anda bisa berinvestasi apartemen dengan menjual atau menyewakan kembali unit milik Anda.

Opsi lain dari peluang bisnis properti adalah dengan membangun ruko yang dapat digunakan untuk bisnis pribadi, dijual, atau disewakan. Selain itu, bisnis tanah kavling juga cocok jika Anda melihat potensi perumahan pada suatu kawasan. 

5. Pilih Properti yang Tepat

Salah satu trik dalam bisnis properti adalah menemukan properti yang tepat. Beberapa jenis properti yang cocok untuk bisnis diantaranya adalah sebagai berikut : 

  • Properti yang dijual dengan harga murah. Biasanya penjual sedang membutuhkan uang untuk berbagai keperluan, sehingga harga properti dapat ditawar di bawah harga pasaran.
  • Properti dengan lokasi yang sedang dikembangkan, misalnya properti dekat pembangunan jalan tol atau stasiun KRL. Jenis properti ini biasanya akan mengalami peningkatan harga dalam beberapa tahun ke depan. 
  • Properti bekas yang memerlukan perbaikan. Biasanya properti jenis ini memiliki harga murah dibandingkan dengan properti baru. Jika Anda tertarik untuk membeli properti bekas, perkirakan terlebih dahulu biaya renovasi yang akan dikeluarkan. Selain itu, pilihlah properti bekas dengan lokasi yang menjual. 

 

6. Periksa Kelengkapan Berkas Properti

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memulai bisnis properti adalah memeriksa kelengkapan surat dari properti yang akan dibeli. Pastikan properti tersebut mempunyai surat lengkap sebelum Anda melakukan akad pembelian, mulai dari sertifikat kepemilikan, surat izin mendirikan bangunan, dan berbagai surat lainnya. Dalam prosesnya, libatkan notaris untuk mempermudah proses tersebut. 

7. Belajar Teknik Pemasaran

Cara bisnis properti selanjutnya adalah belajar teknik pemasaran untuk memasarkan properti Anda. Teknik pemasaran yang dipelajari mencakup teknik closing yang meyakinkan pembeli untuk membeli atau menyewa properti Anda. Teknik paling ampuh dalam mempromosikan properti biasanya dengan cara mouth to mouth melalui teman, tetangga, kerabat, atau orang-orang terdekat. 

Selain mempromosikan properti secara langsung, Anda juga dapat memasarkannya melalui internet dengan berbagai cara, seperti : 

  • Melalui platform jual beli rumah
  • Melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya
  • Melalui platform atau website. Anda dapat membuat website pribadi secara bebas dengan memanfaatkan situs yang ada di internet
  • Memasang iklan atau Ads, baik Ads di Google maupun media sosial

 

8. Bangun Jejaring yang Luas

Tips terakhir dari berbisnis properti adalah membangun relasi atau jaringan seluas-luasnya. Anda dapat mulai membangun relasi dengan investor, kontraktor, pengacara, atau bergabung dengan komunitas properti. Anda juga bisa membangun relasi secara online melalui komunitas-komunitas yang ada di internet.

Dengan relasi yang luas, Anda akan mendapatkan informasi seputar properti dari banyak pihak dan berkesempatan untuk mendapatkan peluang kerja sama. 

__

Itulah 8 cara bisnis properti yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang berencana untuk bergelut dalam bidang properti.

Jika Anda mencari properti yang berkualitas untuk investasi, Cari Properti menyediakan pilihan unit properti, mulai dari rumah, ruko, koskosan, hingga unit apartemen dengan kualitas terbaik. 

Kunjungi Cari Properti untuk menemukan properti impian Anda!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...