17 Desain Kolam Renang di Lahan Sempit yang Cocok Untuk Rumah

Nadia19 Sep 2023

Kolam renang merupakan salah satu fasilitas yang sering kali dianggap mewah, terutama jika dibuat pada area rumah. Banyak orang yang enggan membuat kolam renang karena akan memakan banyak lahan. Padahal dengan konsep dan desain yang tepat, Anda tetap bisa membuat desain kolam renang di lahan sempit lho, sehingga Anda bisa menikmati fasilitas kolam renang hanya di rumah saja.

Berbagai jenis kolam renang dapat Anda adaptasi, mulai dari kolam renang untuk olahraga, atau untuk sekedar berendam. Sebelum membuat kolam renang, sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis kolam renang seperti apa yang Anda butuhkan. Selain itu, pertimbangkan juga ketersediaan lahan dan tetap memperhatikan standar ukuran kolam renang. 

Artikel ini akan memberikan inspirasi desain kolam renang di lahan sempit yang dapat Anda adaptasi. Simak ya!

Inspirasi Desain Kolam Renang di Lahan Sempit

1. Kolam Renang Belakang Rumah

kolam

Sumber : Canva

Rekomendasi pertama untuk desain kolam renang di lahan sempit adalah dengan memanfaatkan area belakang rumah. Anda bisa memanfaatkan lahan belakang dengan membuat kolam renang berbentuk persegi panjang yang tidak terlalu luas. Selain itu, sertakan sedikit lahan kosong di area kolam agar suasana kolam tidak terasa sempit. 

2. Kolam Renang di Halaman Rumah

kolam renang di lahan sempit

Sumber : Canva

Selain memanfaatkan area belakang halaman, Anda juga bisa mengadaptasi model desain kolam renang di lahan sempit di halaman rumah. Buatlah kolam renang dengan bentuk memanjang yang tidak terlalu lebar agar masih tersisa lahan hijau di dekat kolam. Tambahkan juga properti pendukung, seperti kursi dan payung untuk dijadikan tempat bersantai.

3. Kolam Renang Setengah Lingkaran

kolam renang

Sumber : Canva

Konsep kolam renang setengah lingkaran dapat Anda terapkan pada lahan yang sempit di area rumah. Kolam dengan bentuk ini sangat fleksibel, baik untuk area outdoor maupun indoor. Bentuknya yang melengkung juga memberikan space kosong pada area kolam dan membuat suasana rumah tidak padat.

Kolam jenis ini sangat cocok untuk sekedar dijadikan tempat berendam atau tempat bermain anak. 

4. Kolam Renang di Area Taman

desain kolam renang

Sumber : Canva

Jika Anda memiliki taman pribadi, Anda juga bisa menyulapnya menjadi kolam renang mini dengan bentuk memanjang. Anda dapat membuat desain kolam renang bentuk gelombang agar area taman terlihat lebih lega. Jangan lupa juga untuk menyisakan area untuk tanaman hijau di sekitar kolam agar suasana rumah tetap cantik dan asri. 

5. Kolam Renang Berbentuk Lingkaran

kolam renang

Sumber : Canva

Kolam renang berbentuk lingkaran juga diyakini dapat memberikan kesan lega pada lahan sempit, sehingga desain ini sangat cocok untuk diterapkan di rumah Anda. Buatlah kolam dengan bentuk melingkar yang tidak terlalu lebar sesuai dengan kapasitas lahan, kemudian lapisi area sekeliling kolam dengan bebatuan maupun keramik agar terlihat rapih. Untuk mempercantik area kolam, Anda juga bisa menambahkan sedikit tanaman di sekitar kolam. 

6. Kolam Renang Berbentuk Oval

kolam renang lahan sempit

Sumber : Canva

Konsep kolam renang berbentuk oval juga dapat diadaptasi untuk inspirasi desain kolam renang Anda. Dengan bentuk kolam renang oval yang memanjang, Anda bisa memanfaatkan kolam renang sebagai tempat olahraga atau sekedar berendam. 

Pada area sekitar kolam, tambahkan keramik berbentuk pecahan yang padat agar bagian lantai tidak licin. Jangan lupa juga untuk menyiapkan kursi di sekitar kolam yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai.

7. Kolam Renang Indoor

kolam renang indoor

Sumber : Canva

Rekomendasi desain kolam renang lahan sempit selanjutnya adalah kolam renang indoor pada area rumah. Anda bisa membuat kolam renang dengan bentuk memanjang yang disesuaikan dengan kondisi ruangan. Jangan lupa sertakan area kosong di sekitar kolam untuk memberikan kesan lega.

8. Kolam Renang Semi Outdoor

desain kolam renang lahan sempit

Sumber : Pinterest - Bali Interiors

Jika Anda ingin memiliki kolam renang ala resort, cobalah untuk mengadopsi desain kolam renang semi outdoor pada halaman rumah. Konsep ini dapat diterapkan di lahan sempit dengan membuat kolam memanjang di bagian ujung, kemudian sisakan area untuk duduk tepat berada di pinggir kolam. 

Untuk mempercantik area kolam, Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias yang tidak terlalu besar untuk memberikan kesan asri.

9. Kolam Renang Minimalis

kolam renang minimalis

Sumber : Pinterest

Bagi para pencinta desain minimalis, konsep kolam renang dengan desain minimalis ini sangat cocok untuk Anda. Buatlah kolam renang berbentuk persegi pada area taman, kemudian cat bagian sekitar kolam dengan warna putih agar memberikan kesan nyaman dan lega. Menariknya, Anda bisa membuat kolam tepat di depan ruangan yang dilengkapi dengan jendela lebar, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan kolam dari dalam rumah.

10. Kolam Renang Simpel

desain kolam renang lahan sempit

Sumber : Pinterest

Rekomendasi desain kolam renang lahan sempit selanjutnya adalah dengan membuat kolam simpel di area sekitar rumah. Cukup dengan membuat kolam berbentuk kotak di pojok ruangan, Anda bisa memiliki kolam yang dapat dimanfaatkan untuk sekedar berendam. Konsep kolam dapat dibuat dengan bentuk tinggi, sehingga Anda tidak perlu menggali area lantai. 

11. Kolam Renang Estetik

kolam renang estetik

Sumber : Canva

Para pencinta desain estetik pasti suka dengan konsep kolam renang estetik yang dapat diterapkan di lahan sempit. Cukup membuat kolam berbentuk persegi panjang di pojok ruangan, Anda bisa menghadirkan kolam yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai. Jangan lupa untuk memadukan area kolam dengan warna-warna hangat, seperti peach, coklat muda, coklat tua, putih tulang, dan warna-warna soft lainnya.

12. Kolam Renang Segi Empat

kolam renang kecil

Sumber : Pinterest - Luxury Home Decor

Kolam renang berbentuk segi empat merupakan salah satu desain kolam renang minimalis yang paling mudah ditemui. Anda bisa membuat kolam renang berbentuk segi empat di area sempit, seperti di bagian tengah ruangan rumah maupun di area halaman. Buatlah konsep kolam yang tidak terlalu lebar agar tidak memakan lahan, selain itu sesuaikan ukuran kolam dengan kebutuhan.

13. Kolam Renang Segi Tiga

Sumber : Pinterest - stocksy.com

Bentuk kolam renang segi tiga juga merupakan salah satu konsep kolam renang yang unik dan cocok untuk lahan sempit. Anda bisa mendesain kolam di bagian sudut halaman atau taman. Sertakan juga kursi di pinggir kolam yang dapat digunakan untuk tempat bersantai. 

14. Kolam Renang Unik

kolam renang

Sumber : Canva

Bentuk kolam renang yang unik juga dapat Anda adaptasi pada lahan yang sempit. Anda bisa melakukan elaborasi pada bagian sudut kolam dengan memberikan aksen berupa bentuk maupun lekukan. Jangan lupa sertakan area kosong yang dilapisi keramik agar area sekitar kolam tidak licin.

15. Kolam Renang Ala Jacuzzi

Sumber : Canva

Mau punya rumah dengan nuansa liburan setiap harinya? Cobalah untuk membuat kolam renang ala jacuzzi yang menghadap langsung ke luar ruangan. Konsep ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki lahan terbatas, namun memiliki area kosong pada hunian. Jika memiliki taman pribadi, Anda juga bisa mendesain kolam tepat di samping taman agar suasana kolam lebih asri. 

16. Kolam Renang di Rooftop Rumah 

Sumber : Canva

Tahukah Anda bahwa Anda bisa membuat kolam renang di area rooftop rumah? Namun pastikan untuk mempertimbangkan banyak hal, seperti ketersediaan area kosong serta kekokohan bangunan rumah Anda. Anda bisa membuat kolam kecil yang dapat disesuaikan dengan ukuran rooftop, sehingga Anda bisa memiliki kolam renang walaupun area hunian tidak terlalu lebar.

17. Kolam Renang Outdoor

Rekomendasi inspirasi desain kolam renang di lahan sempit terakhir adalah kolam renang dengan konsep outdoor. Anda bisa memanfaatkan area kosong di sekitar rumah dengan membuat kolam berbentuk memanjang. Kolam renang dengan konsep ini dapat membuat lahan lebih efisien dan maksimal untuk digunakan.

__

Itulah beberapa desain kolam renang di lahan sempit yang dapat Anda adaptasi. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang ingin membuat kolam renang di rumah. Jika Anda mencari unit rumah dengan area yang dapat dimanfaatkan sebagai kolam renang, kunjungi Cari Properti yang menyediakan pilihan unit rumah dengan taman maupun halaman lebar.  

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...