5 Alat Perlengkapan Rumah Baru yang Wajib Anda Miliki

Admin Cariproperti05 Oct 2021

Berhasil melunasi cicilan rumah merupakan impian para calon pemilik rumah. Rumah yang sudah dicicil selama bertahun-tahun dan akhirnya sah menjadi milik Anda merupakan suatu kegembiraan. Namun, selesai melunasi cicilan rumah saja tidak cukup. Itu hanya menjadi langkah awal Anda dalam memiliki rumah idaman. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membeli perlengkapan atau perabotan rumah.

Setelah membeli rumah, tentunya Anda tidak bisa langsung menempatinya. Terutama jika rumah tersebut baru dan belum memiliki perabotan. Meskipun rumah tersebut furnished, terdapat kemungkinan perlengkapan rumah yang dimiliki tidak lengkap. Oleh karena itu, membeli perlengkapan rumah merupakan tahap penting setelah membeli rumah.

Lalu, apa saja perlengkapan rumah yang penting dan dibutuhkan oleh pembeli rumah baru? Simak ulasan berikut ini untuk membantu Anda!

1. Perlengkapan Kamar Tidur

perlengkapan kamar tidur baru
Sumber: vhinterior.com

Hal pertama yang akan dibahas adalah perlengkapan yang dibutuhkan di kamar tidur. Hal ini sangatlah penting, karena kenyamanan kamar tidur Anda akan mempengaruhi istirahat dan kenyamanan hidup Anda. Oleh karena itu, Anda harus cermat memilih perlengkapan di kamar tidur dan melihat kualitasnya.

Perlengkapan pertama yang diperlukan di kamar tidur adalah kasur. Memiliki kasur yang nyaman tentunya akan membuat tidur dan hidup Anda nyaman juga. Hal ini dapat terefleksikan di kehidupan sehari-hari Anda nantinya. Jadi, kasur merupakan perlengkapan pertama yang penting dimiliki di kamar tidur.

Yang kedua adalah perlengkapan tidur seperti selimut, sprei, bantal dan guling. Perlengkapan-perlengkapan ini juga berfungsi untuk menambah kenyamanan Anda serta membuat kualitas istirahat Anda lebih baik. Dengan demikian, akan lebih baik jika Anda memiliki perlengkapan tidur ini.

Perlengkapan selanjutnya adalah lemari. Selain perlengkapan untuk tidur, lemari merupakan perlengkapan penting lainnya yang tidak boleh terlupakan. Lemari ini digunakan sebagai tempat menyimpan pakaian Anda dan keluarga. Selain itu, lemari juga dapat digunakan untuk menyimpan barang berharga dan mungkin dokumen-dokumen penting. 

 

2. Perlengkapan Mandi & Bersih-Bersih

perlengkapan kamar mandi
Sumber: smartertraveler.com

Setelah beraktivitas seharian di luar rumah, tentunya Anda ingin membersihkan diri setelah kembali ke rumah. Oleh karena itu, Anda akan membutuhkan perlengkapan mandi. Perlengkapan mandi ini berupa sabun mandi, shampo, sikat gigi dan pasta gigi, handuk dan sebagainya. 

Selain perlengkapan mandi, perlengkapan untuk bersih-bersih juga dibutuhkan. Rumah yang bersih akan membuat penghuninya merasa nyaman. Maka dari itu, perlengkapan bersih-bersih sangatlah penting. Perlengkapan yang dibutuhkan yaitu cairan pembersih lantai, sapu dan pel, kain lap, sikat dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menambahkan perlengkapan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

3. Perlengkapan Laundry


Sumber: glorifiv.com

Bukan hanya perlengkapan membersihkan rumah saja yang penting, tapi juga perlengkapan untuk membersihkan pakaian. Pakaian yang telah kita gunakan tentunya harus dibersihkan setiap hari. Jika Anda menggunakan jasa laundry di luar, ini akan memakan biaya dan menambah pengeluaran Anda. Dengan demikian, akan lebih baik jika Anda membeli perlengkapan laundry sendiri di rumah.

Hal pertama yang Anda butuhkan adalah mesin cuci. Mesin cuci ini dibutuhkan agar mencuci pakaian menjadi lebih mudah, praktis dan cepat. Tentu, Anda tidak perlu membeli mesin cuci jika Anda tidak ingin. Namun, mencuci baju dengan tangan akan memakan waktu dan tenaga lebih. Sementara itu, Anda sudah lelah setelah beraktivitas seharian di luar rumah. Maka dari itu, mesin cuci diperlukan oleh Anda sebagai pemilik rumah baru.

Perlengkapan kedua yang Anda butuhkan adalah setrika. Setrika berguna untuk membuat pakaian Anda menjadi lebih rapi. Tentunya Anda tidak ingin pergi bekerja menggunakan kemeja yang kusut dan lecek. 

 

4. Perlengkapan Dapur


Sumber: eater.com

Perlengkapan dapur merupakan perlengkapan penting lainnya yang harus dimiliki oleh rumah baru. Baik untuk orang yang bisa maupun tidak bisa memasak, perlengkapan ini sangatlah penting. Hal ini dikarenakan memasak di rumah dapat menghemat pengeluaran Anda. Anda mungkin dapat pergi makan di luar beberapa kali, namun tidak mungkin untuk makan di luar setiap harinya. Selain itu, memesan makanan untuk diantar ke rumah juga akan memakan biaya. Maka dari itu, perlengkapan dapur sangatlah dibutuhkan.

Perlengkapan pertama yang harus Anda miliki adalah rice cooker atau penanak nasi. Perlengkapan ini multifungsi dan dapat digunakan untuk banyak hal. Mulai dari memasak nasi, bubur, kue dan bahkan sup dapat dilakukan menggunakan penanak nasi. Dengan demikian, memiliki penanak nasi akan memudahkan hidup Anda.

Perlengkapan kedua adalah kompor. Anda tentunya tidak mungkin hanya memakan nasi atau bubur setiap harinya. Untuk memasak makanan lain, Anda memerlukan kompor. Jenis kompor yang Anda perlukan akan berbeda tergantung dengan keperluan Anda. Jika Anda tinggal bersama keluarga, akan lebih baik jika Anda memiliki kompor dengan dua atau lebih tungku. 

Kulkas adalah perlengkapan penting lainnya yang Anda butuhkan di rumah baru Anda. Kulkas berguna untuk menyimpan makanan agar makanan tersebut dapat lebih tahan lama. Memiliki kulkas dapat menghemat pengeluaran Anda dan membuat hidup Anda menjadi lebih praktis. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu untuk pergi berbelanja kebutuhan setiap hari, namun seminggu atau dua minggu sekali karena memiliki kulkas.

Perlengkapan lainnya yang juga tidak kalah penting adalah peralatan dapur. Peralatan dapur ini meliputi pisau, penggorengan, panci, spatula dan masih banyak lagi. Perlengkapan ini dibutuhkan untuk mempermudah kegiatan memasak Anda. Bahkan, perlengkapan seperti penggorengan dan panci sangat esensial untuk dimiliki. Anda akan kesulitan jika tidak memiliki peralatan dapur tersebut.

 

5. Perlengkapan Makan


Sumber: okhome.id

Setelah memasak makan, tentu Anda dapat memakannya. Namun, untuk memakan makanan, Anda harus memiliki perlengkapan makan terlebih dahulu. Perlengkapan makan ini meliputi piring, sendok, garpu, sumpit, mangkok dan sebagainya. Anda juga dapat memilih perlengkapan makan dengan desain menarik agar sesi makan Anda lebih menyenangkan.

 

6. Perlengkapan Ruang Tamu


Sumber: ikea.co.id

Perlengkapan ruang tamu penting dimiliki, karena ruang tamu Anda gunakan untuk menyambut tamu, teman ataupun kerabat yang datang ke rumah Anda. Akan lebih baik jika perlengkapan yang Anda beli memiliki desain tertentu. Hal ini akan membuat ruang tamu Anda lebih indah dan juga nyaman untuk ditempati.

Perlengkapan yang harus dimiliki di ruang tamu adalah meja dan kursi. Meja dan kursi ini diperlukan untuk menerima tamu Anda. Anda dapat berbincang-bincang sambil duduk dengan tamu Anda jika Anda memiliki meja dan kursi. Selain kursi, Anda juga dapat menggantinya dengan sofa agar ruang tamu Anda terlihat lebih nyaman.

 

 

Demikian daftar perlengkapan rumah baru yang perlu Anda miliki sebagai referensi untuk Anda. Daftar di atas hanya berisikan beberapa perlengkapan yang penting untuk kelancaran kehidupan sehari-hari Anda. Anda bisa menambahkan perlengkapan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Hal ini dapat membuat rumah Anda menjadi lebih nyaman dan juga fungsional. 

 

Artikel Lainnya

19 Aug 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

20 Aug 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

20 Aug 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...