10 Inspirasi Desain Jendela Untuk Pencahayaan Rumah Maksimal!

Sri Widari07 Jul 2022

10 Inspirasi Desain Jendela Untuk Pencahayaan Rumah Maksimal! 

Jendela merupakan instrumen pelengkap rumah. Hampir setiap rumah pasti memiliki pintu dan jendela untuk membuka ruang sirkulasi udara.

Selain untuk jalur keluar masuk udara, jendela juga memiliki fungsi sebagai penyedia pasokan sinar dan pencahayaan di dalam ruangan.

Dengan segala macam fungsi, adakalanya jendela memiliki desain khusus tergantung dari bentuk rumah, kegunaan, serta situasi di luar maupun dalam ruangan.

Untuk memberikan gambaran mengenai kegunaan jendela yang menyesuaikan keadaan, berikut 10 inspirasi desain jendela untuk memaksimalkan pencahayaan di rumah Anda!

1. Jendela Casement

Jendela casement

Jendela ini memiliki bentuk satu atau dua buah daun jendela. Jendela ini banyak ditemukan di negara tropis yang lembab seperti Indonesia.

Bentuknya kotak atau persegi panjang dan arahnya membuka keluar. Jendela ini banyak ditemukan di Indonesia karena selain bentuknya simpel, desain dari jendelanya juga sangat compact.

Angin tetap bisa masuk melewati engsel dan celah antara bingkai dan daun jendela sehingga suhu di dalam ruangan tidak lembab. Sehingga, jendela ini cocok untuk desain jendela rumah tropis.

 

2. Jendela Attic

Attic window

Attic adalah konsep dari pemanfaatan ruang rumah di sisi miring atap rumah. Biasanya ruang tersebut disebut loteng rumah.

Jendela Attic merupakan jendela yang berada di sisi miring atap rumah untuk menerangi ruangan. Jendela menghadap langsung ke langit sehingga pencahayaan yang didapatkan bentuknya sangat maksimal. 

 

3. Bay Window

Bay window

Apakah Anda pernah menonton film berlatar sejarah Eropa? Di dalam rumah gaya victoria, terutama ruangan tengah biasanya memiliki satu sisi yang melengkung keluar.

Bagian tersebut dilengkapi desain jendela rumah yang besar sehingga bisa dijadikan spot untuk membaca buku atau melihat pemandangan luas. Ukuran jendela biasanya berukuran sedang dan mengarah ke pemandangan pekarangan rumah. 

 

4. Jendela Pintu

Window door

Jika Anda tipe orang yang cukup berhati-hati, maka jendela pintu bisa membantu kekhawatiran Anda. Jendela pintu adalah jendela yang letaknya berada di samping pintu utama rumah.

Fungsinya untuk melihat tamu yang datang dan mengetuk pintu sebelum Anda membuka pintu. Selain itu, jendela pintu bisa memberikan pencahayaan di dareh pintu yang biasanya cukup gelap. 

 

5. Jendela Besar 

Big window

Rumah yang berukuran sedang dan besar biasanya memiliki space yang terlihat hampa dan tak bernyawa. Adanya jendela besar bisa menghidupkan ruangan dengan pemandangan di luar ruangan.

Jendela ini memiliki ukuran besar namun biasanya masih menyisakan beberapa sentimeter dinding di bagian bawah maupun atas jendela.

Jendela besar juga bisa berguna untuk ruangan yang kecil. Tujuannya adalah untuk memberikan ilusi bahwa ruangan terlihat lebih besar.

Namun perlu diingat, ‘besar’ bisa memiliki banyak ukuran tergantung ruangan. Akan lebih baik jika ukuran disesuaikan dengan sisi ruangan, besar kecil ruangan, dan pemandangan di luar ruangan. 

 

6. Jendela Ventilasi 

Ventilation window

Jendela ventilasi adalah jendela berukuran kecil yang berada di sepanjang garis atap rumah. Jendela ventilasi bisa berupa bentuk kotak persegi, bulat, oval atau persegi panjang disesuaikan dengan konsep rumah.

Yang terpenting dari jendela ventilasi adalah letaknya berada dibagian paling atas sisi dinding rumah. Biasanya jendela ventilasi tidak bisa dibuka atau bentuknya hanya terdiri dari bingkai dan kaca. 

 

7. Jendela dinding

Wall window

Ada banyak konsep rumah yang mulai mengandalkan energi-energi alam. Rumah dengan konsep eco-friendly biasanya menerapkan banyak cara untuk memaksimalkan energi di sekitar, termasuk sinar matahari. Jendela dinding dapat membantu memanfaatkan sinar matahari secara maksimal. 

Jendela dinding adalah jendela super besar yang seukuran dengan sisi dinding rumah tanpa adanya jeda dari dinding di sisi-sisi jendela.

Biasanya jendela ditempatkan tidak hanya pada satu sisi dinding saja, melainkan 2 sisi yang berpotongan sehingga membentuk sudut atau membentuk corner dalam ruangan. 

 

8. Jendela Desain Contemporary

Contemporary window

Rumah dengan desain modern, minimalis dan skandinavia biasanya menggunakan jendela dengan desain contemporary sebagai pelengkap rumah.

Jendela desain contemporary memiliki ciri khas bentuknya panjang dan besar serta bingkainya dari aluminum. Bentuk dari jendela biasanya simpel, rapi dan simetris. 

Anda bisa menemukan bentuk jendela contemporary di apartemen atau unit rumah dengan konsep modern. Bingkai aluminum selain untuk membuat penampakan jendela yang compact, namun juga berfungsi untuk meredam suara.

Banyak studio musik atau ruangan kedap suara memilih jendela contemporary sebagai pilihan desain jendela karena di sisi bingkai aluminum bisa disisipkan plaster peredam suara. Singkatnya, desain jendela rumah contemporary bisa membantu mereduksi suara dari luar ruangan. 

 

9. Jendela Mozaik

Mozaic window

Jendela mozaik adalah jendela yang paling berbeda dari desain jendela lainnya. Jendela mozaik memiliki ciri khas warna warni kacanya.

Jika Anda pernah ke gereja klasik, maka Anda bisa menemukan jendela mozaik dengan berbagai motif. Namun biasanya yang digunakan di rumah adalah jendela mozaik dengan motif yang lebih simpel dan warnanya lebih sedikit. 

Jendela mozaik bisa menambah estetika di dalam ruangan. Selain itu, jika Anda tidak terlalu suka sinar matahari yang menyengat, jendela mozaik bisa membantu untuk membiaskan sinar matahari menjadi warna-warna yang lebih gelap. 

 

10. Jendela Distinctive

Distinctive window

Pilihan desain terakhir adalah jendela distinctive. Jendela distinctive memiliki desain yang cukup estetik dengan teralis yang menempel di jendela.

Teralis yang berbahan dasar besi ringan atau aluminum bisa memiliki banyak bentuk, mulai dari bunga, tumbuhan, maupun desain abstrak.

Tujuan dari desain jendela distinctive adalah untuk memberikan keindahan sekaligus memainkan bentuk cahaya yang masuk agar tidak terlalu terang. 

Itulah inspirasi desain-desain jendela rumah yang bisa Anda terapkan di rumah Anda. Jika Anda masih mencari rumah yang ideal untuk Anda, maka Anda bisa mengunjungi CariProperti.com untuk menemukan rumah idaman versi Anda.

Melalui CariProperti.com, Anda bisa menemukan berbagai pilihan rumah sekaligus informasi detail dari rumah idaman Anda. Kunjungi CariProperti.com untuk pengalaman mencari rumah dengan mudah, nyaman dan terpercaya. 

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...