7 Inspirasi Roster Keramik Minimalis Rumah Masa Kini

Riana26 Jan 2023

Anda mungkin sudah familiar dengan ventilasi sebagai alat sirkulasi udara. Setiap rumah membutuhkan ventilasi agar sirkulasi udara dapat berjalan baik. Roster hadir sebagai alternatif dari ventilasi biasa.

Roster dapat menjadi pilihan Anda untuk menggantikan ventilasi biasa di rumah Anda. Pada dasarnya, roster atau breeze wall berfungsi sebagaimana layaknya ventilasi, yaitu untuk memperlancar sirkulasi udara.

Roster sudah populer sejak tahun 1950-1960an. Namun seiring zaman, roster semakin mendapatkan perkembangan. Sehingga, fungsinya tidak hanya sebagai memperlancar sirkulasi udara, tetapi juga sering kali dijadikan sebagai dekorasi.

Roster keramik memiliki keunggulan tersendiri dibanding roster dengan jenis lain. Berikut adalah beberapa keunggulannya.

Keunggulan Roster Keramik Dibanding dengan Jenis Lain

1. Motif dan warna yang lebih beragam

Membuat roster keramik dapat dibilang lebih fleksibel dari roster jenis lain. Roster keramik dapat dibuat dengan berbagai tingkat kerumitan motif, mulai dari yang paling sederhana hingga motif yang lebih rumit seperti bunga.

Tidak hanya motif, roster keramik dapat memiliki banyak warna. Tidak seperti jenis lain yang hanya memiliki warna abu-abu atau cokelat, Anda bahkan dapat memberikan lebih dari satu warna untuk roster keramik.

2. Lapisan Coating yang Elegan dan Mewah

Roster keramik dilapisi oleh coating yang membuat roster terlihat mengkilap. Tampilan roster yang mengkilap ini dapat membuat rumah Anda terlihat lebih elegan dan mewah.

Tidak hanya mempercantik rumah, lapisan coating ini juga dapat melindungi permukaan roster sehingga menjadi lebih kuat, awet, tahan lama, dan tetap indah untuk waktu yang lama.

3. Perawatan yang Lebih Mudah

Karena memiliki lapisan coating, perawatan rosting keramik menjadi lebih mudah. Pada dasarnya, debu memang tidak mudah menempel pada roster dengan coating. Selain itu, dengan adanya coating, roster juga lebih tahan terhadap noda.

Anda cukup membersihkan roster dengan menggunakan sapu atau kain lap saja.

4. Umumnya lebih kecil dan lebih ringan

Jika dibandingkan dengan roster dari batako atau beton, roster keramik lebih ringan. Karena lebih ringan, pemasangan roster keramik juga menjadi lebih mudah.

Tidak hanya ringan, roster keramik juga memiliki ukuran yang lebih kecil. Ukuran kebanyakan roster keramik sekitar 20x20 cm atau 30x30 cm. Sehingga, pemasangannya lebih mudah.

Baca juga: 8 Karakteristik Rumah Post Pandemi Lengkap Dengan Contohnya

7 Inspirasi Roster Keramik Minimalis

1. Roster Motif Kotak dan Persegi Panjang untuk Halaman Belakang

roster keramik minimalis

(Sumber: pinterest.com)

Jika rumah Anda memiliki halaman belakang, Anda bisa menggunakan roster sebagai pengganti pagar pembatas. Roster motif kotak dan persegi panjang ini cocok untuk digunakan.

Motif ini terlihat sederhana dan tidak terlalu ramai dan rumit sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan rumah yang terlihat minimalis.

2. Roster Motif Lingkaran Untuk Dinding Belakang Rumah

(Sumber: womhouse.com)

Tidak hanya sebagai pengganti pagar pembatas halaman belakang, Anda juga dapat menggunakan roster sebagai dinding antara halaman belakang dan bagian dalam rumah.

Roster dengan motif lingkaran ini tidak terlihat terlalu rumit dan membuat rumah Anda terlihat minimalis. Selain itu, sirkulasi udara semakin lancar karena udara dari luar dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah.

Tidak hanya itu, dengan roster sebagai perantara bagian dalam dan luar rumah, sinar matahari dapat masuk secara langsung ke dalam. Lingkungan menjadi lebih sehat.

3. Roster Motif Kombinasi sebagai Partisi Ruangan

roster keramik minimalis

(Sumber: flickr.com)

Roster dapat juga Anda gunakan sebagai partisi ruangan. Dengan menggunakan roster, rumah Anda juga terasa lebih lega dan tidak sumpek. Selain itu, sirkulasi udara yang lancar juga membuat rumah Anda tidak pengap.

Motif kombinasi ini akan terlihat cantik untuk sekat antara ruang tamu dan ruang keluarga Anda. Jadi, akan membuat interior rumah Anda indah dipandang tanpa menghilangkan fungsi utama roster.

4. Roster Untuk Dinding Ruang Santai

(Sumber: designboom.com)

Menggunakan roster keramik sebagai pengganti dinding juga bukan ide yang buruk, loh! Ruang santai Anda terasa lebih adem dan sejuk dengan menggunakan roster. Selain sirkulasi udara yang lancar, sinar matahari juga dapat masuk secara langsung ke dalam ruangan.

Anda dapat memadukan dengan furniture minimalis dan tanaman hijau untuk memberikan kesan yang lebih minimalis dan segar.

5. Roster Warna Cokelat Motif Kawung

roster keramik minimalis

(Sumber: vnexpress.net)

Meletakkan roster di lantai dua rumah dapat semakin memperindah interior. Menggunakan motif kawung juga cocok untuk Anda yang ingin memberikan kesan tradisional di rumah.

Anda bisa menggunakan roster warna cokelat dengan cat tembok yang didominasi putih. Kombinasi warna putih dan cokelat menjadikan rumah Anda terlihat lebih minimalis.

6. Roster Pada Dinding Balkon

(Sumber: instagram/mukuraceramics)

Roster tidak selalu harus digunakan untuk tembok besar. Menggunakan roster untuk menggantikan tembok balkon biasa dapat menjadi pemanis untuk arsitektur rumah Anda.

Roster untuk tembok balkon Anda memberikan sedikit sentuhan yang tradisional. Dari luar, rumah Anda terlihat memiliki konsep modern klasik yang cantik.

Agar semakin membuat rumah Anda terlihat lebih minimalis, Anda dapat memilih roster keramik dengan motif dash-dot. Motif ini tidak terlalu rumit, namun tidak kalah indah juga.

7. Roster Motif Curved Diamond Pada Meja Dapur

roster keramik minimalis

(Sumber: centsationalstyle.com)

Siapa bilang roster hanya dapat digunakan pada tembok rumah? Roster pada counter atau meja dapur juga bukan ide yang buruk, loh!

Motif curved diamond pada roster memang bukan motif yang terlalu rumit dan cenderung sederhana. Namun, motif curved diamond merupakan salah satu motif yang paling populer dalam penggunaan roster.

Menggunakannya untuk meja dapur dapat menambah nilai estetika dapur Anda. Motif yang simple dengan warna putih cocok untuk Anda yang mengusung konsep minimalis. Anda dapat menambahkan kayu atau granit di atasnya sebagai pemanis. Anda dapat menerapkan roster dengan inspirasi desain di atas untuk membuat rumah Anda semakin nyaman dan indah.

__

Temukan rumah idaman Anda dengan Cari Properti. CariProperti menyediakan ribuan pilihan rumah dengan berbagai desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Menemukan rumah terbaik jadi lebih mudah dengan CariProperti.

Kunjungi cluster perumahan berkualitas di kawasan berikut :

Jual Rumah Bandung

Jual Rumah Summarecon Bandung

 

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...