10 Inspirasi Desain Dapur Mungil Agar Terlihat Luas dan Nyaman

Nadia11 Jan 2024

(Sumber : Pinterest.com)

Dapur merupakan sebuah ruangan penting yang harus dimiliki sebuah rumah. Selain karena fungsinya, dapur juga penting karena bisa menambah estetika didalam rumah terlebih jika dapur tersebut ditata sesuai selera pemilik. Selain menjadi tempat memasak, bagi sebagian orang dapur adalah tempat favorit untuk menghilangkan penat.

Namun, apa jadinya jika kita hanya memiliki ukuran rumah yang kecil dan serba pas? Apakah kita harus meniadakan dapur? Atau membuat dapur terkesan seadanya karena keterbatasan lahan?. Jika kalian mempunyai masalah ini kalian tetap bisa loh, membuat dapur cantik namun di lahan yang terbilang sempit.

Dalam membuat dapur kalian harus menentukan konsepnya terlebih dahulu karena konsep menjadi acuan dan akan membuat dapur kalian terlihat rapi. Setelah menentukan konsep, kalian bisa mulai memikirkan tata letak bagian-bagian penting seperti wastafel, kompor, meja, lemari, hingga alat pelengkap seperti kulkas, dan oven.

Jika kalian masih bingung dan membutuhkan referensi, berikut merupakan 10 desain dapur mungil  yang bisa kalian jadikan referensi dalam mendesain dapur.

1. Desain Dapur Mungil Sederhana

(Sumber : Pinterest.com)

Referensi desain dapur mungil yang pertama adalah dapur mungil berkonsep sederhana. Desain ini sangat cocok untuk kalian yang tidak menghabiskan banyak waktu di dapur karena mementingkan fungsionalitas dari setiap alat yang ada di dapur.

Desain dapur mungil sederhana seperti ini akan cenderung membedakan penempatan alat-alat masak berdasarkan frekuensi penggunaannya. Umumnya alat makan dan masak yang jarang digunakan akan disimpan pada lemari dan alat yang sering digunakan akan diletakkan pada bagian yang mudah dilihat.

2. Desain Dapur Mungil Dengan Kitchen Set

(Sumber : Pinterest.com)

Meskipun desain dapur ini mirip dengan desain sebelumnya, namun pilihan menggunakan kitchen set merupakan pilihan yang terbaik bagi kamu yang gak mau ribet. Selain itu dengan menggunakan kitchen set kamu juga akan mendapatkan desain dapur yang lebih rapi dan tertata karena dikerjakan oleh ahlinya.

Dalam memilih kitchen set kalian akan mendapatkan pilihan yaitu membeli kitchen set yang telah jadi atau melakukan custom sesuai keinginan anda. Kedua pilihan ini tentunya akan mempengaruhi tampilan dan bisa menyesuaikan ketersediaan lahan di rumah anda.

3. Desain Dapur Mungil Minibar

(Sumber : Pinterest.com)

Desain selanjutnya merupakan desain dapur mungil minibar. Seperti namanya, desain ini akan menempatkan sebuah meja fix atau meja tetap multifungsi di salah satu bagian dapur.

Kelebihan dari desain ini adalah meja yang menjadi komponen utama memiliki banyak fungsi. Selain sebagai tempat meletakkan makanan atau alat masak, meja dalam desain ini berfungsi juga sebagai pembatas antara dapur dengan ruangan lainnya.

4. Desain Dapur Mungil Menyatu Dengan Ruang Makan

(Sumber : Pinterest.com)

Meskipun sama-sama menunjukkan meja sebagai komponen utamanya, desain ini dengan yang sebelumnya memiliki perbedaan loh. Jika desain sebelumnya menempatkan meja fix dan digunakan sebagai pembatas ruang, dalam desain kali ini meja makan memiliki fungsi untuk meletakkan makanan sekaligus tempat makan.

Desain ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki rumah yang mungil namun tetap menginginkan meja makan di rumah anda. Ukuran dari meja makan ini sendiri bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan agar tetap terlihat rapi dan proporsional.

5. Desain Dapur Mungil Berkonsep Klasik

(Sumber : Pinterest.com)

Desain dapur mungil selanjutnya adalah dapur mungil yang berkonsep klasik. Desain dapur ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki rumah berkonsep klasik dengan menempatkan banyak ornamen kayu di dalam dan luar rumah.

Meskipun terlihat cantik, namun jika kalian memutuskan menggunakan konsep dapur seperti ini kalian harus memperhatikan perawatan pada area dapur terutama benda yang berbahan kayu. Sebisa mungkin kalian harus memilih bahan kayu yang bagus dan tidak mudah rusak jika terkena air dan kotoran.

6. Desain Dapur Mungil Terbuka

(Sumber : Pinterest.com)

Saat ini banyak sekali rumah yang memiliki taman belakang sebagai area hijau dan sirkulasi udara. Jika rumah kalian seperti ini, kalian bisa loh menggabungkan dapur dengan taman yang berada di belakang rumah.

Dengan menggunakan konsep ini, kalian akan mendapatkan sirkulasi udara yang sangat bagus di dapur dan membuat dapur terasa lebih luas. Meskipun nyaman, jika kalian memiliki dapur yang menyatu dengan halaman belakang kalian harus memperhatikan kebersihan makanan karena ada debu yang terbawa angin di sekitar dapur.

7. Desain Dapur Mungil Dibawah Tangga

(Sumber : Pinterest.com)

Apakah anda jarang menggunakan dapur? desain dapur mungil dibawah tangga mungkin pilihan yang cocok untuk anda karena konsep ini benar-benar mementingkan kegunaan dan kepraktisan. Selain itu, dengan meletakan dapur dibawah tangga kalian akan memperoleh akses yang mudah karena umumnya tangga berada di tengah rumah atau area yang gampang dilihat.

Namun, konsep desain dapur mungil seperti ini memiliki kekurangan yaitu terkesan sempit karena harus berbagi ruang dengan tangga. Selain itu sirkulasi udara di bawah tangga umumnya kurang bagus, jadi jika kalian memasak masakan yang beraroma menyengat butuh waktu untuk menetralisir bau tersebut.

8. Desain Dapur Mungil Berbentuk L

(Sumber : Pinterest.com)

Jika kalian tidak memiliki ruangan khusus untuk dapur, konsep dapur yang satu ini bisa menjadi pilihan kalian. Desain dapur mungil berbentuk L bisa kalian coba pada bagian siku ruangan yang terkadang bingung digunakan untuk apa.

Desain ini memiliki kelebihan hanya memakan ruang yang kecil dan kalian bisa bebas menyesuaikan ukurannya sesuai kebutuhan dan keinginan kalian. Selain itu dengan menggunakan konsep ini kalian akan mendapatkan ruang memasak yang luas karena dapur tak dibatasi dengan ruangan lainnya.

9. Desain Dapur Mungil Berkonsep Anak

(Sumber : temonggo.com)

Apakah anda keluarga yang memiliki anak kecil? konsep yang satu ini bisa anda pertimbangkan sebelum kalian membuat dapur. Konsep ini akan mendukung anak anda untuk gemar berada di dapur, dengan demikian anda bisa mengajarinya memasak atau sekedar menemani anda saat berada di dapur.

Meskipun dapur berkonsep anak ini ditujukan agar anak betah di dapur, kalian tetap harus mengawasi anak anda apalagi beberapa alat masak terbilang berbahaya untuk anak.  Dengan pengawasan dan edukasi yang tepat, konsep ini akan mendukung anak untuk tumbuh dan berkembang di dapur.

10. Desain Dapur Mungil Sesuai Konsep Rumah

(Sumber : Pinterest.com)

Saat ini rumah tak hanya sebagai tempat beristirahat saja, banyak kaum milenial yang membuat rumahnya berkonsep tertentu sesuai keinginannya. Jika kamu tipe orang yang seperti ini area dapur bisa mengikuti konsep rumah agar semua bagian eksterior dan interior tetap senada.

Jika kalian tidak ingin rumah yang berlebih dan terkesan ringkas, konsep minimalis bisa kalian coba karena konsep ini mengutamakan kerapian. Jika kalian suka suasana cafe atau outdoor kalian bisa menggunakan konsep kontemporer, scandinavian, hingga industrial dan futuristik.

Di atas merupakan 10 desain dapur mungil yang bisa kalian aplikasikan sesuai selera anda. Namun tahukah kalian jika kalian bisa menggabungkan beberapa konsep desain dapur mungil untuk rumah anda loh.

Jika kalian sedang mencari rumah untuk tempat tinggal yang nyaman, kalian bisa langsung mencarinya di Cari Properti. Di website ini kalian bisa membandingkan berbagi properti yang ada hingga menemukan properti yang sesuai dengan diri anda.

Penulis : Dimas Rafika Trisna

Editor : Nadia

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...