5 Keunikan Desain Japandi Style Lengkap Dengan Rekomendasi Rumah Contoh

Nadia07 Aug 2023

Saat ini, perkembangan desain interior terus mengalami berbagai perkembangan, termasuk munculnya tren Japandi Style. Tren interior ini diaplikasikan di berbagai cluster perumahan terbaru karena konsepnya yang memadukan nilai estetika serta memberikan kenyamanan pada ruangan. Lalu, apa itu pengertian Japandi Style? Bagaimana ciri khas interior ini? Artikel ini akan mengulasnya secara lengkap untuk Anda. 

Pengertian Japandi Style

Japandi

Singkatnya, Japandi Style merupakan jenis interior yang memadukan antara desain minimalis Jepang dengan Skandinavia. Interior ini memadukan konsep keseimbangan serta estetika, dimana desain bangunan Jepang memberikan khas sederhana, sedangkan desain Skandinavia terkenal dengan tampilannya yang netral. Perpaduan keduanya dapat memberikan tampilan interior ruangan yang elegan. 

Selain itu, terdapat beberapa filosofi dasar yang menjadi konsep utama dari desain Japandi Style, diantaranya adalah sebagai berikut :

Prinsip keseimbangan : Interior Japandi Style mengutamakan prinsip keseimbangan pada setiap desainnya. Elemen desain dibuat selaras secara visual, mulai dari tekstur hingga pemilihan warna. Aksen pada interior Japandi Style juga dibuat simetris dan tidak berlebihan.

Prinsip keharmonisan dengan alam : Salah satu filosofi Japandi Style adalah menjaga keharmonisan dengan awal. Hal inilah yang membuat aksen-aksen Japandi Style mengkombinasikan sentuhan alam, seperti kayu maupun tanaman. 

Prinsip Wabi-Sabi : Wabi-Sabi merupakan filosofi dari Japandi Style yang mengutamakan keindahan, kesederhanaan dan ketidaksempurnaan. Perpaduan tersebut kemudian menjadi nilai arstistik pada interior ruangan.

Ciri Khas Japandi Style

Setelah mengetahui pengertian Japandi Style, Anda perlu memperhatikan ciri khas dari  interior ini untuk diaplikasikan pada hunian. Beberapa ciri utama dari Japandi Style adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan aksen alami

Ciri utama dari Japandi Style adalah menggunakan aksen alami, seperti memadukan bahan kayu dan bebatuan pada interior ruangan. Selain itu, sentuhan tanaman hijau juga dijadikan opsi untuk mempercantik suasana rumah. Pemilihan warna pada interior juga menyesuaikan dengan warna alami yang tidak mencolok dan menenangkan.

2. Memadukan warna netral dengan tampilan yang clean

Japandi Style terkenal dengan interiornya yang clean dengan memadukan warna-warna netral. Hal ini tentunya demi mempertahankan kesan sederhana pada interior Jepang dan minimalis ala Skandinavian. Perpaduan keduanya dapat memberikan kesan hangat pada hunian.

3. Desain terlihat sederhana dan estetik 

Sebagai perpaduan antara interior Jepang dan Skandinavian, Japandi Style mengutamakan kesan sederhana yang estetik pada ruangan. Biasanya interior didesain dengan konsep yang tidak terlalu ramai atau berlebihan. Hal ini selaras dengan filosofi dasar yang menjadi konsep utama dari interior ini.

4. Furniture minimalis

Furniture minimalis juga menjadi salah satu ciri utama dari interior Japandi Style. Pemilihan furnitur menjadi sangat penting karena akan mempengaruhi komposisi tampilan ruangan. Untuk menerapkan konsep ini, sebaiknya Anda memilih furniture modern minimalis yang memberikan kesan sederhana namun dapat mempercantik ruangan.

5. Menerapkan open living space

Beberapa hunian dengan konsep Japandi Style menerapkan open living space pada hunian, seperti rumah dengan taman indoor di bagian tengah, atau akses langsung menuju taman dari ruang utama. Hal ini bertujuan agar suasana hunian tetap melekat pada aksen alam yang menjadi filosofi dasar Japandi Style. 

Rekomendasi Rumah Berkonsep Japandi Style

1. Wellspring House

wellspring house

Rekomendasi cluster Japandi Style pertama adalah Cluster Wellspring House yang berlokasi di Tangerang Selatan. Cluster ini didesain dengan jendela lebar serta Open space yang terhubung langsung ke dalam ruangan. Menariknya lagi, interior cluster ini memadukan warna coklat yang membuat suasana ruangan sangat hangat.

Lokasi Wellspring House dekat dari Global Islamic School, RS Hermina Serpong dan Akses Tol Jakarta-Serpong. Fasilitas yang tersedia pada cluster juga sangat lengkap, mulai dari kolam renang, gym, hingga sistem keamanan 24 jam. Cluster ini sangat cocok untuk Anda yang mencari hunian ala Jepang-Scandinavian dengan fasilitas super lengkap.

2. Amayana Residence

Amayana Residence merupakan rumah ala Japandi Style yang memadukan antara interior estetik dengan khas Jepang yang kental. Setiap ruangannya dilengakpi dengan aksen Jepang dengan perpaduan warna netral yang elegan. Tak hanya itu, interior bangunannya juga memadukan warna coklat dengan aksen kayu yang memberikan kesan sederhana namun tetap elegan. 

Lokasi Amayana Residence berada di selatan Jakarta dekat dari Mall The Park Sawangan dan Politeknik Sahid. Lokasinya juga strategis dikelilingi oleh berbagai fasilitas menarik. Amayana Residence sangat cocok untuk para pencinta rumah khas Jepang dengan sentuhan minimalis di dalamnya. 

3. Cimanggis Golf Estate

Japandi Style

Untuk Anda yang mencari hunian dekat tol dengan interior super cantik, Cimanggis Golf Estate bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Cluster ini menerapkan interior Japandi Style dengan open space yang dapat diakses langsung dari dalam ruangan. Perpaduan warna putih dan coklat juga menjadikan interior ruangannya sangat elegan. 

Cimanggis Golf Estate sangat cocok untuk dijadikan hunian jangka panjang bersama keluarga. Cocok juga untuk investasi mengingat lokasinya yang sangat strategis.

__

Itulah pengertian Japandi Style lengkap dengan rekomendasi cluster perumahannya. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang mencari hunian cantik dengan konsep Japandi Style. Untuk pemesanan unit, kunjungi Cari Properti yang menyediakan berbagai pilihan unit berkualitas untuk Anda.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...