10 Tips Bersih-Bersih Rumah, Dijamin Rumah Makin Nyaman!

Nadia23 Apr 2024

Salah satu faktor yang membuat rumah nyaman ditempati adalah kebersihannya. Namun aktivitas membersihkan rumah seringkali terasa membosankan. Padahal jika Anda mengetahui tips bersih-bersih rumah yang efisien, rumah Anda dapat terasa bersih dan nyaman.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan ketika tinggal di rumah yang bersih. Selain dapat mendukung produktivitas, rumah bersih juga dapat menciptakan suasana hati yang menyenangkan. Artikel ini akan membahas seputar tips membersihkan rumah yang dapat Anda terapkan. 

1. Gunakan 'trik berurutan'

Salah satu tips yang dapat dilakukan ketika bersih-bersih rumah adalah membersihkannya dari depan ke belakang. Anda dapat memulainya dengan membersihkan halaman rumah terlebih dahulu, kemudian ruang tamu, hingga ruangan yang terletak di paling belakang. Teknik ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membersihkan rumah secara keseluruhan. 

2. Mulai dari kamar tidur

Dilansir dari situs Quora, beberapa orang menyatakan bahwa cara membersihkan rumah yang efektif adalah dimulai dari membersihkan kamar tidur. Hal ini dikarenakan area kamar merupakan tempat yang sering digunakan untuk bermalas-malasan. Jika kamar tidur sudah rapih, suasana hati dapat menjadi lebih baik untuk melanjutkan proses bersih-bersih rumah.

3. Bersihkan dari atas ke bawah

Ada satu metode bersih-bersih rumah yang dinamakan "Top-Down", dimana proses bersih-bersih dimulai dari atas terlebih dahulu. Misalnya ketika kita membersihkan ruangan, bersihkan dulu bagian atas seperti debu pada langit-langit ruangan, serta debu yang menempel pada barang. Hal ini dilakukan agar kotoran yang menempel jatuh ke area bawah dan dapat dibersihkan paling akhir.

4. Sediakan wadah khusus untuk menyimpan barang

Ketika bersih-bersih barang, sebaiknya sediakan wadah khusus untuk menyimpan barang. Misalnya, Anda dapat membeli lemari dengan laci yang dikhususkan untuk barang-barang tertentu, seperti makeup, obat, dan lain sebagainya. 

Menyimpan barang di dalam wadah akan jauh membuat rumah terlihat lebih bersih dari pada meletakan barang di atas lemari atau meja. Jangan lupa untuk mengkategorikan barang sesuai fungsinya agar lebih mudah ditemukan.

5. Letakkan barang sesuai fungsi ruangan

Tips bersih-bersih rumah selanjutnya adalah meletakkan barang sesuai dengan fungsi ruangan. Misalnya pada ruang laundry, Anda dapat meletakkan berbagai peralatan cuci di ruangan tersebut, mulai dari sabun cuci, pewangi, sikat cuci, dan peralatan lainnya. Begitu juga dengan ruang kerja atau ruang belajar, Anda dapat menyimpan berbagai peralatan tulis, bahan bacaan, atau hal yang berkaitan dengan pekerjaan di ruangan tersebut. 

6. Lakukan decluttering secara berkala

Decluttering merupakan proses memilah barang yang tidak terpakai agar rumah lebih bersih dan lega. Anda dapat memilih barang-barang yang tidak digunakan untuk dibuang, disumbangkan, atau dijual kembali jika memungkinkan. Decluttering sangat bermanfaat untuk membuat rumah lebih nyaman dan menjaga kebersihan di area ruangan. 

Proses decluttering biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lama karena harus memilah barang satu persatu. Sebaiknya Anda meluangkan waktu khusus untuk memilah barang di rumah secara berkala, seperti satu bulan sekali atau beberapa bulan sekali. 

7. Sediakan ruangan khusus untuk gudang

Bila memiliki space lebih pada rumah, sediakan ruangan khusus untuk dijadikan gudang. Area gudang akan sangat bermanfaat untuk menyimpan barang yang jarang digunakan. Gudang juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi ruang penyimpanan sementara barang-barang rumah yang tidak terpakai.

Beberapa perumahan seperti Rumah Baru di Tangerang dan Rumah Baru Tangerang Selatan yang menyediakan Attic Room untuk menyimpan barang. Attic room juga dapat difungsikan untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai gudang sementara. Maka dari itu, penting untuk melihat kapasitas ruangan sebelum membeli rumah. 

8. Bagi tugas dengan anggota rumah

Jika Anda tinggal bersama keluarga, bagi tugas dengan anggota keluarga agar kegiatan bersih-bersih rumah lebih cepat selesai. Delegasikan tugas sesuai dengan minat mereka agar aktivitas bersih-bersih semakin menyenangkan. Dengan berbagi tugas bersih-bersih, secara langsung mengingatkan anggota rumah bahwa menjaga kebersihan adalah kewajiban bersama. 

9. Jangan ditunda-tunda

Hal penting dari proses membersihkan rumah adalah jangan menunda-nunda. Kegiatan menunda akan membuat suasana rumah tetap kotor dan tidak rapih, sehingga suasana rumah tidak menyenangkan. Jika memiliki waktu luang, lakukan proses bersih-bersih sesegera mungkin agar rumah nyaman ditempati. 

10. Hargai Diri Sendiri

Tips bersih-bersih rumah terakhir adalah jangan lupa untuk menghargai diri sendiri. Anda dapat bersantai dan beristirahat setelah membersihkan rumah. Sesekali berikan hadiah kecil untuk diri Anda, seperti membeli cemilan enak, makanan favorit, atau hal-hal yang Anda suka. 

Baca juga : 9 Cara Menata Rumah Kecil Biar Makin Estetik!

__

 

Itulah beberapa tips yang dapat membuat proses bersih-bersih rumah menjadi efisien dan menyenangkan.  Pada dasarnya proses membersihkan rumah adalah proses untuk membuat tempat tinggal kita menjadi lebih nyaman untuk ditempati. Karena mau bagaimanapun, rumah sebagus apapun tidak akan nyaman jika kotor dan tidak dibersihkan.

Rumah yang bersih juga dapat membuat Anda lebih produktif untuk melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, rumah yang bersih tentunya akan membuat tempat tinggal lebih sehat. 

Jika ingin mengetahui informasi seputar rumah yang nyaman ditempati, Cari Properti menyediakan pilihan unit rumah berkualitas yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Temukan rumah impian Anda hanya di Cari Properti!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...