Wajib Tahu! Ini 7 Ciri-Ciri Rumah Sehat Lengkap Dengan Rekomendasinya

Nadia16 Feb 2022

Rumah sehat adalah tempat tinggal ideal yang mempengaruhi kesehatan penghuninya. Lalu apa saja ciri-ciri rumah sehat? Simak ulasan berikut ini!

Setiap orang tentunya ingin menjalani hidup yang sehat, terutama dalam situasi pandemi dan pergantian musim yang rawan akan penyakit. Dalam mewujudkannya, hidup sehat dapat diusahakan dengan cara menjaga pola makan, olah raga, dan tinggal di rumah yang sehat. 

Rumah yang sehat dapat dikatakan sebagai salah faktor utama dalam menjaga kesehatan. Tanpa menjaga kesehatan rumah, Anda akan sulit untuk memiliki kehidupan yang sehat. Karena mau bagaimanapun, rumah yang kotor akan menjadi sarang penyakit bagi para penghuninya.

Lalu, apa saja ciri-ciri rumah sehat? Untuk lebih lengkapnya, simak daftar berikut ini :

Ciri-Ciri Rumah Sehat

1. Sirkulasi Udara yang Bagus

Ciri rumah sehat

Ciri utama dari rumah sehat adalah sirkulasi udara yang bagus. Rumah yang ideal akan memiliki ruangan yang tidak pengap, tidak lembab, dan tidak berbau. Untuk mewujudkannya, Anda harus memiliki ventilasi udara pada setiap ruangan agar sirkulasi udara lebih lancar.

Jika Anda memiliki jendela, jangan lupa untuk rutin membuka jendela di pagi hari dan membiarkan udara masuk ke dalam rumah. Udara pagi akan sangat bermanfaat dalam pembentukan zat antibodi yang dapat meningkatkan kesehatan Anda dan keluarga. 

2. Pencahayaan Ruangan Maksimal

Ciri-ciri rumah sehat

Selain memperhatikan sirkulasi udara, Anda juga harus memperhatikan pencahayaan rumah demi mendapatkan tempat tinggal yang sehat. Carilah rumah yang memiliki akses pencahayaan matahari untuk mendapatkan pencahayaan alami.

Jangan lupa juga untuk membuat jendela di setiap ruangan, baik ruang tamu, kamar tidur, maupun dapur agar sinar matahari mudah masuk ke dalam rumah.

3. Halaman Rumah Asri

Ciri rumah sehat

Udara yang bersih berasal dari pepohonan hijau. Untuk itu, penting untuk menjadikan suasana sekitar rumah lebih asri agar semakin banyak udara bersih di kawasan rumah.

Ketika membeli rumah, carilah lingkungan perumahan yang asri dan dikelilingi oleh pepohonan hijau. Selain itu Anda juga bisa mengusahakannya menanam berbagai tanaman dan pepohonan di halaman rumah.

4. Adanya Sumber Air Bersih

rumah sehat

Salah satu ciri rumah sehat adalah adanya sumber air bersih, baik air minum maupun air untuk kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan sanitasi air di dalam rumah agar tetap sehat. Perhatikan juga sanitasi air di luar seperti selokan agar tidak ada air menggenang di sekitar rumah.

Jika Anda berencana memiliki sumur, usahakan agar sumur tersebut tidak dekat dengan septic tank. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan, jarak minimal antara sumur resapan septic tank dengan sumur air bersih adalah 10 meter dengan rumah 1,5 meter. Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kondisi rumah.

5. Terdapat Tempat Pembuangan Sampah

membuang sampah

Kriteria rumah sehat selanjutnya adalah terdapat tempat pembuangan sampah. Sediakan tempat sampah di dalam dan luar ruangan. Usahakan untuk membuang sampah setiap hari agar tidak ada tumpukan sampah di dalam rumah.

Selain itu, jangan membuang limbah cair maupun limbah beracun di sekitar area resapan air agar sumber air tidak terkontaminasi.

6. Kamar Mandi Tidak Kotor

membersihkan kamar mandi

Kamar mandi yang bersih merupakan salah satu ciri dari rumah sehat. Sikat kamar mandi Anda secara rutin agar lantai kamar mandi tidak licin dan berlumut. Jika terdapat bak mandi atau penampungan air, usahakan untuk sering mengurasnya agar terhindar dari jentik nyamuk. Jangan lupa juga untuk tidak membuang sampah sembarangan di kamar mandi.

Selain membersihkan kamar mandi, Anda juga perlu memperhatikan secara rutin kondisi septic tank rumah. Jangan sampai septic tank bocor ataupun kepenuhan.

7. Rumah Bebas Dari Hama

ciri rumah sehat

Ciri rumah sehat lainnya adalah rumah yang bebas dari hama atau hewan pembawa penyakit, seperti tikus, keoa, cicak, nyamuk, lalat maupun binatang lainnya. Jika rumah masih dihuni oleh banyak hama, Anda harus segera mencari sumber hama di sekitar rumah.

Biasanya hama menyukai tempat yang lembab dengan sirkulasi udara yang tidak lancar. Hama juga sangat menyukai tumpukan sampah dan sisa makanan yang ada di dalam rumah. Untuk terhindar dari hama, rajinlah membersihkan kotoran yang ada di rumah Anda.

Baca juga : 6 Jenis Tanaman Gantung Untuk Rumah yang Aesthetic dan Bermanfaat

Rekomendasi Rumah Sehat

Setelah mengetahui ciri-ciri rumah sehat, artikel ini juga akan memaparkan beberapa rekomendasi rumah sehat yang bisa menjadi referensi tempat tinggal Anda :

Carson Summarecon Serpong

Carson Summarecon Serpong

Rekomendasi pertama adalah rumah Carson Summarecon Serpong yang dibangun dengan konsep “Healthy Living”. Desain rumahnya dibangun dengan konsep ruangan yang memaksimalkan pencahayaan alami ke dalam ruangan.

Unit Carson Summarecon juga dilengkapi dengan Cross Ventilation yang menjadikan saluran udara dalam ruangan lebih lancar.

Leonora Gading Serpong

Leonora Gading Serpong

Leonora Gading Serpong merupakan rumah sehat yang berlokasi di kawasan Gading Serpong. Setiap unit Leonora dilengkapi dengan jendela yang lebar yang membuat pencahayaan serta sirkulasi udara lebih maksimal.

Tersedia juga fasilitas Attic room super cantik yang dapat Anda manfaatkan sebagai taman tambahan, ruang berjemur, maupun tempat santai bersama keluarga.

Quantis Signature

Quantis Signature

Quantis Signature juga merupakan salah satu perumahan yang mendukung kehidupan sehat para penghuninya. Setiap unit rumah dilengkapi dengan skydeck yang dapat Anda jadikan tempat berjemur. Kawasan Cluster ini juga sangat asri dan jauh dari sumber berbagai polusi.

Itulah 7 ciri-ciri rumah sehat lengkap dengan rekomendasinya. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda ingin mencari referensi rumah sehat lainnya, silahkan kunjungi Cariproperti.com yang menyediakan pilihan cluster perumahan dengan konsep hunian yang sehat.

Jangan lupa untuk jaga kesehatan ya! 

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...