Ini 7 Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Ruangan Sempit

Rizkyanto20 Sep 2022

Anda punya ruangan sempit dan ingin menambahkan ornamen wallpaper agar terlihat lebih luas dan aesthetic? Jika iya maka simaklah artikel berikut ini yang akan mengulas tentang tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit.

Tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit tentu berbeda cara mengaplikasikannya untuk ruangan luas. Tips ini akan berguna agar Anda tidak salah dalam memilih jenis maupun motif wallpaper dinding, karena jika Anda salah dalam memilih wallpaper justru itu akan membuat ruangan anda menjadi lebih sempit dan tidak aesthetic.

Sekarang ini kebutuhan masyarakat untuk memasang wallpaper semakin meningkat karena wallpaper dinding bisa lebih hemat dibandingkan dengan cat dinding, selain itu wallpaper dinding juga tidak mudah pudar warna serta motifnya sehingga bisa bertahan lebih lama.

Jika Anda mempunyai ruangan dengan dinding yang retak maupun cat yang pudar maka memilih wallpaper dinding untuk menutupnya adalah keputusan yang tepat lho.

Berikut 7 tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit:

1. Pilihlah wallpaper dengan warna senada

tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit

Sumber : Bp-guide.id

Tips pertama Anda harus memilih wallpaper dengan warna senada yang dapat disesuaikan dengan perabotan Anda. Tips ini sangat penting karena jika warna wallpaper dengan perabotan Anda senada maka ruangan akan terkesan lebih luas.

Jika Anda memilih wallpaper yang tidak senada dengan perabotan maka ini akan merugikan Anda lho karena akan membuat ruangan semakin sumpek dan sempit.

2. Pilihlah wallpaper dengan motif bergaris

tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit

Sumber : Homesetupideas.blogspot.com 

Tips berikutnya Anda bisa memilih wallpaper dinding dengan motif bergaris, motif ini paling populer karena banyak masyarakat yang menggunakan motif ini. Wallpaper dengan motif bergaris bisa membuat ruangan Anda terlihat lebih luas lagi.

Motif bergaris sendiri mempunyai 2 tipe garis yaitu horizontal dan juga vertikal, pilihkan motif bergaris vertikal untuk membuat ruangan lebih tinggi, sedangkan pilih motif dengan garis horizontal untuk membuat ruangan lebih lebar atau luas.

3. Pilihlah wallpaper dengan warna yang lebih soft

tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit

Sumber : Homesetupideas.blogspot.com 

Selain memilih wallpaper dengan motif bergaris, pemilihan warna juga harus diperhatikan hindari wallpaper dengan warna yang gelap hal ini justru akan membuat ruangan Anda semakin sempit dan cahaya yang masuk juga tidak akan maksimal.

Anda dapat memilih warna yang lebih soft dibanding warna gelap, karena warna soft bisa memancarkan cahaya yang masuk jadi ruangan Anda bisa terlihat lebih luas, selain itu warna-warna soft juga dapat memberikan kesan tenang di mata dan membuat ruangan menjadi lebih enak untuk dipandang.

4.  Pilihlah wallpaper dengan bahan yang tepat

tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit

Sumber : Bp-guide.id

Jika Anda sedang mencari wallpaper dinding selain mempertimbangkan motif serta warna, Anda harus juga mempertimbangan bahan dari wallpaper tersebut jangan pilih wallpaper dengan bahan yang tebal.

Wallpaper yang memiliki bahan yang tebal akan membuat ruangan Anda menjadi lebih sempit, selain itu wallpaper dengan bahan yang tebal biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan bahan yang tipis.

5. Pilihlah jenis wallpaper yang tepat

tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit

Sumber : Joenwallpaper.blogspot.com

Sekarang ini sudah banyak jenis-jenis wallpaper yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda ingin membuat ruangan sempit menjadi lebih luas Anda bisa memilih jenis vinyl, karena jenis vinyl mempunyai daya tahan yang bisa dibilang lebih kuat dibanding wallpaper jenis lain, tidak hanya itu pada saat dipasang ke dinding jenis vinyl juga akan terlihat lebih rapih lho.

6. Meminimalisir sambungan dalam memasang wallpaper

tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit

Sumber : Rumah.com

Jika Anda hendak memasang wallpaper yang banyak dan memiliki sambungan maka Anda harus hati-hati dalam menempelkannya ke dinding, karena jika pengerjaannya tidak rapih hal ini akan membuat wallpaper yang Anda pasang akan terlihat berantakan dan tidak akan terlihat lebih aesthetic, selain tidak akan terlihat aesthetic hal ini juga akan membuat ruangan terlihat lebih sempit. 

7. Pilihlah wallpaper dengan mempertimbangkan motif

tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit

Sumber : Dekoruma.com

Tips yang terakhir jika Anda mempunyai perabotan yang mempunyai variasi motif yang banyak maka hindarilah memilih wallpaper dengan motif yang banyak juga karena ini akan membuat ruangan Anda menjadi lebih berantakan karena memiliki banyak sekali motif dan corak yang justru menjadikan ruangan Anda tidak enak untuk dipandang oleh mata.

Jika Anda memiliki perabotan dengan banyak variasi motif Anda bisa memilih wallpaper tanpa corak, hal ini akan menjadikan ruangan Anda akan terlihat lebih luas dan tidak akan terkesan sumpek karena banyaknya motif baik dari perabotan ataupun dari wallpaper.

Sebaliknya jika Anda mempunyai perabotan dengan memiliki motif yang sedikit atau bahkan tidak memiliki motif sama sekali, maka Anda bisa memilih wallpaper dinding yang mempunyai banyak motif dan corak, hal ini akan mengisi nuansa kosong pada ruangan sehingga ruangan Anda akan terlihat lebih berisi.

Nah, itu dia tadi 7 tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit. Semoga tips ini berguna dan membantu untuk Anda yang sedang bingung memilih wallpaper terutama untuk ruangan yang sempit agar terlihat menjadi lebih luas ya.

Jika Anda sedang mencari properti impian jangan lupa cek CariProperti ya karena disana banyak sekali pilihan properti terbaik serta harga yang terjangkau yang tentunya sesuai dengan keinginan Anda lho. Yuk buruan cek sekarang!

 

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...