10 Inspirasi Desain Interior Rumah Mewah 2 Lantai Klasik

Riana21 Jul 2023

Di tengah gemparan konsep modern yang serba minimalis, ternyata konsep rumah klasik masih berhasil menggaet perhatian. Bangunan yang biasanya identik dengan pilar-pilar dan detail arsitektur yang cantik membuat rumah klasik terlihat lebih megah dan mewah. Tak heran jika konsep desain satu ini masih banyak digemari.

Rumah klasik biasanya diadaptasi dari gaya arsitektur mediterania, prancis, atau era victorian. Kombinasinya dengan unsur modern membuat rumah terlihat relevan hingga masa kini.

Beberapa developer menggunakan konsep klasik untuk huniannya. Green Flamboyan Residence contohnya. Rumah mewah ini menggunakan desain fasad ala rumah klasik Prancis dan Mediterania yang menawan.

Meski begitu, Anda tetap bisa membangun rumah dari awal untuk mendapatkan tampilan klasik yang Anda inginkan. Berikut ini adalah inspirasi desain rumah mewah 2 lantai klasik yang megah dan menawan.

Inspirasi Desain Rumah Mewah 2 Lantai Klasik

1. Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Prancis

rumah mewah 2 lantai klasik
(Sumber: houzz.com.au)

Rumah klasik Prancis biasanya menggunakan warna earth tone cenderung putih dengan atap trapesium dengan warna yang lebih gelap. Anda bisa menggunakan warna cokelat, hijau, atau biru tua.


(Sumber: pinterest.com)

High ceiling dengan jendela-jendela tinggi juga biasanya menjadi ciri khas rumah klasik. Bagian dalamnya terasa lebih lega dan dari luar terlihat mewah. Anda bisa juga menambahkan ruang attic sebagai tambahan ruangan.

 

2. Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Mediterania

rumah mewah 2 lantai klasik
(Sumber: emporioarchitect.com)

Rumah klasik Mediterania juga menjadi salah satu konsep rumah mewah yang populer di Indonesia. Pilar berukuran besar pada pintu utama rumah dibuat menyatu dengan rumah, menjadikannya sebagai focal point yang langsung menarik perhatian saat pertama Anda melihatnya. Jendela tinggi yang menjulang hingga bagian atas rumah juga bisa Anda tambahkan untuk memberikan kesan lebih megah.


(Sumber: home-designing.com)

Meski sudah dikombinasikan dengan sentuhan modern, namun biasanya rumah dengan konsep mediterania masih menyimpan beberapa unsur klasik seperti elemen alami. Furniture kayu biasa dipakai untuk memberikan kesan alami ini.

 

3. Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Mediterania dengan Batu Alam

rumah mewah 2 lantai klasik
(Sumber: houseplans.com)

Seperti namanya, rumah mediterania banyak diadaptasi dari rumah-rumah pesisir di sekitar Laut Mediterania, seperti di Spanyol, Italia, dan Yunani. Biasanya, desain rumah mediterania lebih identik dengan kesan natural yang alami. Namun, seiring waktu memang banyak perkembangan dengan variasi yang beragam.


(Sumber: elledecor.com)

Jika Anda menginginkan penampilan rumah klasik mediterania yang lebih otentik, Anda dapat menggunakan elemen alami seperti batu alam pada rumah. Kombinasikan dengan warna cat cokelat muda dan pencahayaan dengan warna yang hangat, rumah Anda terlihat lebih homey tanpa menghilangkan kesan mewah.

 

4. Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Italia

rumah mewah 2 lantai klasik
(Sumber: onekindesign.com)

Jika Anda merasa desain rumah ini mirip dengan gaya mediterania, ini karena Itali memang termasuk ke dalam negara di sekitar Laut Mediterania. Warna earth tone yang mendominasi bagian eksteriornya memberikan kesan alami seperti ciri khas rumah mediterania.


(Sumber: onekindesign.com)

Desain rumah mewah ini mengoptimalisasikan lahan yang luas untuk ruang terbuka. Halaman belakangnya digunakan sebagai kolam renang dengan teras sepanjang rumah. Lengkap dengan beberapa tanaman yang menghiasi beberapa sudut rumah, memberikan kesan lebih nyaman.

 

5. Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Victorian

rumah mewah 2 lantai klasik
(Sumber: unsplash.com)

Rumah mewah klasik bergaya ala era victorian bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki rumah bak kastil kecil. Desain rumah ini datang dari Inggris sekitar akhir abad 19 dan awal abad 20.


(Sumber: redfin.com)

Umumnya, rumah victorian memiliki satu bagian ruangan rumah berbentuk melengkung dengan beberapa jendela yang tinggi. Bagian depan rumah terdapat serambi yang ditopang dengan pilar-pilar kecil.

Warna yang digunakan rumah victorian pun cukup beragam. Mulai dari warna gelap, warna alami, hingga warna pastel bisa diterapkan pada desain ini.

 

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Ala Eropa yang Super Mewah dan Elegan

 

6. Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Amerika

rumah mewah 2 lantai klasik
(Sumber: classicamericanhomeshouston.com)

Bagian depan rumah yang dengan jejeran jendela menjadi ciri khas rumah klasik Amerika. Rumah dengan desain ini biasa banyak ditemukan pada bagian countryside, namun tidak sedikit juga ditemukan di pusat kota. Untuk memberikan kesan yang lebih modern, Anda bisa menggunakan list jendela aluminium yang minimalis.


(Sumber: pinterest.com)

Rumah klasik Amerika biasanya memiliki ruangan hampir tanpa sekat. Kombinasikan dengan furniture yang juga memiliki desain klasik, rumah Anda pun terasa lebih mewah dan lega.

 

7. Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Romania

rumah mewah 2 lantai klasik
(Sumber: lifetimedesign.co)

Desain ala Romania bisa dikatakan menjadi desain paling banyak digunakan untuk rumah mewah 2 lantai klasik di Indonesia. Fasad yang khas dengan pilar-pilar besar memang memberikan kesan megah dan mewah. Tak heran jika banyak yang menggemari gaya arsitektur ini.


(Sumber: hotcore.info)

Rumah konsep klasik Romania juga biasanya memiliki ukiran dinding yang detail. Untuk memberikan kesan yang lebih mewah, Anda bisa menggunakan chandelier pada interior rumah.

 

8. Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Neoclassical

rumah mewah 2 lantai klasik
(Sumber: hgtv.com)

Rumah neoclassical atau neoklasik diadaptasi dari desain arsitektur roma dan yunani kuno dan mulai banyak digunakan sejak awal abad ke-20. Meski memang terlihat lebih modern, namun rumah neoklasik tidak menghilangkan beberapa ciri khas rumah klasik, seperti adanya pilar-pilar besar dan detail ukiran pada dinding.


(Sumber: pinterest.com)

Bangunan yang simetris menjadi elemen utama rumah neoklasik. Tidak hanya bentuknya saja, bahkan letak jendela pun dibuat sama dengan jarak yang sama pula. Gabungan antara desain klasik roma dan yunani kuno dengan unsur modern membuat desain neoklasik tak lekang oleh waktu.

 

9. Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Tudor

rumah mewah 2 lantai klasik
(Sumber: hgtv.com)

Seperti rumah era victorian, rumah klasik tudor juga berasal dari Inggris. Meski berasal dari tempat yang sama, rumah tudor baru mulai populer dari awal hingga pertengahan abad 20.


(Sumber: decorilla.com)

Sekilas mungkin agak mirip dengan rumah era victorian. Tetapi, rumah klasik tudor memiliki atap yang lebih lancip yang menjadi ciri khasnya. Bagian eksterior rumah menggunakan elemen yang lebih alami, seperti batu alam atau bata.

 

10. Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Jepang

rumah mewah 2 lantai klasik
(Sumber: pinterest.com)

Memiliki rumah konsep klasik tidak harus selalu mengadaptasi dari desain arsitektur barat. Desain arsitektur dari Asia pun tidak kalah cantik, rumah klasik Jepang misalnya.

Tidak sedikit yang menggunakan konsep modern tanpa menghilangkan tampilan klasik yang identik dengan rumah Jepang. Salah satu ciri khas yang banyak ditemukan adalah kesan yang alami.


(Sumber: homelane.com)

Rumah klasik Jepang biasanya menggunakan struktur kayu. Pada rumah yang lebih modern, kayu biasanya ditemukan pada pagar, pintu, atau bahkan kusen jendela. Kesan alami juga ditambah dengan taman yang ada di depan atau belakang rumah. Tidak ketinggalan juga ruangan dengan tatami yang membuat unsur klasik Jepang semakin terasa otentik.

 

Jika Anda berencana membangun rumah dengan konsep klasik, inspirasi desain di atas dapat menjadi referensi. Anda juga bisa menemukan rumah mewah 2 lantai klasik yang sudah jadi dengan CariProperti. Temukan lebih banyak pilihan rumah dengan mengunjungi website resmi CariProperti!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...