5 Tips Dekorasi Attic Room Super Estetik Lengkap Dengan Rekomendasinya

Nadia15 Aug 2023

 

Saat ini, konsep dekorasi attic room mulai banyak diterapkan di banyak perumahan di Indonesia. Selain dapat menambah estetika ruangan bawah atap, attic room juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai ruangan, mulai dari kamar tidur, perpustakaan, hingga ruang bermain anak. 

Lalu, sebenarnya apa itu attic room? Bagaimana cara mendekorasi attic room agar terlihat estetik? Artikel ini akan mengulas lengkap mengenai pengertian attic room, tips dekorasi, hingga rekomendasi rumah dengan attic room.

Pengertian Attic Room

Attic Room

Pada dasarnya, attic room adalah ruangan tambahan di bawah atap yang ukurannya tidak terlalu besar. Biasanya, area bawah atap dimanfaatkan sebagai loteng atau tempat penyimpanan barang-barang yang tidak terpakai. Seiring dengan perkembangan desain interior, konsep attic room kini berkembang menjadi ruangan di bawah atap yang dapat dimaksimalkan untuk berbagai fungsi. Desain attic room saat ini juga lebih variatif dan estetik agar suasana ruangan tersebut lebih menyenangkan.

Untuk membuat dekorasi attic room yang estetik, tentunya Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek, mulai dari penentuan tata letak, pemilihan barang, serta berbagai faktor lainnya.

Tips Dekorasi Attic Room

Jika Anda tertarik untuk membuat attic room yang estetik, berikut beberapa tips dekorasi attic room yang bisa Anda pertimbangkan. 

1. Pertimbangkan cat ruangan berwarna cerah

Untuk mendekorasi attic room yang estetik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan warna cerah sebagai warna cat untuk ruangan. Hal tersebut bertujuan agar area attic room dapat terlihat lebih lega mengingat ukurannya yang terbatas. Apalagi area ruangan ini biasanya memiliki banyak akses pencahayaan alami dari sinar matahari, sehingga pantulan cahayanya akan sangat cantik jika terkena warna-warna cerah.

Beberapa pilihan warna yang bisa Anda pertimbangkan diantaranya adalah putih, coklat muda, abu-abu muda, krem, atau warna-warna cerah lainnya.

2. Perhatikan ukuran perabotan

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memilih perabotan yang sesuai dengan ukuran attic room. Jika area attic room tidak terlalu besar, maka sebaiknya memilih perabotan dengan ukuran minimalis agar ruangan tidak terlihat sempit. Selain itu, pertimbangkan juga tinggi setiap barang mengingat area attic room lebih terbatas dibandingkan ruangan pada umumnya.

Selain mempertimbangkan dari segi ukuran, sebaiknya pilihlah perabotan berwarna netral atau senada agar mudah dipadupadankan dengan warna ruangan. Jika Anda ingin menciptakan nuansa minimalis, perabotan dengan warna putih, abu-abu atau hitam mungkin bisa dijadikan pilihan untuk memberikan kesan netral. Begitu juga jika Anda ingin menciptakan kesan hangat, Anda bisa memilih perabotan berwarna krem atau coklat.

3. Maksimalkan bagian dinding ruangan

Tips selanjutnya adalah memaksimalkan area dinding ruangan untuk berbagai fungsi. Anda bisa memaksimalkannya dengan membeli rak gantung yang dapat diletakkan pada area dinding untuk menyimpan berbagai barang. Opsi lainnya, Anda juga bisa membeli lemari yang diletakkan di sudut ruangan agar area dinding lebih fungsional.

Jika ingin mempercantik attic room, area dinding juga dapat Anda dekorasi dengan beberapa hiasan. Namun ketika mendekorasi area dinding, batasi jumlah hiasan agar ruangan attic room tetap terlihat lega.

4. Pilih perabotan multifungsi

Ketika mendekorasi area attic room, sebaiknya Anda memilih perabotan multifungsi agar area ruangan lebih efisien. Misalnya jika Anda ingin membeli meja, pilihlah meja yang dapat dilipat agar dapat disimpan ketika tidak digunakan. Jika Anda ingin membeli tempat tidur, Anda juga dapat memilih tempat tidur yang dilengkapi laci untuk menyimpan berbagai barang. 

5. Perhatikan pencahayaan alami

Ketika mendekorasi attic room, jangan lupa untuk memperhatikan pencahayaan alami dalam ruangan. Hal ini dikarenakan pencahayaan alami menjadi salah satu nilai plus untuk membuat area attic room lebih estetik dan nyaman ditempati. Usahakan untuk membuat attic room yang dilengkapi dengan ventilasi maupun jendela agar suasana ruangan yang cerah dan sirkulasi udara lebih lancar.

Rekomendasi Cluster dengan Attic Room

Banyak developer perumahan ternama yang mulai mengadaptasi konsep attic room sebagai bagian dari interior rumah. Berikut beberapa rekomendasi cluster perumahan dengan attic room pada setiap unit.

Strozzi Summarecon Serpong

Rumah dengan attic room

Rekomendasi pertama untuk perumahan dengan attic room adalah Cluster Strozzi Summarecon Serpong. Cluster ini merupakan lanjutan dari Cluster Leonora dengan konsep Real Attic Room yang super nyaman. Interior attic room pada Strozzi Summarecon didesain dengan jendela lebar dan tata letak yang efisien, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Tak hanya itu, attic room Strozzi juga dilengkapi dengan area outdoor yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat berjemur maupun mini garden. 

Northbend Metland Cyber City
rumah dengan attic room

Rekomendasi rumah dengan attic room selanjutnya adalah Cluster Northbend Metland Cyber City yang berlokasi di Jakarta Barat. Cluster ini menyediakan attic room super lebar yang dapat dimanfaatkan untuk ruang bermain, ruang bekerja, maupun ruang belajar. 

Menariknya lagi, interior attic room pada unit Northbend didesain sangat estetik dengan memadukan warna netral dengan warna coklat yang hangat. Tersedia juga area berjemur yang terkoneksi langsung dengan attic room yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi.

Wisteria

attic room

Cluster Wisteria merupakan cluster perumahan terbaru di kawasan Cakung dengan konsep  Japanese Garden Resort. Setiap unitnya menyediakan attic room dengan interior yang sangat estetik. Area attic room didesain sebagai ruangan multifungsi, mulai dari ruang kerja, ruang belajar, atau ruang tambahan lainnya.

Tak hanya itu, unit Wisteria juga menyediakan sky balcony super lebar yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat berjemur. Area ini juga dapat dimaksimalkan menjadi tempat berkumpul dengan keluarga.

__

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian attic room, tips dekorasi, hingga rekomendasi cluster perumahan dengan attic room. Jika Anda ingin membeli rumah dengan attic room, kunjungi Cari Properti yang menyediakan pilihan rumah dengan attic room yang berkualitas.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...