Kenapa Banyak Rumah Baru Kosong dan Tidak Laku Terjual?

Nadia08 Aug 2022

Akhir-akhir ini, banyak sekali fenomena rumah baru kosong yang tidak laku terjual. Dilansir dari Kompas.com, Kementerian PUPR mencatat bahwa ada sekitar 57.621 rumah siap huni yang belum laku. Jumlah tersebut tentunya tidak sedikit dan dapat menyebabkan kerugian bagi para developer.

Penyebab fenomena rumah tidak terjual tentunya disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah adanya Pandemi Covid-19 selama 2 tahun yang membuat daya beli masyarakat menurun. Apalagi pada masa pandemi, banyak bisnis yang mengalami kerugian dan berujung pada PHK besar-besaran.

Selain karena faktor Pandemi, banyak faktor lain yang menyebabkan rumah baru tidak laku terjual, mulai dari faktor lokasi, fasilitas, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa penyebab rumah baru kosong tidak laku terjual.

1. Lokasi Tidak Strategis

Salah satu penyebab rumah baru tidak laku dijual adalah lokasinya yang tidak strategis. Biasanya perumahan tersebut dibangun di kawasan yang jauh dari akses transportasi umum. Walaupun harganya murah, lokasi yang sulit dijangkau tetap membuat rumah tidak diminati.

Jika ingin memiliki rumah yang cepat laku, sebaiknya carilah rumah yang lokasinya diperhitungkan, seperti dekat akses tol, stasiun KRL, halte bus, dan akses transportasi lainnya. Lokasi rumah yang strategis akan memiliki nilai plus dan sangat menjanjikan untuk investasi jangka panjang.

2. Tidak Tersedianya Fasilitas Eksternal

Selain tidak adanya fasilitas transportasi, penyebab rumah baru kosong dan tidak laku terjual adalah tidak tersedianya fasilitas eksternal di sekitar rumah. Fasilitas seperti pasar, supermarket, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas lainnya tentu menjadi pertimbangan utama bagi para calon pembeli rumah. Jika lokasi perumahan jauh dari fasilitas eksternal, maka rumah baru pun akan sulit terjual.

Saat ini, banyak sekali perumahan baru yang dibangun di berbagai daerah, namun lokasinya jauh dari berbagai fasilitas. Hal inilah yang membuat banyaknya rumah baru yang kosong dan belum laku terjual.

3. Kawasan Rumah Tidak Aman

Keamanan lingkungan rumah merupakan salah satu faktor penting dari sebuah hunian. Masalahnya, beberapa kawasan perumahan ada yang rawan terkena bencana alam, seperti banjir, gempa, maupun longsor. Kawasan perumahan yang tidak aman tentunya bisa menyebabkan rumah baru tak kunjung laku.

Selain kawasan rawan bencana, lingkungan perumahan yang rawan kejahatan juga tidak diminati. Beberapa kawasan perumahan di daerah yang sepi juga agak kurang diminati. Bila Anda tertarik untuk membeli rumah, sebaiknya perhatikan juga keamanan lingkungan calon rumah Anda.

4. Harga Rumah Terlalu Tinggi

penyebab rumah kosong tidak kunjung laku

Harga rumah baru yang tinggi juga bisa menjadi salah satu faktor banyaknya rumah baru yang masih kosong. Misalnya, harga pasaran rumah di Tangerang berkisar antara Rp 700 juta - 1,5 M. Namun perumahan tersebut menjualnya dengan harga hingga Rp 4 M per unit.

Memang, rumah seharga Rp 4 M biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas mewah. Namun tidak semua orang bisa membelinya. Hal inilah yang membuat banyak rumah dengan harga mahal sulit terjual.

5. Faktor Ekonomi

Kondisi ekonomi masyarakat juga mempengaruhi pasar jual beli properti rumah. Ketika penghasilan masyarakat relatif stagnan, atau bahkan menurun di masa pandemi, banyak orang yang merasa enggan untuk membeli rumah. Masyarakat tentu lebih mengutamakan kebutuhan pokok seperti makan dari pada membeli rumah di kondisi sulit.

Faktor lain yang mempengaruhi adalah sulitnya pengajuan KPR bagi masyarakat yang bekerja di sektor informal. Hal tersebut secara tidak langsung juga mempengaruhi pasar jual beli rumah.

6. Developer Kurang Terpercaya

Isu banyaknya pengembang atau developer nakal membuat masyarakat lebih waspada dalam membeli rumah. Biasanya masyarakat lebih tertarik dengan pengembang yang terpercaya dan sudah berpengalaman. Maka dari itu, para developer harus membangun reputasi yang baik dan menjaga kepercayaan para konsumen. 

Bila Anda berencana membeli rumah, penting untuk Anda mencari track record dan legalitas developer agar terhindar dari pengembang nakal. 

___

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan rumah kosong tidak laku terjual. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang sedang mencari rumah impian.

Jika Anda ingin membeli rumah berkualitas, kunjungi Cari Properti yang menyediakan ratusan properti dari pengembang terpercaya.

Baca juga : 12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...