12 Desain Foyer Rumah Aesthetic, Bikin Rumah Makin Menarik

Riana01 Dec 2022

Foyer rumah mungkin masih terdengar asing untuk telinga beberapa orang. Di Indonesia, tidak banyak rumah yang didesain dengan memiliki foyer.

Selain itu, memiliki foyer juga berarti membutuhkan ruang extra untuk rumah. Karena itu, foyer biasanya hanya ditemukan di rumah-rumah berukuran besar.

Tapi, ternyata foyer juga bisa dijadikan sebagai pengganti ruang tamu, loh! Dengan desain dan penataan yang baik, Anda bisa membuat foyer rumah yang tidak kalah cantik dengan ruang tamu.

Agar anda lebih paham tentang apa itu foyer rumah dan bagaimana cara menatanya, simak artikel berikut!

 

Apa Itu Foyer Rumah?

Foyer adalah ruang di dalam rumah yang menjadi perantara pintu masuk utama dan bagian dalam rumah.

Biasanya, foyer digunakan oleh rumah-rumah di negara yang memilki 4 musim untuk menghambat udara dingin masuk langsung ke dalam rumah. Namun, bukan berarti negara beriklim tropis seperti Indonesia tidak bisa memiliki foyer.

Selain dapat berfungsi sebagai pengganti ruang tamu, foyer rumah juga bisa semakin mempercantik interior rumah Anda.

Tidak perlu khawatir jika anda punya keterbatasan ruang, karena beberapa foyer didesain dengan membuat sudut-sudut rumah anda menjadi lebih fungsional. Berikut beberapa desain foyer rumah yang bisa anda coba.

 

Rekomendasi Desain Foyer Rumah

1. Foyer sebagai tempat rak sepatu

Desain Foyer Rumah 1

Untuk memanfaatkan ruang, anda bisa menggunakan foyer sebagai tempat menyimpan sepatu. Dengan penataan yang tepat, foyer Anda jadi lebih simple namun memiliki fungsi yang maksimal.

 

2. Letakkan bench

Anda juga bisa meletakkan bench di foyer rumah Anda. Jika foyer Anda berukuran kecil, gunakan bench yang kecil juga. Selain memberikan kesan yang minimalis, bench juga bisa Anda gunakan untuk membantu ketika Anda mengenakan sepatu.

 

3. Gunakan gantungan

Desain Foyer Rumah 3

Letakkan gantungan atau beberapa hook satuan di foyer rumah Anda. Gantungan ini dapat berfungsi untuk mempermudah Anda ketika akan pergi ke luar rumah. Anda bisa menggantungkan topi, jaket, sling bag, hingga tas belanja.

 

4. Letakkan cermin

Selain kamar tidur dan kamar mandi, Anda bisa juga meletakkan cermin di foyer rumah. Cermin dapat membuat foyer anda yang berukuran kecil terasa lebih lega. Selain itu, Anda bisa merapikan penampilan sebelum keluar rumah dengan meletakkan cermin di foyer.

Anda bisa menggunakan berbagai bentuk cermin seperti cermin bulat agar foyer anda semakin indah.

 

5. Pakai warna monochrome

Desain Foyer Rumah 5

Warna monochrome dapat membuat foyer Anda terlihat lebih simpel dan elegan. Warna hitam dan putih jadi kombinasi monochrome favorit sebagian besar orang. Anda bisa menambahkan wallpaper dengan warna yang sama agar foyer Anda semakin cantik.

 

6. Desain dengan konsep yang simple and clean

Jika foyer anda berukuran kecil, Anda tentu tidak mau foyer Anda terlihat terlalu penuh dan sumpek. Pilih furniture berukuran kecil untuk foyer anda, seperti bench yang kecil dengan desain yang sederhana.

Anda juga bisa meletakkan beberapa keranjang di kolong bench untuk meletakkan berbagai barang namun masih menghemat tempat.

Untuk memberikan kesan minimalis, anda bisa hook satuan untuk menggantung ID Card, kunci, kartu kereta atau kartu bus anda.

 

Anda mungkin juga suka: Ini 7 Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Ruangan Sempit

 

7. Konsep rustic untuk foyer yang lebih cantik

Desain Foyer Rumah 7

Jika Anda menyukai konsep rustic, Anda bisa menambahkan aksen kayu untuk foyer rumah Anda. Konsep rustic dapat memberikan foyer Anda kesan yang indah, hangat, dan tentunya terlihat lebih aesthetic.

 

8. Gunakan Wall Sconce

Jika foyer anda berukuran kecil, hindari menggunakan lampu gantung yang berukuran besar. Meski memang memberikan kesan mewah, lampu gantung yang besar akan membuat foyer Anda yang kecil semakin sempit.

Untuk menggantikan lampu gantung besar, anda bisa menggunakan wall sconce. Wall sconce atau lampu tempel bisa Anda gunakan untuk foyer rumah Anda untuk memberikan kesan yang minimalis, simpel, dan lebih elegan.

 

9. Wallpaper di Atap Foyer

Desain Foyer Rumah 9

Fungsi utama wallpaper memang untuk mempercantik dinding rumah sebagai pengganti cat. Tapi tahukah Anda kalau wallpaper juga bisa Anda gunakan untuk mempercantik atap rumah?

Foyer berfungsi sebagai ruang pertama yang terlihat oleh tamu ketika masuk ke dalam rumah Anda. Wallpaper di atap foyer Anda bisa memperindah ruangan dan menarik perhatian tamu Anda. Ditambah dengan lampu gantung yang cantik, foyer Anda akan semakin enak dipandang.

 

10. Tanaman Hias untuk Foyer yang Lebih Fresh

Agar memberikan foyer Anda kesan yang segar dan fresh, Anda bisa memberikannya aksen hijau dengan menggunakan tanaman hias. Gunakan tanaman hias berukuran kecil jika Anda menginginkan penampilan yang lebih minimalis.

Kombinasikan dengan aksen kayu dan warna putih untuk memberikan kesan yang lebih luas dan simpel.

 

11. Pajang Foto Berukuran Kecil Sebagai Pengganti Pajangan Dinding yang Besar

Desain Foyer Rumah 11

Jika foyer anda berukuran kecil, jarak pandang juga semakin sempit. Maka dari itu, hindari menggunakan dekorasi dinding yang berukuran besar.

Sebagai penggantinya, Anda bisa menggunakan beberapa dekorasi dinding berukuran kecil dan menatanya menjadi kolase.

Untuk hasil yang lebih indah, Anda bisa menggunakan tone warna yang senada.

 

12. Bantal Kecil Memberikan Kesan yang Homey

Meletakkan bantal kecil di bench foyer Anda dapat memberikan kesan homey, loh! Foyer Anda jadi terlihat sama nyamannya dengan ruangan di rumah Anda yang lain.

Anda bisa menggunakan sarung bantal dengan warna kalem seperti warna putih, warna nude atau coklat muda. Motif tribal juga dapat memberikan kesan rustic yang cantik.

 

 

Rekomendasi desain foyer rumah di atas bisa Anda terapkan di rumah. Tidak perlu ruang yang besar. Penataan yang baik akan membuat foyer kecil Anda tetap terlihat indah dan tidak sumpek.

Dapatkan pilihan rumah impian Anda dengan CariProperti. CariProperti menyediakan ribuan pilihan rumah dengan foyer maupun tanpa foyer di berbagai tempat.

Kunjungi website CariProperti untuk mendapatkan rumah idaman Anda.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...