Punya Kamar Sempit? Hindari Warna Cat Berikut!

Riana01 Sep 2022

Memilih warna cat untuk dinding kamar tentu bisa menjadi tahap yang menyenangkan. Anda dapat memilih warna sesuai dengan kepribadian anda, atau suasana yang ingin anda ciptakan di dalam kamar.

Akan tetapi, memilih warna cat tidak bisa dilakukan sembarangan. Pilihan warna cat dapat menjadi hal yang krusial karena sangat mempengaruhi suasana di dalam kamar. Terlebih jika anda memiliki kamar dengan ukuran kecil.

Pemilihan warna cat dinding untuk kamar yang sempit perlu kehati-hatian lebih. Jika anda punya kamar berukuran kecil, maka hindari warna-warna berikut:

1. Warna Gelap

warna cat kamar sempit

Sebagian orang pasti sudah tau akan hal ini. Kamar yang sempit berarti tidak boleh pakai warna gelap.

Hal ini dikarenakan warna gelap cenderung menyerap cahaya, sehingga justru tambah memberikan kesan sempit di kamar anda yang sudah kecil.

Dari pada warna gelap, coba warna netral yang memiliki aksen cerah untuk mempercantik kamar anda.

 

2. Warna Putih

warna cat kamar sempit

Kalau sebelumnya disebutkan warna gelap dapat menambah kesan sempit ruangan, maka seharusnya warna cerah memberikan kesan yang luas. Seperti warna putih contohnya.

Eits! Jangan salah. Warna putih justru harus dihindari juga sebagai warna cat kamar sempit. Warna putih untuk empat sisi kamar anda justru memberikan suasana yang hambar dan membosankan.

Jika kamar anda tidak mendapatkan cahaya matahari alami secara langsung, lebih baik anda menghindari warna ini. Lebih baik, anda menggunakan warna cerah lain seperti abu-abu muda, atau warna lain yang memiliki kesan lembut.

 

3. Kuning Menyala

warna cat kamar sempit

Kamar yang sempit memang membutuhkan warna cat yang cerah. Selain warna putih yang sudah disebutkan sebelumnya, warna kuning yang satu ini juga harus dihindari.

Selain tidak memberikan kesan yang lebih luas, warna kuning yang terlalu menyala justru terlalu kuat untuk kamar yang sempit, sehingga tidak enak dipandang mata. Jika anda penggemar warna kuning dan ingin menggunakannya sebagai warna cat kamar anda, lebih baik pilih warna kuning beberapa shade lebih muda atau pucat.

 

4. Merah

warna cat kamar sempit

Jika anda memiliki kamar yang sempit, warna cat yang harus anda hindari selanjutnya adalah warna merah. Tidak hanya pada kamar sempit. Bahkan untuk rumah yang besar sekalipun, warna merah agak sulit untuk dijadikan warna cat.

Selain membuat mata tidak nyaman, warna merah sebagai warna cat dinding ternyata juga memberikan kesan hawa panas, sehingga berada di dalam ruangannya justru membuat suasana terasa lebih gerah.

Jika anda memiliki kamar yang sempit, tapi masih menginginkan untuk menggunakan warna yang mirip-mirip dengan merah, coba untuk menggunakan warna pink pastel. Warna ini tidak hanya memberikan kesan lebih lega untuk kamar anda yang sempit, tetapi juga lebih nyaman dipandang oleh mata dan memberikan kesan lebih lembut.

 

5. Coklat

warna cat kamar sempit

Sebagian orang ada yang menggemari warna yang satu ini. Mungkin anda salah satunya. Jika anda menyukai konsep rumah yang vintage, warna coklat bisa jadi cocok untuk dinding rumah anda.

Akan tetapi, jika kamar anda sempit, maka sebaiknya hindari juga warna ini. Bukannya memberikan kesan ruangan yang lebih lega, warna coklat–terutama coklat yang gelap–memberikan kesan sempit untuk ruangan. Dengan warna coklat, ruangan justru terasa lebih penuh dan sumpek.

Untuk menggantikan warna coklat, coba untuk menggunakan warna yang lebih muda seperti beige. Selain itu, saat ini warna beige juga sedang populer. Warna beige dapat menjadi alternatif yang cocok untuk penggemar warna coklat.

 

 

Memiliki rumah itu satu hal. Tetapi, membuat suasana nyaman di dalam rumah hal lain lagi. Rumah idaman tidak selalu berarti memiliki lahan yang luas. Tetapi, penataan ruang di dalam rumah yang baik juga dapat mempengaruhi kenyamanan tempat tinggal anda.

Dengan pemilihan warna cat dinding yang benar, ditambah dengan penataan furniture yang tepat, ruangan yang sempit sekalipun bisa anda buat menjadi terasa lebih lega.

Rumah idaman adalah rumah yang memberikan kenyamanan, baik dari luar maupun dari dalam. Anda bisa mendapatkan rumah idaman anda dengan CariProperti. Ribuan pilihan hunian di CariProperti dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan CariProperti, mendapatkan rumah idaman jadi lebih mudah.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...