9 Cara Menata Rumah Kecil Biar Makin Estetik!

Nadia04 Apr 2024

Di era modern saat ini, rumah dengan ukuran kecil seakan menjadi tren baru dalam dunia properti. Banyak orang yang tertarik untuk membangun rumah kecil dengan lokasi yang strategis. Selain harganya yang terjangkau, rumah dengan ukuran kecil juga dianggap lebih praktis dan mudah untuk dirawat.

Untuk menghadirkan rumah kecil yang nyaman, Anda harus mengetahui cara menata rumah kecil yang efisien agar tampilannya lebih estetik. Artikel ini akan membahas tuntas mengenai cara menata rumah kecil yang bisa Anda praktikan. Simak ya!

cara menata rumah kecil

1. Tentukan Fungsi Setiap Ruangan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan terlebih dahulu fungsi dari setiap ruangan pada rumah Anda. Anda dapat menjadikan sebuah ruangan untuk satu fungsi atau multifungsi.

Misalnya pada ruang keluarga, Anda berencana memanfaatkannya sekaligus sebagai ruang makan, atau kamar tidur sekaligus menjadi ruang belajar. Dengan menentukan fungsi ruangan akan mempermudah Anda dalam menentukan furnitur yang tepat serta menata barang di setiap ruangan.

2. Pilih Furnitur yang Tepat

Setelah menentukan fungsi pada masing-masing ruangan, langkah selanjutnya adalah menentukan furnitur yang tepat. Jika ingin menghadirkan kesan minimalis pada ruangan, maka pilihlah furnitur dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan pada rumah Anda. Jangan sampai Anda membeli barang yang ukurannya terlalu besar karena akan mempersempit area ruangan. Sebaiknya pilihlah furnitur dengan model minimalis yang dapat membuat area ruangan lebih elegan. 

3. Pertimbangkan Furnitur Multifungsi

Salah satu cara menata rumah kecil yang efisien adalah menggunakan furnitur multifungsi. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengurangi barang yang ada di ruangan. Misalnya, Anda dapat memilih sofa dengan space penyimpanan di bagian bawah untuk menyimpan barang, atau memilih meja yang bisa dilipat. 

Beberapa model tempat tidur juga menyediakan space penyimpanan di area kolong, seperti model tempat tidur dengan laci di bagian bawah. Dengan memilih furnitur multifungsi, Anda dapat memaksimalkan area ruangan. 

4. Kurangi Barang yang Tidak Perlu

Tips untuk menata rumah kecil selanjutnya adalah mengurangi barang-barang yang tidak diperlukan. Pisahkan antara barang yang masih digunakan dan tidak digunakan. Anda dapat memisahkan barang yang tidak digunakan dengan menyimpannya di gudang, menjualnya kembali, atau memberikannya kepada orang lain. Jika barang dirasa sudah tidak layak pakai, sebaiknya buanglah barang tersebut agar rumah semakin lega. 

5. Gunakan Cermin dalam Interior Rumah

Penggunaan cermin merupakan salah satu trik untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Anda dapat memasang cermin di area strategis untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Keberadaan cermin juga dapat membuat interior ruangan semakin elegan. 

6. Pilihlah Warna Cerah pada Ruangan 

cara menata rumah kecil

Cara menata rumah kecil selanjutnya adalah dengan menggunakan warna-warna cerah untuk memberikan kesan luas pada hunian. Gunakan warna-warna cerah yang netral, seperti putih, abu-abu cerah atau krem pada bagian dinding ruangan dan fasad rumah. Warna-warna cerah dapat memberikan kesan lapang serta minimalis pada hunian. 

Jika Anda berencana untuk mengkombinasikan warna, usahakan untuk menggunakan warna cerah sebagai warna utama pada ruangan. Anda juga harus memperhatikan komposisi warna furnitur agar senada dengan warna cat rumah. Ruangan dengan warna yang terlalu ramai dapat memberikan kesan sempit dan penuh pada hunian. 

7. Manfaatkan Setiap Sudut

Jika Anda memiliki rumah dengan ruang yang terbatas, manfaatkan setiap sudut rumah agar setiap ruangannya lebih efisien. Misalnya jika ruangan Anda memiliki banyak space kosong di area sudut, Anda dapat membuat rak di sudut ruangan untuk menyimpan berbagai barang. Atau jika Anda memiliki sedikit space pada area kamar, Anda dapat meletakan meja dan kursi untuk digunakan sebagai area kerja. 

8. Gunakan Jendela Lebar Pada Rumah

Penggunaan jendela lebar merupakan salah satu tips ampuh untuk menciptakan rumah kecil yang nyaman. Keberadaan jendela dapat memberikan kesan luas pada area hunian. Tidak hanya itu, jendela juga sangat membantu untuk memaksimalkan pencahayaan alami di dalam rumah, sehingga area ruangan tidak lembab dan nyaman untuk digunakan.

9. Tentukan Jadwal Rutin untuk Bersih-Bersih 

Tips terakhir untuk membuat rumah sempit terlihat lega adalah dengan menjaga kebersihan area rumah. Tetapkan jadwal rutin untuk menata barang agar ruangan tetap rapih. Hindari penumpukan barang di satu tempat yang membuat ruangan terlihat sempit. Ketika Anda tinggal di rumah kecil yang bersih dan tertata, tentunya akan lebih nyaman ditempati.

__

Itulah beberapa cara menata rumah sempit yang dapat Anda terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda mencari referensi perumahan modern dengan konsep minimalis, area BSD dan Tangerang menyediakan banyak opsi cluster berkualitas dengan interior yang efisien.

Untuk mempermudah proses pencarian rumah, kunjungi Cari Properti yang menyediakan pilihan Jual Rumah BSD dan Jual Rumah Tangerang yang berkualitas. 

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...