9 Furniture Rumah Minimalis ini Bisa Bikin Ruangan Lebih Lega

Riana09 Jan 2023

Terkadang mencari rumah dengan luas sesuai dengan yang kita inginkan menjadi agak sulit. Terlebih di ibu kota dan sekitarnya dengan lahan yang makin terbatas.

Rumah berukuran kecil memang butuh penataan khusus. Tapi, punya rumah kecil bukan berarti Anda tidak bisa tinggal dengan nyaman.

Pilihan untuk merenovasi rumah dan menambah ruangan ekstra mungkin bisa menjadi jalan keluar. Namun, biaya, tenaga, dan waktu yang dikeluarkan pun begitu banyak dan perlu usaha yang ekstra

Tidak perlu mengambil jalan sejauh itu, kok! Tanpa harus merenovasi rumah, Anda sudah bisa menyulap rumah yang kecil menjadi terasa lebih lega. Pilihan furniture rumah minimalis menjadi pilihan kebanyakan orang dalam menyiasati keterbatasan ruang ini.

Berikut adalah beberapa inspirasi furniture rumah minimalis yang bisa Anda coba.

 

9 Inspirasi Furniture Rumah Minimalis

1. Storage Coffee Table

furniture rumah minimalis - coffee table

(Sumber: urbanoutfitters.com

Punya ruang keluarga yang mungil tidak lagi jadi masalah. Tidak perlu pusing jika terlalu banyak barang yang ada di ruang keluarga Anda. Membeli banyak rak atau boks penyimpanan justru akan memakan banyak tempat. Anda cukup menggunakan storage coffee table.

Meskipun ukurannya terlihat seperti sama saja dengan coffee table pada umumnya, namun coffee table yang satu ini memiliki fungsi lebih.

Anda bisa menggunakan bagian bawah meja sebagai rak. Buku, majalah, serta koran bisa Anda letakan di bagian ini. Bagian atas meja juga bisa dibuka. Di dalamnya, Anda bisa meletakan barang-barang lain yang berukuran lebih kecil. Meja yang bisa diangkat ini juga bisa dijadikan Anda untuk menaruh laptop, loh!

 

2. Ottoman Storage Chair

(Sumber: popsugar.com)

Furniture rumah minimalis yang satu ini juga cocok untuk ruang keluarga Anda, nih! Ottoman Storage Chair menggabungkan fungsi kursi dengan tempat menyimpan barang-barang.

Untuk rumah yang kecil, mencari tempat untuk menyimpan barang-barang memang jadi salah satu masalah utama. Kalau sembarang menaruh barang, rumah tambah terasa sesak dan sumpek.

Namun, ottoman storage chair dapat membantu Anda mengurangi masalah ini. Anda bisa meletakan bantal sofa atau selimut di dalamnya, agar tidak terlihat berantakan di atas sofa.

Mainan si kecil yang sudah selesai digunakan juga bisa Anda rapikan dan letakkan di dalam kursi ini.

Anda tinggal menutupnya kembali, dan ottoman storage chair sudah bisa difungsikan kembali sebagai kursi. Simpel dan multifungsi!

 

3. Storage Divan Bed

furniture rumah minimalis - divan

(Sumber: bedzy.co.uk)

Kamar tidur menjadi bagian paling esensial di dalam rumah. Setelah segala aktivitas yang Anda lakukan seharian, Anda pasti akan kembali untuk beristirahat di ruangan ini. Maka dari itu, kenyamanan kamar tidur harus selalu terjamin.

Keterbatasan kamar tidur memang dapat menjadi masalah. Namun, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan storage divan bed.

Storage divan bed memanfaatkan ruang kosong di kolong kasur menjadi tempat penyimpanan barang yang lebih tertata dan rapi.

Agar persediaan selimut dan sprei kasur yang tidak sedang dipakai tidak membuat lemari semakin penuh, Anda bisa meletakannya di storage divan bed. Kalau Anda memiliki bantal ekstra yang kecil, Anda juga bisa meletakannya disini sehingga tidak membuat kasur terlihat terlalu penuh.

 

Pro tip! Gunakan furniture rumah minimalis multifungsi yang dapat digunakan lebih dari satu cara. Sehingga, Anda dapat menghemat ruangan.

 

Anda mungkin juga suka: 8 Rekomendasi Rumah Minimalis BSD untuk Para Millenial

 

4. Tempat Tidur Tinggi

(Sumber: wayfair.com)

Inspirasi furniture rumah minimalis yang satu ini bisa dilakukan jika Anda memiliki plafon rumah yang tinggi. Menggunakan model tempat tidur yang tinggi atau model loft dapat membantu Anda untuk mengurangi tempat.

Menyiasati ruang kecil tidak mesti selalu terfokus mengurangi space secara horizontal. Anda bisa menata ruang secara vertikal.

Dengan tempat tidur yang diletakkan lebih tinggi, bagian yang ada di bawahnya akan lebih lega dan bisa Anda manfaatkan. Anda bisa menggunakan bagian bawah tempat tidur ini untuk meletakkan meja belajar, sofa, atau rak buku. Jadi, Anda tidak perlu ruang ekstra untuk menaruh furniture lain.

 

5. Trundle Bed

furniture rumah minimalis - trundle bed

(Sumber: ubuy.co.id)

Jika sebelumnya kolong kasur bisa digunakan untuk menaruh barang-barang dengan storage divan bed, atau bahkan menaruh furniture lain dengan tempat tidur tinggi, furniture yang satu ini bisa Anda gunakan untuk menaruh kasur ekstra.

Daripada Anda harus membeli twin bed untuk kamar tidur kedua anak Anda, gunakan trundle bed agar tidak memakan terlalu banyak ruang.

Trundle bed merupakan penataan dua kasur dengan meletakkan kasur yang satu di kolong kasur yang lain.

Dengan trundle bed, kasur si kakak dan si adik jadi lebih menghemat tempat. Ketika butuh untuk digunakan, Anda cukup menarik kasur bagian bawah. Dan ketika selesai digunakan, kasur bagian bawah tinggal didorong kembali dan ruangan kamar tidur kembali lebih lega.

 

6. Rak Sebagai Partisi Ruangan

(Sumber: ikea.co.id)

Rak buku ternyata dapat anda gunakan dengan fungsi yang berbeda-beda, loh! Tidak hanya untuk menyimpan buku dan barang-barang lain, rak juga bisa Anda gunakan sebagai sekat atau partisi pemisah ruangan.

Jika Anda ingin memisahkan meja kerja dengan kasur tidur, Anda bisa menggunakan rak sebagai pemisahnya. Selain itu, menaruh rak antara meja dan kasur juga dapat memudahkan Anda dalam menyimpan alat-alat kerja agar tidak memenuhi permukaan meja, seperti buku catatan, kertas, dan alat tulis lainnya.

Rak buku juga bisa digunakan sebagai partisi untuk memisahkan antara ruang tamu dengan ruang keluarga. Anda dan keluarga tetap dapat memiliki privasi tanpa harus membangun tembok antara kedua ruangan. Rumah pun terasa lebih lega.

 

Pro tip! Agar kamar tidur terasa lebih luas, jangan letakkan kasur di tengah-tengah ruangan. Letakkan kasur dengan satu sisi yang panjang menempel ke tembok agar menyisakan ruang yang lebih luas di tengah kamar.

 

Baca juga: Punya Kamar Sempit? Hindari Warna Cat Berikut!

 

7. Sofa Bed

furniture rumah minimalis - sofa bed

(Sumber: futonsonline.co.uk)

Jika tidak memungkinkan untuk Anda memiliki ruang tamu di dalam rumah, Anda bisa menggunakan furniture rumah minimalis yang satu ini, yaitu sofa bed.

Sesuai dengan namanya, sofa bed menggabungkan fungsi sofa sebagai tempat duduk dan kasur sebagai tempat tidur yang nyaman. Cukup menurunkan sandaran sofa, dan Anda sudah memiliki tempat tidur tambahan di dalam rumah.

Karena berfungsi juga sebagai tempat tidur, sofa bed dibuat lebih nyaman dan tidak kaku seperti sofa lain. Namun, desainnya tetap terlihat minimalis dan cantik. Jadi, sofa bed masih cocok digunakan untuk menyambut tamu ke rumah Anda.

Desain yang indah dipandang tanpa mengurangi kenyamanan saat digunakan, sofa bed cocok sebagai tempat duduk ruang tamu sekaligus ruang keluarga Anda.

 

8. Lemari Pakaian dengan Pintu Geser

(Sumber: pinterest)

Lemari pakaian dengan pintu geser dapat menjadi cara Anda menghemat tempat di kamar tidur yang berukuran kecil.

Membuka pintu lemari yang biasa lebih membutuhkan banyak ruang. Namun, dengan pintu geser, Anda tidak perlu menyisakan ruangan untuk membuka lemari. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan lebih banyak ruang di dalam kamar.

Anda bisa menambahkan cermin pada bagian pintu lemari untuk memberikan kesan ruangan yang lebih lega dan minimalis. Selain itu, Anda jadi tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli cermin.

 

9. Rak Ambalan

furniture rumah minimalis - rak ambalan

(Sumber: mydomaine.com)

Furniture rumah minimalis yang terakhir dan tidak kalah fungsional adalah rak ambalan. Rak ambalan disebut juga dengan floating shelf karena dipasang menempel dengan dinding tanpa kaki penyangga, sehingga rak terlihat melayang di udara.

Rak ambalan cocok untuk Anda letakkan di mana saja. Baik itu di kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, bahkan di dapur. Anda bisa meletakkan buku, action figure, piring dan gelas, tanaman hias, maupun dekorasi lainnya di atas rak ambalan.

Selain menghemat ruang di dalam rumah, desain rak ambalan yang simple membuat ruangan terlihat lebih minimalis. Anda bisa memilih rak ambalan dengan motif kayu untuk memberikan kesan yang lebih elegan.

 

Pro tip! Memilih desain furniture yang minimalis tidak kalah penting. Anda tidak perlu menggunakan furniture dengan ukuran terlalu besar untuk ruangan yang kecil. Jangan lupa juga untuk selalu cerdas memilih warna furniture yang cocok dengan warna ruangan.

 

Rumah mungil akan tetap terasa lega dengan penataan yang benar. Tidak perlu khawatir jika ruangan di dalam rumah terbatas. Inspirasi furniture rumah minimalis di atas bisa menyulap rumah Anda yang kecil jadi terasa lebih lega.

Temukan rumah yang tepat untuk Anda dengan CariProperti, terpercaya dalam memberikan rumah idaman Anda. Kunjungi website CariProperti untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...