10 Inspirasi Desain dan Rekomendasi Rumah Double Facade

Riana01 Nov 2023

Istilah rumah double facade mungkin masih agak asing di telinga Anda, meskipun sebenarnya bisa jadi Anda sudah sering melihatnya di mana-mana.

Rumah double facade atau yang disebut juga dengan secondary skin merupakan sebuah sistem bangunan yang memiliki lapisan luar tambahan. Biasanya terbuat dari kaca, kayu, maupun logam.

Double facade tidak semata-mata menjadi lapisan tambahan saja. Lapisan ini memiliki kegunaan yang beragam, mulai dari fungsional rumah hingga mendukung unsur estetika bangunan.

Beberapa fungsi double facade pada bangunan antara lain adalah sebagai berikut:

    • Menghalau sinar matahari

Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah memang baik untuk Anda. Namun, jika sinar matahari terlalu panas, bisa-bisa justru menciptakan kondisi yang kurang nyaman. Di situlah double facade berperan penting.

Double facade dapat menghalau sinar matahari yang berlebih. Meski matahari sedang terik, rumah pun tidak terasa terlalu panas. Ruangan jadi terasa lebih teduh, nyaman, dan tetap mendapatkan cahaya yang cukup meski tidak harus menyalakan lampu.

    • Menambah privasi

Kebanyakan rumah-rumah masa kini menerapkan bukaan yang lebar, seperti memasang jendela berukuran besar. Agar privasi tetap terjaga, Anda pun harus memasang tirai yang harus dibuka dan tutup setiap hari.

Double facade menjadi siasat agar Anda tidak perlu repot membuka tutup tirai, namun tetap mendapatkan privasi di dalam rumah. Susunan kisi-kisi pada lapisan tambahan ini menyulitkan pandangan orang dari luar ke dalam rumah.

    • Sebagai media vertical garden

Jika Anda ingin rumah terlihat lebih asri dan segar, membuat vertical garden bisa menjadi pilihannya. Anda hanya cukup memasang rangka saja agar tanaman dapat merambat dan lama-kelamaan menutupi seluruh bagiannya.

Anda bisa juga membuat media tanam di bagian atas rumah seperti susunan pot, dan biarkan tanaman tumbuh menjuntai ke bawah hingga menutupi sebagian rumah Anda. Selain ruangan terasa lebih teduh, rumah Anda juga terlihat lebih fresh.

    • Menambah estetika rumah

Selain fungsi teknis, double facade tentunya juga dapat menambah nilai estetika rumah Anda. Double facade biasanya memiliki berbagai macam bentuk dan motif. Anda tinggal memilih yang mana yang paling cocok untuk identitas tempat tinggal Anda. Say goodbye kepada tampilan rumah yang membosankan karena dengan double facade, rumah Anda terlihat lebih eye catching.

 

Seiring perkembangan zaman, desain double facade semakin beragam. Bahkan beberapa bisa dioperasikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tertarik untuk memasang double facade pada rumah Anda? Berikut ini beberapa desain rumah double facade yang bisa menjadi inspirasi Anda!

 

10 Inspirasi Desain Rumah Double Facade

1. Double Facade dengan Teralis Besi


(Sumber: archdaily.com)

Tampilan minimalis dengan clean look memang banyak digemari. Nah, kalau Anda salah satunya, Anda bisa memilih double facade dengan menggunakan teralis besi. Selain menambah nilai estetika, teralis ini juga dapat menambah keamanan rumah.

Untuk mempercantiknya, Anda bisa juga menambah tanaman rambat pada teralis ini agar rumah terlihat lebih fresh.

 

2. Double Facade dengan Kisi Bulat

rumah double facade
(Sumber: archdaily.com)

Anda mungkin bosan dengan bentuk teralis yang begitu-begitu saja. Untuk membuat tampilan rumah Anda lebih unik, Anda bisa menggunakan double facade kisi bulat ini. Warna polos dan motif sederhana tetap memberikan rumah Anda penampilan clean look yang minimalis.

Penempatan kisi ini pun tidak harus hanya di satu tempat saja. Kreasikan dengan memadukannya bersama dinding dengan warna senada.

 

3. Double Facade dengan Roster Modern


(Sumber: archdaily.com)

Anda mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan roster sebagai lubang angin untuk membantu sirkulasi udara di dalam ruangan. Namun, ternyata menggunakan roster sebagai secondary skin fasad rumah Anda juga dapat membuatnya terlihat lebih menawan, loh!

Motif dari roster dapat membantu menghalau sinar matahari yang terlalu terik untuk masuk ke dalam rumah. Anda bisa memilih roster dengan motif yang lebih sederhana agar rumah terlihat modern.

Rumah double facade dengan motif modern yang demikian bisa Anda temukan juga dengan perumahan Precia The Eminent.

 

4. Double Facade dengan List Hitam

rumah double facade
(Sumber: pinterest.com)

Warna hitam memang dapat memberikan kesan yang lebih elegan pada tampilan rumah Anda. Karenanya, memasang double facade dengan menggunakan list hitam bisa Anda coba.

Jarak antara list yang rapat dapat memberikan privasi lebih untuk rumah Anda. Selain itu, ruangan tetap mendapatkan sinar matahari cukup tanpa harus terlalu kepanasan.

 

Baca juga: 17 Inspirasi Desain Teras Rumah Minimalis yang Super Cantik

 

5. Double Facade dengan Papan Vertikal


(Sumber: pinterest.com)

Menggunakan papan kayu vertikal sebagai double facade membuat terlihat modern tanpa terkesan terlalu kaku. Warna cokelat yang identik dengan alam membuat rumah Anda terlihat lebih cantik.

Susunan papan ini tentunya dapat membantu untuk menghalau sinar matahari yang terlalu terik untuk masuk ke dalam rumah. Tiap papan tertata secara rapi dengan jarak yang berdekatan, sehingga membuat bagian dalam ruangan rumah Anda jadi sukar untuk terlihat dari luar.

Jika Anda menyukai desain ini, Anda pasti juga akan menyukai desain pada Enchante Residence BSD!

 

6. Double Facade Diagonal

rumah double facade
(Sumber: pinterest.com)

Memasang double facade atau secondary skin ternyata tidak harus selalu tegak lurus. Membuatnya menjadi beberapa lempengan dan memasangnya secara miring atau diagonal ternyata tetap membuat rumah Anda terlihat modern tanpa mengurangi fungsi sejatinya.

Tiap lempengannya dipasang berdekatan, sehingga tetap dapat melindungi ruangan dari sinar matahari berlebih. Perumahan De Naara @ De Park menjadi contoh yang menerapkan double facade ini.

 

7. Double Facade Desain Lipat


(Sumber: mydesiredhome.com)

Double facade memang dapat dikatakan berperan layaknya tirai jendela. Menghalau panas dan menjaga privasi di dalam rumah. Seiring zaman, desain double facade pun berkembang. Kini ada double facade yang dapat Anda atur sendiri sesuai kebutuhan dengan cara melipatnya.

Apabila matahari sedang terik-teriknya, Anda tinggal membuka double facade secara penuh agar menutupi seluruh bagian jendela. Ruangan pun jadi lebih teduh tanpa kehilangan pancaran sinar matahari.

Dan ketika cahaya matahari sedang bersahabat, Anda bisa melipatnya sedikit agar ruangan terkena lebih banyak sinar matahari.

 

8. Double Facade dengan Tanaman


(Sumber: pinterest.com)

Menambah nilai estetika rumah merupakan salah satu fungsi double facade. Nilai estetika rumah Anda akan semakin bertambah dengan menggabungkan double facade dan tumbuhan hijau.

Anda bisa membuatnya sebagai media tanaman rambat atau menumbuhkan tanaman dari bagian atas double facade dan membiarkannya menjuntai hingga ke bawah. Tidak hanya menghalau sinar matahari, dengan menumbuhkan tanaman, rumah Anda juga terlihat lebih segar.

 

9. Double Facade Kombinasi

rumah double facade
(Sumber: archdaily.com)

Memiliki double facade tidak harus menggunakan satu desain yang sama. Memasang dua double facade dengan desain yang berbeda dan bahan yang berbeda bukan ide yang buruk sama sekali.

Untuk tampilan yang tidak terlalu rumit, Anda bisa menggunakan list kayu untuk desain double facade yang pertama. Kemudian, agar terlihat serasi, tambahkan lempengan logam bercorak agar rumah terlihat modern. Lapisi juga lempengan logam ini menggunakan warna yang senada dengan desain rumah Anda.

 

10. Double Facade dengan Susunan Bata


(Sumber: asrinesia.com)

Susunan bata tak kalah cantik untuk jadi double facade rumah Anda. Warna merahnya membuat rumah Anda tidak terkesan terlalu kaku. Anda bisa menggunakannya sebagai penutup balkon, rooftop, atau bagian terbuka lainnya di rumah Anda.

Susunannya yang rapat tentu menyulitkan pandangan dari luar ke dalam. Fungsinya sebagai penghalau sinar matahari pun tidak berkurang, namun udara tetap dapat bersirkulasi dengan lancar.

 

Double facade memang bisa dipasang pada rumah yang sudah jadi. Akan tetapi, kini banyak juga pengembang properti yang membangun rumah yang sudah dilengkapi dengan double facade. Penasaran? Ini dia beberapa contoh rumah yang sudah memiliki double facade.

 

5 Rumah dengan Double Facade

1. Water Terrace

rumah double facade

Perumahan yang berlokasi di Grand Wisata Bekasi ini memiliki double facade dengan menggabungkan deretan lempengan kayu. Deretan yang rapat ini dapat menghalau sinar matahari berlebih masuk ke dalam rumah dan menjaga privasi keluarga Anda.

 

2. Enchante Residence

Double facade menggunakan deretan lempengan kayu juga dapat Anda temukan pada Enchante Residence BSD. Selain menjadi double facade, desain ini juga digunakan Enchante Residence sebagai pintu garasi, membuatnya terlihat semakin elegan dan mewah.

 

3. Quantis Signature

rumah double facade

Quantis Signature juga memiliki desain double facade yang mirip. Hunian persembahan Sinarmas Land ini menggunakan susunan kayu sebagai secondary skin fasad rumahnya. Warna cokelat dari kayu ini serasi dengan warna keseluruhan konsep rumah, sehingga membuat Quantis Signature terlihat modern.

 

4. De Naara @ De Park

Jika Anda bosan dengan double facade yang itu-itu saja, De Naara punya desain double facade yang lebih unik. Perumahan ini memasang double facade dengan posisi diagonal. Tanpa mengurangi fungsinya, desain double facade ini memberikan nilai estetika lebih terhadap penampilan rumah dan membuatnya terlihat lebih menarik.

 

5. Precia The Eminent

rumah double facade

Precia The Eminent menggunakan roster sebagai double facade. Roster digunakan untuk menghalau sinar matahari yang masuk agar rumah tidak terasa terlalu panas. Privasi Anda pun tetap aman, meski jendela rumah berukuran besar.

Selain itu, motif roster yang digunakan pun membuat rumah terlihat lebih cantik dan modern.

 

Anda mungkin juga suka: 8 Inspirasi dan Rekomendasi Rumah dengan Rooftop Paling Unik

 

Nah, desain rumah double facade di atas bisa coba untuk diterapkan pada hunian Anda.

Rekomendasi rumah yang sudah memiliki double facade pun bisa juga menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari tempat tinggal baru.

Masih penasaran dengan rekomendasi rumah lainnya? Cari dengan CariProperti! Ribuan pilihan rumah di Tangerang, Jakarta, Bekasi, dan kota-kota lainnya bisa Anda temukan di sini. Kunjungi website CariProperti sekarang untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...