11 Desain Taman Depan Rumah Sederhana yang Cantik

Riana11 Oct 2023

Punya taman yang indah di depan rumah jadi impian sebagian orang. Nuansa hijau dan asri yang diberikannya membuat rumah menjadi terlihat lebih cantik. Rumah Anda jadi anti terlihat kering dan gersang meskipun berada di tengah kota.

Memiliki taman di depan rumah tidak selalu membutuhkan lahan yang luas, loh! Lahan yang terbatas di depan rumah Anda bukan tidak mungkin untuk disulap menjadi taman kecil yang indah. Anda pun tetap bisa menyalurkan kegemaran Anda dalam bercocok tanam.

Untuk itu, CariProperti punya inspirasi desain taman depan rumah sederhana yang bisa Anda coba meskipun halaman rumah Anda terbatas.

Inspirasi Desain Taman Depan Rumah Sederhana

1. Taman dengan Tanaman Berdaun Besar

Desain Taman Depan Rumah Sederhana
(Sumber: bhg.com)

Meletakkan tanaman yang memiliki dedaunan yang besar bisa digunakan untuk memberikan ilusi seolah-olah sudut rumah Anda tidak terlihat sempit. Daunnya yang lebar memberikan kesan yang rimbun. Taman rumah yang kecil pun terlihat lebih besar.

 

2. Tanaman di Sepanjang Walkway


(Sumber: artfulliving.com)

Membuat jalan masuk rumah atau walkway dapat menjadi cara sederhana untuk mempercantik rumah. Jalan ini dibuat untuk menghubungkan antara pintu pagar depan dengan pintu masuk utama rumah Anda. Walkway dapat dibuat dengan menggunakan paving block, batu alam, stepping stone, beton, bahkan kerikil atau bebatuan.

Agar jalan masuk kerumah Anda semakin cantik, tanamkan aneka tanaman di pinggirnya. Tanaman kecil maupun besar cocok untuk mempercantik walkway rumah. Anda bisa juga menggunakan tanaman pagar untuk membuat rumah terlihat semakin asri.

 

3. Tampilan Taman Sederhana Tanpa Rumput

Desain Taman Depan Rumah Sederhana
(Sumber: homesandgardens.com)

Desain taman depan rumah sederhana sebenarnya memang tidak sulit. Tidak perlu rancangan rumit untuk membuat rumah terlihat indah dipandang. Bahkan, desainer taman Rosemary Coldstream mengatakan bahwa Anda tidak perlu menumbuhkan rumput untuk taman yang kecil.

Untuk mengisi kekosongan, Anda bisa mengisi taman dengan batu kerikil dan tanaman yang rendah. Taman depan rumah Anda pun terasa lebih lega meski berukuran mungil.

 

4. Taman Sederhana dengan Tempat Duduk


(Sumber: rosemarycoldstream.com)

Menggabungkan taman depan rumah dengan teras seringkali menjadi solusi untuk mengatasi lahan rumah yang terbatas. Kursi yang digunakan untuk teras tidak harus besar dan mewah. Cukup gunakan kursi kayu sederhana dengan tanaman bunga di sekelilingnya, taman depan rumah Anda pun terlihat cantik. Anda tetap bisa duduk-duduk di depan rumah dengan nyaman tanpa mengurangi nilai estetika halaman.

 

5. Taman Depan Rumah dengan Kolam Ikan

Desain Taman Depan Rumah Sederhana
(Sumber: pinterest.com)

Kolam ikan juga bisa menjadi ornamen cantik untuk memperindah taman depan rumah Anda. Untuk memberikan tampilan yang lebih alami, Anda bisa membingkai pinggir kolam ikan menggunakan tumpukan batu alam. Gunakan lempengan kayu untuk menjadi penghubung antara kolam renang dengan sisi rumah.

Padukan juga dengan tanaman rendah dan bebatuan untuk membuat walkway yang cantik agar taman terlihat lebih hidup.

 

6. Menggunakan Vertical Garden untuk Lahan Terbatas


(Sumber: bhg.com)

Memang agak sulit untuk memiliki taman dengan rumah di tengah kota yang memiliki lahan terbatas. Agar rumah tetap memiliki nuansa hijau yang menyegarkan, Anda bisa memanfaatkan dinding rumah untuk membuat vertical garden.

Pastikan dinding yang Anda siapkan cocok untuk digunakan sebagai vertical garden. Anda bisa membuatnya dengan menggantungkan rak atau pot bunga. Beberapa vertical garden juga menggunakan karung goni sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Pastikan selalu bahwa tanaman memiliki media tanam dan sistem drainase yang baik.

 

Baca juga: 17 Inspirasi Desain Teras Rumah Minimalis yang Super Cantik

 

7. Taman Sederhana dengan Tangga

Desain Taman Depan Rumah Sederhana
(Sumber: pinterest.com)

Platform depan rumah Anda lebih tinggi dari jalan depan? Manfaatkan saja dengan menghiasnya sebagai taman! Gunakan lempengan batu alam atau beton yang disusun menjadi tangga dari depan pagar hingga ke pintu rumah.

Agar terlihat lebih cantik, tanam beberapa tanaman di pinggir atau di antara anak tangga. Tidak perlu tanaman yang terlalu besar dan rindang. Cukup dengan tanaman kecil yang merata agar tidak menciptakan ruangan kosong. Anda bisa juga menanam dragon tree sebagai focal point di depan pintu masuk rumah.

 

8. Taman dengan Walkway Beton yang Minimalis


(Sumber: pinterest.com)

Jika Anda menginginkan penampilan rumah yang minimalis, Anda bisa coba menggunakan beton sebagai walkway rumah. Bentuknya yang sederhana dan warnanya yang polos memberikan tampilan clean look untuk rumah Anda.

Agar tidak terlihat terlalu ramai, biarkan rumput tumbuh di pinggir jalan menuju rumah. Pastikan untuk memotong rumput secara berkala agar tidak tumbuh terlalu tinggi dan justru membuat rumah terlihat seperti tidak ditempati untuk waktu yang lama.

 

9. Taman Depan Rumah Tropical

Desain Taman Depan Rumah Sederhana
(Sumber: livingetc.com)

Desain taman dengan tumbuhan tropical dapat Anda pilih untuk memberikan tampilan depan rumah yang asri. Identik dengan daun hijau yang lebar, tanaman tropical membuat halaman rumah Anda terlihat rindang dan segar.

Beberapa tanaman yang bisa Anda tumbuhkan antara lain monstera, calathea ornata, pohon palem hias, lidah mertua, dan masih banyak lagi.

 

10. Taman Minimalis Sederhana dengan Kaktus


(Sumber: milehighlandscape.com)

Mempercantik taman memang identik dengan menggunakan tanaman rimbun dan berbunga. Akan tetapi, ternyata kaktus pun juga tidak kalah cantik untuk menghias bagian depan rumah Anda.

Perawatan kaktus tidak sesulit tanaman lain. Tidak perlu terlalu sering disiram karena kaktus dapat menyimpan cadangan air. Jika terlalu sering disiram, kaktus justru bisa membusuk. Tampilan yang diberikannya pun lebih minimalis.

 

11. Japanese Zen Garden

Desain Taman Depan Rumah Sederhana
(Sumber: shelterness.com)

Anda mungkin sudah tidak asing dengan zen garden ala taman di Jepang yang menenangkan. Pada dasarnya, konsep zen garden memang menggunakan elemen yang natural, seperti batu, kerikil, pasir, dan kayu. Tanaman yang digunakan untuk zen garden pun biasanya tidak terlalu banyak, sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan minimalis.

Letakkan juga lentera lampu dari batu khas Jepang di tengah taman sebagai focal point agar halaman depan rumah Anda terlihat semakin indah.

Nah, itu dia desain taman depan rumah sederhana yang bisa menjadi referensi inspirasi Anda. Tanpa lahan yang terlalu besar sekalipun, Anda tetap dapat membuat taman depan rumah terlihat lebih cantik.

Anda bisa menemukan rumah yang memiliki taman depan dengan CariProperti! Pilihan rumah dengan berbagai ukuran taman bisa Anda temukan di sini. Kunjungi website CariProperti untuk informasi lebih lanjut!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...