10 Cara Menghilangkan Kerak Kamar Mandi Paling Mudah!

Riana06 Jul 2023

Kamar mandi merupakan ruangan yang sangat rawan untuk menjadi lembap dan kotor. Kerak yang muncul di kamar mandi memang tidak bisa dihindari karena penggunaan yang terus menerus.

Kebersihan kamar mandi tidak dapat dianggap sepele. Kerak yang muncul di kamar mandi tidak hanya mengganggu pandangan mata. Pada kondisi yang lebih parah, kerak juga dapat menyebabkan iritasi hingga gangguan pernapasan.

Jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat secara ampuh menghilangkan kerak kamar mandi yang dapat Anda coba.

 

Penyebab Kerak di Kamar Mandi

cara meghilangkan kerak kamar mandi
(Sumber: lansingstatejournal.com)

Munculnya kerak di kamar mandi dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah kotoran, sisa sabun, jamur, dan lumut.

Kotoran dan sisa sabun yang tidak terbilas bersih dapat menempel dan meninggalkan bercak-bercak pada keran wastafel, kaca shower, hingga pada cermin. Jamur dan lumut dapat tumbuh karena udara di dalam kamar mandi yang lembap.

Jamur atau lumut dapat membuat lantai menjadi licin dan membahayakan Anda. Karenanya, pertumbuhan jamur dan lumut tidak bisa dibiarkan terus menerus tanpa ada penanganan sama sekali.

Nah, agar kamar mandi Anda lebih nyaman saat digunakan dan indah dipandang mata, berikut adalah 10 cara menghilangkan kerak kamar mandi yang ampuh!

 

10 Cara Menghilangkan Kerak Kamar Mandi

1. Cuka


(Sumber: freepik.com)

Salah satu cara paling ampuh dalam menghilangkan kerak di kamar mandi adalah dengan menggunakan cuka. Dilansir dari healthline, cuka memiliki tingkat keasaman yang dapat melawan kerak kamar mandi, yaitu dengan pH sekitar 2.5. Tingkat keasamannya yang tinggi ini tidak hanya dapat menghilangkan kerak saja, tetapi juga mencegah pertumbuhan jamur dan mikroorganisme yang lebih luas.

Caranya pun mudah. Cukup campurkan cuka dengan air, tuang dalam botol penyemprot, dan semprotkan pada bagian yang ingin Anda bersihkan. Diamkan selama 30 menit hingga 2 jam. Gosok dengan sikat dan bilas dengan air bersih.

Cuka tidak hanya ampuh untuk kerak pada lantai atau dinding saja, tetapi juga pada langit-langit kamar mandi yang menghitam.

 

2. Baking Soda

cara menghilangkan kerak kamar mandi
(Sumber: freepik.com)

Selain cuka, bahan yang paling sering direkomendasikan untuk membersihkan kamar mandi adalah baking soda. Kebalikan dengan cuka yang memiliki tingkat keasaman tinggi, baking soda merupakan senyawa kimia yang bersifat basa dengan pH 8-9. Jamur biasanya memiliki pH 7 atau sedikit di bawahnya, sehingga kadar pH pada baking soda dapat efektif melawan jamur.

Selain itu, baking soda juga memiliki whitening effect yang dapat membantu menghilangkan noda bekas kerak berada.

Anda cukup membuat campuran baking soda dan air dengan rasio 1:1 dan letakkan pada bagian yang ingin Anda bersihkan. Jangan langsung dibersihkan. Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Kemudian, gosok dengan sikat dan bilas dengan air.

Perlu diingat bahwa baking soda lebih ampuh pada kerak yang baru muncul saja, bukan yang sudah lama. Untuk kerak yang sudah menempel lama, Anda bisa menggunakan bahan lain yang lebih kuat.

 

3. Jeruk Nipis


(Sumber: halodoc.com)

Jika Anda mencari pembersih dari bahan alami, Anda bisa mencoba perasan jeruk nipis. Menggunakannya pun sangat mudah. Cukup campurkan perasan jeruk nipis dengan air dengan rasio 1:1. Semprot atau tuang ke bagian kamar mandi yang berkerak, dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, gosok hingga noda hilang dan bilas dengan air.

Selain untuk kerak kamar mandi, perasan jeruk nipis juga dapat efektif menghilangkan jamur dan bau apek pada pakaian, kain, ataupun karpet.

 

Baca juga: 5 Alat Perlengkapan Rumah Baru yang Wajib Anda Miliki

 

4. Alkohol

cara menghilangkan kerak kamar mandi
(Sumber: thespruce.com)

Alkohol juga dapat membantu dalam membersihkan kerak di kamar mandi, loh! Alkohol ampuh membunuh mikroorganisme yang dapat menghasilkan kerak pada kamar mandi. Anda bisa menggunakan alkohol dengan kadar 70%.

Sebelum menggunakan alkohol, Anda perlu membersihkan kamar mandi dengan sabun seperti biasa terlebih dahulu. Setelah permukaan kamar mandi bersih dari sabun, baru Anda bisa menggunakan alkohol.

Caranya adalah dengan mencampurkan air dan alkohol dengan perbandingan 1:1 dan semprotkan pada bagian yang ingin Anda bersihkan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lap dengan kain, dan biarkan kering sempurna dengan sendirinya.

Akan tetapi, alkohol hanya dapat digunakan pada kerak yang baru saja atau yang ringan. Untuk membersihkan kerak akibat jamur dan lumut, Anda perlu menggunakan bahan lain yang lebih kuat.

 

5. Batu Apung


(Sumber: freepik.com)

Batu apung kini kian populer sebagai alat pembersih. Sebagian orang mungkin familier dengan batu apung sebagai alat kosmetik karena batu ini sering dipakai untuk menghilangkan kulit mati dan kapalan.

Tidak hanya untuk membersihkan diri Anda, tetapi batu apung juga efektif untuk membersihkan kamar mandi. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Tidak ada teknik khusus. Anda cukup menggunakannya seperti menggunakan sikat biasa.

Sebelum menggunakannya, basahi batu apung terlebih dahulu beberapa kali. Jangan langsung membersihkan seluruh kamar mandi menggunakan batu apung. Coba pada satu bagian terlebih dahulu untuk melihat hasilnya. Dengan begitu, Anda pun dapat mengira-ngira tenaga yang harus Anda keluarkan agar permukaan kamar mandi Anda tidak rusak.

 

6. Pasta Gigi

cara menghilangkan kerak kamar mandi
(Sumber: freepik.com)

Cara menghilangkan kerak kamar mandi yang saat ini sangat mudah. Anda tidak perlu membeli bahan khusus. Cukup gunakan saja pasta gigi yang ada di kamar mandi Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa pasta gigi yang dapat digunakan untuk membersihkan kerak kamar mandi adalah yang berwarna putih polos. Jangan gunakan yang berbahan gel karena justru dapat meninggalkan bekas noda.

Cara menggunakannya mudah, seperti ketika Anda hendak menggosok gigi saja. Keluarkan pasta gigi secukupnya di atas sikat atau di atas bagian yang akan Anda bersihkan. Gosok dengan perlahan. Jika nodanya sudah sangat tebal, Anda bisa menggosok dengan lebih kencang.

Jika sudah, lap dengan kain. Bisa juga semprotkan lagi dengan disinfektan supaya tidak ada bakteri yang tertinggal.

 

7. Hidrogen Peroksida


(Sumber: septictankcare.com)

Hidrogen peroksida biasanya digunakan pada luka. Fungsinya adalah untuk membunuh kuman dan mikroorganisme lainnya. Karenanya, hidrogen peroksida menjadi cara menghilangkan kerak kamar mandi yang cukup ampuh.

Hidrogen peroksida sudah teruji dapat efektif menghilangkan jamur. Namun, bahan kimia ini lebih efektif jika digunakan pada permukaan yang tidak memiliki pori.

Menggunakannya juga mudah. Anda bahkan tidak perlu campuran air. Cukup tuang hidrogen peroksida ke dalam botol semprotan dan semprot pada bagian yang akan Anda bersihkan.

Jangan langsung menyemprotkan hidrogen peroksida banyak-banyak. Semprotkan sedikit terlebih dahulu untuk memastikan permukaan yang Anda bersihkan tidak rusak. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 10 menit atau hingga hidrogen peroksida tidak berbusa lagi. Gosok bagian yang tadi sudah Anda semprot dan lap hingga kering.

 

8. Pemutih

cara menghilangkan kerak kamar mandi
(Sumber: freepik.com)

Satu lagi bahan yang paling populer digunakan untuk menghilangkan kerak kamar mandi adalah pemutih. Pemutih memang dapat efektif menghilangkan kerak kamar mandi. Namun, sebenarnya tidak terlalu tahan lama.

Kerak yang timbul karena jamur dan lumut dapat tumbuh lagi jika Anda hanya membersihkannya dengan pemutih. Hal ini karena pemutih hanya bekerja pada bagian permukaannya saja. Karena itu lah, pemutih jauh lebih efektif jika digunakan pada permukaan yang tidak berpori.

Sebelum menggunakan pemutih, pastikan sirkulasi udara di kamar mandi lancar. Uap dari pemutih dapat menyebabkan gangguan pernapasan hingga iritasi pada mata. Jadi, pastikan Anda sudah membuka pintu dan jendela kamar mandi.

Perlu diingat juga bahwa Anda tidak boleh menggunakan pemutih terlalu banyak. Campurkan pemutih dengan air dengan rasio 1:16. Semprot pada bagian dengan kerak membandel, diamkan beberapa menit, gosok, kemudian bilas dengan air. Tidak perlu mengelapnya lagi, cukup diamkan agar kering dengan sendirinya.

Setelah selesai, dianjurkan agar Anda membuang kain atau spons yang digunakan untuk membersihkan dengan pemutih.

 

9. Amonia


(Sumber: sainskimia.com)

Amonia sebenarnya banyak ditemukan dalam kandungan produk-produk pembersih. Amonia merupakan senyawa kimia yang kuat dan ampuh dalam menghilangkan kerak kamar mandi. Senyawa kimia ini memiliki tingkat basa tinggi yang dapat melawan kerak kamar mandi, yaitu pH 11-13.

Penggunaannya juga sama dengan bahan lainnya. Campurkan amonia dan air dengan perbandingan 1:1, semprot ke bagian yang akan Anda bersihkan, diamkan selama 3 hingga 4 jam, kemudian lap dan biarkan kering.

Jangan campurkan amonia dengan pemutih. Campuran keduanya dapat menghasilkan uap beracun yang disebut chloramine. Uap ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan iritasi mata dan gangguan pernapasan hingga rasa mual.

 

10. Ganti dengan yang Baru

cara menghilangkan kerak kamar mandi
(Sumber: freepik.com)

Terkadang, kerak yang sudah terlalu lama menumpuk tidak lagi dapat dibersihkan. Tidak dengan hidrogen peroksida, tidak dengan pemutih, maupun dengan amonia. Maka, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

Jika kerak sudah hampir menutupi seluruh kamar mandi dan sangat mengganggu pandangan, mungkin memang sudah saatnya kamar mandi Anda membutuhkan renovasi.

 

Anda mungkin juga suka: 10 Desain Interior Kamar Mandi Mewah Ini Paling Populer 2022

 

Cara Mencegah Munculnya Kerak Kamar Mandi

1. Bersihkan Secara Rutin

Semua cara menghilangkan kerak kamar mandi Anda akan sia-sia jika Anda tidak membersihkannya secara rutin. Kunci dari semuanya adalah kedisiplinan. Setidaknya, Anda perlu seminggu sekali membersihkan kamar mandi.

Akan tetapi, tergantung juga dengan seberapa sering kamar mandi digunakan. Jika Anda tinggal di dalam rumah dengan beberapa orang, maka kemungkinan kamar mandi Anda perlu lebih sering dibersihkan.

2. Lubang Air Lancar

Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa lubang pembuangan air Anda lancar. Pastikan tidak ada benda apapun seperti kotoran atau rambut yang menghambat jalur air.

Lubang air yang terhambat akan membuat air di kamar mandi Anda tergenang. Kamar mandi Anda pun jadi lebih lembap dan lebih mudah ditumbuhi jamur dan lumut. Lantai Anda juga terasa licin. Jadi, perlu sering-sering membersihkan saluran air.

3. Ventilasi Udara yang Bagus

Kerak di kamar mandi memang hampir mustahil dihindari. Namun, ventilasi udara yang baik pada kamar mandi dapat memperlambat munculnya kerak. Dengan ventilasi yang bagus, kamar mandi tidak cepat lembap, sehingga jamur dan lumut tidak cepat tumbuh.

Untuk itu, Anda bisa memasang exhaust fan. Selain tidak lembap, udara di dalam kamar mandi juga tidak pengap. Dianjurkan juga untuk tetap menyalakan exhaust fan sekitar 15 menit setelah Anda mandi dengan pintu terbuka agar udara dapat berganti lebih lancar.

Anda bisa juga memasang jendela baru di kamar mandi meskipun itu artinya perlu usaha ekstra untuk melakukannya. Namun, kini sudah banyak juga pengembang rumah yang memperhatikan sirkulasi udara di dalam rumah, termasuk di kamar mandi.

Anda bisa menemukannya dengan CariProperti. Pilihan rumah dari pengembang ternama di lebih dari 5 kota besar di Indonesia bisa Anda temukan di sini. Kunjungi website resmi CariProperti untuk informasi lebih lanjut!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...