7 Tips Wawancara KPR Agar Lolos dan Diterima

Admin Cariproperti23 Sep 2021

Membeli rumah dengan sistem KPR memang sangat diminati. Selain karena bisa dicicil, sistem pembayaran dengan KPR dianggap lebih terjamin. 

Sayangnya, tidak semua orang bisa mengajukan pembayaran rumah dengan KPR. Banyak orang yang justru terhalang dalam proses pengajuannya, terutama dalam sesi wawancara. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri Anda sebelum wawancara dengan memperhatikan tips wawancara KPR agar KPR yang Anda ajukan bisa diterima.

Tips Wawancara KPR

Bagi Anda yang akan melakukan wawancara KPR, berikut 7 tips wawancara KPR yang bisa Anda lakukan :

1. Tampil dengan rapi

Ketika Anda datang ke lokasi wawancara, usahakan untuk tampil dengan rapi. Selain untuk meyakinkan pihak bank, penampilan yang rapi tentunya dapat membantu Anda untuk menjawab pertanyaan dengan percaya diri. 

2. Menjawab pertanyaan dengan tenang

wawancara kpr
Sumber: ijland.blogspot.com

Tips selanjutnya adalah menjawab pertanyaan dengan tenang. Hal ini masih masuk dalam cara meyakinkan pihak bank agar menerima pengajuan KPR Anda. Ada beberapa kasus ketika pemohon KPR menjawab pertanyaan dengan gugup, pihak bank menjadi tidak yakin dengan calon kreditur. Maka dari itu, Anda tidak perlu tegang dalam proses wawancara KPR.

3. Terbuka terkait pekerjaan

Dalam sesi wawancara KPR, Anda harus terbuka terkait pekerjaan Anda. Karena dalam sesi ini, Anda akan ditanyakan seputar pekerjaan, mulai dari bekerja di mana, karyawan kontrak atau tetap, sudah berapa lama bekerja, dan lain sebagainya.

Biasanya, pihak bank akan mencari calon debitur yang dianggap mampu dan berkomitmen. Tak menutup kemungkinan, pihak bank juga akan mengkonfirmasi kembali kebenaran informasi yang Anda sampaikan.

4. Sampaikan informasi penghasilan dan pengeluaran

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan dalam wawancara KPR adalah mengenai informasi penghasilan. Anda bisa sampaikan informasi besaran penghasilan dengan slip gaji yang Anda terima. Informasi mengenai penghasilan sangat bermanfaat untuk menyesuaikan cicilan pengajuan kredit. Maka dari itu, jangan sampai Anda berbohong dalam menjawabnya.

Selain penghasilan, biasanya pihak bank juga menanyakan pengeluaran Anda setiap bulannya. Pertanyaan ini cukup penting untuk menggambarkan kesiapan Anda dalam membayar cicilan. Anda bisa menyampaikan apa saja pengeluaran setiap bulannya, seperti membayar listrik, air, kontrakan, dan sebagainya. Sebaiknya, pikirkan dulu kesanggupan Anda dalam membayar cicilan sebelum memutuskan untuk mengambil KPR. 

5. Terbuka terkait hutang dan cicilan

Pertanyaan penting selanjutnya yang sering ditanyakan dalam sesi wawancara KPR adalah terkait hutang dan cicilan Anda. Jika Anda memiliki hutang seperti kendaraan, sampaikan hal tersebut ke pihak bank. 

Walaupun pertanyaan ini cukup krusial sebagai penentu KPR Anda diterima atau tidak, jangan sampai Anda berbohong dalam menjawabnya. Karena pihak bank biasanya memiliki akses untuk melakukan cross check ke bank Indonesia. Di sana, mereka dapat melihat seluruh riwayat utang dan cicilan Anda.

6. Informasikan rumah yang akan diambil

tips wawancara kpr rumah

Informasi rumah yang akan Anda ambil biasanya juga menjadi pertanyaan dalam sesi wawancara KPR. Maka dari itu, Anda harus mengetahui informasi mengenai lokasi, nama pengembang dan perumahan, harga rumah, serta segala informasi mengenai rumah yang akan Anda beli.

7. Menjawab pertanyaan dengan singkat, padat dan jelas

Hal penting lainnya dalam melakukan wawancara KPR adalah jawablah pertanyaan dengan singkat, padat dan jelas. Jangan menjawab pertanyaan dengan bertele-tele agar tidak menyita banyak waktu. Menjawab pertanyaan dengan padat dan jelas juga akan memberikan kesan bahwa jawaban-jawaban Anda cukup meyakinkan.

Rekomendasi Rumah KPR

Jika Anda berencana untuk membeli rumah secara KPR, namun belum menemukan rumah yang tepat, berikut beberapa rekomendasi rumah dengan kualitas terbaik yang  bisa Anda beli secara KPR.

1. Azura Starlight

cluster azura house

Cluster Azura Starlight merupakan cluster perumahan yang berada di kawasan Vanya Park BSD City. Rumah ini dibangun dengan konsep “New Normal Lifestyle” dimana pencahayaan rumah sangat maksimal. Lokasi Azura Starlight sangatlah strategis, yaitu dekat dengan fasilitas umum seperti Foresta Business Loft, Green Office Park, Unilever building,  Universitas Prasetya Mulya, Swiss German University, IPEKA, dan masih banyak lagi.

Tak hanya lokasinya yang strategis, kawasan Cluster Azura juga dilengkapi dengan fasilitas premium. Terdapat fasilitas club house yang didalamnya terdapat seperti kolam renang, gym, kafe, dan masih banyak lagi. Tersedia juga fasilitas bicycle dan jogging track yang bisa dimanfaatkan para penghuni.

Rumah di Cluster Azura dijual dengan harga perdana mulai dari Rp 1,1 M. Jika Anda berencana untuk membeli rumah di Azura Starlight dengan sistem KPR, terdapat beberapa opsi pembayaran serta promo yang bisa Anda pilih, yaitu :

  • KPR Express DP 10% Promo Diskon 21%
  • KPR Express DP 10%, Subsidi DP 10% Promo Diskon 11%
  • KPR DP 10% dicicil 12x Promo Free Deposito 8% atau diskon 8%

2. Aether BSD

Rekomendasi rumah yang bisa dibayar dengan sistem KPR selanjutnya adalah Cluster Aether BSD. Cluster ini menyediakan hunian bergaya resort yang terdiri dari bangunan tiga lantai. Lokasi cluster Aether sangat dekat dengan kawasan Gading Serpong, ICE BSD, serta Mall AEON. 

Menariknya,Cluster Aether juga dilengkapi clubhouse dengan fasilitas lengkap. Unit di cluster ini dijual dengan harga mulai dari Rp 2,6 M. Untuk pembelian dengan sistem KPR, tersedia opsi pembayaran sebagai berikut :

  • KPR DP Express 1x Promo Diskon 10%
  • KPR DP Dicicil

 

3. Quantis Signature

Jika Anda sedang mencari hunian berkualitas yang bisa dibayar dengan sistem KPR, Quantis Signature bisa menjadi rekomendasi hunian untuk Anda. Cluster ini merupakan cluster perumahan BSD yang dibangun dengan desain arsitektur tropis kontemporer yang mewah. Lokasinya juga sangat strategis, tepatnya berada di pusat CBD BSD City yang dekat dengan akses tol serta fasilitas umum.

Hunian di Cluster Quantis Signature dijual dengan harga mulai dari Rp 3,5 M. Jika Anda ingin membeli dengan KPR, terdapat beberapa opsi pembayaran, yaitu KPR Express DP 10% dan KPR DP 10% cicil 15x. Terdapat juga promo Diskon 11% bagi Anda yang memilih opsi pembayaran KPR DP 10%, sehingga Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga yang lebih murah.

---

Itulah 7 tips wawancara KPR yang bisa Anda lakukan serta rekomendasi rumah yang bisa Anda beli dengan sistem KPR. Jika Anda tertarik untuk membeli rumah KPR yang dibangun oleh developer berkualitas, Anda bisa beli melalui CariProperti.com. Di CariProperti.com, tersedia berbagai pilihan rumah dengan developer yang telah diverifikasi. Tak hanya itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan Property Advisor untuk memilih hunian yang sesuai dengan keinginan Anda.

Artikel Lainnya

19 Aug 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

20 Aug 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

20 Aug 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...