7 Desain Taman Jepang Minimalis Bikin Seolah Tinggal di Jepang

Sopian Ahmad20 May 2024

CariProperti - Tertarik untuk memiliki taman ala Jepang, yuk, simak ulasan desain taman Jepang berikut ini!

Sudah menjadi sebuah keharusan bagi sebuah rumah untuk memiliki taman yang cantik dan nyaman.

Kehadiran taman di rumah Anda tentu saja memiliki efek positif bagi rumah Anda. Selain dapat mempercantik tampilan rumah, taman juga dapat menambah nuansa alami ke dalam rumah sehingga waktu kumpul dan istirahat Anda dengan keluarga menjadi lebih berkualitas.

Ada begitu banyak desain taman yang sangat cantik yang bisa Anda jadikan inspirasi, salah satunya adalah desain taman Jepang.

Desain taman Jepang sudah menjadi primadona bagi para pecinta taman karena tampilannya yang minimalis namun tetap estetik dan elegan, serta dapat memberikan kesan sejuk dan tenang ke dalam rumah.

Jadi, setiap Anda pulang beraktivitas, pikiran Anda akan terasa fresh seketika melihat taman Jepang di rumah Anda.

Jika Anda ingin memiliki taman Jepang, CariProperti memiliki tujuh desain taman Jepang yang bisa Anda implementasikan pada rumah Anda dan pastinya bikin Anda serasa tinggal di Jepang.

Jadi, simak terus ulasan ini sampai selesai, ya!

Prinsip Dasar Taman Jepang

Sebelum Anda mengetahui desain-desain taman Jepang yang dapat Anda contoh, Anda harus mengetahui prinsip-prinsip dasar dari taman Jepang agar Anda dapat memiliki tampilan Jepang yang otentik.

Di Jepang, taman dikenal dengan istilah teien yang merupakan bentuk majemuk dari karakter niwa sono.

“Niwa” memiliki arti alam bebas, sedangkan “Sono” berarti lahan yang dipagari. Jika kedua karakter ini digabungkan, maka tercipta sebuah makna alam bebas yang ada di dalam sebuah lahan pribadi.

Melihat arti kedua karakter tersebut, maka sudah jelas jika budaya Jepang ingin memasukan nuansa alam bebas ke dalam sebuah rumah dalam bentuk taman.

Itulah yang menjadi prinsip dasar dari taman Jepang.

Desain Taman Jepang Minimalis

1. Desain Taman Jepang Minimalis Berpasir

Desain taman Jepang ini membuat tampilan rumah Anda semakin indah dengan cara menggabungkan keindahan alam dengan area berpasir yang elegan dan estetik.

Taman Jepang memang sangat identik dengan pasir, khususnya pasir putih halus, karena dapat mempertegas unsur alam pada taman serta memberikan zen atau ketenangan pada siapa saja yang memandang ke arah taman.

Biasanya, pasir pada taman Jepang akan dibentuk beberapa motif yang unik, dinamis, serta memiliki filosofi sehingga tampilan taman semakin sedap di pandang.

2. Desain Taman Jepang Gaya Roji

desain taman jepang minimalis
Sumber: najga.org

Berikutnya ada taman Jepang dengan gaya Roji.

Roji merupakan sebutan bagi taman kecil yang memiliki jalan setapak sebagai ciri khasnya dan sudah ada sejak zaman Azuchi-Momoyama.

Jalan setapak pada taman gaya ini memiliki dua fungsi, yaitu sebagai estetika serta pengatur kecepatan langkah saat ingin memasuki rumah.

3. Taman Jepang dengan Kolam Ikan

Jika Anda menginginkan suasana rumah yang lebih tenang dan asri, maka Anda harus menambahkan kolam ikan pada taman Jepang Anda.

Ya, kolam ikan dapat menambahkan suasana tenang karena mempertegas kesan alami pada rumah.

Terlebih lagi, suara aliran air yang mengalir dari pancuran ke kolam sudah terbukti dapat merilekskan pikiran yang suntuk, jadi cocok sekali untuk Anda nikmati setelah lelah bekerja.

Sebaiknya, kolam ikan dibuat menggunakan batuan alam agar nuansa alami pada taman tidak hilang.

4. Taman Jepang Minimalis di Belakang Rumah

desain taman jepang minimalis
Sumber: houzz.com

Area belakang rumah kerap kali dianak tirikan dan hanya menjadi area servis.

Padahal jika disulap sedemikian rupa, area belakang rumah ini dapat menambah nilai estetika dari sebuah rumah, salah caranya dengan dijadikan taman Jepang.

Ya, Anda dapat membuat taman Jepang minimalis di area belakang rumah yang sangat terbatas.

Anda dapat membuat taman Jepang kering dengan memadukan bebatuan alam dan hias, pasir putih halus, serta tanaman bonsai atau tanaman minim perawatan lainnya sehingga mudah dirawat dan tetap terlihat indah meski dalam kondisi minim air.

5. Desain Taman Jepang Minimalis yang Rimbun

Suasana yang teduh dan asri tentunya sangat dibutuhkan di setiap rumah karena dapat memberikan kesejukan ke dalam rumah dan meningkatkan kualitas istirahat Anda dan keluarga.

Jika Anda ingin memiliki rumah dengan tampilan alami yang asri serta sedap dipandang secara bersamaan, maka Anda bisa membuat taman Jepang minimalis yang rimbun.

Anda bisa menanam pohon yang rimbun serta menambahkan beberapa tanaman paku agar nuansa sejuk khas pegunungan semakin terasa.

Terlebih lagi, Anda bisa menambahkan beberapa batuan alam dan lampu hias agar tampilan taman terlihat seimbang dan cantik, serta pastinya bikin rumah Anda Jepang banget.

Namun, perlu diingat taman model ini memerlukan perawatan ekstra, jadi pastikan Anda memiliki waktu untuk merawat taman kesayangan Anda setiap harinya.

6. Taman Jepang Nuansa Pegunungan Gaya Tsukiyama

Tsukiyama Japanese Garden Style
Sumber: artdesignasia.com

Ingin merasakan tinggal di daerah pegunungan Jepang yang sejuk, tenang, dan indah? Maka Anda wajib memiliki taman Jepang gaya Tsukiyama.

Taman Jepang gaya Tsukiyama merupakan representasi yang sangat bagus dari definisi membawa alam ke dalam rumah.

Pasalnya, taman Jepang gaya ini mencoba membawa nuansa pegunungan yang sejuk dan nyaman melalui penggunaan tanaman, jenis batuan, dan kontur tanah.

Untuk membuat taman model ini, Anda harus membuat tanah di taman Anda memiliki kontur yang berbeda. Kemudian, gunakan banyak tanaman agar suasana khas pegunungan semakin terasa. Serta, pakailah batuan alam dan tambahkan aliran sungai kecil atau kolam yang akan semakin mempertegas nuansa pegunungan di rumah Anda

Dengan begitu, Anda bisa merasa sedang tinggal di pedesaan sejuk meski berada di kota besar seperti Jakarta.

7. Desain Taman Jepang Minimalis Memanjang

Terakhir, Anda bisa membuat taman Jepang yang memanjang mengikuti dinding rumah.

Taman Jepang yang memanjang ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah minimalis karena tidak membutuhkan lahan besar.

Jadi, Anda bisa lebih memaksimalkan lahan yang Anda miliki di rumah.

Selain hemat tempat, taman Jepang model ini juga terlihat unik karena belum banyak orang yang membuatnya serta dapat membuat tampilan sisi rumah Anda tidak monoton.

Dengan begitu, rumah Anda akan lebih menarik perhatian setiap orang yang lewat karena kecantikannya.

Elemen-Elemen pada Taman Jepang

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui desain-desain taman Jepang yang bisa Anda aplikasikan di rumah.

Namun, Anda tetap harus mengetahui elemen-elemen atau unsur-unsur yang harus ada di dalam taman Jepang agar taman Anda bisa terlihat otentik dan Jepang banget.

1. Air

Air menjadi salah satu elemen yang wajib ada di sebuah taman Jepang.

Di kebudayaan Jepang sendiri, air menjadi sebuah media penyucian benda ataupun diri sebelum memasuki tempat yang sakral.

Maka dari itu, keberadaan air menjadi penting sebagai media pembersihan diri dan penangkal energi negatif dari luar agar tidak masuk ke dalam rumah.

Selain itu, air juga menjadi simbol ketenangan dan kesahajaan yang akan menambah kenyaman ke dalam rumah.

2. Tanaman

Jika melihat pengertian taman Jepang sebagai “miniatur alam”, maka keberadaan tanaman menjadi sebuah hal yang wajib ada di sebuah taman Jepang.

Tanaman, baik itu pepohonan, semak, rumput, bahkan rumput, merupakan unsur penting dari sebuah ekosistem alam sehingga keberadaan tanaman menjadi sangat penting agar nuansa alami menjadi sangat kental.

3. Batu

Batu juga menjadi bagian penting bagi taman Jepang agar menjadi sebuah miniatur alam yang sempurna.

Keberadaan batuan akan mempertegas nuansa alam pada taman Jepang Anda.

Selain itu, batu juga dapat menjadi struktur taman menjadi lebih berbukit sehingga memberikan kesan yang dinamis.

_______

Itulah 7 desain taman Jepang yang nyaman, cantik, dan pastinya bikin Anda serasa tinggal di Jepang.

Dengan memiliki sebuah taman Jepang di rumah, Anda tidak hanya bisa memiliki tampilan rumah yang lebih cantik, tetapi juga suasana rumah yang lebih menangkan dan sejuk sehingga istirahat Anda dan keluarga menjadi lebih berkualitas.

Jika Anda ingin memiliki rumah dengan lingkungan atau taman bergaya Jepang, langsung saja kunjungi CariProperti.com untuk mengetahui beberapa rekomendasi rumah dengan taman Jepang terbaik.

Bersama CariProperti, Anda bisa memiliki rumah dengan lingkungan ala Jepang terbaik dengan lokasi yang sangat strategis, seperti Kazumi The Zora, Kimora The Zora, dan ImpresaHaus Tabebuya, dengan mudah dan harga terbaik.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...