17 Inspirasi Desain Teras Rumah Minimalis yang Super Cantik

Nadia21 Dec 2023

Apakah Anda sedang berencana membuat teras rumah minimalis? Simak artikel berikut ini. 

Teras rumah merupakan salah satu bagian rumah yang sangat penting. Selain mempengaruhi tampilan depan rumah, teras rumah juga menjadi ruangan pertama yang dilihat oleh tamu atau siapapun yang datang ke rumah. Maka dari itu, tampilan teras rumah perlu untuk diperhatikan.

Saat ini, model teras rumah minimalis merupakan desain teras yang sangat diminati. Selain tampilannya yang simpel, konsep ini juga mudah diaplikasikan. Ada banyak sekali model teras rumah minimalis yang bisa diadaptasi. Untuk mempermudah, artikel ini akan mengulas cara menata teras rumah minimalis beserta 17 inspirasi teras rumah minimalis yang bisa menjadi referensi untuk Anda. 

Cara menata teras rumah minimalis

Kosongkan area teras

Langkah pertama untuk menata teras rumah minimalis adalah mengosongkan area teras dari barang yang tidak diperlukan. Anda bisa memilah mana barang yang masih dipakai dan tidak dipakai. Jika terdapat banyak barang di teras yang perlu disimpan, Anda bisa memindahkannya ke ruangan lain seperti gudang.

Perhatikan model dan ukuran furniture

Ketika mendekorasi teras, jangan lupa untuk memperhatikan model dan ukuran furniture. Pilihlah model furniture minimalis yang senada dengan area teras rumah. Jangan lupa juga untuk memperhatikan ukuran furniture Anda. Jangan sampai Anda membeli kursi atau meja yang terlalu besar dan membuat area teras terlihat sempit. 

Tambahkan hiasan di area teras

Untuk mendekorasi teras rumah minimalis, Anda bisa menambahkan beberapa hiasan, seperti tanaman hias, gantungan, atau hiasan dinding. Pada area lantai juga bisa Anda tambahkan batu alam maupun rumput sintetis agar tampilan rumah lebih menarik. Namun jangan sampai berlebihan dalam menghias teras rumah agar tetap memberikan kesan minimalis. 

Inspirasi teras rumah minimalis

1. Teras Rumah Minimalis Estetik

teras rumah minimalis

Sumber : @citzcitraa

Teras rumah minimalis estetik bisa Anda jadikan referensi untuk model teras rumah. Anda bisa mendekorasinya dengan menambah tanaman kering seperti kaktus di sudut teras. Perhatikan juga komposisi warna pada area teras, seperti warna cat tembok, lantai, serta warna perabotan. Usahakan memilih kombinasi warna netral untuk memberikan kesan estetik yang elegan. 

2. Teras Rumah Modern

teras rumah estetik

Sumber : Pinterest

Model teras rumah modern menjadi salah satu konsep teras yang banyak diminati. Untuk membuat kesan modern pada area teras, Anda bisa mengkombinasikan bentuk geometris dan sudut, seperti segi empat maupun persegi panjang. Untuk hiasan, cukup tambahkan tanaman kering di sudut ruangan. Jangan lupa juga tambahkan batu kecil di area teras untuk memberikan kesan kekinian. 

3. Teras Rumah Minimalis Sederhana

teras rumah sederhana

Sumber : Pinterest

Bagi Anda yang tidak memiliki area teras yang lebar, Anda bisa mendekorasinya dengan konsep model teras sederhana. Cara yang bisa Anda lakukan adalah cukup kosongkan area teras, kemudian tambahkan dua kursi minimalis serta meja kecil yang bisa dijadikan tempat bersantai.

Untuk pemilihan kursi dan meja, usahakan untuk memilih yang ukurannya tidak terlalu besar agar teras tidak terlihat sempit. Jika diperlukan, tambahkan juga tanaman hias gantung maupun tanaman di sudut ruangan.

4. Teras Rumah Minimalis Dominasi Putih

teras rumah putih

Sumber : Pinterest

Warna putih merupakan salah satu warna yang paling banyak dipakai dalam desain interior minimalis. Untuk memberikan kesan minimalis pada teras, Anda bisa mendekorasinya dengan nuansa putih pada area teras, mulai dari warna cat tembok, jedela, hingga perabotan lainnya.

Sebagai warna netral, warna putih juga bisa dikombinasikan dengan berbagai hiasan batu alam maupun tanaman hijau.

5. Teras Rumah dengan Kolam Ikan

teras rumah dengan kolam ikan

Sumber : Pinterest

Rekomendasi teras rumah minimalis selanjutnya adalah teras dengan hiasan kolam ikan. Adanya kolam ikan mini di teras rumah dapat membuat rumah Anda terlihat lebih fresh dan segar. Jangan lupa juga tambahkan kursi dan meja di area teras untuk dijadikan tempat bersantai Anda dan keluarga. 

6. Teras Rumah Minimalis Bernuansa Monokrom

teras rumah monokrom

Sumber : Canva

Bagi Anda yang menyukai interior modern dan simpel, Anda bisa mencoba dekorasi teras rumah bernuansa monokrom. Cukup tambahkan furnitur berwarna hitam untuk memberikan kesan modern pada teras. Jangan lupa juga hias area teras dengan nuansa putih agar kesan monokrom semakin terasa.

7. Teras Rumah Cantik dengan Batu Alam

teras rumah

Sumber : Pinterest

Batu alam merupakan salah satu hiasan rumah yang cukup diminati. Anda bisa menggunakannya untuk mendekorasi area teras rumah. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyusun batu alam di area teras sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa juga tambahkan alas seperti papan kayu untuk mempercantik area rumah.

8. Teras Rumah dengan Rumput Sintetis

teras rumah

Sumber : Outside In by Denise

Apakah Anda ingin membuat kesan asri pada area teras? Jika iya, coba hias teras rumah Anda dengan rumput sintetis. Anda bisa mendekorasinya dengan melapisi area lantai dengan rumput tersebut. Setelah itu, tambahkan hiasan tanaman pada bagian teras agar semakin memberikan kesan hijau pada area rumah.

9. Teras Rumah Ala Bali

teras rumah ala bali

Sumber : villabaliluxury.com

Bagi Anda yang memiliki area teras lega, Anda bisa mendekorasi teras dengan konsep minimalis ala Bali. Tambahkan kolam renang mini di area teras dengan ukuran yang tidak terlalu lebar. Adanya kolam renang mini dapat memberikan kesan segar dan vibes villa ala Bali pada rumah Anda. Jangan lupa juga tambahkan kursi kecil untuk area bersantai. 

10. Teras Rumah Minimalis Cozy

teras rumah cozy

Sumber : plusrooms.uk.co

Mau punya rumah dengan suasana yang nyaman? Coba tata teras rumah Anda dengan konsep yang cozy. Tambahkan sofa panjang pada sudut area teras untuk dijadikan tempat bersantai. Jangan lupa juga untuk mendekorasi area teras dengan tanaman hias atau lampu taman di sudut ruangan. 

11. Teras Rumah Bernuansa Vintage

teras rumah vintage

Sumber : pmastudio.com

Ciri khas utama dari dekorasi vintage adalah adanya dekorasi antik yang memberikan kesan hangat pada ruangan. Dekorasi vintage biasanya juga identik dengan suasana ruangan dengan dominasi warna yang hangat seperti coklat.

Untuk memberikan kesan vintage pada teras, Anda bisa menambah hiasan berupa pot bunga antik maupun hiasan estetik di area teras. Jangan lupa juga padukan area tersebut dengan perabot minimalis yang memberikan kesan cantik. 

12. Teras Rumah Simpel

teras rumah simpel

Sumber : Canva

Khusus untuk Anda yang tidak mau ribet, Anda bisa mendekorasi area teras dengan konsep teras rumah minimalis simpel. Cukup tambahkan sofa minimalis di sudut ruangan yang dapat dijadikan tempat duduk maupun bersantai. Jangan lupa juga kosongkan area teras untuk memberikan kesan lega ya!

13. Teras Rumah Nuansa Taman

teras rumah nuansa taman

Sumber : HN House

Nuansa taman pada teras rumah dapat memberikan kesan hijau pada hunian Anda. Untuk menciptakan teras rumah minimalis bernuansa taman, Anda bisa mendekorasinya dengan menanam berbagai tanaman hias di sudut ruangan. 

Pilihlah jenis tanaman yang tinggi serta berdaun lebar untuk memberikan kesan asri. Jangan lupa tambahkan kursi serta meja kecil berbentuk potongan kayu agar suasana taman semakin terasa.

14. Teras Rumah Bernuansa Coklat

teras rumah

Sumber : Canva

Teras bernuansa coklat bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang menyukai konsep ruangan estetik. Anda bisa menambahkan sudut teras dengan kursi-kursi kecil berbahan kayu yang disusun satu baris. Jangan lupa juga tambahkan tamanan di sudut ruangan agar tampilan teras semakin cantik. 

15. Teras Rumah Minimalis Bernuansa Kayu

teras rumah nuansa kayu

Sumber : Pinterest Home Decor

Teras rumah minimalis juga bisa Anda wujudkan dengan aksen kayu lho! Anda bisa menyusunnya dengan meletakkan kursi serta meja kecil berbahan kayu di area teras rumah. Jangan lupa juga hias area rumah dengan warna coklat kayu untuk memberikan kesan senada pada teras. 

16. Teras Rumah Ala Lesehan

teras rumah lesehan

Sumber : Weheartit.com

Bagi Anda yang suka bersantai, Anda bisa mencoba konsep teras ala lesehan di area rumah. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memasang alas kayu yang bisa diduduki di teras rumah. Setelah itu, tambahkan meja kecil, karpet, serta kursi mini di area teras. 

17. Teras Rumah Minimalis dengan Kursi Rotan

teras rumah kursi rotan

Sumber : Homedecor

Kursi rotan juga bisa memberikan kesan minimalis dan estetik pada rumah Anda. Apalagi saat ini banyak model kursi rotan yang cantik dengan ukuran tidak terlalu besar. Cobalah untuk mendekorasi area teras dengan kursi dan meja rotan di area teras rumah Anda. Jangan lupa juga untuk menambahkan tanaman hias di sudut ruangan.

_

Itulah 17 inspirasi teras rumah minimalis yang bisa Anda adaptasi. Jika Anda ingin memiliki rumah dengan teras minimalis, kunjungi Cari Properti yang menyediakan berbagai pilihan rumah minimalis dengan teras super cantik. Selain itu, rumah di Cari Properti juga dibangun oleh developer ternama, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Kunjungi cluster perumahan berkualitas di kawasan berikut :

Jual Rumah Bogor

Jual Rumah Tangerang

Jual Rumah Jakarta Selatan

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...