Mau Beli Rumah? Perhatikan 7 Hal Ini Saat Show Unit!

Nadia21 Dec 2023

Cari Properti - Ketika membeli sebuah rumah indent, tentunya Anda tidak dapat melihat bentuk bangunan yang sudah jadi yang mungkin saja akan membuat Anda ragu saat ingin membeli rumah.

Untuk mengatasi masalah ini, developer menghadirkan rumah contoh atau show unit untuk memberikan gambaran mengenai denah rumah, luas bangunan, luas tanah, spesifikasi, dan fasilitas yang ada.

Hal ini sangatlah penting bagi siapa saja yang ingin membeli sebuah rumah karena Anda akan bisa mengetahui lebih pasti mengenai spesifikasi dan kualitas rumah yang akan Anda tinggali.

Dengan mengunjungi show unit, Anda bisa mengira-ngira tampilan interior apa yang akan Anda gunakan untuk mempercantik rumah Anda nantinya.

Maka dari itu, sebaiknya perhatikan 7 hal penting berikut ini saat show unit sebelum Anda membeli rumah!

7 Hal Penting Saat Show Unit

1. Perhatikan Sirkulasi Udara dan Cahaya

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memerhatikan apakah sirkulasi udara dan cahaya alami bisa masuk dengan optimal atau tidak.

Saat masuk dari pintu depan, sebaiknya Anda pastikan bahwa di dekat pintu terdapat sebuah jendela yang cukup besar sebagai saluran utama ventilasi udara.

Selanjutnya, cek apakah terdapat bukaan yang cukup besar juga di seberang pintu, seperti di ruang keluarga atau dapur sebagai jalan keluar udara agar tercipta cross ventilation.

Tidak hanya sirkulasi udara saja yang harus diperhatikan, pencahayaan alami juga harus diperhatikan.

Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki pencahayaan alami yang optimal.

Jadi, Anda harus memastikan apakah terdapat banyak bukaan atau jendela, khususnya pada area tertentu seperti dapur, ruang keluarga, dan kamar.

Selain lebih sehat dan terang, pencahayaan optimal juga bisa menambah kenyaman rumah khususnya pada siang hari.

2. Spesifikasi Rumah dan Material Bangunan

Salah satu tujuan show unit adalah untuk menunjukan spesifikasi rumah dan kualitas material bangunan kepada para calon pembeli.

Jadi, sebaiknya pada saat show unit Anda memperhatikan betul spesifikasi yang ada pada rumah contoh, apakah sama seperti yang ada di brosur atau tidak.

Cek mulai dari sistem pengairan, kelistrikan, air tanah, jaringan internet, hingga drainase.

Anda juga perlu memperhatikan material bangunan yang digunakan, apakah menggunakan material berkualitas tinggi atau tidak.

Jika Anda tidak begitu mengerti, sebaiknya Anda membawa teman yang paham mengenai bangunan atau bisa bertanya langsung kepada pihak pemasaran yang mendampingi Anda.

Dengan mengetahui semua ini, Anda bisa mengetahui baik atau tidaknya kualitas rumah yang akan Anda tinggali nanti.

3. Ambil Inspirasi Desain Interior dari Rumah Contoh

Sebuah rumah contoh yang dihadirkan pengembang selalu disertakan dengan tampilan interior yang sangat berkesan.

Tentu saja hal ini bertujuan agar calon pembeli merasa nyaman dengan rumah yang dihadirkan dan tertarik untuk membeli.

Saat Anda mengunjungi show unit yang sudah memiliki desain interior yang ciamik, Anda bisa memanfaatkannya sebagai inspirasi untuk rumah Anda nantinya.

Mengambil inspirasi dari show unit sangatlah menguntungkan, karena Anda bisa meniru tampilan yang sudah ada tanpa harus menyewa jasa interior designer.

Namun, jika Anda malas untuk mengurusnya sendiri, Anda bisa meminta pihak pengembang untuk dibuatkan interior yang sama persis dengan show unit.

4. Cek Reputasi Pengembang

Memeriksa reputasi pengembang adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan lantaran saat ini semakin banyak pengembang bodong yang kerap menipu calon pembeli.

Dengan mengunjungi show unit, Anda bisa sekaligus memeriksa reputasi pengembang properti yang bersama Anda secara langsung.

Anda bisa bertanya mengenai umur pengembang, proyek yang sudah dikerjakan, bank yang bekerja sama, dana nama PT secara langsung kepada pihak pemasaran.

Anda juga bisa meminta kontak pemasaran yang melayani Anda sebagai salah satu narahubung atau penanggung jawab atau semua masalah mengenai rumah Anda.

Dengan mengetahui semua ini, tentu saja Anda akan merasa jauh lebih aman saat membeli rumah.

5. Bertanya Perihal Cara Pembayaran, Biaya Tambahan, dan Serah Terima Kunci

Selain melihat gambaran kondisi rumah yang akan dihuni nanti, pada saat mengunjungi show unit Anda juga bisa bertanya mengenai beberapa hal penting kepada pihak pemasaran.

Hal pertama yang dapat Anda tanya adalah mengenai cara pembayaran.

Pada dasarnya ada tiga cara pembayaran yang biasa digunakan, tunai, cicilan berjangka, dan KPR.

Biasanya, pengembang menyertakan promo berupa diskon atau pemberian fasilitas gratis jika menggunakan metode pembayaran tertentu.

Jadi, sebaiknya Anda bertanya terlebih dahulu mengenai metode pembayaran yang diterima dan sesuaikan dengan kemampuan Anda.

Sebelum pembayaran, Anda juga perlu mempertanyakan mengenai biaya tambahan, seperti biaya notaris, pemasangan instalasi, dan lain sebagainya.

Hal ini harus dilakukan agar bisa dipersiapkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, Anda bisa menanyakan mengenai tanggal serah terima kunci.

Hal ini sebaiknya dilakukan bagi Anda yang membeli rumah ready stock agar bisa langsung menempati dan menyiapkan isi rumah baru Anda.

6. Ketahui Kelengkapan Fasilitas Perumahan

Daya tarik utama dari sebuah perumahan, selain lokasi yang strategis, adalah kelengkapan fasilitas yang ada.

Ketika Anda mengunjungi show unit, Anda bisa juga sekaligus melihat fasilitas apa saja yang tersedia di perumahan yang Anda kunjungi.

Biasanya, pengembang sudah membuat beberapa fasilitas terlebih dahulu agar nantinya Anda bisa langsung menikmati ketika menempati rumah Anda.

Anda juga bisa bertanya langsung kepada pemasaran mengenai fasilitas apa saja yang tersedia dan lokasi fasilitas tersebut.

7. Periksa Lingkungan Sekitar

Hal terakhir yang harus Anda lakukan saat show unit adalah memeriksa lingkungan sekitar. Tentu saja saat mengunjungi show unit, Anda akan mengunjungi lokasi dimana rumah Anda akan dibangun.

Sebaiknya, Anda memanfaatkan hal ini untuk berkeliling di sekitar lingkungan perumahan apakah lingkunganya aman dan juga nyaman, bebas dari bisingnya kendaraan dan lalu lalang orang banyak.

Selain mengecek keamanan dan kenyamanan perumahan, Anda juga bisa mengecek akses jalan untuk sampai ke perumahan, apakah sudah nyaman, rapi, dan terjangkau.

Anda juga harus mencari tahu apakah lingkungan di sekitar perumahan rawan terjadi banjir atau tidak.

Anda bisa mengetahuinya dengan bertanya kepada masyarakat yang ada di sekitar.

_________

Di atas adalah 7 hal yang harus Anda perhatikan saat show unit agar dapat tinggal dengan lebih tenang dan nyaman.

Anda galau cari rumah terbaik dari developer kenamaan dan terpercaya? Yuk, kunjungi Cari Properti!

Cari Properti bisa sekali menyembuhkan rasa galau Anda dengan berbagai rekomendasi perumahan dan cluster terbaik dari developer berpengalaman dengan lokasi yang sangat strategis.

Dengan Cari Properti Anda tidak perlu takut akan biaya yang membengkak karena ada jaminan harga terbaik yang pastinya bikin kantong Anda tersenyum. Kunjungi Cari Properti dan wujudkan rumah impian Anda!

(Penulis: Rakay Daniel Diso, Editor: Nadia)

 

Kunjungi cluster perumahan berkualitas di kawasan berikut :

Jual Rumah Bogor

Jual Rumah Tangerang

Jual Rumah Jakarta Selatan

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...