8 Inspirasi dan Rekomendasi Rumah dengan Rooftop Paling Unik

Riana11 May 2023

Rooftop mungkin terkadang lebih identik pada rumah-rumah mewah dengan pembuatan yang mahal. Namun, kini tak harus punya rumah mewah untuk memiliki rooftop. Sudah banyak rumah dengan rooftop sebagai tambahan ruangan ataupun sebagai pemanis di rumah.

Rooftop sering kali digunakan untuk rumah di kawasan pusat kota dengan lahan terbatas. Akibat keterbatasan lahan ini, membangun rumah yang sesuai dengan keinginan pun sulit.

Dengan rooftop, rumah dengan lahan yang terbatas sekalipun bisa memiliki taman, ruang bersantai, bahkan area berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Anda berencana untuk membuat rumah dengan rooftop? Atau sedang bingung bagaimana menata rooftop rumah? Berikut beberapa inspirasi desain rumah dengan rooftop untuk Anda!

 

Inspirasi Rumah dengan Rooftop

1. Rumah dengan Rooftop sebagai Teras

Rumah dengan Rooftop Teras
(Sumber: stylebyemilyhenderson.com)

Keberadaan teras rumah memang menjadi idaman bagi sebagian orang. Teras yang luas, terbuka, teduh, dan nyaman sering kali dijadikan sebagai tempat menyambut tamu atau sekedar bersantai. Namun, lahan rumah yang terbatas juga membatasi keinginan Anda untuk memiliki hal tersebut.

Rooftop rumah Anda dapat digunakan untuk mengatasi hal ini. Dengan meletakkan beberapa kursi atau sofa dengan coffee table, Anda dapat menyulap rooftop menjadi teras. Tambahkan juga patio umbrella agar rooftop Anda terasa teduh.

 

2. Rumah dengan Rooftop dengan Pergola

Rumah dengan Rooftop Pergola
(Sumber: rooftopia.com)

Secara harfiah, rooftop merupakan bagian penutup bangunan yang terletak di bagian paling atas bangunan. Jadi, bisa dipastikan rooftop dapat terpapar matahari secara langsung. Tentunya hal ini akan membuat rooftop jadi kurang nyaman untuk ditempati saat matahari sedang terik di siang hari.

Jika ukuran rooftop Anda agak besar, menggunakan patio umbrella saja mungkin tidak cukup. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan pergola.

Pergola adalah sebuah struktur bangunan yang dapat terpisah atau tergabung dengan rumah. Fungsinya adalah untuk memberikan efek teduh dengan bayangan yang menutupi ruang di bawahnya. Pergola terbuat dari kayu, logam, atau gabungan keduanya. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan keseluruhan desain rooftop yang diinginkan.

 

3. Rumah dengan Rooftop dengan Tanaman Rambat

Rumah dengan Rooftop Tanaman Rambat
(Sumber: scottbyron.com)

Nah, jika Anda sudah memiliki pergola di rooftop rumah Anda, tidak Ada salahnya menghias pergola agar tidak terlihat terlalu kaku dan polos. Untuk mempercantik pergola, Anda dapat menggunakan tanaman rambat.

Biarkan tanaman merambat ke tiang hingga atap pergola. Selain membuat rooftop terasa lebih teduh, tanaman rambat juga dapat menjadi pemanis yang membuat rooftop Anda semakin cantik.

 

4. Rumah dengan Rooftop Garden

Rumah dengan Rooftop Garden
(Sumber: architecturaldigest.com)

Memiliki taman di rumah dengan lahan yang terbatas memang hampir tidak memungkinkan. Meski tidak bisa melakukannya di teras atau halaman belakang rumah, Anda tetap bisa memiliki taman di rooftop.

Cara menanamnya tentu berbeda. Tidak seperti halaman belakang di mana Anda bisa menanam secara langsung, di rooftop Anda akan memerlukan pot atau membuat tempat sendiri untuk diisi tanah yang akan ditumbuhi tanaman.

Kreasikan taman di rooftop Anda dengan menanam berbagai tumbuhan. Anda bisa menanam tanaman hias, bunga, hingga tanaman yang dapat menghasilkan makanan seperti strawberry, tomat, brokoli, hingga kentang. Jangan lupa untuk selalu menyiram tanaman secara berkala karena tanaman yang ada di rooftop akan lebih cepat membutuhkan air.

 

Baca juga: 12 Tips Desain Fasad Rumah Industrial untuk Hunian yang Trendy dan Menarik

 

5. Rumah dengan Rooftop dengan Rumput Sintetis

Rumah dengan Rooftop Rumput Sintetis
(Sumber: newyorkartificiallawns.com)

Jika Anda penggemar tanaman dan suasana yang hijau, Anda bisa menggunakan rumput sintetis sebagai alas untuk rooftop Anda. Dengan rumput sintetis, duduk-duduk berkumpul bersama keluarga pun jadi lebih nyaman.

Rumput sintetis memang diciptakan untuk penggunaan di luar ruangan, sehingga bahan yang digunakan pun tahan lama. Tidak perlu khawatir rusak karena rumput sintetis tahan cuaca panas dan hujan.

Perawatannya pun lebih mudah. Tidak perlu disiram atau dipangkas seperti rumput sungguhan. Namun, tetap harus dibersihkan secara berkala karena rumput sintetis yang dibiarkan kotor dapat menjadi sarang penyakit.

 

6. Rumah dengan Rooftop dengan Meja Makan

Rumah dengan Rooftop Dining Table
(Sumber: nobroker.in)

Rumah dengan rooftop menawarkan pemandangan langit secara langsung. Agar memberikan sensasi yang berbeda, menikmati keindahan langit dengan makan di luar ruangan di rooftop rumah tidak ada salahnya, loh!

Letakkan meja makan dan sulap rooftop rumah Anda menjadi tempat makan yang tidak biasa. Makan siang bersama keluarga di bawah langit yang cerah, atau menikmati makan malam romantis bersama pasangan sambil ditemani indahnya matahari terbenam, bisa Anda lakukan di rooftop rumah saja.

 

7. Rumah dengan Rooftop sebagai Area BBQ

Rumah dengan Rooftop BBQ
(Sumber: houzz.co.uk)

Selain sebagai tempat berkumpul Anda dan keluarga, rumah dengan rooftop juga dapat dijadikan sebagai tempat acara bersama teman dan kerabat. Duduk bercengkrama sambil menikmati hidangan daging panggang dapat membuat waktu kebersamaan semakin menyenangkan.

Bahkan, Anda bisa juga membuat dapur sendiri di rooftop yang dilengkapi dengan alat BBQ untuk menciptakan dapur alfresco yang unik. Tentunya perlu diperhatikan juga saat memilih material dapur rooftop Anda agar tahan paparan cuaca secara langsung.

 

8. Rumah dengan Rooftop Private Pool


(Sumber: mauricioprada.com.br)

Jika Anda memiliki rumah dengan rooftop yang besar dan budget berlebih, membangun kolam renang di atas rooftop dapat menjadi ide yang bagus. Memiliki kolam renang pribadi di rooftop memberikan Anda ruang yang lebih private karena terletak di atas rumah.

Kolam renang di atas rooftop pun tidak kotor semudah kolam renang biasanya. Kemungkinan kolam renang rooftop untuk dijatuhi daun kering lebih kecil. Penampilan kolam renang di rooftop juga terlihat lebih mewah dan eksklusif.

Namun, tentunya membangun kolam renang ini perlu perhatian lebih khusus. Tidak semua rumah dengan rooftop dapat dibuat sebagai kolam renang. Struktur dan material yang digunakan harus terjamin kuat untuk menampung air di atas rumah.

 

Anda mungkin juga suka: 10 Ide Buat Kolam Renang Aesthetic Dijamin Kece Abis!

 

Inspirasi desain di atas dapat menjadi referensi untuk Anda yang ingin menata rooftop. Membangun rumah dari awal memang memberikan kebebasan Anda untuk memiliki rumah dengan rooftop sesuai keinginan.

Namun, jika Anda menginginkan pilihan lebih praktis, Anda bisa memilih rumah dengan rooftop yang sudah ada. Jadi, Anda tinggal menata sesuai keinginan saja. Berikut adalah beberapa rekomendasi rumah dengan rooftop yang dapat menjadi pilihan Anda!

 

Rekomendasi Rumah dengan Rooftop

1. Tanakayu Chava


Alamat: Cluster Tanakayu, Jl. BSD Raya Pusat

Rekomendasi rumah dengan rooftop yang pertama datang dari salah satu property developer paling ternama di Indonesia yaitu Sinarmas Land dengan produknya, Cluster Chava yang berada di kawasan perumahan Tanakayu.

Cluster Chava menawarkan rumah dengan rooftop minimalis yang menawan. Dengan dominasi warna coklat kayu, rooftop pada Cluster Chava Tanakayu memiliki tempat duduk memanjang dan sebuah kolam yang dapat Anda jadikan sebagai kolam anak-anak atau sebagai tempat berendam.

 

2. Leonora at Symphonia Gading Serpong


Alamat: Jl. Kp. Medang No.57, Medang, Kec. Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten 15334

Cluster Leonora menjadi cluster pertama di Summarecon Serpong yang memiliki attic room. Tidak hanya menawarkan rumah dengan rooftop, Cluster Leonora juga memiliki ruangan tambahan multifungsi. Anda dapat menggunakannya sebagai kamar tambahan atau sekedar ruang santai keluarga.

Rooftop rumah cluster ini pun cukup luas. Memiliki tampilan minimalis yang elegan sehingga memberikan kesan yang lebih mewah. Dengan gabungan rooftop dan attic room, Anda bisa bersantai baik di dalam maupun luar ruangan.

 

3. Heritage Puri 11


Alamat: Pondok Pucung, Karang Tengah, Kota Tangerang

Cluster Heritage Puri 11 menawarkan hunian mewah bak mansion 3 lantai. Dengan konsep tropical resort residential, Heritage Puri 11 menggabungkan warna putih, emas, dan coklat sehingga menghasilkan tampilan tempat tinggal yang menawan.

Rooftop pada unit rumah ini menggunakan dominan kayu, mulai dari lantai, tempat duduk, hingga rangka kanopi. Bagian atas kanopi menyerupai atap pergola, sehingga Anda akan tetap merasa teduh meski duduk di rooftop saat siang hari.

 

4. New Abaya Village


Alamat: Griya Indah (KORPRI), Tanggerang, Suradita, Kec. Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten 15343

Jika Anda mencari rumah dengan rooftop di kawasan BSD City, New Abaya Village dapat menjadi pilihan Anda. Cluster ini menggunakan konsep minimalis yang modern. New Abaya Village menawarkan hunian dengan pemandangan menghadap alam dengan mengedepankan harmonisasi antara kehidupan modern dan lingkungan hijau.

Untuk memaksimalkan fungsional rumah, unit rumah di New Abaya Village dilengkapi dengan rooftop. Mengadakan pesta BBQ ataupun hanya sekedar menikmati langit sore dari atas rumah bersama keluarga dapat Anda lakukan di sini.

 

5. Permata Hijau Mansion


Alamat: Jl. Limo No.10, RT.7/RW.10, Grogol Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12220, Indonesia

Anda ingin merasakan punya rooftop private pool? Permata Hijau Mansion punya jawabannya untuk Anda. Cluster super mewah satu ini tidak hanya unggul karena berlokasi di kawasan yang premium saja, tetapi juga karena bangunan rumah yang ditawarkannya.

Fasad rumah yang minimalis membuat Permata Hijau Mansion terlihat elegan dan mewah. Hunian ini juga telah dirancang agar dapat menampung kolam renang yang terletak pada rooftop rumah. Anda pun bisa berenang sambil menikmati pemandangan dari ketinggian.

---

Rekomendasi rumah di atas sudah memiliki rooftop, sehingga Anda tinggal menatanya saja sesuai dengan keinginan Anda. Gunakan inspirasi desain rooftop di atas sebagai referensi untuk mempercantik rooftop Anda.

Masih ingin mencari rekomendasi rumah yang lain? CariProperti punya jawabannya! CariProperti terpercaya dengan ribuan pilihan rumah baik dengan rooftop maupun tidak di berbagai kota di Indonesia. Kunjungi website resmi CariProperti untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...