7 Tips Memilih Pagar Rumah yang Wajib Anda Tahu!

Nadia04 Aug 2022

Pagar rumah merupakan salah satu pelengkap dari tampilan sebuah rumah. Walaupun pagar bukan komponen utama, keberadaannya dapat mempercantik tampilan rumah. Apalagi pagar juga dapat difungsikan sebagai pengaman. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan tips memilih pagar rumah sebelum memutuskan untuk memasangnya.

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih pagar yang tepat. Jika Anda memilih pagar yang tidak sesuai, tentunya akan mempengaruhi fungsi serta estetikanya. Artikel ini akan membahas tips memilih pagar rumah agar Anda bisa mendapatkan pagar sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Pagar Rumah

1. Perhartikan Kondisi Lingkungan Rumah

Tips memilih pagar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan kondisi lingkungan rumah. Jika Anda tinggal di komplek perumahan dengan keamanan yang ketat, Anda bisa memasang pagar sebagai pembeda rumah atau penghias. Namun, Anda harus mencari tahu regulasi atau aturan memasang pagar di komplek tersebut.

Sebaliknya, bila Anda tinggal di kawasan umum yang rentan keamanannya, Anda bisa mencari pagar yang kokoh agar keamanan rumah lebih terjaga. Tidak ada salahnya juga mencari pagar yang agak tinggi agar rumah tidak bisa dijangkau orang asing.

2. Perhatikan Ukuran Rumah

Pagar rumah

Selain kondisi lingkungan rumah, Anda juga harus memperhatikan ukuran rumah ketika mencari pagar. Untuk rumah berukuran kecil dan tidak terlalu tinggi, Anda bisa memilih pagar minimalis yang tingginya tidak lebih dari 1,2 meter.

Begitu juga jika rumah Anda cukup besar, Anda bisa menggunakan pagar dengan ukuran yang tinggi dan besar. Hal ini bertujuan agar tampilan pagar dengan ukuran rumah tetap seimbang.

3. Sesuaikan Pagar Dengan Desain Rumah

Tips memilih pagar rumah

Tips memilih pagar selanjutnya adalah sesuaikan model pagar dengan desain rumah. Rumah berdesain minimalis biasanya dipadukan dengan pagar berbahan besi hollow maupun baja ringan. Kedua bahan tersebut dapat memberikan kesan simpel modern pada pagar rumah.

Untuk rumah berkonsep mewah, seperti rumah ala eropa misalnya, Anda bisa memilih model pagar tinggi berbahan besi tempa dengan ukiran yang klasik dan menarik. Model pagar jenis ini akan semakim mempercantik hunian Anda.

4. Pilih Material Pagar Sesuai Kebutuhan

tips memilih pagar

Banyak jenis material pagar yang bisa Anda pilih, mulai dari bahan besi hollow, besi tempa, bahan baja, kayu, beton, batu hias, dan lainnya. Ketika memilih pagar rumah, Anda harus memperhatikan kesesuaian material pagar dengan tujuan membuat pagar.

Pagar berbahan kuat seperti besi dan beton sangat cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan keamanan rumah. Bahan-bahan tersebut cenderung awet dan tidak mudah dirusak seperti pagar berbahan kayu. 

Jika Anda ingin mengutamakan estetika rumah, Anda juga bisa memadukan penggunaan material pagar, seperti misalnya kombinasi besi dan kayu, besi dan bebatuan, dan masih banyak lagi.

5. Perhatikan Kualitas Material Pagar

Dalam memilih pagar rumah, pertimbangkan juga kualitas dari material pagar. Material yang berkualitas akan membuat pagar lebih awet dan tahan lama. Jika Anda memilih material murah dengan kualitas seadanya, biasanya pagar akan lebih cepat rapuh dan rusak.

Material pagar yang berkualitas tentunya memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan material biasa. Namun, lebih baik mengeluarkan biaya yang mahal di awal, dari pada pagar Anda cepat rusak, bukan?

6. Pilih Warna yang Sesuai

Pemilihan warna juga merupakan tips memilih pagar rumah yang tidak boleh Anda lewatkan. Untuk rumah berkonsep minimalis, warna netral biasanya lebih cocok untuk dijadikan warna pagar, seperti warna putih, hitam, maupun abu-abu. Warna tersebut akan memberikan kesan modern pada hunian Anda.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna pagar dengan warna cat rumah. Hal ini bertujuan agar tampilan rumah Anda tetap selaras.

7. Perhatikan Keamanan Pagar

Perhatikan juga faktor keamanan ketika memilih pagar. Sebaiknya Anda memasang pagar tidak hanya sebatas karena estetika saja, tetapi dapat dijadikan pelindung rumah. Pilih pagar dengan kerenggangan yang rapat agar terhindar dari gangguan hewan di luar rumah. Jangan lupa juga untuk memasang kunci atau gembok pagar untuk meningkatkan keamanan.

___

Itulah 7 tips memilih pagar rumah yang dapat Anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang sedang berencana untuk memasang pagar rumah. 

Jika Anda ingin mencari hunian dengan keamanan cluster yang ketat, kunjungi Cari Properti untuk menemukan cluster perumahan yang aman dan berkualitas.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...