11 Ide Rooftop Garden yang Super Cantik dan Estetik

Nadia08 Jan 2024

Saat ini, rooftop garden menjadi salah satu kebutuhan pada gedung bangunan maupun rumah. Secara singkat, rooftop garden merupakan lahan tambahan yang berada di tingkat teratas dari sebuah bangunan yang ditata dengan konsep taman. Biasanya area ini dilengkapi tanaman hijau serta furniture tambahan sesuai dengan kebutuhan pemilik. 

Rooftop garden dapat dimanfaatkan untuk menambah area hijau pada kawasan rumah maupun bangunan. Selain itu, area rooftop juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai untuk sekedar melepas penat. Untuk membuat rooftop yang tertata, tentunya Anda harus menyesuaikan konsep rooftop sesuai dengan kondisi bangunan Anda.

Artikel ini akan mengulas inspirasi rooftop garden yang dapat dijadikan referensi. Simak ya!

Ide Rooftop Garden

1. Rooftop dengan kursi santai

Ide pertama untuk rooftop garden adalah dengan menyusun tanaman pada bagian sudut area rooftop. Anda bisa memilih beberapa jenis tanaman hijau untuk memberikan kesan asri. Setelah menata tanaman, letakkan beberapa jenis kursi santai agar sesuai dengan selera.

Pada area rooftop, tidak ada salahnya untuk menambahkan furniture tambahan seperti meja kecil maupun meja panjang. Anda juga bisa menambahkan atap seperti kanopi pada area duduk agar terhindar dari panas cahaya matahari secara langsung. Konsep rooftop ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki area lebar di bagian atas bangunan. 

2. Rooftop garden untuk berkebun

Konsep selanjutnya yang bisa diadaptasi adalah membuat kebun pada area rooftop. Anda bisa menanam berbagai jenis tanaman sesuai dengan selera. Bahkan banyak orang yang menjadikan area rooftop sebagai tempat berkebun, baik berkebun secara tradisional maupun dengan sistem hidroponik.

Ketika memutuskan untuk membuat rooftop garden untuk berkebun, sebaiknya Anda memperhatikan kondisi konstruksi area atap. Jangan lupa juga untuk memperhatikan saluran air untuk penyiraman. 

3. Mini rooftop garden

Jika Anda memiliki area atap yang terbatas, Anda dapat membuat mini rooftop garden yang dipadati dengan berbagai jenis tanaman. Pilihlah jenis tanaman yang sesuai untuk area rooftop Anda, mulai dari kebutuhan tanaman terhadap cahaya serta kedalaman akar tanaman. Usahakan untuk membeli pot yang sesuai dengan jenis tanaman agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal. 

4. Rooftop modern

Konsep rooftop modern juga menjadi salah satu jenis rooftop yang cukup diminati. Anda hanya perlu meletakkan beberapa tanaman pada sudut rooftop dan menambahkan furnitur simpel di area tersebut. Usahakan untuk tidak memadati area rooftop dengan banyak barang untuk memberikan kesan lega.

5. Rooftop garden serba kayu

Sumber foto : http://www.meirelespavan.com.br/ 

Rooftop garden serba kayu juga dapat menjadi inspirasi menarik untuk Anda. Anda dapat menggunakan material kayu pada alas, kursi, hingga meja di area rooftop. Nuansa kayu dapat memberikan kesan alami dan hangat. Jangan lupa juga untuk menambahkan tanaman pada sudut-sudut rooftop. 

6. Rooftop interior hitam

Sumber : zentertainment.ca

Konsep rooftop serba hitam sangat cocok untuk Anda yang menyukai interior dengan konsep modern minimalis. Anda dapat menggunakan warna hitam pada bagian atap, alas, maupun furnitur di area tersebut. Tambahkan juga aksesoris seperti bebatuan hitam untuk memberikan kesan elegan pada rooftop rumah. 

7. Rooftop garden dengan kolam renang

Sumber : Pinterest

Apakah Anda memiliki area yang lebar untuk membuat rooftop? Cobalah untuk mengadaptasi konsep rooftop garden dengan kolam renang. Anda dapat menanam berbagai jenis tanaman pada sudut rooftop, kemudian tambahkan kolam renang dengan bentuk memanjang di sebelah barisan tanaman. 

Rooftop ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki kolam renang pribadi dengan konsep yang lebih private. Namun dalam membuatnya, jangan lupa untuk memperhatikan konsturksi area atap ya!

8. Rooftop garden minimalis

Ingin memiliki tempat santai yang efisien? Cobalah untuk membuat rooftop dengan konsep minimalis. Anda hanya perlu menambahkan tanaman di sudut ruangan serta meja dan kursi yang dapat digunakan untuk bersantai. Jangan lupa memilih perabotan dengan ukuran kecil agar area rooftop tidak sempit. 

9. Rooftop dengan rumput sintetis

Jika Anda ingin membuat rooftop garden tanpa harus menanam rumput di seluruh bagian atap, opsi rumput sintetis dapat menjadi pilihan menarik untuk Anda. Rumput sintetis dapat memberikan kesan hijau pada area rooftop tanpa harus ribet merawatnya seperti tanaman. Selain itu, rumput sintetis juga mudah dibersihkan dan dapat diganti secara berkala.  

Untuk mempercantik area taman, tambahkan tananam dengan ukuran besar di sudut-sudut area rooftop. Jangan lupa juga untuk menambahkan kursi agar dapat digunakan untuk bersantai. 

10. Rooftop garden outdoor

Konsep rooftop selanjutnya adalah rooftop outdoor tanpa atap tambahan. Konsep ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah dekat pemandangan cantik, seperti pemandangan langsung menuju pegunungan atau area bukit. Konsep outdoor akan membuat Anda lebih leluasa berada di area rooftop, namun kekurangannya adalah area tersebut dapat menjadi sangat panas ketika siang hari.

Dalam menatanya, letakkan tanaman pada bagian sudut rooftop untuk memberikan kesan asri. Jangan lupa juga untuk menambahkan kursi maupun meja sesuai dengan selera. 

11. Rooftop ala taman

Sumber : Musa Hans

Rekomendasi terakhir untuk ide rooftop garden adalah rooftop dengan konsep yang mirip dengan taman rumah. Anda bisa menatanya dengan menanam beberapa jenis tanaman di beberapa titik rooftop. Tambahkan juga area duduk agar dapat digunakan sebagai tempat bersantai.

__

Itulah beberapa ide rooftop garden yang dapat diadaptasi di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang berencana untuk membuat rooftop garden. 

Jika Anda tertarik untuk membeli rumah dengan rooftop garden, Cari Properti menyediakan pilihan unit rumah berkualitas lengkap dengan rooftop yang dapat dijadikan opsi. Beberapa cluster seperti Tanakayu Chava BSD dan Heritage Residence Puri 11 menyediakan area rooftop yang dapat dijadikan tempat berkebun maupun tempat bersantai. Kunjungi Cari Properti untuk informasi lebih lengkap. 

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...