12 Tips Desain Fasad Rumah Industrial untuk Hunian yang Trendy dan Menarik

Riana04 May 2023

Fasad rumah industrial kini semakin populer. Tahukah Anda, ternyata konsep arsitektur industrial ini sudah dimulai sejak sekitar tahun 1960. Perusahaan arsitektur di New York City mengubah bangunan-bangunan industri yang sudah tidak terpakai menjadi apartemen.

Penggunaan bangunan industri memang tadinya merupakan proses adaptasi bangunan dengan penggunaan baru sambil mempertahankan nilai historisnya, atau yang disebut juga dengan ”adaptive reuse”. Namun, kini bangunan industri secara estetika menjadi populer.

Penampilannya yang menarik dengan clean look yang tidak membosankan membuat konsep industrial semakin banyak digemari. Nah, sebelum menerapkan konsep ini untuk tempat tinggal Anda, ada beberapa karakteristik yang biasanya ditemukan pada desain arsitektur industrial:

 

  • Ruangan yang luas

 

Karena fungsinya dahulu sebagai kegiatan industri, bangunan yang digunakan pun memiliki ruangan besar yang luas. Jika menggunakan konsep ini untuk tempat tinggal, maka Anda bisa membuat ruangan keluarga dengan ukuran besar dan atap yang tinggi.

 

  • Penampilan yang minimalis

 

Konsep minimalis sendiri tidak kalah populer dalam hal desain rumah. Namun, tidak semua desain minimalis berarti memiliki konsep industrial. Konsep arsitektur industrial biasanya akan mengedepankan sifat secara fungsional dibanding banyaknya ornamen atau hiasan. Jadi, penampilan yang dihasilkan pun terlihat minimalis.

 

  • Pencahayaan alami

 

Karakteristik lain untuk membuat fasad rumah industrial adalah dengan mengoptimalkan pencahayaan alami. Anda bisa menggunakan jendela berukuran besar. Beberapa rumah bahkan menggunakan jendela yang tingginya dari atap hingga ke lantai. Tidak lupa juga dengan menggunakan kusen besi yang sederhana agar penampilan rumah semakin terlihat minimalis.

Nah, jika Anda ingin memiliki fasad rumah industrial, berikut adalah tips dan inspirasi desain yang bisa menjadi referensi Anda!

 

Anda mungkin juga suka: 12 Rekomendasi Cat Tembok Eksterior Terbaik

 

Desain Fasad Rumah Industrial

1. Fasad Rumah Industrial Stone Color dengan Sentuhan Kayu

Fasad Rumah Industrial
(Sumber: home-designing.com)

Biasanya, desain industrial menggunakan warna-warna netral. Menggunakan stone color untuk fasad rumah industrial seperti hitam dan abu-abu dapat menjadi pilihan Anda.

Untuk memberikan sedikit sentuhan alami, Anda bisa menambahkan aksen kayu. Ditambah dengan perawatan taman di halaman depan rumah Anda yang hijau, rumah pun jadi terlihat lebih fresh.

 

2. Fasad Rumah Industrial dengan Dominan Kayu


(Sumber: home-designing.com)

Jika pada referensi sebelumnya ornamen kayu hanya dijadikan sebagai aksen saja, inspirasi desain fasad rumah industrial yang selanjutnya menggunakan kayu dan warna cokelat sebagai tampilan yang dominan.

Ini bisa Anda lakukan jika Anda menginginkan tampilan rumah yang biasa Anda temukan pada pondok-pondok penginapan. Padukan dengan jendela besar pada satu sisi dinding, rumah Anda pun terlihat lebih alami. Selain itu, jendela yang besar juga memberikan kesan lebih luas untuk ruangan Anda.

 

3. Fasad Rumah Industrial dengan Batu Bata

Fasad Rumah Industrial 3
(Sumber: spacemaker.com.au)

Jika Anda melihat bangunan industrial zaman dahulu, Anda akan menemukan banyak bangunan yang terbuat dari batu bata merah. Nah, desain bangunan seperti ini pun kini banyak digunakan pada rumah–rumah yang menggunakan konsep industrial.

Tampilannya yang unik menambah nilai estetika pada rumah Anda. Anda bisa memadukan dinding bata dengan warna cat abu-abu, hitam, atau warna yang senada.

 

4. Fasad Rumah Industrial dengan Beton


(Sumber: joetrainaphotography.com)

Satu desain ciri khas desain industrial yang banyak ditemukan adalah menggunakan dinding beton. Desain yang seperti ini pun sudah banyak ditemukan di Indonesia. Baik untuk bangunan rumah, cafe, dan lain sebagainya.

Menggunakan tembok beton sebagai bagian dari desain fasad rumah bukan berarti dinding tersebut belum selesai. Namun, warna abu-abu ini dapat memberikan nilai estetika tersendiri. Agar tidak terkesan kaku dan monoton, Anda bisa mengecat bagian lainnya dengan warna senada seperti putih atau abu-abu dengan rona yang lebih muda.

 

5. Fasad Rumah Industrial dengan Dua Warna

Fasad Rumah Industrial 5
(Sumber: homestratosphere.com)

Desain fasad rumah industrial tidak harus selalu memiliki warna yang monoton, loh! Menggunakan dua warna yang berbeda pun tetap dapat membuat rumah Anda terlihat cantik.

Kombinasi warna gelap pada dinding lantai atas yang kontras dengan dinding kayu berwarna terang pada lantai bawah membuat rumah terlihat alami, namun tetap modern.

 

Baca juga: 10 Ide Rumah Monokrom Minimalis Biar Gak Hitam Putih Aja

 

6. Fasad Rumah Industrial dengan Desain Kontainer


(Sumber: homestratosphere.com)

Siapa sangka ternyata kontainer besi dapat memiliki nilai estetika tersendiri. Desain fasad rumah industrial yang tak kalah unik adalah dengan membuat bangunan rumah mirip dengan kontainer besi.

Agar tetap memberikan kesan yang homey, Anda bisa memasang jendela berukuran besar untuk bagian depan yang menghadap teras dan pada bagian yang menghadap balkon.

Bagian dalam rumah dapat Anda kombinasikan dengan aksen kayu, sehingga rumah Anda tetap terasa nyaman.

 

7. Fasad Rumah Industrial Model Klasik

Fasad Rumah Industrial 7
(Sumber: homestratosphere.com)

Menggunakan batu bata merah sebagai dinding untuk fasad rumah industrial memang jadi pilihan favorit. Jika Anda menginginkan penampilan rumah yang lebih klasik, bata merah dapat menjadi pilihan Anda.

Padukan dinding bata merah dengan teralis jendela bentuk kotak yang minimalis, fasad rumah Anda jadi terlihat seperti rumah-rumah klasik dari Inggris.

 

8. Fasad Rumah Industrial dengan Model Futuristik


(Sumber: home-designing.com)

Fasad rumah industrial yang dipadukan dengan desain futuristik akan membuat rumah Anda terlihat semakin mewah. Agar memberikan clean look, gunakan warna cat yang senada, seperti putih, abu-abu, atau coklat tua.

Menambahkan sentuhan kayu pada bagian pintu depan dapat menjadi focal point rumah Anda dan membuatnya semakin menarik.

 

9. Fasad Rumah Industrial dengan Hiasan Tanaman

Fasad Rumah Industrial 9
(Sumber: home-designing.com)

Rumah dengan konsep industrial tak mesti selalu kaku. Tidak ingin rumah Anda terlihat terlalu polos? Tambahkan bagian fasad rumah Anda dengan tanaman. Dari tanaman hias di pot, hingga tanaman merambat dapat membuat rumah Anda terlihat lebih alami dan segar.

Tenang saja, menanam tanaman di rumah tidak mengurangi nilai estetika rumah Anda, kok! Jika Anda melakukan perawatan yang benar, rumah pun akan terlihat lebih hidup.

 

10. Fasad Rumah Industrial Warna Hitam Putih


(Sumber: home-designing.com)

Ketika menyebut “warna monokrom”, biasanya kombinasi warna yang langsung muncul adalah hitam dan putih. Tidak dipungkiri bahwa memang kombinasi dua warna ini sangat fleksibel dan dapat diterapkan hampir pada semua hal, termasuk desain rumah.

Menggunakan warna hitam dan putih yang kontras pada fasad rumah industrial Anda dapat menambah kesan yang mewah dan classy.

11. Fasad Rumah Industrial dengan Atap Datar

Fasad Rumah Industrial 11
(Sumber: homestratosphere.com)

Konsep industrial modern memang biasanya identik dengan bentuk kotak, sehingga menciptakan atap berbentuk datar. Karena bentuknya, terkadang konsep industrial membuat rumah terlihat kaku.

Anda bisa menambahkan aksen kayu yang membingkai jendela dari luar. Dengan begitu, rumah tidak terlihat terlalu polos. Atap yang datar dapat Anda jadikan sebagai rooftop.

 

12. Fasad Rumah Industrial Monokrom


(Sumber: brickworks.com.au)

Satu lagi desain fasad rumah industrial dengan warna monokrom. Namun, kali ini kombinasi warna yang digunakan tidak hanya hitam dan putih. Warna abu-abu gelap lebih mendominasi desain rumah ini.

Menggunakan warna abu-abu gelap untuk fasad rumah industrial memang hampir tidak pernah keliru. Agar tidak terlalu monoton, Anda pun dapat menambahkan dinding dengan aksen batu bata dengan warna yang senada.

Tips dan inspirasi di atas dapat menjadi referensi bagi Anda penggemar desain fasad rumah industrial. Jika Anda lebih memilih untuk mencari rumah yang sudah dibangun dengan konsep industrial, Anda bisa mencarinya dengan CariProperti.

CariProperti menyediakan pilihan rumah di kota-kota di Indonesia dengan konsep industrial maupun yang tidak. Untuk info lebih lanjut, kunjungi website CariProperti sekarang!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...