10 Ide Rumah Monokrom Minimalis Biar Gak Hitam Putih Aja

Riana28 Feb 2023

Rumah dengan konsep minimalis memang sedang banyak digandrungi, terutama oleh generasi milenial yang memiliki tempat tinggal sendiri. Salah satu desain interior minimalis yang paling banyak digunakan adalah monokrom.

Desain monokrom dengan warna hitam dan putih menjadi kombinasi warna yang paling sering ditemukan. Padahal, sebenarnya monokrom tidak terbatas hanya pada warna ini saja. Secara harfiah, monokrom berarti satu warna. Jadi, pada dasarnya, menggunakan warna monokrom berarti menggunakan warna pada satu rona yang sama.

Monokrom merupakan pilihan yang tak lekang dimakan waktu. Tampilan yang clean cocok untuk mereka yang memang menginginkan konsep minimalis. Selain itu, dengan penataan yang tepat, monokrom jadi tidak terlihat membosankan dan lebih terlihat indah dan modern.

Sebelum mulai mencari inspirasi desain rumah monokrom minimalis, ada beberapa tips yang perlu diketahui terlebih dahulu agar Anda tidak keliru saat mendesain rumah.

 

Tips Rumah Monokrom Minimalis

1. Pilih warna yang Anda suka

Rumah Monokrom Minimalis
(Sumber: lyonscreative.co.uk)

Tips pertama dan yang paling penting tentunya adalah untuk memilih warna yang Anda suka. Hanya karena Anda melihat banyak desain monokrom dengan warna hitam dan putih di internet, bukan berarti Anda harus benar-benar mengikuti ide tersebut secara persis.

Daripada merasa tidak nyaman di rumah sendiri, maka pilihlah warna yang Anda suka. Memilih biru, hijau, atau pink pun tidak masalah. Pada saat membeli cat, biasanya penjual akan menawarkan untuk memilih berdasarkan katalog warna. Anda bisa menggunakan katalog warna ini untuk menentukan warna dan rona yang Anda inginkan.

 

2. Mulai sedikit-sedikit


(Sumber: pinterest.com)

Memiliki rumah monokrom minimalis bukan berarti seluruh rumah harus Anda ubah secara bersamaan. Langsung menggunakan konsep ini di seluruh rumah akan terasa berat, terutama jika Anda sedang mengganti suasana rumah dan bukan membangun dari awal.

Sebagai bahan percobaan, Anda dapat memulai dari ruangan yang lebih kecil, seperti kamar tidur atau kamar mandi. Dengan ruangan yang lebih kecil, yang harus Anda kerjakan pun lebih sedikit. Sehingga lebih mudah untuk Anda menyesuaikan apakah desain yang Anda coba sudah cocok atau belum.

 

3. Gunakan beberapa rona dari warna yang sama

Rumah Monokrom Minimalis
(Sumber: freepik.com)

Meskipun judulnya ‘monokrom’, bukan berarti Anda harus menggunakan satu rona warna saja. Anda bisa juga menggabungkan dua rona atau shade yang berbeda. Namun, tetap harus dari warna yang sama.

Katalog warna pada saat membeli cat rumah dapat membantu Anda untuk menentukan shade yang Anda inginkan.

Pemilihan warna ini tidak terbatas pada cat tembok saja, loh! Warna furniture pun ikut berperan. Misalnya, menggunakan warna beige dan coklat tua pada dinding, dengan sprei kasur berwarna putih, serta kursi berwarna coklat. Bebaslah berkreasi sesuai keinginan Anda.

 

Anda mungkin juga suka: 8 Inspirasi Kombinasi Warna Cat Rumah yang Cantik dan Elegan

 

4. Gunakan Variasi Tingkat Glossy


(Sumber: tikkurila.co.uk)

Menggunakan konsep monokrom minimalis bukan berarti seluruh ruangan harus polos. Jika Anda menginginkan konsep minimalis, Anda bisa menggunakan variasi tingkat glossy cat dinding atau yang disebut dengan sheen level.

Sederhananya, sheen level adalah tingkat glossy permukaan cat dinding. Tingkat glossy ini akan berpengaruh pada pantulan cahaya, sehingga berpengaruh pula dengan kecerahan ruangan.

Rumah Monokrom Minimalis
(Sumber: missionpaintingkc.com)

Biasanya, setiap toko atau perusahaan memiliki tingkat glossy yang berbeda-beda. Namun, agar lebih mudah dipahami, ada lima tingkat glossy yang perlu Anda ketahui, yaitu flat, eggshell, satin, semigloss, dan gloss. Flat memberikan hasil yang sangat polos dan tidak memantulkan cahaya, sedangkan gloss memantulkan cahaya.

Tingkat glossy ini dapat Anda tentukan sesuai dengan ruangan seperti apa yang Anda inginkan. Meskipun biasanya konsep minimalis lebih banyak menggunakan tingkat glossy flat, namun mencoba menggunakan tingkat glossy yang lain pun tidak ada salahnya. Anda dapat berkonsultasi pada yang lebih ahli terlebih dahulu agar tidak salah pilih.

 

5. Berikan tekstur pada ruangan


(Sumber: evolveindia.co)

Selain menggunakan variasi tingkat glossy cat dinding, Anda juga bisa menggunakan elemen lain seperti aksen kayu, metallic, atau bahkan kain. Ini dimaksudkan untuk memberikan tekstur pada ruangan. Jika Anda tidak menginginkan ruangan yang terlalu monoton dan polos, aksen-aksen yang ringan seperti ini dapat menjadi solusinya.

Tidak harus menggunakannya pada bagian yang besar seperti dinding. Cukup pada furniture atau bagian kecil saja untuk memberikan detail yang lebih cantik.

Contohnya seperti meja kayu, rak ambalan kayu, wastafel metallic pada dapur, sofa kain, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui tips untuk membuat rumah monokrom minimalis, berikut ini beberapa ide yang dapat menjadi inspirasi Anda!

 

Ide Rumah Monokrom Minimalis

1. Monokrom warna putih dan beige

Rumah Monokrom Minimalis
(Sumber: qanvast.com)

Anda ingin menggunakan cat tembok berwarna putih, namun tidak ingin membuat ruangan terlihat terlalu membosankan? Kombinasikan dengan warna beige atau cokelat. Vinyl lantai dengan tekstur kayu dan sofa berwarna beige atau cokelat muda dapat membuat ruangan tidak terlalu polos. Tetap terlihat cantik dan terlihat lega.

 

2. Monokrom warna hitam dan abu-abu


(Sumber: instagram.com/qanvast)

Menggunakan warna hitam untuk ruangan Anda memberikan kesan yang lebih elegan dan mewah. Agar ruangan tidak terkesan terlalu gelap, gunakan warna hitam pada furniture dan dan pada bagian dinding yang ingin Anda jadikan sebagai focal point.

Anda bisa menggunakan rona lebih muda seperti abu-abu untuk cat dinding. Gunakan juga vinyl lantai berwarna terang agar ruangan tidak terasa terlalu sumpek.

 

3. Monokrom warna hitam dan putih

Rumah Monokrom Minimalis
(Sumber: homestolove.com.au)

Inspirasi untuk rumah monokrom selanjutnya cocok untuk Anda yang ingin menggunakan warna hitam putih. Dengan lantai putih, list jendela dan pintu kaca berwarna hitam, kombinasi ini tidak membuat rumah Anda terlalu polos.

Ditambah juga dengan aksen kayu pada meja dan kursi, serta kap lampu bertekstur, dapat memberikan detail yang lebih cantik untuk rumah Anda.

 

4. Monokrom dengan motif marble


(Sumber: decorilla.com)

Memberikan tekstur menjadi salah satu tips untuk rumah monokrom minimalis. Anda dapat mengimplementasikan tekstur dengan menggunakan marble pada bagian ruangan yang ini Anda tonjolkan.

Motif marble dapat membuat ruangan Anda lebih terlihat mewah tanpa mengurangi nilai minimalis yang Anda inginkan.

 

5. Monokrom dengan sentuhan warna gold

Rumah Monokrom Minimalis
(Sumber: decorilla.com)

Aksen metallic pada ruangan tidak terbatas pada warna silver saja. Warna gold metallic untuk kran air pada dapur Anda juga tidak kalah cantik. Kesan yang diberikan pun jadi terlihat lebih elegan.

Ditambah juga dengan meja marble putih dengan sedikit corak berwarna senada. Dapur Anda dijamin terlihat lebih mewah.

 

Baca juga: 9 Furniture Rumah Minimalis ini Bisa Bikin Ruangan Lebih Lega

 

6. Monokrom warna pink dan rose gold


(Sumber: fcilondon.co.uk)

Selain warna gold, warna elegan yang dapat Anda gunakan adalah rose gold. Warna rose gold memiliki tampilan yang elegan, namun lebih feminin. Warna ini banyak digemari oleh sebagian orang.

Tidak perlu menggunakan rose gold sebagai warna utama. Cukup menerapkannya pada beberapa furniture, seperti kursi dan bingkai cermin. Kombinasikan dengan warna pink yang lembut dapat membuat ruangan jadi lebih kalem.

 

7. Monokrom warna peach

Rumah Monokrom Minimalis
(Sumber: davincilifestyle.com)

Alternatif lain untuk desain monokrom warna pink adalah dengan menggunakan warna peach. Warna peach agak mirip dengan warna pink, namun agak sedikit oranye.

Untuk menghasilkan tampilan clean look Anda bisa menggunakan warna peach pada sofa, coffee table, atau kursi makan. Gunakan cat tembok berwarna putih dengan tingkat glossy yang flat atau eggshell.

 

8. Monokrom warna hijau


(Sumber: howdens.com)

Monokrom tidak selalu warna hitam dan putih. Menggunakan warna hijau pun tidak kalah indah. Selain itu, warna hijau memberikan kesan lebih fresh untuk ruangan Anda. Gabungkan warna hijau dengan shade yang berbeda agar ruangan tidak terlalu polos.

Anda bisa menggunakan sage green untuk meja, kitchen set, atau bahkan cat dinding. Gunakan hijau dengan rona yang lebih gelap untuk detail lain seperti sofa atau kursi pada dapur Anda. Jangan lupa untuk memberikan aksen lain seperti tekstur kayu atau tanaman hias, agar ruangan semakin indah dipandang.

 

9. Monokrom warna biru

Rumah Monokrom Minimalis
(Sumber: pinterest.com)

Warna biru tidak kalah cantik untuk konsep monokrom. Jika Anda ingin menggunakan warna ini namun masih dengan kesan clean look yang minimalis, kombinasikan dengan warna putih.

Anda bisa menggunakan warna biru untuk beberapa furniture saja, seperti pada sofa, karpet, atau gorden. Gunakan warna biru dengan rona yang muda untuk furniture berukuran besar, dan gunakan biru dengan rona gelap untuk detail lain seperti bantal sofa atau vas bunga.

 

10. Monokrom warna ungu


(Sumber: architecturaldigest.com)

Inspirasi rumah monokrom minimalis selanjutnya cocok untuk Anda penggemar warna ungu. Menggunakan warna ungu memberikan ruangan kesan yang lebih feminin dan elegan.

Agar ruangan tidak terasa sempit, gunakan ungu dengan rona yang muda pada cat dinding Anda. Gunakan ungu dengan rona yang sedikit lebih gelap untuk furniture seperti meja dan sofa. Jika Anda memiliki furniture atau bagian yang ingin dijadikan sebagai focal point ruangan, gunakan rona ungu yang lebih gelap lagi.

-

Untuk memiliki rumah monokrom minimalis, yang terpenting adalah untuk memilih warna yang Anda suka dan pintar dalam memilih rona warna. Jangan takut untuk mengeksplor nilai estetika seperti apa yang Anda inginkan. Lakukan perubahan dengan perlahan dan tidak perlu terburu-buru agar Anda dapat menciptakan rumah idaman Anda.

Anda dapat mulai memiliki rumah idaman Anda dengan CariProperti. Dapatkan ribuan pilihan rumah di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan kota-kota lainnya di Indonesia. Kunjungi website resmi CariProperti untuk informasi lebih lanjut!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...