7 Inspirasi Taman Rumah Minimalis Bikin Suasana Asri!

Ikki Riskiana21 Jun 2022

Salah satu cara untuk menciptakan rumah sehat adalah dengan menghadirkan taman dan vegetasi yang banyak. Taman dan vegetasi bermanfaat untuk membantu mengatur sirkulasi, temperatur, dan kelembapan udara. Adanya taman di rumah sangat penting karena akan membuat suasana terasa lebih adem, asri, segar, dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mental penghuni rumah.

Dari sisi psikologis, taman dan vegetasi juga dapat menjadi media relaksasi untuk menghilangkan stress dan penat sehingga baik untuk kesehatan mental Anda.

Anda bisa menciptakan rumah dan vegetasi di beberapa sudut rumah yang kosong, misalnya di belakang rumah, di teras depan, atau ruang lainnya di rumah. Walaupun Anda memiliki ruangan berukuran kecil, Anda bisa memaksimalkan ruangan atau lahan tersebut menjadi taman rumah minimalis yang cantik.

Berikut ragam taman rumah minimalis yang bisa Anda jadikan referensi.

7 Inspirasi Taman Rumah Minimalis

1. Vertical Garden

Taman Rumah

Jika Anda memiliki ruang yang terbatas tetapi ingin membuat taman, desain taman vertikal sangat cocok untuk rumah Anda. Anda bisa menanam Sukulen, Dracaena, atau beberapa Pakis di dinding. 

Selain dinding, Anda juga bisa meletakkan sejumlah tanaman gantung di pagar dan kanopi. Terkadang, sisi pagar digunakan untuk tempat parkir kendaraan, seperti mobil, motor, atau sepeda jadi Anda bisa menggunakan sisi lainnya untuk membuat taman vertikal mini. 

Lebih baik Anda menggantung pot tanaman kecil agar bebannya tidak terlalu besar. Membuat taman vertikal merupakan cara termudah, Anda bisa segera mengaplikasikan ini di rumah.

 

2. A Little Garden In a Terrarium

Taman Rumah

Anda bisa menanam tanaman jenis sukulen atau jenis lain yang berbunga di toples atau terrarium. Ukurannya yang mini menjadikan taman ini bisa diletakkan di mana saja, misalnya di atas meja ataupun digantung asalkan tetap mendapatkan pencahayaan yang optimal.

Walaupun mini, terrarium bisa membuat pengaruh yang besar di dalam rumah Anda. Pandangan Anda akan menjadi lebih segar dan rumah beserta penghuninya tentu menjadi semakin sehat. 

Bentuk terrarium bermacam-macam, ada yang bulat, persegi panjang, atau segitiga yang bisa disesuaikan dengan gaya rumah minimalis Anda.

 

3. Tropical Bathroom

Taman Rumah

Ciptakan taman mini di kamar mandi maka Anda akan merasakan mandi yang menyenangkan seperti di alam. Anda bisa menanam jenis tanaman sintesis atau tanaman bunga Azalea, pakis Boston, atau Bambu. Tentu suasananya akan terasa sangat segar, bukan?

Taman Rumah

Desain kamar mandinya cukup yang simple saja dengan satu jenis tanaman. Dan jangan lupa untuk merawatnya sesekali, ya!

 

4. Sleeping in Nature

Taman Rumah

Tidur dengan suasana seperti di alam? Tentu Anda bisa mewujudkannya dengan menghadirkan beberapa tanaman tropis yang bisa hidup di lingkungan dengan cahaya yang minim.

Anda akan merasakan seperti tengah liburan dan bangun dengan udara yang segar setiap paginya. Tetapi jika tanaman tropis dirasa terlalu berlebihan, Anda bisa menggantinya dengan mini garden. Cukup letakkan pot tanaman kecil di rak. Tanamannya bisa bunga Lavender, Ivies, Fern, Rosemary, Pothos, atau lainnya yang sesuai dengan selera Anda.

Mini garden tersebut cocok untuk kamar tidur yang berukuran kecil yang tidak memiliki banyak ruang. Mini garden bisa menambah gaya di kamar Anda.

 

5. Green Corner

Taman Rumah

Ubahlah sudut tertentu di rumah menjadi taman agar ruangan tersebut menjadi lebih teduh. Anda cukup meletakkan beberapa pot tanaman kecil di rak. Konsep Green Corner cocok untuk Anda yang menginginkan ada taman di dalam ruangan tanpa cahaya matahari yang terlalu terang.

Dinding di sudut ruangan akan membantu tanaman untuk tidak terlalu mendapatkan cahaya matahari langsung. Tentunya pilihlah tanaman yang hanya butuh sedikit cahaya, misalnya kaktus kecil.

Anda bisa menjadikan sudut ruangan ini menjadi tempat bersantai, relaksasi, atau ruang baca dengan menambahkan sofa dan meja kecil.

 

6. Zen Retreat

Taman Rumah

Taman bergaya Jepang ini akan menambah kesan yang lebih segar dengan gemericik air dari pancuran bambu. Anda bisa menambahkan pohon Maple Jepang, pohon Sakura, Pakis, Pinus Hitam, Styrax, dan lainnya di sekeliling kolam untuk membuat taman Anda lebih sejuk dan tenang.

Zen retreat menghadirkan konsep taman minimalis. Taman ini menjadi tempat yang sempurna untuk meditasi pribadi atau zen corner.

 

7. Mini Garden

Taman Rumah

Anda bisa membuat mini garden di belakang atau teras depan rumah. Jika ada area tanah yang cukup luas, tanamlah rumput hias, baik yang sintetis maupun bukan. Ada juga pilihan lain yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu memasang dek kayu untuk menambah kesan homey dan estetik. Kemudian, lengkapi dengan tanaman-tanaman kecil di sekelilingnya. Anda juga bisa menambahkan tanaman hias yang estetik atau pohon yang berukuran sedang.

Jika Anda tidak menginginkan taman yang kotor karena banyaknya daun yang berguguran, gunakanlah tanaman yang daunnya sedikit seperti beberapa jenis kaktus. Pastikan tanaman yang ada di taman sudah sesuai dengan preferensi Anda.

Selain itu, tambahkan beberapa elemen untuk menambah hiasan taman, seperti batu dan susunan ubin balok untuk pijakan dan jalan di halaman. Untuk mempercantik, tambahkan pot bunga di bagian sampingnya. Penggunaan batu kecil juga bisa untuk refleksi kaki.

Kolam ikan juga bisa menjadi opsi yang menarik bagi Anda yang gemar memelihara ikan. Hal ini juga bisa menambah kesan lebih alami dengan kehadiran ikan dan gemericik air. Letakkan beberapa tanaman yang rimbun di sekeliling kolam agar ikan-ikan tidak kepanasan.

Untuk bersantai ria bersama keluarga atau kerabat, Anda bisa menambahkan ayunan yang dilengkapi dengan bangku kayu, meja, dan beton ekspos. Lampu-lampu kecil yang estetik berwarna kuning juga bisa menambah kehangatan saat menjelang malam. Anda bisa mengembangkan desain mini garden sesuai dengan preferensi Anda.

 

Nah, itulah 7 inspirasi taman rumah minimalis yang bisa membuat suasana terasa lebih hidup, asri, dan segar.

Jika Anda ingin membeli rumah dengan kriteria tertentu misalnya yang sudah tersedia taman minimalis, Anda bisa mengunjungi situs CariProperti dan dapatkan penawaran terbaik!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...