9 Alat dan Bahan Barbeque yang Harus Ada Saat Pesta di Rumah

Admin Cariproperti26 Nov 2021

Rumah selain untuk menjadi tempat istirahat, juga harus dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan bagi para penghuni nya. Keluarga yang harmonis juga didukung dengan berbagai kegiatan atau aktivitas yang diisi dengan kebahagiaan. Banyak sekali kegiatan lainnya yang bisa dilakukan dari rumah untuk menghidupkan suasana rumah kembali.

Salah satunya adalah dengan melakukan makan bersama seperti barbeque daging di rumah. Aktivitas barbeque di rumah merupakan aktivitas yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga atau sahabat.

Menjalin tali silaturahmi dan membuat suasana semakin harmonis. Dengan budaya masyarakat Indonesia yang selalu mengutamakan makan bersama keluarga di ruang makan, aktivitas barbeque pun selalu dinikmati di setiap acara keluarga.

Adapun beberapa persiapan yang dilakukan ketika ingin melakukan barbeque di rumah. Mulai dari mencari bahan makanan seperti daging dan bumbu serta berbagai alat pemanggang. Persiapan yang matang akan memberikan kegiatan barbeque semakin nyaman dan seru sehingga tidak repot kembali ketika acara sudah dimulai. 

Supaya acara barbeque anda lebih menarik dan berkesan, Yuk! simak artikel berikut ini untuk mengetahui alat dan bahan barbeque di Rumah.

1. Daging Sapi/Ayam

bahan bahan barbeque di rumah
Sumber: detik.com

Tentunya daging sapi atau ayam menjadi bahan utama dari makan barbeque anda. Anda bisa sesuaikan porsi untuk berapa orang yang datang ke acara barbeque anda. Perhatikan kualitas dan harga yang dicantumkan ketika anda membeli dari penjual. Usahakan untuk mencari kualitas daging yang terbaik dengan harga terjangkau, agar kelezatannya pun maksimal.

Anda dapat membeli daging sapi atau ayam di berbagai gerai supermarket terdekat anda atau bisa juga membeli langsung di pasar. Namun ada sedikit perbedaan harga yang mencolok dari keduanya. Jika anda membeli di supermarket maka harga daging relatif lebih mahal, dibandingkan ketika membeli melalui pasar yang masih bisa untuk tawar-menawar harga.

Berbagai pilihan potongan daging bisa anda beli untuk melakukan barbeque di rumah, seperti sirloin, t-bone, ribeye, galbi, slice dan yang lainnya. Yang menjadi favorit banyak orang untuk melakukan barbeque di rumah adalah potongan daging sirloin dan slice, karena mudah untuk diolah dan lezat. Anda bisa menyesuaikan selera anda untuk tingkat kematangan yang pas.

 

2. Bumbu penyedap


Sumber: magfood.com

Selain mempersiapkan bahan utama yaitu daging sapi dan ayam, perlu anda siapkan bahan selanjutnya untuk menghadirkan cita rasa yang lezat yaitu bumbu-bumbu. Pada umumnya untuk bumbu yang digunakan tidak terlalu sulit dan mudah untuk didapatkan, seperti merica, garam, dan lada. Anda bisa menemukan bumbu-bumbu tersebut di supermarket atau pasar terdekat.

Atau jika tidak ingin repot untuk membumbui daging barbeque, anda juga bisa langsung membeli bumbu jadi yang dijual di supermarket. Sudah banyak bumbu barbeque yang dijual dan kepraktisan dari menggunakan bumbu yang sudah jadi juga dapat menghemat waktu dan tenaga anda.

 

3. Saus tambahan

bahan bahan barbeque
Sumber: productnation.co.id

Tidak lengkap rasanya jika daging barbeque yang disajikan tidak dibarengi dengan saus yang lezat juga. Saus yang lezat dapat menambah cita rasa pada daging barbeque anda. Terdapat berbagai saus yang selalu menjadi favorit banyak orang seperti saus lada hitam, saus mushroom, saus teriyaki, saus bulgogi, dan yang lainnya.

Selain anda bisa membuat sendiri saus tersebut sesuai selera anda, adapun juga saus tersebut dapat anda temukan di supermarket terdekat. Penyajian saus juga bervariasi, bisa langsung dituangkan ke daging anda, atau bisa juga menjadi cocolan daging.

 

4. Alat panggang


Sumber: resepkoki.id

Setelah anda sudah mempersiapkan seluruh bahan untuk makan barbeque, selanjutnya anda perlu menyiapkan alat utama untuk barbeque yaitu alat panggang. Anda bisa menggunakan alat panggang anti lengket (hot plate) sehingga tidak repot saat mencuci nya. Ada baiknya untuk melakukan proses pemanggangan daging di luar ruangan atau ruang terbuka, sehingga asap tidak memenuhi dalam ruangan yang akan mengganggu kesehatan.

 

5. Arang kayu alami

arang kayu barbeque
Sumber: lazada.co.id

Jika anda menggunakan jenis panggangan arang, maka arang kayu perlu anda siapkan juga sebagai bahan bakarnya. Arang kayu dapat dengan mudah anda temukan di warung-warung klontong ataupun di pasar. Menggunakan arang kayu alami untuk memanggang tidak kalah nikmat hasilnya dibandingkan dengan menggunakan pemanggang elektrik. Aroma yang dikeluarkan dari pembakaran arang menjadi ciri khas tersendiri pada daging nantinya.

 

6. Penjepit makanan

alat dan bahan barbeque
Sumber: pixabay.com

Alat ini tentu tidak kalah penting dalam proses barbeque. Penjepit makanan sangat diperlukan untuk membalikkan daging atau makanan yang sedang dipanggang. Disarankan untuk menggunakan penjepit makanan yang berbahan dasar besi atau stainless steel, karena jika berbahan plastik dikhawatirkan akan meleleh ke makanan karena terkena panas pemanggang.

 

7. Kuas untuk olesan


Sumber: alibaba.com

Kuas disini bukan kuas untuk melukis ya, namun kuas masak untuk mengoles bumbu atau saus ke daging yang akan dipanggang. Penggunaan kuas ini sangat efektif untuk mengoles seluruh permukaan daging terkena bumbu dan saus yang sudah disiapkan sebelumnya. Pilihlah kyas makan yang anti panas sehingga aman untuk digunakan.

 

8. Kipas barbeque

alat dan bahan barbque
Sumber: shopee.co.id

Penggunaan kipas ini diperlukan untuk menyalakan arang dan juga digunakan supaya arang tetap menyala selama memanggang. Saat anda menggunakan pemanggang manual dari arang anda memerlukan kipas barbeque, namun jika anda menggunakan pemanggang dari kompor portable tidak diperlukan lagi.

 

9. Kompor & gas portabel

kompor gas portable
Sumber: ralali.com

Jika anda menggunakan alat pemanggang yang modern tidak perlu menggunakan arang lagi, maka anda perlu menyiapkan kompor dan gas portabel untuk menggantikan arang. Anda bisa lebih mudah dan praktis karena tidak perlu repot menyalakan arang karen hanya perlu memasang gas saja.

 

Nah itulah alat dan bahan barbeque di rumah yang bisa anda siapkan ketika acara bersama keluarga. Mengadakan barbeque di rumah sangat menyenangkan dan menambah menghangatkan suasana di rumah. Tambah lengkap lagi jika dihadirkan juga minuman yang menyegarkan dan salad sayuran.

Artikel Lainnya

24 Nov 2021

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

26 Nov 2021

6 Trend Desain Rumah Baru 2021, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...