5 Tips Pengendalian Keuangan Ini Akan Membuat Anda Hemat!

Rizkyanto06 Sep 2022

Sudah memasuki tanggal gajian atau sudah waktunya terima uang bulanan tapi dalam kurun waktu kurang dari seminggu uang Anda sudah habis? Jika iya mungkin pengendalian keuangan Anda selama ini salah dan tidak benar, itu sebabnya uang yang Anda punya tidak bisa bertahan lama.

Eits, tapi tenang dalam artikel ini sudah dirangkum 5 tips pengendalian keuangan dengan benar sehingga Anda bisa berhemat dan uang yang Anda punya bisa bertahan lama. Tetapi sebelum kita masuk ke tips pengendalian keuangan kita harus tahu betapa pentingnya mengatur keuangan.

Jika Anda ingin mengetahuinya, maka simaklah artikel ini supaya keuangan Anda tidak boncos lagi!

Pentingnya mengatur keuangan

Pengendalian Keuangan

Sumber: Koinworks.com

Ketika Anda menerima gaji atau uang bulanan sangat penting untuk bisa mengatur keuangan supaya Anda tidak boros lagi, jika tidak diatur dengan baik tak jarang Anda sudah kehilangan uang Anda di akhir bulan dan tidak tahu kemana uang Anda pergi. Maka dari itulah pentingnya mengatur keuangan. Mengatur keuangan bisa kita mulai dari mengatur manajemen gaya hidup kita. Anda perlu ingat dalam mengatur keuangan dibutuhkan komitmen yang kuat, dan apapun cara serta metodenya hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas Anda.

Inilah saatnya kita masuk ke 5 tips pengendalian keuangan supaya tidak boncos lagi

1. Buatlah anggaran keuangan 

 

Pengendalian keuangan

Sumber : Cerdika.com

Hal pertama dalam pengendalian keuangan adalah Anda harus buat anggaran keuangan Anda sendiri. Membuat anggaran bisa menjadi salah satu cara agar uang Anda bisa dipergunakan dengan tepat,caranya adalah Anda harus membuat skala prioritas, skala prioritas tentunya akan menghindarkan Anda dalam membeli sesuatu yang tidak perlu, dengan membuat anggaran keuangan Anda akan mengetahui seberapa besar pengeluaran Anda selama satu bulan.

2. Hindari berhutang

 

Pengendalian keuangan

Sumber : Katakitajodoh.blogspot.com

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam pengendalian keuangan adalah Anda jangan sampai berhutang, berhutang memang tidak ada salahnya tetapi sistem hutang akan menjadi efek bola salju yang akan terus membesar terutama jika hutang tersebut memiliki bunga yang besar, jika Anda memang harus berhutang pastikan terlebih dahulu besaran bunga dan juga jangka waktu pelunasan agar Anda tidak merasa terbebani di kemudian hari.

3. Jangan lupa untuk menabung

Pengendalian keuangan

Sumber : Xdana.com

Menabung memang sangat penting maka dari itu pastikan selalu sisihkan uang yang Anda punya berapapun nominalnya, uang tabungan ini juga akan berguna dan bisa Anda gunakan ketika uang Anda sudah habis lho. Menabung juga banyak manfaatnya dengan menabung Anda bisa memiliki dana darurat serta bisa juga mewujudkan mimpi Anda seperti untuk melanjutkan pendidikan ataupun membeli sebuah rumah.

4. Pisahkan berbagai kebutuhan

Pengendalian keuangan

Sumber : Laporanku121.blogspot.com

Tidak bisa dipungkiri kalau Anda pasti memerlukan berbagai kebutuhan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, tetapi jika Anda tidak memisahkan kebutuhan tersebut uang yang Anda punya pasti akan cepat habis.

Pisahkanlah berbagai kebutuhan primer Anda dengan kebutuhan sekunder contohnya hiburan. Fokus dan utamakan kebutuhan primer dahulu seperti sandang, pangan, dan papan, jika kebutuhan primer sudah terpenuhi maka Anda bisa berhemat.

5. Investasikan uang Anda

Pengandalian keuangan

Sumber : Paxel.com

Tips pengendalian keuangan yang terakhir adalah Anda bisa melakukan investasi kepada uang Anda, karena investasi adalah suatu keharusan dan kewajiban di masa kini. Sekarang sudah banyak pilihan investasi yang bisa Anda pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa melakukan investasi untuk jangka pendek seperti deposito atau saham maupun jangka panjang salah satunya adalah investasi properti.

Nah itu dia tadi 5 tips pengendalian keuangan supaya Anda tidak boncos lagi dan bisa hemat.

Jika Anda ingin melakukan investasi jangka panjang dibidang properti Anda bisa cari properti terbaik hanya di CariProperti karena di CariProperti terdapat banyak sekali pilihan properti dengan kualitas terbaik serta harga yang terjangkau loh. Yuk cek sekarang juga properti impian Anda bersama CariProperti!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...