11 Inspirasi Desain Kanopi Rumah Minimalis Paling Unik

Riana13 Jul 2023

Siapa bilang bentuk kanopi rumah hanya bisa gitu-gitu saja? Pilihan kanopi modern kini semakin banyak variasinya. Mulai dari bahan hingga desain, semua bisa dipilih sesuai keinginan Anda.

Kanopi tidak hanya berfungsi sebagai penghalau terik panas dan hujan, tetapi juga memberikan nilai estetika tersendiri untuk rumah Anda. Nah, jika Anda memiliki teras, taman, backyard atau bahkan rooftop garden, menambahkan kanopi bisa membuat waktu bersantai Anda terasa lebih teduh dan tentunya tanpa khawatir kehujanan.

Berikut adalah 11 desain kanopi rumah minimalis yang dapat membuat rumah Anda semakin cantik!

 

11 Desain Kanopi Rumah Minimalis

1. Kanopi Rumah Minimalis Kayu dan Rangka Besi

kanopi rumah minimalis
(Sumber: aparallel.com)

Rumah Anda punya konsep yang natural dan alami? Desain kanopi yang satu ini boleh Anda coba. Rangkanya terbuat dari besi dan atapnya terbuat dari kayu. Perpaduan keduanya membuat kanopi rumah Anda kokoh, namun tetap terlihat lebih natural. Desainnya yang simple juga membuat rumah Anda terlihat lebih minimalis.

 

2. Kanopi Rumah Minimalis Tempered Glass


(Sumber: canopiesuk.co.uk)

Desain kanopi rumah minimalis yang satu ini cocok untuk Anda yang gemar bercocok tanam di halaman belakang. Sesuai dengan namanya, kanopi yang satu ini terbuat dari kaca, sehingga tampilan yang diberikan lebih modern.

Tidak seperti kaca biasanya, tempered glass bersifat lebih kuat. Ini karena tempered glass telah melalui proses pemanasan dan pencampuran dengan bahan kimia, sehingga lebih aman digunakan. Akan tetapi, bukan berarti tempered glass tahan pecah sama sekali. Meskipun memang hasil pecahan tempered glass berbentuk butiran lebih kecil, tidak seperti kaca biasa yang tajam.

Tempered glass juga tidak terlalu ampuh menghalau panas matahari. Namun, ini menjadikannya cocok untuk tempat bersantai di halaman belakang Anda, karena tanaman Anda tetap mendapatkan asupan sinar matahari.

 

3. Kanopi Rumah Minimalis Polycarbonate

kanopi rumah minimalis
(Sumber: glazingsystems.co.uk)

Selain tempered glass, alternatif lain untuk kanopi yang transparan adalah polycarbonate. Tidak seperti kaca, kanopi dari polycarbonate lebih ampuh menahan panas hingga 90%. Karena itu, polycarbonate sering juga digunakan pada carport.

Tampilannya pun sederhana. Tidak hanya transparan, terdapat juga warna-warna lain yang bisa Anda cocokkan dengan warna rumah Anda. Lebih unggulnya lagi, polycarbonate dapat tahan hingga 5 sampai 10 tahun!

 

Anda mungkin juga suka: 17 Inspirasi Desain Teras Rumah Minimalis yang Super Cantik

 

4. Kanopi Rumah Minimalis Kayu


(Sumber: livvyland.com)

Kanopi rumah minimalis dari kayu membuat rumah terlihat lebih santai. Kesan homey yang diberikan kanopi dari kayu tidak terlihat terlalu kaku seperti kanopi dari besi atau logam lainnya.

Anda bisa menambahkan tempered glass atau polycarbonate transparan berwarna putih di atasnya agar tetap dapat bersantai tanpa khawatir kehujanan.

 

5. Kanopi Rumah Minimalis uPVC

kanopi rumah minimalis
(Sumber: pinterest.com)

Kalau Anda menginginkan tampilan dengan sedikit sentuhan industrial, Anda bisa mencoba menggunakan uPVC untuk kanopi rumah Anda. uPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloride adalah bahan yang bahan dengan dasar plastik, namun dengan kekuatan dan ketahanan lebih baik.

Tidak seperti plastik pada umumnya yang cenderung tidak tahan cuaca, uPVC lebih kokoh dan lebih cocok untuk digunakan di luar ruangan. uPVC juga dapat menyerap panas dan meredam suara. Jadi, saat terik matahari tetap terasa teduh dan saat hujan tidak berisik.

 

6. Kanopi Rumah Minimalis Spandek


(Sumber: onekindesign.com)

Kanopi rumah minimalis satu ini sering sekali ditemukan pada rumah-rumah di Indonesia. Kanopi spandek atau zincalume adalah gabungan dari aluminium dan seng. Bentuknya yang sederhana cocok untuk Anda yang mengusung rumah tema minimalis industrial.

Selain harganya lebih terjangkau, kanopi spandek dapat bertahan hingga 30 tahun. Namun, kanopi ini tidak menyerap panas. Ketika cuaca sedang terik, maka di bawahnya pun akan terasa panas. Kanopi spandek juga tidak dapat meredam suara, sehingga saat hujan turun akan terdengar berisik.

 

7. Kanopi Rumah Minimalis Latillas

kanopi rumah minimalis
(Sumber: apieceofrainbow.com)

Kebanyakan orang Indonesia mungkin belum terlalu familiar dengan istilah “latillas”. Latillas adalah gabungan dahan pohon atau potongan kayu kecil yang disusun sebagai atap. Meskipun banyak digunakan pada konstruksi bangunan tradisional di Southwest US, namun banyak juga rumah modern yang menggunakan latillas.

Menggunakan latillas untuk kanopi rumah Anda juga tidak ada salahnya. Latillas dapat memberikan unsur tradisional yang otentik sebagai pemanis tampilan rumah Anda. Bersantai di bawahnya juga terasa lebih teduh meski di bawah sinar matahari.

 

8. Kanopi Rumah Minimalis Shade Sail


(Sumber: trendey.com)

Bosan dengan bentuk kanopi yang itu-itu saja? Kanopi rumah minimalis dengan shade sail bisa membuat rumah Anda terlihat lebih unik. Shade sail adalah kain yang biasanya terbuat dari HDPE dan dapat menghalangi UV hingga 95%. Pada umumnya, shade sail memiliki bentuk segitiga atau persegi. Anda bisa memasangnya dengan cara berjejer atau bertumpuk sesuai kreasi sendiri.

Shade sail lebih fleksibel daripada kanopi yang lain. Cukup membentangkannya di teras rumah, halaman belakang, ataupun di rooftop, dan Anda sudah bisa bersantai sambil menikmati hembusan angin.

 

9. Kanopi Rumah Minimalis Buka Tutup

kanopi rumah minimalis
(Sumber: anavi.fr)

Kanopi satu ini mirip dengan shade sail, yaitu menggunakan kain. Namun, desain kanopi ini tidak bisa hanya dibentangkan begitu saja karena butuh kerangka sebagai tempat menggantungkan kainnya.

Lebih uniknya, desain kanopi ini dapat dibuka tutup. Ketika panas sedang terik, Anda bisa membuka kain agar terbentang di atas kerangka kanopi. Ketika langit sedang teduh, Anda bisa menariknya ke pinggir dan membiarkan atas kanopi bolong begitu saja.

 

10. Kanopi Rumah Minimalis dengan Tanaman Rambat


(Sumber: landscapingnetwork.com)

Banyak orang yang menyebut “rumahku adalah surgaku”. Karenanya, semua orang pasti berusaha untuk membuat kondisi rumah senyaman mungkin. Tidak sedikit orang yang melibatkan tumbuhan untuk mempercantik penampilan rumah. Ini juga bisa Anda lakukan dengan membuat kanopi dengan tanaman rambat.

Biarkan tanaman merambat hingga menutupi bagian atas kanopi hingga bagian bawahnya terasa teduh. Meski memang tidak tahan hujan, namun kanopi rumah minimalis ini bisa Anda nikmati sambil bersantai di sore hari. Selain itu, dengan perawatan yang tepat, tanaman rambat juga membuat rumah terlihat lebih asri.

 

Baca juga: 7 Inspirasi Taman Rumah Minimalis Bikin Suasana Asri!

 

11. Kanopi Rumah Minimalis dengan Lampu Kecil

kanopi rumah minimalis
(Sumber: joyfulderatives.com)

Kanopi rumah Anda tetap dapat terlihat indah pada malam hari dengan memasang lampu-lampu kecil. Anda bisa memilih lampu berwarna warm white agar rumah terlihat lebih aesthetic. Pada bagian atapnya, Anda bisa menggunakan tempered glass atau polycarbonate transparan dengan bahan kayu sebagai rangkanya agar kanopi terlihat lebih sederhana dan minimalis.

 

Memilih desain kanopi rumah dapat disesuaikan dengan rumah yang Anda miliki. Tidak hanya di teras, inspirasi desain kanopi rumah minimalis di atas juga dapat mempercantik halaman belakang dan rooftop rumah Anda.

Bahkan, beberapa pengembang properti ada juga yang memberikan kanopi sebagai cuma-cuma untuk setiap pembelian rumah. Anda bisa menemukannya dengan CariProperti. Menyediakan ribuan pilihan rumah dengan berbagai promo menarik. Cek website resmi CariProperti sekarang!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...