10 Desain Taman Kering Indoor Minimalis dan Cara Membuatnya

Sopian Ahmad19 Apr 2024

CariProperti - Taman kering saat ini tengah menjadi tren yang sangat populer khususnya bagi masyarakat perkotaan.

Pasalnya, taman kering dinilai lebih praktis dan mudah dari segi perawatan jika dibanding dengan taman basah sehingga cocok sekali bagi kebanyakan orang yang tidak terlalu memiliki banyak waktu luang untuk mengurus taman.

Tidak hanya mudah untuk dirawat, taman kering dapat dibuat outdoor maupun indoor dengan lahan yang terbatas.

Jadi, pas sekali untuk Anda yang tinggal di apartemen atau rumah minimalis agar hunian Anda menjadi lebih cantik dan estetik, serta terasa lebih segar.

Pengertian Taman Kering dan Tanaman yang Dapat Digunakan

Taman kering adalah model taman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air dan lebih identik dengan penggunaan batu hias, kerikil, atau pasir sehingga tidak mudah menimbulkan becek saat hujan atau membuat kotor.

Kemunculan taman kering dipengaruhi oleh desain taman zen ala Jepang yang minimalis dan lebih banyak menggunakan batuan alam atau hias sehingga menimbulkan kesan yang sederhana namun tetap elegan.

Perawatan taman kering juga terbilang mudah karena lebih banyak menggunakan tanaman yang tidak memerlukan banyak air. Lalu, apa saja contohnya?

taman indoor kering

1. Tanaman Kaktus

Kaktus sudah terkenal dengan kemampuan hidupnya dengan kondisi minim air karena habitat aslinya yang berada di daerah gurun.

Jadi, tidak heran jika tanaman ini cocok sekali untuk digunakan pada taman kering.

2. Tanaman Sukulen

Tidak jauh berbeda dari tanaman kaktus, tanaman sukulen juga bisa hidup dari kondisi minim air karena memiliki kemampuan menyimpan air di dalam daunnya yang tebal.

3. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, tanaman lidah mertua memang sering dijadikan tanaman hias karena tampilannya yang cantik.

Terlebih lagi, pertumbuhannya yang tegak lurus sehingga terlihat rapi serta perawatannya yang mudah menambah nilai jual tanaman ini.

4. Tanaman Bromelia

Jenis tanaman bromelia juga cocok untuk ditaruh pada taman kering karena tidak memerlukan air yang banyak.

Tampilan tanaman ini juga sangat cantik dengan warnanya yang cerah sehingga bisa mempercantik tampilan rumah.

5. Tanaman Philodendron

Jenis tanaman yang satu ini memiliki daun berwarna yang beragam dan bentuk daun yang sangat unik sehingga sangat menarik perhatian bahkan saat baru pertama kali masuk ke dalam taman.

Jadi, tanaman ini cocok sekali buat Anda yang mau tampil outstanding dan jadi pusat perhatian.

Terlebih lagi, perawatannya juga sangat mudah yang pas buat masyarakat perkotaan.

Baca Juga:  11 Desain Taman Depan Rumah Sederhana yang Cantik

Inspirasi Desain Taman Kering Indoor Minimalis

Taman kering tidak hanya dapat diaplikasikan di area outdoor rumah, seperti depan dan belakang rumah, namun juga pada area indoor.

Penggunaan taman kering pada area indoor dapat memberikan banyak nilai positif pada interior rumah, mulai dari memberikan udara segar di dalam rumah, mempercantik tampilan ruangan, serta membuat area dalam rumah menjadi lebih sehat dan segar.

Agar semua nilai positif dari taman kering indoor dapat Anda rasakan dengan maksimal, diperlukan desain estetik dan terencana.

Bagi Anda yang mau memiliki taman kering di dalam rumah, berikut adalah desain taman kering indoor minimalis yang bisa bikin rumah Anda jadi lebih estetik dan sehat.

1. Desain Taman Kering Minimalis Ala Jepang

Taman kering terinspirasi dari desain taman zen khas Negeri Sakura yang memiliki tampilan minimalis, elegan, serta menenangkan.

Jika Anda ingin memiliki nuansa yang tenang, sangat direkomendasikan untuk membuat taman taman kering ala taman zen di dalam rumah Anda.

Umumnya, taman jenis ini menggunakan pasir halus ataupun batuan hias sebagai penutup tanah dan tanaman bonsai untuk mempercantik tampilan taman.

2. Desain Taman Kering Indoor Minimalis di Bawah Tangga

Seringkali area bawah tangga yang tidak terlalu besar dimanfaatkan sebagai area penyimpanan, toilet, atau area bermain anak.

Namun, jika Anda ingin memiliki tampilan berbeda tidak ada salahnya jika menjadikan area bawah tangga sebagai taman kering.

Anda bisa meletakan beberapa tanaman hias seperti kaktus, sukulen, atau philodendron dan susun secara rapi. Selain itu, manfaatkan penggunaan batu hias agar taman Anda lebih terlihat natural dan seimbang.

Sebaiknya hindari penggunaan dekorasi yang mencolok agar taman di bawah tangga bisa terlihat outstanding.

3. Desain Taman Kering Indoor Minimalis Modern

Taman dengan desain modern memang tidak akan pernah lekang oleh waktu dan terlihat elegan.

Anda bisa membuat taman kering yang terlihat modern dengan menggabungkan material kayu, batuan, serta besi.

Tidak ketinggalan juga, letakkanlah beberapa tanaman hias seperti lidah mertua, kaktus, atau pakis brazil agar tampilan terlihat lebih alami dan seimbang.

4. Taman Kering dengan Vertical Garden

Dry Garden atau taman kering mungkin akan terlihat membosankan jika tidak memiliki focal point yang ditonjolkan.

Agar taman kering Anda tidak membosankan, Anda dapat menambahkan vertical garden, jadi taman kering Anda akan terlihat unik serta berbeda dari yang lainnya.

Anda dapat menggunakan tanaman rambat dan gantung seperti suplir atau tanduk rusa sehingga dapat memberikan efek dinamis pada taman.

5. Taman Kering Sebagai Area Santai

Selain dapat menambah nilai estetika rumah, taman kering juga bisa dijadikan tempat santai. Anda bisa menambahkan bean bag atau kursi kayu panjang serta meja kecil sebagai tempat bersantai.

6. Desain Taman Kering Ala Meksiko

Desain taman ala Jepang mungkin sudah biasa, tetapi bagaimana dengan ala Meksiko?

Anda bisa membuat taman kering dengan tampilan ala meksiko agar terlihat lebih unik dan memberikan kesan latin yang sangat kental.

Selain itu, Anda juga akan merasa seperti berada di film-film cowboy.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menggunakan batu kerikil dan juga tanaman kaktus yang memang identik dengan nuansa meksiko.

7. Desain Taman Kering di Kamar Mandi

Taman kering indoor juga bisa Anda buat di kamar mandi, loh.

Dengan adanya taman di kamar mandi, suasana kamar mandi akan terasa lebih alami dan memiliki kesan semi outdoor layaknya vila di Bali.

Pembuatannya juga tidak perlu ribet, cukup tambakan batuan hias atau kerikil, dan tanaman bonsai.

Agar lebih terkesan alami, Anda bisa mengganti lantai keramik Anda dengan kayu ulin yang tahan terhadap air.

8. Taman Kering di Koridor

Anda mungkin sering bingung bagaimana mendesain koridor rumah agar tidak terlihat monoton.

Salah satu solusinya adalah dengan membuat taman kering di sepanjang koridor.

Pengaplikasiannya juga cukup simple, hanya dengan menambahkan bebatuan kecil dan tanaman hias yang tidak terlalu tinggi, serta kayu yang dijadikan jalan setapak, koridor Anda akan terlihat lebih estetis dan tidak monoton.

9. Desain Taman Kering Indoor di Sudut Ruangan

Menaruh vas bunga, lampu, atau aquarium di sudut ruangan mungkin sudah terkesan biasa.

Agar sudut ruangan di rumah Anda tidak biasa, Anda bisa membuat taman kering minimalis dengan beberapa tanaman hias kecil, seperti lidah mertua atau bromelia.

Jadi, tampilan interior rumah Anda menjadi lebih estetik dan unik.

10. Taman Kering Indoor Sebagai Void

Salah satu ide taman kering indoor minimalis yang sangat menarik adalah dengan menjadikannya sebagai void di tengah rumah.

Penggunaan taman kering sebagai void di tengah rumah memiliki beragam manfaat dari segi fungsi maupun estetika, seperti sekat antar ruangan, penyambung antar dua lantai, serta penambah nilai estetika rumah.

Baca Juga:  7 Inspirasi Taman Rumah Minimalis Bikin Suasana Asri!

Cara Membuat Taman Kering Indoor

Membuat taman kering indoor dengan desain yang minimalis namun tetap estetik dan elegan tidak begitu rumit, bahkan Anda bisa mengerjakannya sendiri.

Durasi pengerjaannya juga tidak terlalu lama; hanya kurang dari sebulan taman kering Anda sudah bisa Anda nikmati.

Nah, jika Anda ingin mencoba membuat taman kering di dalam rumah sendiri, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Pastikan Area Bersih dan Material Taman Siap Digunakan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan area atau lahan yang akan digunakan agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel.

Hal ini penting dilakukan agar taman tidak terlihat kotor nantinya.

Di tahap ini Anda juga perlu menyiapkan semua material yang dibutuhkan, seperti pasir halus, pasir putih, batuan hias, batu alam, dan tanaman yang akan digunakan, untuk mempercepat proses pengerjaan.

2. Sebar Pasir Halus Secara Merata dan Diamkan Semalaman

Jika sudah bersih, sebar pasir halus pada area yang diinginkan secara merata, lalu padatkan.

Pasir halus harus digunakan pertama sebagai dasar dari taman yang berfungsi untuk menyerap air agar tidak becek.

Jika dirasa sudah cukup rata, diamkan selama semalaman agar pasir menjadi lebih padat.

3. Tabur Pasir Putih dan Susun Batu serta Tanaman Secara Rapi

Setelah didiamkan selama minimal 12 jam, barulah Anda bisa mulai untuk menyusun material lainnya, seperti pasir putih, batu, dan tanaman sesuai selera.

Inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk berkreasi. Jika bingung, Anda bisa meniru desain taman kering indoor minimalis yang sudah disampaikan di atas.

3. Tambahkan Ornamen Dekorasi Pendukung

Langkah terakhir, Anda dapat menambahkan dekorasi pendukung, seperti lampu hias atau patung kecil agar taman Anda semakin terlihat cantik.

Namun perlu diingat, jangan sampai ornamen pendukung terlihat lebih dominan sehingga dapat merusak estetika taman Anda.

________

Itu dia ide desain taman kering indoor minimalis yang bisa sekali Anda tiru atau sekadar dijadikan referensi bagi taman kering di rumah Anda nantinya.

Anda ingin memiliki rumah dengan taman kering yang elegan serta minimalis? Tidak usah khawatir lagi karena Anda bisa menemukannya dengan mudah di CariProperti.

CariProperti menyediakan berbagai pilihan unit rumah yang estetik dengan taman yang tidak kalah keren dengan yang ada di luar negeri sehingga istirahat Anda di rumah dapat lebih berkualitas.

Segera temukan unit impian Anda di CariProperti!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...