Pengertian Rumah Mezzanine Lengkap Dengan Desainnya

Nadia06 Jan 2023

Bagi para pencinta rumah modern pasti sudah cukup akrab dengan istilah Mezzanine. Konsep rumah mezzanine memang memberikan nuansa lebih kekinian dalam sebuah ruangan. Selain itu, mezzanine juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. 

Jika Anda belum mengetahui apa itu rumah mezzanine, artikel ini akan membahas tuntas mengenai pengertian, manfaat, hingga inspirasi interior dengan mezzanine. 

Pengertian Mezzanine

Mezzanine dapat diartikan sebagai ruangan tambahan dalam sebuah rumah. Biasanya bentuknya mirip seperti balkon di dalam ruangan atau ruang tambahan. Mezzanine memiliki fungsi sebagai ruangan ekstra di dalam rumah tanpa harus membangun lantai tambahan sebuah bangunan, sehingga sifatnya sangat fleksibel dan multifungsi. 

Posisi Mezzanine biasanya berada di tengah-tengah antara plafon rumah dan lantai. Jika Anda berencana membuat Mezzanine, sebaiknya Anda membeli atau membangun rumah dengan konsep high ceiling agar area Mezzanine lebih lega. Mezzanine dalam rumah dapat Anda buat sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Mezzanine

Sebagai ruangan tambahan dalam sebuah rumah, Mezzanine memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mezzanine sebagai tempat penyimpanan barang

Area Mezzanine dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai barang. Anda bisa menata area mezzanine dengan menyusun barang agar tidak terlihat berantakan.

2. Mezzanine sebagai ruang multifungsi

Area Mezzanine sangatlah multifungsi. Anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang santai, kamar tidur tambahan, ruang bermain, bahkan ruang belajar. 

3. Mezzanine untuk menghemat budget

Ketika Anda membutuhkan ruangan tambahan dalam rumah, Mezzanine dapat menjadi solusi dibandingkan harus menambah lantai rumah. Selain lebih fleksibel, membuat Mezzanine juga membantu Anda menghemat budget renovasi rumah lho!

Hal yang Harus Diperhatikan Pada Mezzanine

Jika Anda tertarik untuk membuat Mezzanine di rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Pencahayaan Ruangan

Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah pencahayaan ruangan, baik pada area Mezzanine maupun ruangan yang ditambah Mezzanine. Dalam membangun Mezzanine, perhatikan posisinya agar tidak menghalangi pencahayaan ruang utama. 

2. Luas

Pertimbangkan juga luas Mezzanine sesuai dengan kebutuhan. Biasanya area Mezzanine memiliki luas sekitar sepertiga dari luas ruangan rumah. Jangan sampai keberadaan Mezzanine membuat ruangan Anda terlihat sumpek bahkan sempit dan tidak beraturan.

3. Tinggi Mezzanine

Tinggi ruangan juga merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat Mezzanine. Dilansir dari rumahartistik.com, tinggi Mezzanine dari lantai dasar rumah ke lantai dasar mezzanine adalah sekitar 2 meter. 

4. Area di Bawah Mezzanine

Ketika Anda membangun Mezzanine, tentunya ruangan di bawah Mezzanine akan memiliki langit-langit yang lebih rendah. Anda perlu mempertimbangkan ruangan apa yang akan menjadi ruangan di bawah Mezzanine. Selain itu, maksimalkan pencahayaan di area tersebut dengan menambahkan lampu tambahan.

Inspirasi Desain Mezzanine

1. Mezzanine Dengan Konsep Terbuka

Rumah Mezzanine

Mezzanine dengan konsep terbuka sangat cocok untuk Anda yang ingin menambah ruang tambahan. Konsep Mezzanine ini dapat memberikan kesan lega pada rumah Anda. Tak hanya itu, desain Mezzanine yang terbuka juga akan dapat memberikan nuansa modern pada hunian.

2. Mezzanine Sebagai Ruang Belajar

desain rumah mezzanine

Mezzanine dapat Anda fungsikan sebagai ruang belajar untuk sang buah hati. Anda bisa membuat Mezzanine pada ruangan yang luas dan tinggi. Tambahkan beberapa perlengkapan seperti rak buku dan meja agar suasana Mezzanine lebih kondusif untuk belajar.

3. Mezzanine Untuk Ruang Kerja

mezzanine design

Selain untuk ruang belajar, Mezzanine juga dapat dimanfaatkan sebagai ruang bekerja. Konsep ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah dengan konsep high ceiling. Keberadaan atap yang tinggi membuat Mezzanine tidak terlalu dekat dengan posisi plafon atas.

4. Mezzanine Mini Untuk Si Kecil

rumah mezzanine

Butuh ruangan tambahan untuk eksplorasi si kecil? Cobalah untuk membuat Mezzanine mini di rumah Anda. Tidak perlu terlalu luas, Anda bisa membangunnya di sudut ruangan dengan memanfaatkan space yang ada. Mezzanine ini dapat menjadi tempat bermain si kecil. Namun jangan lupa untuk membuat pembatas atau pengaman agar buah hati Anda bisa lebih leluasa. 

5. Mezzanine di Dalam Kamar

kamar mezzanine

Jika Anda memiliki kamar tidur yang cukup luas, cobalah berkreasi dengan membangune Mezzanine di dalam kamar. Mezzanine dapat Anda manfaatkan sebagai ruangan tambahan, seperti ruang make up, atau ruang pribadi untuk menyimpan barang Anda.

6. Mezzanine Sebagai Kamar Tambahan

kamar mezzanine

Bila Anda membutuhkan ruang kamar tambahan di lahan yang terbatas, Anda bisa memanfaatkan Mezzanine sebagai kamar tidur lho! Pilihlah ruangan dengan sirkulasi udara serta pencahayaan ruangan yang baik agar kamar Anda nyaman untuk dijadikan tempat istirahat.

__

Itulah penjelasan mengenai pengertian Mezzanine, manfaat, hingga inspirasi desain Mezzanine yang bisa Anda adaptasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, khususnya yang sedang mencari inspirasi konsep rumah dengan ruangan tambahan.

Jika Anda tertarik dengan konsep rumah Mezzanine, sebaiknya carilah rumah dengan high ceiling agar area Mezzanine lebih lega. Cari Properti menyediakan berbagai jenis rumah high ceiling dengan sirkulasi udara dan pencahayaan ruangan yang maksimal. Segera kunjungi halaman Cari Properti untuk menemukan rumah yang Anda inginkan.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...