10 Inspirasi Desain Garasi Rumah Minimalis Paling Unik

Riana24 Oct 2023

Hampir semua rumah di perkotaan besar kini telah dilengkapi dengan garasi mobil. Kepemilikan mobil di kota memang sangat tinggi. Terbukti dengan banyaknya mobil berlalu-lalang di jalanan.

Memiliki mobil sendiri memang sudah menjadi salah satu kebutuhan penting. Kemudahan dalam bermobilitas menjadi alasannya. Untuk solusi yang lebih praktis, pergi bekerja, pergi kuliah, hingga pergi mengantar anak sekolah dilakukan dengan menggunakan mobil.

Hanya memiliki mobil saja tidak cukup karena Anda juga perlu garasi yang memadai. Jika Anda memiliki lebih dari satu mobil, maka pastikan bahwa garasi Anda cukup untuk menampung semuanya.

Garasi mobil Anda juga membutuhkan penataan yang tepat agar tidak justru menjadi terlalu sempit untuk mobil Anda. Untuk itu, simak inspirasi garasi rumah minimalis berikut ini yang bisa jadi inspirasi untuk menata garasi di rumah Anda.

10 Inspirasi Desain Garasi Rumah Minimalis

1. Garasi dengan Pintu Kaca

garasi rumah minimalis
(Sumber: artisandoorworks.com)

Pintu kaca dengan pinggiran dari alumunium yang sederhana memberikan tampilan minimalis yang modern dari luar garasi Anda. Cahaya matahari dapat tetap masuk ke dalam garasi.

Namun, jika Anda khawatir akan privasi dan isi garasi Anda terlihat oleh banyak orang, Anda bisa memilih gelas dengan tekstur yang lebih buram, seperti frosted glass. Anda bisa juga memilih one way glass yang memungkinkan Anda untuk tetap bisa melihat ke luar dengan cukup jelas tanpa khawatir orang lain melihat dari luar.

 

2. Garasi dengan Folding Door


(Sumber: americancarriagedoor.com)

Pintu lipat atau folding door bisa dibilang menjadi salah satu pintu garasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Cara buka tutup yang mudah dan hemat ruangan membuat folding door pilihan yang cocok untuk Anda yang memiliki rumah dengan garasi berukuran kecil.

Untuk membuatnya terlihat lebih unik dan tidak terlalu polos, Anda bisa menambahkan kaca kecil di bagian atas atau tengah pintu. Sinar matahari pun tetap dapat masuk ke dalam garasi.

 

3. Garasi dengan Rolling Door

garasi rumah minimalis
(Sumber: doorstoday.com)

Pintu rolling door juga menjadi salah satu jenis pintu garasi yang paling banyak diminati di Indonesia. Beberapa rolling door bekerja dengan menggulung lempengan alumunium yang menutupi garasi. Namun, ada juga rolling door yang memiliki rel hingga ke bagian atas garasi, sehingga ketika terbuka, pintu garasi akan naik.

Keduanya dapat memberikan Anda tampilan garasi rumah minimalis. Jika kebanyakan rolling door memiliki warna metal, rolling door dengan rel biasanya memiliki warna putih. Cocok untuk Anda yang menginginkan clean look.

 

Anda mungkin juga suka: 17 Inspirasi Desain Teras Rumah Minimalis yang Super Cantik

 

4. Garasi dengan Tilt Door


(Sumber: ptgaragedoors.com.au)

Meski memang tidak sepopuler folding door dan rolling door, namun memasang tilt door untuk garasi Anda juga dapat membuatnya terlihat lebih minimalis.

Sesuai dengan namanya, pintu ini dapat bekerja dengan cara membukanya ke atas. Tidak seperti folding door dan rolling door, pintu garasi ini memiliki bukaan yang lebih maksimal. Jadi, tidak perlu khawatir pintu garasi akan menggores bagian mobil Anda.

 

5. Garasi dengan Susunan Papan Vertikal

garasi rumah minimalis
(Sumber: knotwood.com.au)

Jika Anda menyukai desain rumah Enchante Residence BSD, Anda pasti akan menyukai desain garasi rumah minimalis yang satu ini. Pintu garasi ini terbuat dari gabungan deretan papan yang disusun secara vertikal.

Deretan papan ini kemudian ditata dengan jarak yang minimal, sehingga bagian dalam garasi tidak dapat terlihat dengan jelas dari luar. Selain itu, dengan adanya jarak antara papan, sinar matahari dapat tetap masuk ke dalam garasi. Udara juga dapat bersirkulasi dengan lancar tanpa khawatir garasi terasa pengap.

Selain itu, tampilannya yang sederhana membuat garasi Anda terlihat modern, minimalis, dan tetap elegan.

 

6. Garasi Minimalis dengan Slatwall Panel


(Sumber: alansfactoryoutlet.com)

Selain pintu garasi, bagian dalam garasi rumah Anda juga berpengaruh. Garasi yang tertata dengan rapi tidak hanya membuatnya terlihat indah dipandang, tetapi juga memudahkan Anda untuk mengambil sesuatu tanpa pusing harus mencarinya di antara tumpukan barang yang berantakan.

Untuk itu, agar garasi Anda lebih rapi, Anda bisa memasang slatwall panel pada dinding bagian dalam garasi. Slatwall panel merupakan susunan papan yang dipasang berjajar sebagai tempat meletakkan gantungan yang nantinya dapat Anda gunakan untuk menggantung berbagai barang.

Barang yang dapat Anda gantung menggunakan slatwall panel sangat beragam. Mulai dari perkakas, sekop, garpu tanah, raket badminton, sepeda, tangga lipat, hingga alat pencuci mobil.

Slatwall panel juga membuat garasi Anda lebih multifungsi. Yang terpenting, tetap pastikan barang-barang yang Anda letakkan tidak akan menggores mobil.

 

7.Garasi dengan Workshop

garasi rumah minimalis
(Sumber: alansfactoryoutlet.com)

Bicara soal garasi rumah yang multifungsi, Anda bisa juga menggunakan garasi sebagai workshop. Inspirasi satu ini dapat sangat bermanfaat, terutama untuk Anda yang biasa memperbaiki mobil sendiri. Akan tetapi, ini hanya dapat dilakukan untuk Anda yang memiliki garasi berukuran besar.

Untuk membuat workshop di dalam garasi, Anda perlu untuk menyisakan ruangan seperti di pojok atau salah satu sisi garasi sebagai tempat workshop. Anda bisa meletakkan berbagai keperluan mobil Anda atau perkakas lainnya. Selain menjadi tempat parkir, garasi Anda juga sekaligus jadi tempat Anda merawat mobil tanpa harus jauh-jauh ke bengkel.

 

8. Garasi dengan Pintu Tertutup


(Sumber: furnizing.com)

Anda ingin privasi keluarga terjaga secara penuh? Pintu garasi ini tidak memiliki celah sama sekali untuk memungkinkan orang luar melihat masuk ke dalam garasi Anda. Terbuat dari alumunium dan warna yang gelap, pintu garasi ini tetap terlihat minimalis dan elegan.

Karena sangat tertutup, mobil Anda pun terhindar dari perubahan cuaca maupun debu dari luar.

 

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Kanopi Rumah Minimalis Paling Unik

 

9. Carport dengan Pergola

garasi rumah minimalis
(Sumber: bluegreenhouse.wordpress.com)

Garasi dan carport memang memiliki karakteristik berbeda, namun tetap memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk tempat parkir mobil Anda agar tidak mengganggu pengguna jalan dengan parkir sembarangan.

Kebanyakan carport pada rumah-rumah di Indonesia menggunakan kanopi sebagai atapnya. Untuk penampilan carport yang lebih unik, sebagai pengganti kanopi, Anda dapat menggunakan pergola.

Tampilan pergola yang manis dapat mempercantik rumah Anda agar tidak terlihat membosankan. Anda bisa menanamkan tanaman rambat pada tiang-tiang pergola untuk membuatnya lebih terlihat cantik dan tidak kaku.

 

10. Carport dengan Dinding Kayu


(Sumber: houzz.com.au)

Aksen kayu memang dapat membuat rumah terlihat lebih elegan tanpa desain yang berlebihan. Memasang dinding kayu pada carport Anda dapat membuatnya terlihat minimalis dengan kesan yang alami.

Lempengan kayu yang dipasang berjajar secara horizontal membuat carport Anda tidak terlihat kaku, namun tetap memiliki tampilan yang minimalis.

Inspirasi desain garasi rumah minimalis di atas bisa menjadi referensi untuk Anda. Sebelum merombak garasi, pastikan apa saja yang cocok untuk diaplikasikan pada garasi tanpa memberikan resiko yang justru dapat membahayakan mobil Anda.

Cari rumah dengan garasi atau carport yang besar? Temukan sekarang dengan CariProperti! Terpercaya memberikan Anda pilihan rumah dengan kualitas dan fasilitas terbaik. Kunjungi website CariProperti untuk informasi lebih lanjut!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...