7 Cara Desain Denah Rumah Menurut Feng Shui yang Bawa Hoki

Sopian Ahmad17 May 2024

CariProperti - Denah Rumah Menurut Fengshui. Pada 10 Februari kemarin, saudara keturunan Tionghoa kita semua merayakan tahun baru Imlek yang memasuki tahun naga kayu.

Di tahun naga kayu ini, kita semua pasti mengharapkan keberuntungan, kesehatan, dan kemakmuran dari Yang Maha Kuasa agar kehidupan kita dan seluruh umat manusia semakin sejahtera.

Keberuntungan dan kemakmuran memiliki kaitan yang sangat erat dengan budaya masyarakat Tionghoa.

Hal ini karena praktik budaya dan kepercayaan masyarakat Tionghoa yang kerap dianggap dapat membawa keberuntungan, salah satunya adalah Feng Shui.

Feng Shui sendiri biasanya diterapkan saat ingin membangun rumah dengan harapan rumah yang akan ditempati nanti dapat membawa keberuntungan dan keharmonisan.

Oleh karena itu, di artikel ini kita akan membahas 7 cara desain denah rumah menurut Feng Shui yang mungkin bisa Anda jadikan inspirasi.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya kita mengerti apa itu Feng Shui dan sejarahnya.

Pengertian Feng Shui dan Sejarahnya

Feng Shui merupakan sebuah sistem yang diciptakan pada masa Tiongkok kuno yang memuat aturan-aturan tata letak tempat atau orientasi agar selaras dengan aliran energi sehingga tercipta kehidupan yang harmonis.

Aliran Feng Shui pada umumnya terbagi menjadi dua, yaitu Feng Shui arah dan bentuk.

Feng Shui bentuk biasanya mengatur tata letak atau denah rumah atau banguanan lainnya.

Sedangkan, Feng Shui arah lebih berbicara tentang distribusi energi di sebuah ruangan berdasarkan arah hadapnya.

Ilmu Feng Shui sendiri lahir pada tahun 551 SM hingga 479 SM dan digunakan untuk menentukan lokasi dari Istana Kekaisaran.

Kemudian, Feng Shui terus berkembang hingga masa penjajahan Bangsa Mongol pada abad ke 12 hingga 13 Masehi yang membuat banyak buku Feng Shui terbakar dan mengakibatkan ilmu ini hilang hingga 100 tahun.

Namun, pada abad ke 13, saat Bangsa Mongol berhasil dikalahkan, ilmu Feng Shui kembali dikembangkan di Tiongkok dan terus berkembang hingga sekarang.

Baca Juga: 15 Tanaman Indoor Pembersih Udara yang Bikin Ruangan Segar

Elemen-Elemen Feng Shui

Terdapat beberapa elemen di dalam Feng Shui yang dipercaya dapat membawa keharmonisan atau keberuntungan ke dalam rumah, yaitu:

  • Elemen kayu: Merepresentasikan pertumbuhan dan kreativitas;
  • Elemen tanah: Merepresentasikan kestabilan;
  • Elemen logam: Merepresentasikan ketahanan mental dan kecerdasan;
  • Elemen api: Merepresentasikan transformasi;
  • Serta elemen air: Merepresentasikan pembaruan.

Dengan memiliki semua elemen ini di dalam bangunan, maka diharapkan semua yang tinggal di dalam bangunan tersebut dapat memiliki keharmonisan dan keberuntungan dalam hidup.

Cara Desain Denah Rumah Menurut Feng Shui

Seperti yang sudah diketahui, Feng Shui mengatur semua hal yang berhubungan dengan tata letak sebuah tempat atau barang dan orientasi agar tercipta semua keharmonisan atau segala hal baik dalam hidup.

Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kita yang memercayai Feng Shui untuk mendesain denah rumah berdasarkan ilmu Feng Shui karena denah rumah sangat erat kaitannya dengan tata letak ruangan.

Dengan begitu, kita dapat merasakan kehidupan yang harmonis, tentram, dan bersahaja, serta mendapatkan keberuntungan di dalam rumah.

1. Bangun Akses Masuk Utama yang Mudah Dilalui

Menurut Feng Shui, dalam membuat akses masuk rumah harus mengikuti aturan-aturan yang telah ditentukan.

Saat membuat akses masuk rumah, sebaiknya kita membuat jalan setapak yang langsung menuju pintu utama.

Serta buatlah area pintu masuk yang cukup luas serta berseberangan dengan pintu belakang agar aliran energi yang masuk bisa lebih optimal.

Dengan begitu, dipercaya bahwa kelak rumah Anda akan membawa hoki.

2. Perhatikan Posisi Tangga di Dalam Rumah

desain denah rumah fengsui

Jika Anda ingin membangun rumah dua lantai, Anda juga harus memerhatikan letak tangga yang menghubungkan lantai satu dan dua.

Feng Shui memercayai tangga dapat menjadi penghantar energi di dalam rumah.

Jadi, sebaiknya Anda hindari membuat tangga yang langsung menghadap pintu karena dipercaya dapat membawa energi negatif ke dalam rumah.

Selain itu, hindari membuat tangga spiral karena selain sulit untuk dilalui, tangga spiral juga dapat membawa energi negatif.

3. Gunakanlah Konsep Open Space

Di dalam ilmu Feng Shui, sebuah denah rumah yang baik adalah rumah yang memiliki area terbuka atau open space di dalamnya.

Menurut Feng Shui, keberadaan open space di dalam rumah dapat membawa kesejahteraan dan kemakmuran bagi penghuninya.

Selain itu, dengan adanya open space ini, rumah Anda akan jauh terlihat lebih luas dan terang yang pastinya akan membuat Anda dan keluarga semakin betah bersantai di rumah.

4. Buat Ruang Tengah yang Nyaman

desain denah rumah fengshui

Penataan ruang tengah juga penting untuk diperhatikan.

Ruang tengah merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang sering kali dijadikan tempat berkumpulnya banyak orang.

Maka dari itu, sebaiknya Anda membuat ruang tengah yang luas dan tanpa sekat agar terasa lebih nyaman saat berkumpul bersama keluarga atau sahabat.

Selain itu, menurut Feng Shui, ruangan yang luas juga dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi penghuninya.

Sebaiknya, hindari membuat tangga ataupun kamar mandi di ruang tengah yang dapat membuat ruangan terasa sempit dan tidak nyaman.

5. Denah Kamar Tidur

Pembuatan kamar tidur juga sangat penting untuk diperhatikan. Selain untuk kenyamanan, penempatan kamar tidur menurut Feng Shui juga berpengaruh kepada energi positif di dalam rumah yang bisa membawa kemakmuran.

Saat ingin membuat kamar tidur, Anda harus menempatkan kamar tidur di area belakang rumah.

Hal ini dikarenakan area belakang rumah dipercaya dapat memberikan keamanan, kekuatan, dan ketenangan.

Selain itu, sebaiknya kamar tidur berada jauh dari area publik seperti ruang tamu agar privasi Anda tetap terjaga.

Satu hal lagi, hindarilah membangun kamar tidur di atas dapur karena dapat membawa hawa panas dan kotor dari dapur ke dalam kamar yang dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan Anda.

Baca Juga: 10 Aplikasi Denah Rumah Untuk Desain Interior Dengan Mudah

6. Denah Kamar Mandi

Penempatan posisi kamar mandi juga penting untuk diperhatikan jika ingin membuat denah rumah menurut Feng Shui.

Menurut Feng Shui, ada beberapa aturan mengenai posisi dan arah hadap kamar mandi yang perlu Anda ketahui.

Pertama adalah jangan menempatkan kamar mandi tepat berseberangan dengan dapur. Hal ini karena elemen air di kamar mandi dapat mematikan elemen api di dapur.

Kedua adalah jangan membangun kamar mandi tepat di atas dapur karena dipercaya dapat membawa energi negatif yang dapat mengganggu kesehatan Anda dan keluarga.

7. Perhatikan Bentuk Keseluruhan Rumah

Cara desain denah rumah menurut Feng Shui yang terakhir adalah dengan memerhatikan keseluruhan bentuk rumah.

Saat ini kita dapat menemukan semakin banyak rumah dengan bentuk dan desain yang sangat unik dan estetik.

Tentu hal ini merupakan sebuah hal yang baik karena kita dapat memiliki rumah yang lebih indah daripada orang lain.

Namun, ilmu Feng Shui berpendapat sebaliknya.

Ahli Feng Shui berpendapat sebaiknya rumah didesain dalam bentuk persegi atau persegi panjang karena merupakan desain yang paling proporsional.

Bagi sebagian orang rumah dengan bentuk persegi mungkin terlihat membosankan, tetapi bentuk ini merupakan bentuk yang paling seimbang dan dapat mendatangkan keharmonisan ke dalam rumah.

_________

Itulah 7 cara desain denah rumah menurut Feng Shui yang bisa membawa hoki.

Tentu kita semua ingin memiliki kemakmuran dan kesejahteraan hidup. Maka dari itu diperlukan sebuah usaha, salah satunya adalah dengan membangun rumah berdasarkan aturan-aturan yang dipercayai.

Dengan mengikuti Feng Shui, kita semua berharap dapat memiliki keberuntungan, keharmonisan, dan kemakmuran di dalam kehidupan kita dan keluarga.

Namun, yang paling penting dari semuanya adalah terus bekerja dan menjalankan semua perintah Tuhan Yang Maha Esa.

Jika Anda tertarik dengan ulasan yang seperti ini, yuk kunjungi CariProperti.com/artikel untuk ulasan menarik mengenai properti lainnya!

Jangan lupa juga untuk kunjungi CariProperti.com karena di sana ada banyak rekomendasi perumahan terbaru yang didesain mengikuti aturan-aturan Feng Shui!

Jadi, Anda dan keluarga bisa lebih harmonis dan pastinya hoki.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...