9 Cara Hemat Listrik di Rumah, Efektif Menurunkan Tagihan!

Ikki Riskiana14 Jul 2022

Hemat listrik perlu segera diterapkan bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi energi listrik dalam jumlah yang besar. Apalagi dengan adanya kebijakan kenaikan tarif listrik untuk golongan atas yang mulai diberlakukan pada 1 Juli 2022 oleh kementerian ESDM

Jika Anda termasuk golongan atas yang kerap kali menggunakan berbagai macam alat elektronik berteknologi canggih, tentunya harus menyiasati kenaikan tarif listrik yang semakin membengkak ini.

Menurunkan tagihan listrik di rumah besar memang cenderung sulit. Lantas, bagaimana cara hemat listrik yang efektif agar tidak boros? Simak artikel berikut dan terapkan cara hemat listrik untuk membantu menurunkan tagihan listrik Anda.

Terapkan Cara Hemat Listrik Paling Efektif dan Efisien Berikut!

1. Gunakan Listrik Prabayar

Cara Hemat Listrik

Menggunakan listrik prabayar akan memudahkan Anda untuk mengatur sendiri seberapa besar penggunaan listrik di rumah agar lebih hemat. 

Selain itu, Anda juga bisa memperkirakan daya bulanan yang digunakan sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi finansial Anda.

Cara ini dinilai cukup efektif untuk menekan tagihan listrik di rumah.

 

2. Sesuaikan Suhu AC

Cara Hemat Listrik

AC merupakan salah satu alat elektronik yang banyak mengonsumsi daya listrik. Oleh karenanya, nyalakanlah AC saat diperlukan saja.

Atur temperatur AC di rentang suhu 24-27 derajat celsius karena semakin rendah temperatur maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan.

Selain itu, lakukan perawatan secara berkala dan tutup rapat ruangan ber-AC.

Untuk mengantisipasi penggunaan AC yang boros, Anda juga bisa mengatur timer setiap ingin menyalakan AC. Hal ini diperlukan untuk mencegah jika Anda lupa mematikan AC ketika sudah tidak diperlukan lagi.

Anda juga perlu menutup gorden saat cuaca panas agar sinar matahari tidak masuk. Hal tersebut akan berdampak agar AC tidak perlu memerlukan daya lebih untuk menyejukkan rumah dengan suhu dibawah 20 derajat celsius.

 

3. Sesuaikan Suhu Pemanas Air

Cara Hemat Listrik

Sama dengan AC, suhu yang digunakan untuk memanaskan air pada mesin juga berpengaruh pada besar daya listrik yang digunakan.

Anda perlu menyesuaikan suhu water heater. Biasanya, suhu 100 derajat celsius sudah cukup untuk sebagian besar rumah.

Jangan sampai pemakaian water heater menjadi terlalu berat agar tidak menghambat penumpukan mineral pada tangki pemanas air.

 

4. Cabut Rice Cooker

Cara Hemat Listrik

Cabutlah rice cooker ketika sudah selesai digunakan. Kebiasaan membiarkan rice cooker tetap menyala untuk menghangatkan nasi akan membuat tagihan listrik naik, lho.

Jika Anda memang ingin menikmati nasi hangat, Anda bisa menyalakan rice cooker setidaknya 30 menit sebelum makan dan mematikannya kembali setelah makan. 

 

5. Gunakan Lampu LED

Cara Hemat Listrik

Dalam hal pencahayaan, jika di rumah ada ruangan yang luas, lebih baik gunakan lampu berdaya rendah di banyak titik dan bagi saklar lampu untuk tiap area.

Anda juga bisa menggunakan lampu LED yang terkenal sebagai lampu hemat listrik. Jenis lampu ini mempunyai daya yang lebih kecil namun daya terangnya tetap optimal.

 

6. Cabut Peralatan Elektronik Jika Sudah Tidak Digunakan

Cara Hemat Listrik

Mencabut semua peralatan elektronik jika sudah tidak digunakan dapat mengurangi penggunaan energi listrik di rumah.

Anda bisa menyiasati tips ini dengan menggunakan soket ekstensi dengan saklar hidup atau mati. Hal itu akan memudahkan pengurangan penggunaan energi listrik dengan mematikan perangkat elektronik sekaligus.

Walaupun alat elektronik dalam keadaan mati, tetapi tetap mengonsumsi energi listrik, lho. Oleh karena itu, lebih baik segera dicabut jika sudah tidak digunakan.

Selain menghemat daya listrik, cara tersebut juga akan membuat perangkat elektronik lebih awet.

 

7. Efisiensi Energi

Cara Hemat Listrik

Untuk oven, hindari membuka pintu oven saat sedang memanggang. Selain oven, gunakan mesin pencuci piring atau mesin cuci hanya untuk piring atau pakaian dalam jumlah banyak.

Kemudian, lakukan perawatan filter serat pada pengering pakaian setelah digunakan. Lebih baik Anda membuat jadwal tetap untuk mencuci agar tidak terlalu sering menggunakan mesin cuci.

Anda juga bisa menyiasati penggunaan perangkat dengan daya besar, seperti microwave, AC, TV, dan kulkas dengan menggunakan secara bergantian. Hal ini diperlukan karena jika digunakan secara bersamaan maka akan lebih boros penggunaan listriknya.

Selain itu, untuk alat elektronik berupa speaker atau TV, Anda perlu mengatur volume suara secukupnya.

Cara efisiensi energi selanjutnya, yaitu dengan memanfaatkan fitur eco-friendly untuk menghemat daya dan fitur timer untuk mematikan alat listrik secara otomatis.

Manfaatkan juga matahari sebagai sumber cahaya pengganti lampu agar Anda tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari. Cukup buka pintu dan jendela agar lebih hemat daya. Selain agar sirkulasi udara bisa lebih lancar, juga bisa sebagai pengganti kipas atau AC dan lampu.

 

8. Aturlah Daya Listrik Kulkas

Cara Hemat Listrik

Selain AC, kulkas juga mengonsumsi daya listrik yang cukup besar. Oleh karena itu, aturlah agar kulkas beroperasi seefisien mungkin.

Jaga agar pintu kulkas tertutup sesering mungkin, jangan terlalu lama membuka pintunya. Perhatikan segel pintu untuk memastikan sudah tertup dengan aman.

Anda juga perlu menyesuaikan suhu kulkas. Atur setel pada suhu 1-3 derajat celsius dan freezer -17 derajat celsius.

Tips lain untuk menggunakan kulkas dengan daya yang lebih hemat, yaitu rutin membersihkan freezer. Hal ini penting untuk dilakukan karena jika es terlalu banyak di freezer maka akan membuat kulkas bekerja lebih keras sehingga daya listrik yang diperlukan juga lebih banyak.

 

9. Manfaatkan Energi Terbarukan

Cara Hemat Listrik

Tidak ada salahnya Anda untuk mulai mencoba cara ini walaupun masih jarang rumah yang menggunakan energi terbarukan. 

Ganti sumber daya listrik di rumah dengan panel surya. Memang butuh biaya yang tidak sedikit, namun dampak positif jangka panjangnya sangat besar. 

Selain menghemat listrik, penggunaan panel surya akan mengurangi emisi gas penyebab polusi. Hal ini bisa menjadikan poin plus untuk rumah sehat Anda.

-

Itulah 9 cara hemat listrik paling efektif untuk menurunkan tagihan listrik di rumah Anda. Cara hemat listrik merupakan kebiasaan yang baik dan pasti memberikan keuntungan bagi Anda. 

Dengan menerapkan kebiasaan menghemat energi, Anda akan memperoleh manfaat, seperti pengeluaran berkurang, peralatan elektronik lebih tahan lama, mencegah arus pendek listrik, mengurangi polusi udara, dan gaya hidup Anda akan menjadi lebih sehat.

Jadi, segera terapkan cara hemat listrik, ya!

 

Jika Anda ingin membeli rumah ideal dengan kualitas terbaik, Anda bisa mengunjungi situs CariPropertiDi situs tersebut Anda akan menemukan detail properti yang sangat lengkap dengan mudah dan cepat.

Segera kunjungi situs CariProperti dan dapatkan penawaran terbaik!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...