10 Desain Atap Kaca Skylight, Bikin Ruangan Lebih Aesthetic

Riana01 Aug 2023

Atap kaca skylight bisa memberikan perubahan yang signifikan untuk ruangan Anda. Fungsi sejatinya memang untuk membuat sinar matahari alami dapat masuk secara langsung lebih optimal ke dalam rumah. Anda bisa lebih menghemat listrik karena tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari.

Namun, tentunya ruangan Anda jadi lebih cepat terasa panas. Karenanya, perlu pertimbangan matang dalam menggunakan atap kaca skylight di rumah Anda. Terlebih lagi untuk rumah di daerah tropis seperti Indonesia.

Nah, sebelum memasang atap kaca skylight, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Kaca Skylight

Kelebihan Atap Kaca Skylight

1. Sinar Matahari Masuk Lebih Optimal

Atap kaca skylight sudah jelas dapat membuat sinar matahari masuk ke dalam rumah secara langsung. Letaknya yang tinggi membuat sinar yang masuk lebih optimal. Penggunaan ini tentunya juga lebih ramah lingkungan. Anda tidak perlu menyalakan lampu lagi untuk menerangi ruangan. Selain hemat listrik, tagihan pun tidak bengkak.

2. Ventilasi Udara Tambahan

Tidak harus hanya berupa kaca saja, atap kaca skylight juga dapat Anda memodifikasinya sesuai keinginan. Tidak Ada salahnya untuk memasang kaca geser pada atap kaca skylight agar dapat membuat sirkulasi udara di dalam ruangan lebih lancar. Asalkan jangan lupa untuk menutup kembali ketika cuaca mulai mendung.

3. Membuat Ruangan lebih Luas

Menambah jendela memang sering dijadikan solusi untuk memberikan kesan luas pada ruangan yang kecil. Begitu juga dengan penggunaan atap kaca skylight. Penggunaan atap kaca skylight dapat memberikan kesan lebih tinggi untuk ruangan dengan plafon rendah.

4. Menambah Nilai Estetika Ruangan

Selain membuat ruangan terasa lebih luas, atap kaca skylight juga memberikan kesan yang lebih modern dan mewah. Rumah-rumah masa kini yang ada di kawasan elite mulai banyak yang menggunakan kaca sebagai material bangunan untuk rumah bergaya minimalis. Jadi, tidak hanya terang dan hangat, atap kaca skylight juga membuat rumah Anda terlihat lebih aesthetic.

Kekurangan Atap Kaca Skylight

1. Konstruksinya Lebih Rumit

Atap kaca skylight memiliki konstruksi yang lebih rumit dan memakan waktu yang lebih lama. Memasang atap kaca skylight tidak bisa sembarangan. Butuh perhitungan yang lebih spesifik. Jika terjadi kesalahan, kaca yang tidak terpasang sempurna dapat memberikan celah kecil yang dapat mengakibatkan kebocoran. Lebih buruknya lagi, konstruksi atap kaca skylight yang buruk bahkan dapat membuatnya roboh dan membahayakan penghuni rumah.

2. Perawatan yang Lebih Sulit

Membersihkan kaca atap kaca skylight tidak seperti membersihkan kaca jendela. Tidak hanya sulit, tapi juga lebih berbahaya karena letaknya lebih tinggi. Namun, jika tidak dibersihkan, debu akan bertumpuk dan justru menghalangi sinar matahari untuk masuk.

Untuk itu, Anda bisa membersihkannya secara berkala. Jangan pasang atap kaca skylight pada bagian rumah yang tertutup pohon agar tidak cepat tertutup daun kering.

3. Ruangan Lebih Cepat Panas

Jika sinar matahari dapat masuk, otomatis panas matahari juga dapat menghangatkan ruangan. Karena itu, atap kaca skylight dapat membuat ruangan lebih cepat panas.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengoptimalkan sirkulasi udara dengan membuat ventilasi yang cukup. Jika tempat atap kaca skylight Anda berada di pinggir ruangan atau menyatu dengan dinding, pilih sudut yang menghadap ke timur atau ke utara karena sinar matahari cenderung tidak terik dan tidak terlalu panas.

Anda bisa juga menambah tirai jendela untuk menghalau panas matahari yang masuk saat tengah hari.

 

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Udara Panas di Dalam Rumah Tanpa AC

 

Inspirasi Desain Atap Kaca Skylight

1. Atap Kaca Skylight Minimalis di Ruang Keluarga

atap kaca skylight
(Sumber: whyskylights.com)

Agar waktu bersama keluarga Anda lebih nyaman dan menyenangkan, Anda bisa memasang atap kaca skylight di ruang keluarga. Bentuknya yang sederhana memberikan kesan minimalis. Tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari, karena penerangan ruangan sudah alami dari matahari.

 

2. Atap Kaca Skylight sebagai Focal Point Ruangan


(Sumber: home-designing.com)

Ruangan besar seperti ruang keluarga, ruang berkumpul, atau ruang tamu biasanya memiliki nilai estetika tersendiri. Memasang atap kaca skylight berukuran besar di tengah ruangan dapat membuat ruangan terlihat lebih lega dan mewah.

Meski ruangan telah dilengkapi juga dengan beberapa jendela, namun atap kaca skylight dapat menjadi focal point ruangan. Tidak hanya memberi penerangan untuk ruangan, tetapi juga menjadi dekorasi.

 

3. Atap Kaca Skylight pada Indoor Garden

atap kaca skylight
(Sumber: home-designing.com)

Bagi Anda pecinta tanaman, memiliki indoor garden bisa menjadi cara untuk mempercantik rumah Anda. Agar tanaman tetap mendapatkan asupan sinar matahari, Anda dapat memasang atap kaca skylight di atasnya. Tanaman Anda dapat tumbuh subur meski berada di dalam rumah.

 

4. Atap Kaca Skylight di Kamar Mandi


(Sumber: naturallighting.com.au)

Memasang atap kaca skylight pada kamar mandi tidak hanya membuat ruangan lebih terang tanpa lampu. Sinar dan panas matahari yang masuk dapat membantu agar kamar mandi tidak lembab. Jamur dan bakteri pun sukar tumbuh, sehingga kamar mandi Anda lebih nyaman dan sehat.

 

5. Atap Kaca Skylight di Ruang Baca

atap kaca skylight
(Sumber: home-designing.com)

Selain kamar mandi, ruangan yang tidak kalah penting untuk dipasang atap kaca skylight adalah ruang baca. Sama seperti kamar mandi, ruang baca dengan tumpukan buku juga tidak boleh dibiarkan lembab.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengoptimalkan sinar matahari alami yang masuk. Salah satu caranya dengan memasang atap kaca skylight. Dengan paparan sinar matahari yang optimal, buku tidak mudah berjamur dan rusak.

 

Anda mungkin juga suka: 10 Inspirasi Desain Jendela Untuk Pencahayaan Rumah Maksimal!

 

6. Atap Kaca Skylight di Kamar Tidur


(Sumber: communityroofingandrestoration.com)

Tentunya Anda ingin memiliki kamar tidur yang nyaman bukan? Anda bisa memasang atap kaca skylight untuk memberikan kesan lega pada kamar tidur. Selain itu, sinar matahari juga disebut dapat membantu meningkatkan produktivitas saat pagi hari.

Atap kaca skylight juga dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin membiarkan sinar matahari masuk tanpa mengganggu privasi di dalam kamar.

 

7. Atap Kaca Skylight di Ruang Makan

atap kaca skylight
(Sumber: decoist.com)

Atap kaca skylight dapat membuat ruang makan terlihat lebih cantik.Selain lebih terang, ruangan juga terasa lebih lega. Padukan juga dengan jendela besar atau pintu kaca dan ruang makan Anda akan terasa seperti semi-outdoor.

 

8. Atap Kaca Skylight di Dapur


(Sumber: idealhome.co.uk)

Tidak hanya ruang makan, Anda juga bisa memasang atap kaca skylight pada dapur. Jika Anda memiliki dapur yang kecil, memasang atap ini akan memberikan kesan lebih lega pada dapur Anda. Waktu memasak Anda jadi lebih nyaman.

 

9. Atap Kaca Skylight di Lorong

atap kaca skylight
(Sumber: sunsquare.co.uk)

Pada umumnya, lorong memiliki suasana yang lebih sempit dan gelap, bahkan pada siang hari. Untuk mengatasi ini, Anda dapat menggunakan atap kaca skylight di sepanjang lorong. Selain lebih terang, lorong juga terasa lebih tinggi dan lega. Anda pun tidak perlu menyalakan lampu lorong pada siang hari.

 

10. Atap Kaca Skylight di Ruangan Attic


(Sumber: atticgroup.com.au)

Memasang atap kaca skylight pada ruangan attic mungkin agak lebih unik dari pada ruangan lainnya. Pasalnya, lokasi ruangan berada tepat di bawah atap, sehingga letak kaca skylight pun cenderung lebih rendah dan bahkan terjangkau oleh tangan.

Anda dapat memanfaatkan skylight pada ruangan attic sebagai jendela. Tidak hanya memberikan cahaya matahari natural, tetapi juga dapat membantu sirkulasi udara di dalamnya. Tidak perlu khawatir privasi Anda terganggu, karena ruangan berada di titik terpuncak rumah.

 

Penjelasan dan inspirasi desain atap kaca skylight di atas dapat menjadi referensi Anda untuk menciptakan lingkungan di dalam rumah yang lebih sehat. Beberapa pengembang rumah juga sudah memperhatikan optimalisasi sinar matahari yang masuk dan sirkulasi udara dalam membangun propertinya. Anda dapat menemukannya dengan CariProperti.

CariProperti menawarkan pilihan rumah dengan atap kaca skylight, rooftop, attic room, dan fitur lainnya. Kunjungi laman resmi CariProperti untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...