8 Karakteristik Rumah Post Pandemi Lengkap Dengan Contohnya

Nadia19 Aug 2022

Apakah Anda tertarik dengan konsep rumah post pandemi? Simak artikel berikut ini.

Pandemi Covid-19 telah berdampak ke berbagai aspek, termasuk model desain rumah yang diminati. Setelah pandemi berlangsung, mayoritas masyarakat mencari rumah yang menyesuaikan kondisi post pandemic. Hal ini dikarenakan masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya hunian yang kondusif dan menjamin kesehatan penghuninya.

Sebenarnya konsep rumah post pandemi sangat beragam. Namun ciri khas utama dari rumah ini adalah desainnya yang mendukung pola hidup sehat. Selain itu, banyak juga ruangan tambahan yang mengadaptasi situasi pandemi.

Lalu, apa saja karakteristik rumah post pandemi? Berikut daftarnya.

Karakteristik Rumah Post Pandemi

1. Konsep Rumah Modern Minimalis

rumah post pandemic

Salah satu karakteristik utama dari rumah post pandemi adalah konsep rumah yang modern dan minimalis. Konsep modern menjadi pilihan karena tingginya aktivitas di dalam ruangan selama masa pandemi, sehingga diperlukan beberapa teknologi pendukung yang memudahkan kegiatan sehari-hari.

Teknologi tambahan dalam rumah post pandemi diantaranya adalah smart home system yang mencakup smart door lock dan CCTV. Beberapa perumahan juga memasang solar panel demi menghemat energi listrik.

Selain itu, desain minimalis juga diadaptasi dalam rumah post pandemi. Mayoritas masyarakat saat ini lebih menyukai tampilan rumah yang simpel dengan warna netral seperti putih, cokelat muda, krem dan abu-abu. Hal ini dikarenakan rumah berkonsep minimalis dianggap lebih menenangkan dan enak dipandang.

2. Ruangan Didesain Multifungsi

rumah post pandemic

Rumah post pandemi terkenal dengan desain ruangannya yang multifungsi. Desain tersebut menyesuaikan kondisi pandemi yang ‘memaksa’ para penghuninya untuk beraktivitas dalam rumah. Dengan konsep ini, sebuah ruangan bisa digunakan untuk beragam aktivitas.

Misalnya ruang keluarga didesain sekaligus menjadi ruang makan. Dalam desainnya, Anda bisa menambahkan properti ruang makan seperti meja dan kursi. Hal ini tentunya membuat ruangan dalam rumah Anda lebih fungsional.

3. Tersedia Ruangan Khusus Sebelum Masuk Rumah

rumah post pandemic

Kesehatan dan kebersihan tentunya menjadi perhatian utama dalam rumah post pandemi. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan rumah adalah dengan menyediakan ruangan khusus sebelum masuk rumah. Ruangan ini digunakan untuk melepas masker, baju, sepatu, ataupun barang yang sudah dipakai setelah beraktivitas di luar ruangan.

Beberapa rumah post pandemi juga mulai menyediakan kamar mandi dekat pintu masuk. Kamar mandi tersebut dapapt digunakan untuk membersihkan badan sebelum masuk rumah, sehingga rumah aman dari kuman dan virus dari luar.

4. Pencahayaan Alami Lebih Maksimal

post pandemic house

Ciri khas rumah post pandemi adalah desain rumah dengan pencahayaan alami yang maksimal. Hal ini bertujuan agar penghuni rumah lebih sehat karena terpapar sinar matahari. Apalagi sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang dapat mencegah dampak buruk virus pada tubuh, termasuk virus Covid-19.

Biasanya, rumah post pandemi didesain dengan jendela lebar maupun pintu kaca. Pencahayaan alami juga dapat diterapkan dengan memasang atap transparan di beberapa bagian rumah.

5. Mengoptimalisasi Sirkulasi Udara

Rumah pasca pandemi

Tak hanya memaksimalkan pencahayaan alami, rumah post pandemi juga didesain agar sirkulasi udara lebih maksimal. Setiap ruangannya memiliki ventilasi udara yang tentunya memadai. Selain adanya ventilasi udara, posisi pintu dan jendela juga disesuaikan dengan kondisi rumah.

Untuk menghasilkan ruangan yang nyaman, usahakan juga untuk memasang langit-langit rumah yang tinggi. Plafon yang tinggi dapat membuat udara bergerak dengan lebih bebas. Rumah dengan plafon yang tinggi juga bisa membuat suasana ruangan lebih sejuk.

6. Balkon dan Ruangan Terbuka Jadi Poin Utama

rumah post pandemic

Setelah pandemi, banyak orang yang memutuskan untuk membeli rumah yang memiliki balkon atau ruang terbuka. Alasannya tentu agar sirkulasi udara dan pencahayaan rumah lebih maksimal. Selain itu, area balkon maupun ruang terbuka djuga dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas, seperti berjemur, senam, yoga, dan aktivitas sehat lainnya.

7. Suasana Rumah Lebih Hijau

Rumah post pandemic

Suasana rumah yang hijau juga menjadi ciri khas dari rumah post pandemi. Banyak rumah yang didesain dengan taman kecil dengan tumbuhan hias yang beragam. Menariknya lagi, trend menanam tanaman hias juga semakin meningkat selama masa pandemi. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat lebih suka tinggal di area rumah yang asri.

Tanaman hijau di rumah dapat berfungsi sebagai penangkal polusi udara. Beberapa penelitian juga menyebutkan keberadaan tanaman juga dapat mempercepat masa pemulihan setelah sakit. Hal ini dikarenakan suasana yang hijau dan asri dapat memberikan perasaan tenang.

8. Tersedia Space Untuk WFH

post pandemic architecture

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang terbiasa beraktivitas secara daring, mulai dari rapat, bekerja, belajar, dan aktivitas lainnya. Maka dari itu, rumah post pandemi biasanya didesain dengan menyediakan space khusus untuk bekerja atau belajar yang kondusif.

Anda bisa memanfaatkan ruangan kosong untuk dijadikan ruang khusus bekerja. Jika ruangan sudah penuh, Anda juga bisa membuat space untuk bekerja di kamar pribadi atau tempat kondusif lainnya. Jangan lupa juga perhatikan pencahayaan ruangan agar dapat bekerja dengan maksimal.

Contoh Hunian Post Pandemi

Roseville SOHO Suites

Roseville SOHO Suites merupakan apartemen premium di kawasan BSD City. Apartemen ini mengusung konsep SOHO atau Small Office Home Office yang memungkinkan Anda untuk bekerja dan tinggal di tempat yang sama. Lokasinya juga dekat dari berbagai pusat bisnis dan fasilitas umum di sekitar BSD.

Keunggulan utama dari Roseville SOHO Suites adalah fasilitasnya yang sangat lengkap. Tersedia fasilitas kolam renang, area gym serta fasilitas olahraga lainnya yang mendukung gaya hidup sehat. Ada juga fasilitas taman tematic yang membuat suasana hunian lebih asri dan hijau.

__

Itulah 8 karakteristik rumah post pandemi yang bisa Anda ikuti. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang ingin memiliki rumah yang sehat untuk ditempati. Jika Anda ingin mencari rekomendasi properti lainnya, kunjungi Cari Properti untuk menemukan properti berkualitas dengan fasilitas lengkap.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...