5 Ide Desain Sulap Teras Jadi Ruang Tamu, Minimalis Tapi Cozy

Nadia26 Jan 2023

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan penting dalam sebuah rumah. Selain untuk menerima tamu, ruangan ini juga menjadi ruang terdepan yang ditemui pertama ketika masuk rumah. Namun, tidak semua rumah memiliki lahan yang luas untuk dijadikan ruang tamu, sehingga ide sulap teras jadi ruang tamu bisa dijadikan rekomendasi untuk Anda.

Ada banyak referensi ide teras di ruang tamu yang bisa Anda terapkan. Anda bisa menyulap teras menjadi ruang tamu dengan komposisi kursi dan meja yang pas. Jika Anda masih bingung mencari ide konsep ruang tamu di teras, artikel ini akan memaparkan tips serta inspirasi ide sulap teras jadi ruang tamu. Simak ya!

Tips sulap teras jadi ruang tamu

Untuk menyulap teras menjadi ruang tamu, tentunya Anda harus mengkondisikan area teras agar lebih nyaman untuk menyambut tamu. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kosongkan area teras

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengosongkan teras dari barang-barang yang tidak dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar area teras terlihat lega dan dapat disulap menjadi ruang tamu.

Anda bisa memulainya dengan memilah antara barang yang masih digunakan dan tidak digunakan. Setelah itu, simpan barang tersebut di ruangan lainnya. Area teras yang dikosongkan akan mempermudah Anda dalam menata ruangan.

2. Lapisi area lantai

Setelah menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan, Anda bisa melapisi area lantai teras dengan berbagai bahan. Jika Anda menginginkan area ruang tamu yang segar, cobalah untuk menggunakan rumput sintetis sebagai alas untuk memberikan kesan hijau pada ruangan. Perpaduan antara rumput sintetis dan cat warna netral juga bisa memberikan kesan nyaman pada ruang tamu Anda.

Jika teras Anda sudah dikeramik, Anda juga bisa menambahkan karpet sebagai hiasan maupun alas pada teras rumah. Pilihlah warna karpet yang senada dengan warna cat area teras agar ruang tamu lebih tertata. 

3. Lengkapi teras dengan kursi dan meja

Untuk menyulap teras jadi ruang tamu, hal terpenting yang harus Anda siapkan adalah kursi. Pilihlah jenis kursi dan meja yang sesuai dengan luas teras rumah Anda. Ada banyak jenis kursi yang bisa Anda pilih, seperti sofa, kursi kayu, kursi mini, dan masih banyak lagi. 

Jika teras Anda berukuran kecil, Anda bisa memilih kursi dengan model minimalis. Jangan lupa juga untuk lengkapi teras rumah dengan meja untuk menaruh makanan untuk tamu datang.

4. Hias area teras supaya terlihat cozy

Jangan lupa kreasikan ruangan teras dengan berbagai hiasan. Anda bisa menghiasnya dengan tanaman kering, hiasan dinding, maupun pajangan lainnya. Namun jangan terlalu berlebihan dalam menghias ruangan agar area teras tetap terlihat lega.

Referensi Sulap Teras Jadi Ruang Tamu

Setelah membahas terkait dengan tips menyulap teras menjadi ruang tamu, berikut beberapa referensi yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk menata teras Anda :

1. Model ruang tamu dengan konsep taman

Sumber :  Pinterest

Sulap teras jadi ruang tamu dengan konsep taman merupakan ide menarik yang bisa Anda coba. Manfaatkan lahan di depan rumah Anda dengan memberikan alas berupa susunan kayu, kemudian tata area teras menjadi ruang tamu. 

Jangan lupa tambahkan juga berbagai tanaman hias agar suasana ruang tamu lebih hidup ya!

2. Model ruang tamu minimalis

Sumber :  Khairunnisya Azmi/Pinterest

Jika Anda tidak memiliki teras yang lega, cukup rapihkan teras rumah Anda dengan cara menyusun sofa dan meja. Anda juga bisa menambahkan hiasan dinding agar area ruang tamu tetap terlihat cantik. 

Jangan lupa juga untuk memilih sofa dan meja dengan warna yang senada agar ruang tamu Anda terlihat lebih tertata. 

3. Model ruang tamu semi outdoor



Area teras juga bisa dijadikan ruang tamu semi outdoor lho! Anda bisa menghiasnya dengan susunan bangku cantik lengkap dengan mejanya. Tambahkan juga alas berupa karpet atau rumput sintetis agar suasana ruang tamu terlihat lebih hidup.

Untuk menambah kreasi pada ruangan, tidak Anda salahnya juga menambah beberapa tanaman hias di sekitar teras. 

4. Model ruang tamu sederhana


Untuk Anda yang menginginkan suasana ruang tamu yang sederhana, Anda bisa menyulap teras rumah menjadi ruang tamu yang sangat simpel. Cukup tambahkan sofa dan meja bernuansa kayu, suasana teras rumah Anda akan berubah menjadi ruang tamu yang super nyaman!

5. Model ruang tamu serba putih

Instagram.com/zandessy⁣

Model ruang tamu serba putih juga bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Pilihlah keramik dan warna cat area teras dengan warna untuk memberikan kesan lega. Jangan lupa juga untuk memilih kursi dan meja berwarna putih agar susunan ruang tamu terlihat senada.

__

Itulah beberapa tips serta referensi sulap teras jadi ruang tamu yang bisa Anda terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk memiliki rumah dengan teras lega, kunjungi Cari Properti untuk informasi lebih lengkap.

Jika Anda ingin memiliki rumah dengan teras super lega, kunjungi Jual Rumah Bandung atau Summarecon Bandung yang menyediakan pilihan unit rumah berkualitas dilengkapi dengan teras.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...