6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Admin CariProperti07 Jul 2022

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukung mood kita untuk tetap bisa produktif dikala selalu berada dirumah.

Banyak sekali trend desain rumah baru 2022 yang bisa memberikan inspirasi untuk mempercantik rumah anda. Ditambah lagi trend desain pada tahun ini mengedepankan tata ruang yang fungsional, efisien, dan tentunya kenyamanan yang maksimal. Selain itu, desain rumah baru 2022 dirancang modern dan unik dengan memberikan sentuhan elemen alam, jendela yang besar, serta ruang terbuka. 

Supaya rumah anda tambah nyaman dan indah dipandang, yuk! simak beberapa trend desain rumah baru 2022 yang bisa menjadi referensi untuk rumah impian anda.

1. Bertema Industrial

desain industrial trend rumah 2021

Desain rumah dengan bertemakan industrial belakangan ini sedang marak diaplikasikan pada rumah baru. Keunikan dan keindahan yang dihadirkan dari desain rumah industrial memang berbeda dari desain rumah yang lainnya. Material yang terbuka dan tanpa finishing menjadi keunikan dari desain industrial.

Kemudian, penggunaan bahan bangunan seperti batu bata, beton, kayu, dan alumunium menjadi karakteristik dari desain industrial. Selain itu, ciri khas dari desain rumah industrial adalah memiliki warna hitam, abu-abu, dan coklat sehingga memberikan kesan hangat, simple dan tenang pada hunian anda. Di Lain sisi, rumah dengan desain industrial juga dapat menghemat biaya anda dan dapat menjaga lingkungan.

2. Konsep Open space

trend rumah 2022

Yup anda tidak salah baca, pada desain rumah baru 2022 memang lebih banyak menggunakan konsep ruangan yang terbuka atau tanpa sekat sehingga akan terasa lebih luas dan lega. Biasanya tata ruang yang terbuka ini dibuat dari ruang tamu, ruang keluarga sampai area makan, sehingga ruangan akan menyatu dan menciptakan suasana rumah terasa lebih hangat.

Dengan desain ruang terbuka ini juga akan memperlancar sirkulasi udara dan cahaya alami yang masuk kedalam rumah. Penempatan furnitur seperti sofa atau lemari bisa menjadi pengganti dinding sebagai sekat antar ruangan. Ruang terbuka ini juga menjadikan kumpul keluarga dan sahabat akan lebih nyaman tanpa merasakan pengap atau sempit.

Baca juga: 9 Rekomendasi Perumahan Baru di Tangerang yang Berkualitas

3. Memiliki jendela besar

trend rumah 2022

Trend desain rumah baru 2022 selanjutnya adalah memiliki jendela besar. Jendela menjadi aspek terpenting dalam bangunan rumah, karena menjadi sumber utama cahaya dan sirkulasi udara masuk ke rumah anda. Tentunya dengan jendela yang besar maka sirkulasi udara dan cahaya menjadi lebih maksimal dan menjadikan rumah anda lebih sejuk.

Penggunaan jendela besar akan menambah kesan luas dan lega pada rumah anda. Selain itu, jendela yang besar juga dapat mempercantik rumah menjadi terlihat lebih minimalis dan modern. Trend desain jendela besar ini sudah banyak diterapkan pada rumah-rumah masa kini yang dibangun oleh beberapa developer.

4. Smart home

trend rumah 2022

Perkembangan teknologi saat ini sedang berkembang sangat cepat. Tidak hanya smartphone anda yang semakin pintar dengan teknologi canggih yang dimiliki, namun saat ini rumah pun didesain menggunakan sistem teknologi yang pintar untuk di dalam rumah. Sudah banyak sekali produk-produk yang dikeluarkan untuk menjadi pendukung dari rumah masa kini.

Seperti gagang pintu, sekarang sedang maraknya penggunaan smart lock untuk pintu. Beragam jenis smart lock yang bisa anda temukan mulai dari menggunakan password, sidik jari, hingga membuka pintu hanya melalui aplikasi di smartphone anda. Kemudian, adapun saat ini pengaturan lampu yang bisa diatur menggunakan smartphone saja.

Untuk sistem keamanan dalam rumah juga semakin canggih dengan adanya CCTV yang bisa dihubungkan langsung ke smartphone anda. Sehingga, anda tidak perlu merasa khawatir lagi untuk meninggalkan rumah karena anda tetap bisa mengawasi rumah anda dari jauh melalui CCTV yang canggih.

Penggunaan produk-produk smart home memang sangat diperlukan kedepannya, karena tidak dipungkiri akan lebih memudahkan para penghuni dengan menggunakan sistem smart home. Menggunakan sistem smart home bisa menjadi pertimbangan anda dalam mendesain rumah.

Baca juga: Cara Beli Rumah Over Kredit

5. Minimalis dengan akses garis

trend rumah 2022

Desain rumah minimalis memang terus digemari hingga saat ini. Memiliki rumah dengan desain minimalis memberikan kesan pada rumah lebih modern. Desain minimalis akan lebih cantik ketika ditambahkan aksen-aksen garis pada ruangan. Aksen garis ini memiliki kesan sederhana dan mewah menjadi satu kesatuan ketika dipandang.

Aksen-aksen garis ini dapat anda hadirkan pada pintu masuk ataupun furniture yang anda gunakan seperti meja, karpet, atau lemari. Menambahkan aksen garis pada ruangan sangat cocok sekali bagi anda yang menyukai desain rumah yang simple namun tetap elegan. Penggunaan warna monochrome dan sentuhan alami dari tanaman dalam ruangan bisa menambah keindahan ketika digabungkan dengan desain aksen garis.

6. Bergaya rustic yang modern

trend rumah 2022

Desain rumah baru 2022 yang tidak kalah keren nya adalah desain rumah bergaya rustic. Desain rumah dengan konsep natural dan permukaan kasar menjadi ciri khas dari desain rustic. Selain itu, desain rumah ini juga didominasi menggunakan elemen kayu dan batu alam yang memberikan kesan hangat dan sederhana.

Anda bisa menambahkan elemen besi pada kusen jendela atau tangga sehingga tetap terlihat modern. Untuk bagian interior anda bisa menghadirkan dekorasi dan furniture yang bergaya vintage dan tradisional sehingga desain rumah lebih estetik dan menawan.

-

Sekian artikel mengenai desain rumah baru 2022 yang bisa menjadi referensi untuk anda mendesain atau merenovasi rumah anda agar terlihat lebih indah dan membuat anda tambah nyaman untuk tinggal. Trend desain ini bisa anda mix and match dengan selera desain anda sehingga tetap bisa mewujudkan rumah impian yang anda inginkan.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...

08 Feb 2022

4 Rekomendasi Tempat Makan Bernuansa Alam di BSD City

Siapa yang tidak kenal dengan BSD City? Kota mandiri ini terkenal dengan kawasan cluster perumahannya yang eksklusif serta dilengkapi dengan fasilitas, juga infrastruktur lengkap. Tidak mengherankan jika hunian di BSD City selalu diminati banyak oran...