12 Rekomendasi Asuransi Rumah Tinggal Terbaik 2023

Nadia12 Oct 2023

Apakah Anda sedang mencari asuransi rumah terbaik? Simak artikel berikut.

Rumah merupakan salah satu aset terpenting yang dimiliki hampir setiap orang. Selain menjadi tempat tinggal, rumah juga dapat dijadikan investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan. Namun, bangunan rumah juga memiliki resiko terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan. Maka dari itu, penting untuk menjaga rumah dengan asuransi yang tepat.

Ada banyak sekali jenis asuransi yang dapat Anda pilih, namun jenis asuransi yang tersedia biasanya dirancang khusus untuk melindungi rumah Anda dari berbagai resiko, seperti resiko bencana alam, kebakaran, gempa bumi, dan lain sebagainya. Jika Anda mengajukan asuransi rumah, Anda akan mendapatkan jaminan keamanan finansial ketika terjadi resiko-resiko tersebut. Beberapa jenis asuransi rumah juga menawarkan opsi asuransi terhadap perlindungan isi rumah, maka dari itu, penting untuk memilih asuransi rumah tinggal terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Tips Memilih Asuransi Rumah Tinggal

asuransi rumah tinggal

Ketika Anda memutuskan untuk mengambil asuransi rumah, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah memahami jenis asuransi yang ditawarkan. Terdapat banyak sekali jenis asuransi rumah, seperti asuransi bangunan rumah, asuransi isi rumah, asuransi kebakaran, atau asuransi semua jenis resiko. Sebelum memilih asuransi, pahami apa saja manfaat yang bisa didapatkan serta jaminan seperti apa yang ditawarkan.

Selain memahami jenis asuransi, jangan lupa untuk memperhatikan besaran uang pertanggungan yang diberikan dari pihak asuransi. Pastikan bahwa uang pertanggungan yang diberikan sesuai dengan nilai harga rumah agar Anda dapat memanfaatkannya secara maksimal. 

Jangan lupa juga untuk memperhatikan legalitas perusahaan asuransi serta kondisi finansial perusahaan tersebut. Hal ini menjadi sangat penting demi menghindari kerugian di kemudian hari. Pilihlah perusahaan asuransi yang sudah terdaftar OJK agar rumah Anda terjamin nantinya. 

Rekomendasi Asuransi Rumah Tinggal Terbaik

asuransi rumah tinggal terbaik

Berikut beberapa rekomendasi asuransi rumah tinggal terbaik yang bisa Anda pilih. 

1. Sinar Mas

Sinar Mas merupakan salah satu developer properti yang menyediakan layanan asuransi rumah bernama Simas Rumah Hemat++. Melalui produk tersebut, Anda bisa mengajukan asuransi terhadap rumah tinggal maupun perabot rumah tangga yang secara permanen digunakan di dalam rumah tangga.

Beberapa resiko yang dijamin oleh produk ini diantaranya adalah kecelakaan, kerusuhan, gempa bumi, banjir, kerusakan karena pencurian, tertabrak kendaraan, serta kerusakan tak terduga. Jenis asuransi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menjaga aset rumah. 

2. ACA Asuransi

Rekomendasi asuransi rumah tinggal terbaik selanjutnya adalah ACA Asuransi yang menyediakan produk ASRI atau Asuransi Rumah Idaman. Asuransi ini dapat melindungi rumah serta harta benda dari berbagai resiko, diantaranya resiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan, kebongkaran (pencurian dengan kekerasan), terorisme, dan bencana alam. 

Untuk perhitungan premi ASRI dihitung selama satu tahun (12 bulan) dengan rumus Jumlah Nilai Pertanggungan (JNP) x Rate Premi. Untuk mengajukannya, Anda bisa menghubungi pihak ACA Asuransi. 

3. BRI Insurance

BRI Insurance atau BRINS merupakan salah satu rekomendasi asuransi rumah tinggal yang dapat Anda pertimbangkan. Asuransi ini menawarkan berbagai polis asuransi dengan manfaat produk yang berbeda. Adapun jenis proteksi yang ditawarkan oleh BRI Insurance diantaranya adalah berupa perlindungan akibat resiko kebakaran dan risiko-risiko lainnya. 

4. Allianz

Allianz menyediakan produk asuransi rumah dengan nama Allianz RumahKu Plus. Asuransi ini menjamin perlindungan terhadap rumah dari berbagai resiko, mulai dari kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran, teroris atau sabotase, kerusakan karena pencurian, serta bentuk risiko lainnya. Allianz menawarkan dua produk asuransi, yaitu RumahKu Plus Houseowner yang memberikan perlindungan untuk bangunan dan RumahKu Plus Householder memberikan perlindungan untuk isi bangunan tempat tinggal. Anda dapat memilih salah satu dari dua jenis asuransi tersebut atau memilih keduanya sesuai dengan kebutuhan.

5. Jasindo

Rekomendasi asuransi rumah tinggal terbaik selanjutnya adalah asuransi kebakaran yang ditawarkan oleh PT. Asuransi Jasa Indonesia atau Jasindo. Adapun bentuk jaminan yang ditawarkan adalah jaminan atas kerugian atau kerusakan harta benda yang disebabkan oleh berbagai resiko, mulai dari kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap.

Produk asuransi ini juga dapat menjamin risiko lainnya, diantaranya resiko karena huru hara, bencana banjir, gempa bumi, longsor, dan lain-lain. Adapun beberapa produk asuransi kebakaran yang disediakan oleh Jasindo diantaranya adalah Asuransi Gempa Bumi dan Property All Risk.

6. Jasindo Syariah

Selain menyediakan produk asuransi kebakaran, Jasindo juga menyediakan asuransi syariah yang bernama Jasindo Syariah. Jasindo Syariah menyediakan beberapa layanan asuransi, salah satunya adalah Asuransi Property All Risks yang memberikan ganti rugi jika terjadi berbagai resiko tidak terduga. Adapun jenis resiko yang dapat diklaim pada jenis asuransi ini diantaranya adalah resiko yang disebabkan oleh bencana alam, kerusuhan, serta gangguan usaha yang disebabkan oleh kerusuhan maupun huru hara. 

Selain Asuransi Property All Risks, terdapat juga jenis asuransi lainnya yang menawarkan manfaat lebih spesifik, diantaranya Asuransi Kebakaran, Asuransi Gempa Bumi, Asuransi Harta Benda, dan masih banyak lagi. 

7. Askrindo Insurance

Opsi asuransi rumah tinggal terbaik selanjutnya adalah asuransi yang ditawarkan oleh Askrindo Insurance berupa Asuransi Kebakaran. Asuransi ini menawarkan jaminan kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran, tersambar petir, ledakan, tertimpa pesawat terbang dan kerusakan karena asap. Adapun pihak yang dapat mengajukan asuransi adalah individu pemilih properti rumah maupun pihak bank yang memberikan kredit pemilikan rumah. 

8. Asuransi Zurich

Rekomendasi asuransi rumah selanjutnya adalah asuransi Zurich berupa Home Insurance. Asuransi ini menawarkan perlindungan dari kerugian yang disebabkan oleh kebakaran, petir, kedakan, asap, serta kejatuhan pesawat terbang. Asuransi ini juga dilengkapi dengan jaminan kecelakaan serta fitur-fitur tambahan, diantaranya biaya pemadam kebakaran, biaya pembersihan dan lain-lain. 

Asuransi Zurich juga menyediakan perlindungan tambahan yang dapat Anda pilih, seperti perlindungan dari angin topan, badai, banjir, gempa bumi, dan berbagai resiko bencana alam lainnya. 

9. BCA - Property All Risk

BCA menyediakan produk asuransi bernama BCA PAR atau Property All Risk. Produk ini menjamin properti, termasuk rumah dari berbagai resiko, seperti kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, banjir, badai, atau akibat kendaraan dan pembongkaran. Terdapat juga opsi jaminan perluasan, diantaranya jaminan kerusakan yang disebabkan oleh kerusuhan, huru hara, terorisme, serta bencana alam seperti gempa bumi, gunung berapi dan tsunami. 

10. AXA Mandiri

AXA Mandiri juga menyediakan asuransi rumah tinggal terbaik berupa asuransi kebakaran yang dapat melindungi aset rumah Anda. Adapun jenis jaminan yang ditawarkan diantaranya adalah perlindungan dari resiko yang disebabkan oleh petir, kebakaran, asap, kejatuhan pesawat terbang, serta perlindungan terhadap barang-barang berharga. Anda dapat mendaftar asuransi ini dengan tiga langkah mudah, yaitu melengkapi formulir secara online, kemudian menyertakan dokumen yang dibutuhkan, dan mengajukan klaim kepada Customer Care Centre (CCC) PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance) melalui email. 

11. BNI

Rekomendasi asuransi rumah tinggal terbaik selanjutnya adalah Asuransi Kebakaran yang disediakan oleh BNI. Asuransi ini menjamin bangunan rumah dari berbagai resiko, seperti kebakaran, peledakan, petir, asap, dan kejatuhan pesawat terbang. Selain resiko tersebut, Anda juga dapat mengajukan perluasan jaminan resiko lainnya, diantaranya resiko yang disebabkan oleh kerusuhan, huru hara, terorisme, bencana alam, dan masih banyak lagi. 

12. Arvist

Rekomendasi terakhir untuk asuransi rumah tinggal terbaik adalah asuransi Arvist berupa Property All Risk. Asuransi ini memberikan jaminan kepada rumah dari resiko kebakaran dan resiko-resiko lainnya. Asuransi Arvist sangat cocok untuk Anda yang ingin menjaga aset rumah dalam jangka waktu panjang.

Temukan Rumah Impian Anda hanya di Cari Properti

Temukan rumah impian Anda hanya di Cari Properti. Tersedia ribuan pilihan unit rumah dengan kualitas terbaik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan Property Advisor Cari Properti sebelum membeli unit rumah.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...