12 Rekomendasi Surga Kuliner Bogor yang Strategis, Wajib Mampir!

Ikki Riskiana25 May 2022

Wisata kuliner di Bogor memang tak ada habisnya. Jenis kulinernya sangat terkenal dengan makanan khasnya yang murah meriah, menggugah selera, dan sangat mudah ditemukan. 

Bagi wisatawan domestik, mancanegara, maupun Bogorian, wajib mencoba jika sedang atau akan ke Bogor.

Selain memiliki cita rasa yang unik dan enak, harganya pun ramah di kantong. 

Berikut daftar kuliner Bogor yang menarik untuk Anda coba.

1. Tauge Goreng Pak Inin, Legendaris Sejak 1985

Kuliner Bogor

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda, Paledang, Bogor Tengah

Jam Buka: 09.00 – 15.00 WIB

Harga: Rp19.000/porsi

Tauge goreng adalah salah satu kuliner Bogor yang paling banyak peminatnya. Alih-alih digoreng, makanan ini justru direbus singkat kemudian dipadukan dengan oncom dan saus tauco yang nikmat dan gurih. 

Anda wajib menjajal rasa otentik tauge goreng milik Pak Inin ini. Beliau adalah salah satu penjual legendaris, yaitu sejak 1985. Konon, tauge goreng ini merupakan langganan dari para BUMN jika hendak menyelenggarakan acara. Tak heran jika hidangan ini sangat populer di berbagai kalangan.

2. Soto Kuning Pak Salam, Soto Paling Kondang!

Kuliner Bogor

Alamat: Jalan Siliwangi No. 298, Sukasari, Bogor

Jam Buka: 16.00 WIB

Harga: Rp8.000/porsi.

Soto Bogor ini dapat Anda santap di kedai Pak Salam saat sore hari. Pemiliknya diketahui sudah berjualan sejak tahun 1980-an. Seporsi sotonya terdiri dari rempah, daging sapi, otak, paru, limpa, lidah, usus, babat, kikil, dan dilengkapi dengan santan sebagai pengikat rasa. Kedai ini mulai buka jam 4 sore dan dalam waktu dua jam biasanya dagangannya sudah ludes terjual.

Penikmat Soto Kuning Pak Salam tidak hanya dari kota Bogor saja, melainkan banyak juga pelancong yang berasal dari kota lain. Mereka biasanya rela mengantri lebih dari satu jam untuk menikmati Soto Bogor ini, jadi Anda jangan sampai kehabisan, ya. 

3. Sop Buntut Ma’Emun, Bungkus!

Kuliner Bogor

Alamat: Jalan Jend. Sudirman No. 48A (Samping XL Center), Bogor Tengah

Jam Buka: 10.00 – 16.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp45.000/porsi

Diketahui Almarhumah Maimunah atau Ma’Emun sudah berjualan sop buntut ini sejak 1970-an. Sop buntut ini adalah yang paling terkenal di Bogor. Dalam waktu sehari, dagangannya bisa langsung ludes terjual.

Daging Buntutnya lembut, empuk, dipadu dengan kuahnya yang nikmat dan gurih, serta sensasi segar dari perasan jeruk nipis yang akan memanjakan lidah Anda. Tak heran jika banyak yang menggandrungi makanan ini.

4. Doclang Pak Odik, Racikannya Istimewa!

Kuliner Bogor

Alamat: Perumahan Ciomas Village, Padasuka, Kec. Ciomas, Kabupaten Bogor

Jam Buka: 05.30 WIB

Harga: Sekitar Rp10.000 – Rp13.000/porsi

Doclang adalah lontong yang disiram dengan bumbu kacang yang kental dan manis. Warung Doclang Pak Odik sudah berjualan di Jalan Pasir Kuda Ciomas sejak 1995 sampai sekarang. Kini, usaha Pak Odik sudah diteruskan oleh anak keenamnya yang bernama Ismail, namun keontetikan cita rasanya masih terjaga hingga sekarang. 

Banyak para pelancong dari kota lain yang menjadi penikmat Doclang ini. Popularitasnya tentu karena rasa doclang yang benar-benar enak dan istimewa, terlebih bumbu kacangnya ditambah kacang mede.

5. Laksa Bogor, Hidden Gem yang Wajib Anda Icip!

Kuliner Bogor

Alamat: Jl. Surya Kencana, Gg. Aut, Gudang, Bogor Tengah

Jam Buka: 07.00 – 15.00 WIB

Harga: Rp15.000/porsi.

Laksa Bogor berbeda dengan Laksa Singapura dan Laksa Betawi. Hidangan ini punya ciri khasnya sendiri yang terdiri dari campuran oncom merah dengan paduan ketupat, tauge, bihun, tahu, oncom, kemangi, dan kuah kental. Makanan ini cocok disantap untuk sarapan.

Laksa Gang Aut sudah ada sejak 1960an. Laksa Gang Aut wajib Anda cicipi karena terkenal dengan rasa gurih dan kuah kental yang lumer di mulut.

6. Cungkring Pak Jumat, Sensasinya Berbeda!

Kuliner Bogor

Alamat: Suryakencana St No.285, Babakan Pasar, Bogor Tengah

Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB

Harga: Rp18.000/porsi

Hidangan Cungkring Pak Jumat terdiri dari jeroan sapi, lontong, dan disiram oleh bumbu kacang, serta potongan lontong dan keripik tempe sebagai pelengkap. Cungkring Pak Jumat merupakan salah satu yang paling terkenal dan yang berjualan sudah sampai generasi ketiga.

Pengunjung juga bisa menikmati cungkring dengan sambal hijau yang sudah disediakan sesuai selera. Pak Jumat biasanya menjajakan dagangannya menggunakan gerobak gendong berwarna toska.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor Cocok Untuk Akhir Pekan

7. Sate Sapi Pak Oo, Anti-mainstream!

Kuliner Bogor

Alamat: Suryakencana St No.193, Babakan Pasar, Bogor Tengah

Jam Buka: 16.00 – 20.30 WIB

Harga: Rp30.000/porsi

Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya karena bukan terbuat dari bagian daging, melainkan dari usus dan ginjal. Kedai Sate Sapi Pak Oo sudah bertahan lebih dari 50 tahun, yaitu sejak 1965 di Bogor. Hingga kini, resep racikannya dipegang teguh oleh generasi ketiga atau cucunya, yaitu Saparudin.

Untuk satu porsinya, disajikan lima tusuk sate sum-sum dan lima tusuk sate ginjal yang disiram dengan bumbu kacang plus perasan jeruk nipis dan sambal sebagai penyegar rasa. Anda pun bisa mencampurnya dengan pilihan lain sesuai selera. Sangat menggugah selera bukan? Tak heran jika penikmat sate ini berasal dari berbagai kalangan, mulai muda-mudi hingga kalangan tua yang bernostalgia dengan hidangan legendaris di salah satu pusat kuliner Bogor ini.

8. Asinan Bogor Ny Yenny, Cocok untuk Hidangan Buka Puasa!

Kuliner Bogor

Alamat: Jl. Raya Bina Marga No.1, Baranangsiang, Bogor Timur

Jam Buka: 09.00 – 20.00 WIB

Harga: Rp17.000/porsi

Asinan merupakan sebuah kuliner yang terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan dengan siraman kuah cuka yang segar dan nikmat. Anda juga bisa menambahkan kerupuk mie sebagai pelengkap hidangan. 

Asinan Ny Yenny sangat dikenal di kalangan para pecinta kuliner, bahkan banyak yang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat. Cita rasa Asinan Ny Yenny ini sangat khas dan eksklusif. Tempat makannya juga nyaman dan bersih.

9. Mie Kocok Mawar Bogor, Favoritnya Bogorian!

Kuliner Bogor

Alamat: Jl. DR. Sumeru No.2, Bogor Tengah

Jam Buka: 13.00 – 22.00 WIB

Harga: Kisaran Rp28.000/porsi

Bagi Bogorian, pasti sudah tidak asing lagi dengan Mie Kocok Mawar ini. Mie kocok ini menjadi favoritnya orang-orang walaupun dari segi penampilannya nampak sederhana. 

Porsinya cukup besar, terdiri dari mie kuning, sawi hijau, tauge, bakso, kikil, daging sapi, dan daging ayam yang lezat. Tak heran jika Mie Kocok Mawar ini ramai dikunjungi pembeli.

10. Roti Unyil Venus, Pilihan Utama untuk Oleh-oleh!

Kuliner Bogor

Alamat: Jl. Raya Pajajaran No. 1, Sukasari, Bogor Timur

Jam Buka: 05.30 – 21.00 WIB

Harga: Rp48.000/box

Toko roti ini sudah buka sejak 1982. Sesuai dengan namanya, panganan ini berukuran mini dengan bentuk bervariasi. Roti ini banyak peminatnya hingga menjadi salah satu oleh-oleh favorit bagi para wisatawan kota Bunga. Sekali lahap, langsung ketagihan!

11. Ayam Galau, Pedasnya Nagih!

Kuliner Bogor

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.48A, Sempur, Bogor Tengah

Jam Buka: 18.30 WIB

Harga: Mulai dari Rp3.000 hingga Rp15.000

Tempat makan Ayam Galau mengusung konsep prasmanan dimana para pembeli bisa memilih terlebih dahulu pilihan lauk apa saja yang akan dimakan, setelah itu baru lauk tersebut dimasak. 

Tahukah Anda? Nama dari Ayam Galau memiliki arti bahwa mereka selalu berpindah-pindah tempat ketika ingin berjualan.

12. Warung Nu Teteh, Satu-satunya Es Krim Goreng di Bogor!

Kuliner Bogor

Alamat: Jalan Pandawa Raya No. 1A, Indraprasta, Bogor

Jam Buka: 18.30 WIB

Harga: Mulai dari Rp3.000 hingga Rp15.000

Warung ini menyediakan Es krim goreng dengan berbagai varian topping yang bisa menggiurkan selera Anda. Konon, katanya es krim goreng ini satu-satunya yang ada di Bogor, atau Anda ada rekomendasi tempat lain?

Itulah 12 rekomendasi kuliner Bogor yang wajib Anda coba. Kira-kira tempat kuliner mana saja yang akan Anda kunjungi? 

Jika Anda akan berkunjung ke Bogor dalam waktu dekat, Anda juga bisa menemukan rumah dan properti impian Anda dengan harga terbaik dan lokasi yang berdekatan dengan tempat kuliner Bogor. Segera kunjungi CariProperti, situs jual beli rumah dan properti online terlengkap.



Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...