Apa Itu Void Rumah? Simak Berikut Manfaat dan Juga Inspirasi Penggunaanya

Riana05 Dec 2023

Bagi sebagian orang kata “void rumah” mungkin jarang didengar bahkan masih banyak yang tidak tau apa itu void rumah. Void rumah umumnya digunakan pada bangunan rumah yang menginginkan sirkulasi udara didalam rumah dapat terjaga sehingga rumah terasa sejuk.

Pada dasarnya void rumah merupakan sebuah ruangan kosong yang menyatukan lantai atas dan bawah bangunan. Kata void sendiri berasal dari bahasa inggris yang berarti “kosong” atau “tidak terisi” sehingga void rumah adalah ruangan kosong yang ada di dalam rumah.

Desain void sudah lama diaplikasi pada beberapa rumah besar, area komersial, mall, hingga ruang pertemuan dengan kapasitas besar. Bukan tanpa alasan, pengaplikasian void pada bangunan memiliki beragam fungsi dan akan menambah estetika.

Berikut merupakan beberapa keuntungan jika mengaplikasian void pada bangunan.

 

Manfaat Void Rumah

Menjaga Sirkulasi Udara

Secara teknik ruangan yang memiliki ukuran lebih besar akan mampu menyimpan dan mensirkulasikan udara dengan baik. Dengan mengaplikasikan void pada sebuah bangunan akan membuat ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang sangat baik tanpa bantuan alat elektronik.

Dengan memiliki sirkulasi udara yang baik, ruangan akan menjadi lebih sejuk meskipun diisi oleh banyak orang. Udara sejuk tidak hanya akan dirasakan oleh ruangan yang memiliki void saja melainkan akan terasa di seluruh banguan rumah.

Mendapat Pencahayaan Alami

Umumnya void yang ada di dalam ruangan akan ditambahkan sebuah jendela kecil agar cahaya matahari dapat masuk di dalam rumah. Dengan memiliki void yang besar maka cahaya yang masuk bisa tersebar dan dirasakan pada sebagian besar ruangan rumah.

Kesan ruangan lebih terang juga akan terasa meskipun ruangan tidak memiliki memiliki jendela besar atau bahkan tidak ada jendela sama sekali. Hal ini karena efek perluasan ruangan yang diberikan pada void sehingga terasa lebih terang meskipun minim pencahayaan.

Menjaga Kesehatan Penghuni Rumah

Salah satu fungsi void yang paling penting adalah dapat menjaga kesehatan dari para penghuni rumah. Hal ini karena void memiliki sirkulasi udara yang baik untuk kesehatan terlebih bagi anak muda yang dalam masa perkembangan dan orang tua yang sudah rentan.

Selain itu, pencahayaan alami yang tersebar di seluruh ruangan karena void juga lebih baik untuk kesehatan dibandingkan cahaya bantuan dari lampu elektronik. Void pada rumah juga bisa mencegah udara lembab yang membahayakan penghuni serta kekuatan bangunan dalam jangka waktu lama.

Hemat Listrik

Dengan membangun void pada rumah kalian maka kalian akan mendapatkan keuntungan lebih hemat listrik dibandingkan tidak memiliki void. Beberapa alat elektronik akan lebih minim bahkan tergantikan jika rumah kalian memiliki void.

Mempercantik Tampilan Rumah

Selain memiliki beragam manfaat, void pada bangunan juga akan menambah estetika rumah terutama di bagian interior. Pengaplikasian void akan menimbulkan kesan ruangan yang luas dan lebih tertata rapi meskipun memiliki ukuran yang terbilang kecil.

Menambahkan void pada bangunan juga bisa kalian kresikan sesuai dengan keinginan atau memperkuat konsep dari rumah tersebut. Namun, sebaiknya kalian hindari perabotan berlebih yang akan membuat ruangan terkesan kecil dan sesak meskipun telah memiliki void.

Selain beberapa keuntungan void diatas, masih ada keuntungan memiliki void lainnya yang akan kalian rasakan sesuai dengan konsep dan juga letak bangunan kalian. Jika kalian masih bingung dengan desain void yang cocok untuk rumah, berikut merupakan beberapa desain void yang bisa diterapkan sebagai referensi void yang baik.

 

Anda mungkin juga suka: 10 Cara Mengatasi Udara Panas di Dalam Rumah Tanpa AC

 

Ide Desain Void Rumah

Void Ruang Tengah


(Sumber : Pinterest)

Jika berbicara void pada rumah umumnya akan ditempatkan pada ruang tengah yang terhubung dengan ruangan lainnya. Menambahkan void rumah pada bagian tengah merupakan pilihan yang tepat karena ruangan ini merupakan ruangan utama dari sebuah rumah.

Jika ruang tengah memiliki kesan yang luas dan sejuk maka seluruh bagian rumah akan terasa lega dan nyaman untuk ditempati. Kalian bisa menggabungkan ruang tengah lantai 1 dan lantai 2 atau ruangan lainnya dengan void dan mendesainnya supaya senada.

 

Void Ruang Makan

apa itu void rumah
(Sumber : Pinterest)

Bagi sebagian orang ruang makan adalah salah satu ruangan terpenting yang harus nyaman di dalam rumah. Jika kalian memiliki ruangan yang terbatas, kalian bisa menggabungkan ruang makan dengan lantai atas menggunakan void.

Penggunaan void pada ruang makan sudah banyak diterapkan terlebih untuk ruang makan yang memiliki konsep mewah. Dengan ruangan yang lebih luas maka suasana di ruang makan akan lebih menyenangkan dan lebih fresh karena sirkulasi udara yang baik.

 

Void Menghadap Taman


(Sumber : Pinterest)

Jika kalian memiliki tanah yang luas dan taman yang indah di rumah, kalian bisa membangun void yang menghadap ke area taman. Void yang dibuat menghadap taman akan menambah estetika dan membuat bagian dalam rumah terasa lebih asri.

Untuk mempercantik rumah, void yang menghadap taman sebaiknya diberikan banyak kaca yang bisa dibuka atau ditutup. Tujuan dari kaca ini agar memaksimalkan pencahayaan dan juga ventilasi udara yang ada di bagian dalam rumah.

 

Void Minimalis

apa itu void rumah
(Sumber : Pinterest)

Kalian tidak suka rumah yang memiliki banyak area void, kalian bisa mengaplikasikan void minimalis di bagian dalam rumah. Void minimalis umumnya diletakan di area sekitar tangga rumah yang dibuat menyesuaikan lahan kosong yang ada di dalam rumah.

Biasanya void bergaya minimalis memiliki ukuran yang lebih kecil dengan tujuan hanya untuk ventilasi di bagian dalam rumah. Meskipun kecil dan minimalis, void dengan model ini tetap efektif menjaga sirkulasi udara dan pencahayaan alami di dalam rumah.

 

Baca juga: 10 Desain Atap Kaca Skylight, Bikin Ruangan Lebih Aesthetic

 

Void Outdoor dan Indoor


(Sumber : Pinterest)

Jika kalian memiliki halaman rumah yang luas, kalian bisa mengaplikasikan void outdoor atau indoor agar rumah terkesan lebih luas dan sejuk. Pengaplikasian void secara outdoor dan indoor ini juga bisa diterapkan jika kalian memiliki kolam renang pribadi di area rumah.

Pemilihan material sangatlah penting jika kalian ingin mengaplikasikan void yang menggabungkan area indoor dan outdoor rumah. Selain itu sebaiknya menggunakan warna netral pada area void agar kedua konsep bangunan tersebut dapat serasi.

 

Void Sesuai Konsep Rumah

apa itu void rumah
(Sumber : Pinterest)

Ide void rumah yang terakhir adalah sesuai dengan konsep rumah yang hendak kalian bangun. Membangun void yang sesuai dengan konsep rumah akan memperkuat konsep rumah yang hendak kalian bangun dan membuatnya terasa luas.

Jika konsep rumah kalian adalah scandinavian kalian bisa meletakan ornamen kayu atau membuat beberapa rak di area bawah void. Dengan meletakan dan mendesain void secara benar kalian akan mendapatkan rumah yang nyaman dan juga sesuai dengan kebutuhan serta keinginan kalian.

 

Pengaplikasian void pada rumah terbilang sangatlah fleksibel dan bisa diletakan dimana saja dan didesain sesuai keinginan anda. Selain beberapa ide desain diatas, masih banyak desain void lainnya yang bisa kalian terapkan pada rumah kalian.

Jika kalian tak ingin ribet memikirkan pembangunan void, kalian bisa mencari rumah yang memiliki void di Cari Properti. Website Cari properti menyediakan berbagai pilihan rumah yang ada di berbagai area strategis di Indonesia.

Selain itu, Cari Properti juga memiliki berbagai tipe, jenis, dan harga rumah yang bisa kalian sesuaikan dengan keinginan kalian. Segera dapatkan rumah impian kalian dengan mudah dan banyak penawaran menarik hanya di Cari Properti.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...