6 Jenis Tanaman Gantung Untuk Rumah yang Aesthetic dan Bermanfaat

Admin CariProperti25 Jan 2022

Hiasan atau aksesoris merupakan salah satu komponen penting dalam interior rumah. Dengan adanya hiasan atau aksesoris dalam interior rumah. Tanaman gantung merupakan salah satu jenis hiasan yang sering sekali digunakan oleh banyak orang di rumahnya. Namun, jenis tanaman gantung untuk hiasan di rumah sendiri bermacam-macam dan cara merawatnya pun berbeda-beda.

Tanaman gantung merupakan salah satu aksesoris untuk interior rumah yang cocok untuk Anda karena salah satu kelebihan utamanya adalah dapat memberikan suasana yang sejuk di rumah. Selain itu, jenis tanaman gantung tertentu juga dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih segar untuk rumah, dan juga dapat mempercantik rumah atau ruangan yang ada.

Mau tau jenis tanaman gantung seperti apa saja yang bisa Anda jadikan hiasan di rumah Anda? Simak artikel ini ya!

Kaktus Anggur (Sedum Morganianum)

Tanaman Kaktus Anggur

Nama yang unik bukan? Kaktus anggur atau Sedum Morganianum merupakan jenis tanaman gantung pertama yang bisa Anda jadikan sebagai hiasan untuk rumah Anda. Kaktus anggur ini merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis sukulen, yaitu tanaman yang dapat bertahan hidup meskipun tidak disiram dengan air dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut membuat kaktus anggur sebagai tanaman gantung yang mudah dirawat.

Kaktus anggur sendiri mempunyai warna yang sangat mirip, bahkan menyerupai anggur hijau. Dengan warna yang menyerupai anggur hijau, kaktus anggur merupakan jenis tanaman gantung yang memiliki tampilan daun yang tebal dan juga berdaging yang berfungsi untuk menyimpan air dalam jangka waktu lama. Dengan penampilannya yang cantik dan mudah untuk dirawat, kaktus anggur merupakan tanaman gantung yang cocok untuk Anda jadikan hiasan.

Apple Leaf (Dischidia Geri)

tanaman dischidia geri

Apple leaf atau dischidia geri merupakan jenis tanaman gantung kedua yang dapat Anda jadikan dekorasi atau hiasan di rumah Anda. tanaman ini merupakan tanaman hias gantung yang tumbuhnya sendiri menjuntai yang dapat memberikan kesan sejuk dan juga menyegarkan untuk rumah Anda.

Tanaman ini adalah tanaman yang tidak memerlukan sinar matahari secara langsung sehingga perawatannya sendiri cukup mudah. Agar lebih awet, Anda bisa meletakkan apple leaf di dekat jendela, sisi dinding rumah, atau pintu rumah. Dengan jenis tanaman yang tekstur daunnya menjuntai lurus dan memanjang, apple leaf cocok untuk Anda jadikan hiasan rumah Anda.

Jenggot Musa (Tillandsia Usneoides)

Tanaman jenggot musa

Tanaman selanjutnya merupakan tanaman yang unik banget nih, yaitu jenggot musa atau tillandsia usneoides. Jenggot musa merupakan jenis tanaman gantung yang unik karena tanaman ini tidak memerlukan media tanam seperti tanah dan pot, karena tanaman ini tumbuh menggantung. Unik bukan? Bahkan, saat mekar, jenggot musa dapat menjadi sangat harum di pagi hari, terutama jika berada di tempat teduh.

Jenggot musa sendiri merupakan tanaman dengan warna putih pucat atau hijau pucat yang dapat menyerap kelembapan dan nutrisi hanya dari air dan udara. Tanaman ini membutuhkan penyiraman yang rutin setiap pagi dan sore hari, dan juga pencahayaan yang sesuai. Anda dianjurkan untuk menghindari menyimpan jenggot musa di bawah sinar matahari penuh karena akan membuat tanaman tersebut terkena dehidrasi.

Sirih Gading (Epipremnum Aureum)

Tanaman sirih gading

Jenis tanaman gantung berikutnya adalah sirih gading atau epipremnum aureum. Sirih gading merupakan tanaman gantung yang banyak dijadikan sebagai tanaman hias di rumah, khususnya di ruangan seperti ruang keluarga. Sirih gading juga mempunyai bentuk yang cantik, dan juga manfaat yang sangat-sangat bagus loh.

Manfaat dari sirih gading sendiri adalah, tanaman ini mampu menjernihkan udara yang berada di dalam rumah dengan menyerap racun berbahaya yang ada di atmosfer atau di ruangan tempat sirih gading ini berada. Racun atau zat-zat berbahaya seperti asap kendaraan yang masuk ke rumah, sisa cat tembok, dan masih banyak lagi, bisa diserap sehingga membuat udara di ruangan jauh lebih jernih dan lebih nyaman.

Bunga Geranium (Geranium)

tanaman bunga geranium

Bunga Geranium merupakan jenis tanaman gantung yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Bunga yang cantik yang bisa menjadi hiasan di rumah Anda. Warna dari bunga geranium sendiri bermacam-macam, bisa berwarna merah, merah muda, dan masih banyak lagi. Selain cantik, bunga geranium juga memiliki banyak manfaat yang pastinya dapat menguntungkan.

Manfaat dari bunga geranium sendiri yang paling utama adalah, tanaman ini dapat mengusir nyamuk. Indonesia sebagai negara tropis, merupakan habitat dari serangga nyamuk dan bunga geranium sendiri dapat mengusir nyamuk karena terdapat aroma dari bunga ini yang tidak disukai oleh nyamuk, seperti aroma citrus. Tanaman ini dapat diletakkan di ruangan seperti ruang keluarga agar terlihat cantik dan juga memberikan manfaatnya.

Paku Sarang Burung (Asplenium Nidus)

tanaman paku sarang burung

Tanaman gantung selanjutnya adalah paku sarang burung atau asplenium nidus. Paku sarang burung merupakan tanaman epifit yang artinya adalah tanaman ini bisa menempel pada tanaman lain untuk tumbuh. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias yang unik karena bentuk daunnya beragam, bentuk daunnya menyesuaikan atau tergantung pada seberapa banyak tanaman ini terkena sinar matahari.

Dengan uniknya karakteristik dari jenis tanaman gantung paku sarang burung ini, maka sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai hiasan di rumah Anda. Perawatannya pun cukup mudah karena paku sarang burung tidak membutuhkan sinar matahari yang banyak, malah jika terkena sinar matahari terlalu banyak, maka daun dari paku sarang burung akan berubah menjadi berwarna kuning.

---

Sekian artikel tentang jenis tanaman gantung yang aesthetic dan bermanfaat, semoga informasinya bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin tinggal di perumahan dengan taman yang cantik, silahkan kunjungi website Cariproperti.com untuk informasi lebih lengkap.

Baca juga : 6 Tips Makeup Interior Ruang Keluarga Biar Makin Cantik

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...